Pantangan Diet yang Harus Anda Hindari

Pantangan diet yang harus anda hindari - Anda sedang menjalanakan program diet tetapi anda tidak mengetahui pantangan ketika diet, berarti program diet anda sama sekali tidak berkualitas, bukan cuma makanan pantangan ketika diet namun masih banyak sekali pantangan yang harus anda hindari ketika anda sedang menjalankan program diet.

Pantangan Diet yang Harus Anda Hindari

Sebenarnya menjalankan program diet itu simple asal anda tahu polanya, mulai dari cara diet terbaik hingga pantangan-pantangan ketika diet.

Anda ingin tahu lebih jauh tentang diet, jika anda memiliki tubuh yang kurang proporsional atau anda ingin menurunkan berat badan silahkan anda baca artikel saya sebelumnya tentang cara diet sehat cepat dan alami tanpa olahraga baru kemudian anda baca tentang pantangan-pantangan ketika diet yang harus anda hindari ini.

Ketika anda sedang mencari referensi tentang pantangan ketika menjalankan program diet di internet mungkin anda sering kebingungan karena menemukan berbagai hasil pencarian misalnya saja :

Pantangan diet mayo, pantangan diet gm, pantangan diet herbalife, pantangan diet ocd, pantangan diet pisang, pantangan diet golongan darah A, pantangan diet golongan darah B, pantangan diet golongan darah AB, pantangan diet golongan darah O dan pantangan diet lainnya.

Namun itu semua adalah pantangan diet secara khusus bagi anda yang memiliki masalah-masalah kesehatan tertentu, anda jangan bingung untuk menyikapinya.

Sejatinya untuk pantangan diet secara umum dapat dikelompokkan dalam beberapa hal diantaranya adalah :

Kurangi ngemil

Coba anda lihat, kebanyakan orang-orang yang memiliki berat badan berlebihan mereka cenderung menyukai ngemil.

Sebelum mereka menjalankan program diet pasti mereka beranggapan bahwa ngemil itu adalah sesuatu panggilan alam, mungkin sudah seperti reflek otomatis bagi tubuh mereka.

Yang perlu anda ketahui bahwa makan camilan itu sama sekali tidak akan membuat kenyang, malah rasanya lidah dan mulut ingin makan terus dan terus, dan pada umumnya camilan-camilan pada saat ini banyak mengandung bahan yang tidak sehat untuk program diet anda, misalnya saja jika itu biskuit atau roti-rotian banyak mengandung pemanis buatan, banyak mengandung gula dan lain-lain.

Bahkan pada saat ini camilan yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia yaitu gorengan seperti tempe goreng, pisang goreng, tahu goreng dan lain-lain, walaupun gorengan tersebut rasanya enak namun gorengan tersebut termasuk dalam makanan junk food yang memiliki kadar lemak tinggi sekali.

Memang berat rasanya untuk menghilangkan kebiasaan ngemil tersebut, saya sendiri juga mengalaminya, apalagi ketika sedang nonton tv acara sepak bola, cadangan camilan di kulkas habis ludes semua.

Namun jika anda telah dan mulai menjalankan program diet, acara ngemil ini harus anda hilangkan dari agenda harian anda, atau paling tidak anda kurangi secara bertahap setiap harinya agar program diet anda bisa berjalan baik seperti yang anda inginkan.

Hindari makan buah terlalu berlebihan

Saran ini memang kontroversional, pada kenyataannya buah memang merupakan sumber nutrisi bergizi yang paling baik sekali, namun tahukah anda bahwa buah juga banyak mengandung gula, sekitar 10 % dari berat buah, coba anda makan apel, anggur atau jeruk rasanya manis bukan.

Sebagai perbandingan lima porsi buah perhari setara dengan jumlah gula dalam 16 ons minuman bersoda ( 500 ml ).

Gula dari buah juga dapat menghambat pembakaran lemak dalam tubuh dan dapat meningkatkan rasa lapar sehingga mampu memperlambat penurunan berat badan anda.

Mengkonsumsi buah memang bagus untuk kesehatan, namun usahakan untuk mengurangi porsi konsumsi buah harian anda ketika anda sedang menjalankan program diet.

Hindari minum bir

Bir adalah termasuk minuman keras dan minuman keras sangat dilarang sekali dalam agama Islam, sesuatu yang dilarang oleh agama memang ternyata tidak baik sekali efeknya untuk tubuh manusia termasuk juga minuman bir ini.

Minuman bir termasuk minuman yang banyak sekali mengandung karbohidrat dan lebih parahnya minuman bir ini cepat sekali diserap oleh tubuh tanpa melewati pembakaran kalori, sehingga kalori menjadi tersimpan didalam tubuh hingga menjadi lemak, inilah sebabnya bir kadang-kadang disebut juga sebagai roti cair.

Coba anda perhatikan orang-orang yang menyukai minuman bir, seperti apa bentuk tubuh mereka, bahkan rata-rata diantara peminum bir memiliki bentuk perut yang buruk sekali yaitu perut buncit.

Kurangi pemanis buatan

Banyak orang-orang yang sedang menjalankan program diet selalu menghindari gula namun mereka malah beralih ke pemanis buatan, mereka beranggapan bahwa dengan cara ini dapat mengurangi asupan kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.

Sebenarnya ini masuk akal, namun beberapa penelitian telah gagal menunjukkan efek positif hubungan antara pemanis buatan sebagai pengganti gula biasa dengan berat badan.

Namun sebaliknya menurut penelitian ilmiah, pemanis buatan malah dapat meningkatkan nafsu makan dan hasrat keinginan untuk selalu makan yang manis-manis.

Selanjutnya jika anda terlalu sering mengkonsumsi pemanis buatan bisa-bisa anda malah akan menjadi kecanduan, misalnya saja kecanduan permen, kecanduan coklat, kecanduan gulali dan kecanduan makanan ringan yang manis-manis lainnya, tentu ini malah menjadi indikasi naikknya berat badan anda selanjutnya bukan.

Jika anda mengalami kesulitan menurunkan berat badan, saya sarankan anda benar-benar menjauhi pemanis, sebagai hadiahnya anda akan mulai bisa merasakan manis alami dari suatu makanan, misalnya saja manis dari nasi yang anda kunyah di mulut anda.

Hindari makanan yang berlemak tinggi

Mungkin sudah kebiasaan orang-orang Indonesia yang sangat menyukai menyantap makanan yang banyak mengandung lemak misalnya gorangan, junk food, jeroan yang berlemak dan masih banyak lainnya.

Untuk melakukan program diet sangat dianjurkan sekali untuk menghindari berbagai macam makanan yang banyak mengandung lemak tinggi tersebut karena dapat memicu obesitas dan dapat merusak program diet anda.

Kurangi makanan yang banyak mengandung gula

Makanan yang banyak mengandung gula sangat buruk sekali untuk program diet menurunkan berat badan anda, bukan cuma makanan yang banyak mengandung gula namun juga makanan yang banyak mengandung pemanis buatan seperti yang telah dijelaskan diatas.

Karena gula memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi hampir sama halnya dengan nasi dan sumber karbohidrat lainnya.

Hindari makan makanan berkalori dimalam hari

Mengapa tidak boleh makan dimalam hari ketika sedang menjalankan program diet, ya karena dengan mengjonsumsi makanan dimalam hari makanan tersebut akan sangat sulit terurai menjadi energi oleh tubuh kita, apalagi jika anda makan sebelum tidur malam, tentu setelah makan anda tidak melakukan aktifitas sama sekali bukan yaitu tidur, sehingga kalori yang barusan anda konsumsi akan secara maksimal menjadi cadangan energi yaitu menjadi lemak pada tubuh anda.

Untuk contoh makanan berkalori tersebut adalah nasi, roti, gula, dan lain sebagainya.

Hindari stress dan tidur yang cukup

Apakah anda kurang tidur, mungkin susah tidur atau gara-gara sesuatu yang lain seperti stress karena beban pikiran yang berlebihan, sayang nya masalah kurang tidur dan stress ini dapat mempengaruhi berat badan anda.

Stress kronis dapat meningkatkan kadar hormon stress seperti kortisol dalam tubuh anda, dan itu sangat tidak baik sekali terhadap berat badan anda karena meningkatnya hormon kortisol ini dapat memicu meningkatnya nafsu makan sehingga akan berpengaruh juga terhadap berat badan.

Menurut penelitian The University of New Mexico setidaknya ada dua hubungan antara hormon kortisol dengan berat yaitu terhadap percepatan pembentukan lemak dalam tubuh dan terhadap meningkatnya nafsu makan.

Hubungan koristol terhadap percepatan pembentukan lemak dalam tubuh yaitu ketika individu mengalami stress hormon kortisol dapat memicu percepatatan pembangunan kadar lemak dalam tubuh melebihi batas normal dibandingkan ketika tubuh sedang dalam keadaan rileks tanpa beban stress.

Sedangkan hubungan koristol terhadap nafsu makan yaitu koristol telah mempengaruhi bagian reseptor otak pengatur nafsu makan, sehingga anda akan selalu mengalami nafsu makan yang besar walaupun anda telah mengkonsumsi banyak makanan.

Itulah tadi artikel tentang pantangan diet yang harus anda hindari dilihat dari segi kacamata umum, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.