Langsung ke konten utama

12 Cara Diet Sehat Cepat dan Alami Tanpa Olahraga

Advertisement
Cara Diet Sehat Cepat dan Alami Tanpa Olahraga

Memiliki berat badan yang ideal, langsing dan proporsional pasti merupakan impian semua orang, maka tidak heran banyak sekali orang-orang yang memiliki berat badan berlebih berlomba-lomba mencoba berbagai cara untuk menurunkannya.

Zaman semakin canggih, banyak sekali cara pintas yang tersedia untuk menurunkan berat badan, misalkan saja dengan melakukan operasi plastik, teknik sedot lemak, atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Mendengarnya saja tentu anda sudah pasti mengetahuinya bukan, berapa biaya yang harus dilakukan jika harus menuruti nafsu untuk sekedar hanya untuk memiliki tubuh yang langsing ini, selain itu cara menurunkan berat badan seperti itu juga lebih beresiko tinggi dan sangat tidak dianjurkan untuk mencobanya.

Selain dengan menggunakan operasi plastik, teknik sedot lemak atau dengan obat-obatan. Pada saat ini memang telah banyak bermunculan berbagai resep cara untuk menurunkan berat badan, namun cara menurunkan berat badan yang paling terkenal adalah dengan melakukan program diet khusus seperti diet mayo, diet ocd, diet ketogenik, diet cepat dalam seminggu dan lain-lain bahkan pada saat ini juga telah muncul cara diet yang begitu menarik yaitu cara diet tanpa olahraga pun bisa dilakukan.

Untuk urusan segala sesuatu yang berdampak terhadap kesehatan tentunya anda sangat berhati-hati sekali bukan, termasuk juga dalam urusan menurunkan berat badan ini, oleh sebab itulah diet sehat, cepat dan alami dapat anda jadikan pilihan terbaiknya. Bahkan anda dapat menurunkan berat badan dengan diet ini dalam waktu satu minggu saja, jika anda konsisten melakukannya.

Lalu bagaimana cara melakukan diet sehat cepat dan alami tanpa olahraga tersebut ?.

Ada banyak sekali tahapan cara diet sehat cepat dan alami tanpa olahraga tersebut, untuk memudahkan anda, berikut caramedika rangkum dengan lengkap seperti dibawah ini :

Mengontrol asupan karbohidrat

Penyebab utama tubuh gemuk atau berat badan berlebihan adalah karena terlalalu banyaknya jumlah kalori yang kita konsumsi setiap hari, karena jumlah kalori yang anda konsumsi berbanding lebih besar daripada jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga menimbulkan efek samping berupa penimbunan kalori berlebihan berupa lemak yang dapat menyababkan obesitas atau kegemukan, sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa sumber kalori terbesar berasal dari makanan berkarbohidrat tinggi.

Menurut penelitian Annals of Internal Medicine cara yang paling ampuh untuk memiliki tubuh yang langsing dan menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat.

Cara diet rendah karbohidrat pada saat ini memang paling ampuh di bandingkan dengan cara diet yang lainnya, yang harus anda perhatikan adalah selalu mengontrol jumlah kebutuhan asupan karbohidrat pada tubuh anda setiap harinya.

Sebenarnya gampang sekali untuk menurunkan berat badan, rumusnya sederhana "Jika jumlah kalori yang anda konsumsi lebih sedikit daripada jumlah kalori yang anda gunakan setiap harinya maka anda akan mengalami penurunan berat badan karena tubuh akan mengambil cadangan makanan didalam tubuh ( lemak ) untuk mengganti kekurangan tersebut, begitupula sebaliknya jika jumlah kalori yang anda konsumsi lebih banyak daripada jumlah kalori yang anda gunakan maka anda akan mengalami obesitas karena tubuh akan menyimpan cadangan makanan ( lemak ) didalam tubuh untuk digunakan jika diperlukan ".

Pada umumnya memang melakukan program diet itu harus olahraga, sebenarnya olahraga disini hanya bertujuan untuk mempercepat membakar kalori didalam tubuh, namun jika anda bisa mengontrol jumlah kalori yang anda konsumsi dengan jumlah kalori yang akan anda gunakan setiap harinya, maka anda sama sekali tidak memerlukan olahraga dalam program diet anda.

Sumber utama kalori adalah karbohidrat, tentunya untuk bisa menekan jumlah kalori pertama kali yang harus kita lakukan adalah dengan mengontrol asupan karbohidrat pada tubuh kita.

Selain karbohidrat, sumber kalori bisa juga diperoleh dari protein dan lemak, namun protein bukanlah sumer utama kalori, fungsi utama protein bagi tubuh adalah sebagai zat pembangun atau memperbaiki sel-sel yang rusak sedangkan lemak sendiri bisa kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi atau dibentuk sendiri dari kalori berlebih yang anda konsumsi.

Pada dasarnya setiap individu memiliki takaran karbohidrat yang berbeda-beda tergantung berapa banyak jumlah kalori yang mereka butuhkan setiap harinya, hitungan ini dapat diambil dari faktor usia, jenis kelamin, tingkat aktifitas dan kesehatan metabolisme individu masing-masing, anda dapat mengkalkulasikan dengan mengambil takaran rendah di bawah normal untuk menurunkan berat badan dan takaran diatas normal untuk menaikkan berat badan, cukup simple sekali bukan.

Makanlah ketika lapar

Ini merupakan problem orang-orang zaman sekarang, mereka kebanyakan lupa antara lapar atau pengen makan, lapar dengan pengen makan itu berbeda sekali, lapar pada umumnya ditandai oleh perut keroncongan karena memang sudah memasuki jam makan, namun pengen makan itu bisa terjadi kapan saja, misalnya ketika anda sedang melirik roti bakar, ketika anda mencium bau asap pembakaran sate dan lain sebagainya, pada umumnya pengen makan ini didasari oleh besarnya dorongan nafsu makan seseorang itu sendiri,

Oleh sebab itu agar program diet anda bisa berjalan dengan sempurna, usahakan anda mengkonsumsi makanan ketika tubuh anda membutuhkannya saja, namun bukan berarti anda takut untuk makan.

Mengkonsumsi makanan itu sangat mutlak sekali untuk anda lakukan, untuk memberikan nutrisi tubuh agar selalu sehat namun untuk memperlancar program diet anda diharapkan hanya mengkonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

Mengkonsumsi makanan sehat

Setiap makanan yang anda konsumsi dapat berkontribusi terhadap berat badan anda, untuk itulah konsumsilah makanan yang benar-benar makanan.

Makanan yang benar-benar makanan sebenarnya apa maksudnya disini ?

Makanan yang benar-benar makanan adalah makanan yang dari zaman dahulu sampai sekarang telah dimakan oleh manusia, misalnya saja adalah ikan, daging, sayuran, telur, mentega, kacang-kacangan, minyak zaitun dan lain-lain.

Jangan sekali-kali anda tertipu ketika melihat berbagai macam makanan yang dijajakan ketika anda sedang makan diluar, kenalilah terlebih dahulu makanan anda sebelum anda mengkonsumsinya, pada saat ini banyak sekali kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh restoran-restoran dimanapun berada, mereka memasang iklan, spanduk atau baliho bahwa makanan yang disajikan direstorannya merupakan makanan terbaik dengan iming-iming rendah lemak, rendah karbohidrat atau rendah kalori namun itu semua hanya strategi marketing semata.

Oleh sebab itu jangan sampai tertipu oleh produk-produk makanan seperti itu, makanan yang tidak sehat biasanya banyak sekali mengandung bahan-bahan yang tidak baik sekali untuk kesehatan terutama untuk berat badan anda, misalnya saja adalah junk food, makanan penuh pati, gula alkohol, tepung, pemanis buatan dan zat-zat berbahaya lainnya seperti borak dan formalin.

Pilihlah makanan yang benar-benar sehat, jika anda makan direstoran idealnya makanan tersebut memiliki daftar bahan-bahan yang digunakan ketika anda memesan.

Pemecahan masalah ini sebenarnya mudah sekali yaitu dengan mengolah makanan anda sendiri dirumah agar lebih terkontrol dan terjamin.

Banyak mengkonsumsi sayur

Cara paling ampuh untuk benar-benar untuk mengurangi asupan karbohidrat dan lemak yang berkalori tinggi dari makanan-makan yang biasa anda konsumsi seperti nasi, gula, roti dan lain-lain adalah dengan menggantinya melalui banyak mengkonsumsi sayuran.

Selain rendah kalori, sayuran juga sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh anda, karena sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun jika anda beralih dari makanan berkalori tinggi yang biasa anda konsumsi setiap hari masalah yang timbul adalah perut anda tidak cepat kenyang, untuk itulah pilih sayuran yang dapat membuat anda cepat kenyang sebagai dasar pokoknya baru kemudian mengkonsumsi sayuran sehat lainnya.

Rekomendasi sayuran yang cepat membuat kenyang adalah jenis sayuran asparagus, brokoli, wortel atau jenis sayuran lain kesukaan anda yang menurut anda dapat membuat perut cepat kenyang, kemudian sebagai pelangkap silahkan anda mengkonsumsi berbagai sayur sehat lainnya seperti bayam, kangkung, touge dan sayuran hijau-hijauan.

Diet dengan mengandalkan sayuran untuk mengurangi asupan karbohidrat merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan anda secara cepat, namun yang harus anda perhatikan bahwa asupan karbohidrat dari makanan yang anda konsumsi setiap hari tetap diperlukan namun hanya sebagai penyeimbang nutrisi saja.

Mengkonsumsi air yang cukup

Air merupakan bagian penting dari tubuh kita, air yang dimaksud disini adalah air putih karena air putih merupakan air murni tanpa tambahan gula atau bahan-bahan lain yang malah dapat meningkatkan berat badan anda.

Mengkonsumsi air juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda, selain dapat memperlancar proses metabolisme tubuh anda, air juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh serta membuang sisa hasil pembakaran tubuh sehingga program diet anda bisa berjalan sukses.

Konsumsilah air putih secara teratur setiap hari dengan takaran 8 gelas atau 2 liter sesuai dengan anjuran pakar kesehatan terkait.

Perlambat kecepatan anda ketika makan

Kecepatan ketika makan juga sangat berpengeruh besar terhadap berat badan, fakta ini memang unik, namun hal ini memang benar adanya. Orang-orang yang makan lebih cepat cenderung mengalami peningkatan berat badan. Hal ini disebabkan oleh respon otak yang memberi sinyal belum puas dan sistem pencernaan ingin memperoleh jumlah makanan semakin banyak.

Berbeda halnya jika anda anda makan sedikit lambat, hal ini akan membuat anda merasa cepat puas dan ritme sistem pencernaan anda akan berjalan dengan normal.

Perbanyak minum sebelum makan dan disela-sela makan

Memperbanyak minum ketika makan merupakan teknik untuk menipu perut anda agar cepat kenyang. Jadi hal ini dapat membantu mengurangi porsi makan harian anda, agar tubuh anda tidak kelebihan dalam mengkonsumsi kalori.

Cara melakukannya cukup mudah sekali, 15 menit sebelum jam makan, kalian bisa mengkonsumsi banyak air, hingga perut anda merasa sedikit kenyang. Kemudian ketika anda sudah masuk jam makan, makan lah seperti biasanya namun setelah 2 - 3 sendok disela-sela suapan anda, anda dapat meminum setengah gelas air, begitu seterusnya. 

Namun anda harus memiliki kontrol dalam melakukan hal ini, sebelumnya anda harus mengetahui takaran nutrisi harian anda.

Perbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein

Ini merupakan cara alternatif untuk mendapatkan kalori harian jika anda membatasi asupan karbohidrat. Berbeda dengan sayuran yang rendah kalori.  Kalori pada protein cenderung lebih banyak namun tetap terkontrol, sehingga dapat membuat anda cepat kenyang dan puas ketika sedang makan.

Banyak mengkonsumsi protein juga sangat baik sekali untuk kesehatan, karena protein merupakan zat pembangun, protein dapat membantu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak, pembentuk antibodi, pembentuk enzim,pembentuk hormon, sumber energi dan pembentuk massa otot anda.

Pilihan makanan dari yang memiliki kandungan protein juga tergolong enak-enak, misalnya saja telur, ikan, hati, daging, kacang-kacangan dan masih banyak lainnya.

Mengkonsumsi makanan yang memiliki sumber lemak baik

Karbohidrat, protein dan lemak merupakan sumber energi utama pada tubuh. Banyak mengkonsumsi lemak juga dapat anda jadikan alternatif jika anda membatasi asupan karbohidrat. Sama seperti protein, lemak juga merupakan salah satu sumber kalori yang dapat menghasilkan tenaga untuk tubuh.

Uniknya lemak ini sebenarnya bisa dihasilkan oleh tubuh dari kelebihan kalori yang kita konsumsi sebagai cadangan makanan jikalau suatu saat tubuh kita kekurangan asupan kalori. Tubuh anda gendut, bisa jadi karena tumpukan lemak banyak tersimpan pada tubuh anda. Namun bukan berarti anda bisa berhenti mengkonsumsi makanan, makanya jika sedang diet sangat dianjurkan untuk berolahraga untuk membantu membakar lemak yang banyak tersimpan pada tubuh anda tersebut.

Makanan yang memiliki sumber lemak juga tergolong jenis makanan yang enak-enak, sehingga dapat membuat anda cepat puas, plus cepat kenyang. Makanan-makanan yang memiliki sumber lemak contohnya adalah minyak zaitun, minyak kelapa, margarin, ikan, daging, alpukat, kacang-kacangan dan lainnya.

Perkecil ukuran piring anda

Walaupun kelihatan sepele, namun hal ini dapat berdampak besar terhadap berat badan anda. Ukuran piring dapat mensugesti anda bahwa memang makanan 1 piring tersebutlah yang harus anda konsumsi pada saat itu. Celakanya jika ukuran piring yang anda pakai saat ini adalah ukuran piring yang besar, tentu saja hal ini sangat buruk sekali terhadap berat badan anda bukan, apalagi isi dalam piring tersebut adalah makanan yang berkalori tinggi. 

Oleh sebab itulah jika anda tidak ingin mengalami masalah obesitas, mengecilkan ukuruan piring makan anda dapat menjadi langkah jitu menekan resiko mengalami masalah berat badan tersebut.

Tidur cukup dan hindari stress

Tidur yang cukup dan stress ternyata sangat erat kaitannya dengan berat badan. Kurang tidur dapat mengganggu hormon leptin dan grhelin yang merupakan pengatur nafsu makan. Sedangkan stress dapat memicu meningkatnya hormon kortisol pada tubuh anda. Menurut penelitian, gangguan terhadap pengeluaran hormon kortisol pada kondisi normal dapat meningkatkan berat badan sekaligus memengaruhi tempat penyimpanan lemak tubuh. Penelitian lain menunjukkan, lemak dari asupan makanan berlebih tersebut akan banyak disimpan di perut dibandingkan pinggang atau area tubuh lain. Hal ini akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Oleh sebab itulah jika anda menginginkan berat badan yang ideal, mulai sekarang hindari stress dan perbaiki kualitas tidur anda.

Olahraga

Mungkin anda bertanya-tanya judul artikel ini kan tentang diet sehat dan alami tanpa olahraga, lalu kenapa harus menambahkan point olahraga juga dalam artikel ini ?

Ini pertanyaan yang bagus sekali dan alasannya pun sudah saya jawab pada paragraf diatas, coba anda baca kembali paragraf diatas.

Intinya fungsi olahraga dalam program diet memang tidak bisa dilepaskan, bahkan sudah bisa dibilang merupakan ritual program diet sejak zaman dahulu, olahraga itu sehat, olahraga itu mengasyikkan, olahraga menambah teman.

Dan yang paling penting lagi olahraga itu dapat membakar kalori dan lemak secara cepat, jika anda menjalankan program diet diatas dengan rutin dan dibarengi dengan olahraga yang teratur maka program diet anda akan sukses secara cepat bahkan bisa terlaksana dalam satu minggu saja.

Olahraga apa saja sebenarnya bagus untuk membantu membakar kalori dan lemak agar lemak yang yang menumpuk pada tubuh anda bisa cepat terurai habis dari tubuh anda.

Pembakaran lemak ketika berolahraga biasanya ditandai dengan keluarnya banyak keringat dari tubuh anda, itu semua menjadi penanda lemak anda telah terurai dengan sempurna.

Namun menurut ahli kesehatan, untuk bisa mempercepat mengurangi lemak pada area-area tertentu melalui olahraga memang diperlukan jenis olahraga khusus misalnya untuk mengurangi lemak di perut, lemak di paha, lemak di lengan, lemak di pipi dan lain sebagainya.

Tetapi olahraga yang paling umum, mudah dan praktis untuk menurunkan berat badan dan bekerja pada seluruh area tubuh untuk membantu menurunkan berat badan adalah olahraga lari, bisa maraton, lari pagi, jalan santai dan lain sebagainya.

Baiklan itulah tadi artikel tentang cara diet sehat cepat dan alami tanpa olahraga, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kita semua.
Advertisement