Cara Mengecilkan dan Meniruskan Pipi Tembem Secara Alami

Memiliki wajah yang sempurna merupakan impian semua orang, namun terkadang banyak sekali masalah yang timbul pada wajah kita salah satunya adalah dengan memiliki pipi tembem atau chubby. Untuk itulah jika anda bermasalah dengan memiliki pipi tembem anda harus mengetahui cara mengecilkan pipi tembem agar menjadi tirus secara alami, bahkan jika anda serius cara mengecilkan dan meniruskan pipi tembem bisa anda lakukan secara singkat dalam waktu 1 minggu saja.

Cara Mengecilkan dan Meniruskan Pipi Tembem Secara Alami

Pipi tembem biasanya terjadi pada area hidung, rahang sampai dagu yang mengembung sehingga pipi wajah terlihat gemuk, lebar dan bulat, selain itu ada juga beberapa orang yang mengalami masalah pipi tembem hanya pada area pipi sebelah saja, misalnya pipi tembem pada area pipi sebelah kanan atau pada pipi sebelah kiri.

Tentu saja masalah pipi tembem ini sangat mengganggu sekali bukan, namun anda tenang saja karena sebenarnya kita bisa mengecilkan pipi tembem tersebut dengan cepat secara alami.

Tetapi sebelum mencoba untuk mengecilkan pipi tembem sebaiknya anda pahami terlebih dahulu sebenarnya apasih yang membuat pipi anda menjadi tembem, agar anda mudah dalam menentukan solusi terbaiknya.

Penyebab Pipi Tembem

Penyebab pipi tembem pada umumnya terbagi menjadi dua yaitu karena faktor keturunan dan faktor berat badan.

Keturunan

Ini merupakan penyebab yang mutlak sekali, coba lihat bentuk pipi orang tua anda, bisa ayah, ibu, atau kakek, nenek jika diantara mereka atau semua dari mereka memiliki bentuk pipi tembem seperti bentuk pipi anda sudah bisa dipastikan bahwa faktor keturunan lah yang menyebabkan pipi anda menjadi tembem.

Obesitas

Penyebab lainnya juga bisa karena berat badan anda sedang naik sehingga lemak mudah menumpuk pada tubuh tertutama pada area wajah sehingga membuat pipi akan terlihat tembem.

Namun anda tenang saja, jika masalah pipi tembem tersebut sedang anda alami anda bisa mencoba berbagai solusi dibawah ini untuk mengatasinya.

Cara Mengecilkan dan Meniruskan Pipi Tembem Secara Alami

Ada banyak sekali cara untuk mengecilkan pipi tembem dan membuatnya menjadi tirus, selain dengan melakukan program diet, anda juga dapat mencoba berbagai latihan untuk mengecilkan pipi tembem seperti yoga wajah dan senam wajah.

Melakukan Diet

Salah satu faktor utama penyebab pipi tembem yang paling umum terjadi adalah karena faktor kegemukan, memiliki tubuh yang gemuk dapat menyebabkan lemak menumpuk di bawah kulit tubuh anda dan area tubuh yang sering menjadi pusat bertumpuknya lemak karena kegemukan tersebut adalah area kulit perut, area bawah kulit lengan dan area kulit wajah terutama bagian pipi.

Itulah sebabnya jika seseorang mengalami kegemukan pasti area kulit wajah bagian pipi menjadi gembung dan membesar karena tumpukan lemak, oleh sebab itu sangat dianjurkan sekali bagi anda jika ingin mengecilkan pipi anda yang tembem menjadi tirus perhatikan terlebih dahulu berat badan anda, jika berat badan anda naik atau anda mengalami kegemukan alangkah lebih baiknya anda melakukan program diet terlebih dahulu.

Baca juga :

Hindari dehidrasi atau kekurangan cairan

Dehidrasi juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya pipi yang tembem membengkak besar, biasanya pipi tembem karena tubuh mengalami dehidrasi ini terlihat dari bentuk ukuran pipi yang berbeda dari biasanya, karena pada saat dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan, tubuh cenderung menahan semua cairan pada area tubuh tertentu, salah satunya adalah pada pipi, oleh sebab itulah mengapa pipi anda terlihat lebih tembem berbeda dari biasanya.

Jika anda tidak ingin mengalami masalah pipi tembem karena dehidrasi, sangat dianjurkan sekali bagi anda untuk mengkonsumsi 6-8 gelar air setiap harinya, rekomendasi air sehat adalah air putih atau air mineral murni agar tubuh bisa selalu fit dan terhindar dari dehidrasi yang dapat menyebabkan pipi anda menjadi tembem.

Melakukan Facial yoga ( yoga wajah )

Mungkin sebagian dari anda mengenal istilah yoga sebagai teknik relaksasi tubuh saja, namun ternyata ada juga teknik yoga yang di khususkan untuk melatih otot area wajah agar menjadi wajah menjadi kencang dan cantik, tentunya anda sudah mulai mengerti kegunaan yoga wajah ini bukan, karena pipi terletak pada area wajah sehingga yoga wajah ini sangat berefek pada pipi anda.

Terdapat berbagai macam gerakan pada yoga wajah ini dan yang paling umum digunakan untuk melatih mengecilkan pipi tembem agar menjadi tirus diantaranya adalah gerakan yoga wajah smiling fish frenzy dan gerakan yoga wajah cheek puff.
  • Facial yoga smiling fish frenzy
Gerakan yoga wajah smiling fish frenzy merupakan gerakan yoga wajah yang dapat membuat pipi anda terlihat tipis dan tidak tembem, cara melakukan gerakan yoga wajah smiling fish frenzy ini cukup mudah sekali hanya dengan mengapalkan gigi secara bersamaan lalu melakukan senyum keatas atau senyum menggerakkan ujung bibir kanan dan kiri keatas sehingga otot pada bagian pipi bisa menumpuk keatas, tahan sekitar 2 detik lalu kembali keposisi semula ketika anda mengakhirinya, lakukan gerakan ini secara berulang-ulang ketika anda sedang latihan.

Facial Yoga Smilling Fish Frenzy

  • Facial yoga cheek puff
Sedangkan gerakan yoga wajah cheek puff merupakan gerakan yoga wajah yang dapat melatih otot pipi anda menjadi mengencang dan mengembalikan keelastisan otot wajah anda, cara melakukan gerakan yoga wajah cheek puff ini juga tergolong mudah sekali yaitu dengan melakukan gerakan menggembungkan pipi dengan menghisap udara dari mulut sampai mulut terisi penuh udara dan terlihat menggembung, tahan posis ini selama 3-4 detik lalu hembuskan udara yang anda simpan pada mulut tadi keluar, anda bisa juga melakukan variasi dengan menggembungkan mulut untuk pipi sebelah kanan atau kiri. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang ketika anda sedang latihan.

Facial yoga cheek puff

Melakukan senam wajah

Cara mengecilkan dan meniruskan pipi wajah yang tembem keempat adalah dengan melakukan senam sederhana, namun berbeda daripada senam pada umumnya disini kita akan melakukan senam khusus untuk wajah saja yaitu senam wajah, gerakan dalam senam wajah untuk mengecilkan dan meniruskan pipi yang tembem juga bermacam-macam sekali, senam wajah tersebut diantaranya adalah fish lips, X-O, chew gum, membuka dan menutup mulut dan simple smile.

Tujuan dari semua gerakan senam wajah ini adalah untuk melatih mengencangkan otot pipi dan mengembalikan keelastisannya serta dapat membakar lemak pada area wajah dengan cepat, sehingga pipi anda yang awal nya tembem jika terus dilatih secara rutin akan kembali normal bahkan bisa lebih tirus dan terlihat kencang dari biasanya.
  • Gerakan senam wajah fish lips
Gerakan senam wajah fish lips ini memang gerakan senam wajah yang meniru bibir mulut ikan, cara melakukannya sangat mudah sekali yaitu dengan cara menyedot udara pada mulut kita sambil menutup mulut sehingga bibir menjadi mengkerut tertarik kesamping dalam seperti menyerupai mulut ikan, lalu tahan posisi ini selama 3-4 detik kemudian lepas kembali ke semula, lakukan cara ini berulang-ulang ketika anda sedang latihan.

Gerakan senam wajah fish lips

  • Gerakan senam wajah X-O
Senam wajah X-O ini merupakan gerakan senam wajah yang menirukan gerakan mulut ketika kita mengucapkankan huruf X dan O, coba anda sebut huruf X dan O pasti nanti mulut anda akan menirukan gerakan khusus, nah gerakan dari mulut ketika menyebut huruf X dan O itulah yang dinamakan gerakan senam wajah X-O, mudah sekali bukan, lakukan gerakan senam wajah X-O ini secara berulang-ulang ketika anda sedang latihan.

Gerakan Senam Wajah X-O

  • Gerakan senam wajah chew gum
Anda pernah mengunyah permen karet, gerakan senam wajah chew gum ini mirip sekali dengan gerakan mengunyah permen karet, atau memang gerakan senam wajah chew gum ini didasarkan dari gerakan mengunyah permen karet itu sendiri, gerakan senam wajah chew gum ini sangat ampuh sekali untuk membakar lemak terutama lemak yang menumpuk pada area pipi wajah anda, gerakan chew gum ini juga tergolong gerakan yang mudah sekali dan bisa anda lakukan dimana saja bisa menggunakan permen karet kesukaan anda sendiri akan terasa lebih nikmat.

Gerakan senam wajah chew gum

  • Gerakan senam wajah membuka dan menutup mulut
Gerakan senam wajah membuka dan menutup mulut ini merupakan gerakan senam wajah yang paling mudah sekali dilakukan, mendengar namanya saja pasti anda langsung sudah mengerti, yaitu hanya dengan membuka mulut anda sampai otot pada bagian wajah terasa kencang, tahan selama 2-3 detik lalu tutup mulut anda, lakukan cara ini berulang-ulang ketika anda sedang menjalani latihan.

Gerakan senam wajah membuka dan menutup mulut

  • Gerakan senam wajah simple smile
Dalam agama Islam dijelaskan bahwa senyum adalah ibadah, dan tentunya ibadah memiliki dampak positif bagi manusia, selain mendapatkan pahala dari Allah, ternyata senyum juga bermanfaat sekali untuk mengecilkan pip tembem karena dapat melatih otot wajah menjadi elastis dan kencang serta dapat membantu membakar lemak pada area wajah kita, oleh sebab itu sering-sering lah tersenyum agar manfaat senyum tersebut kita peroleh semuanya.

Gerakan senam wajah simple smile


Cara mengecilkan dan meniruskan pipi tembem memang banyak sekali tetapi kembali lagi kediri kita sendiri, jika anda melakukannya secara teratur dan disiplin tentu saja pipi anda yang tembem akan menjadi tirus dengan cepat bahkan bisa tercapai dalam waktu satu minggu saja.

Sekian artikel tentang cara mengecilkan dan meniruskan pipi tembem secara alami semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kita semua.