Panduan Diet Mayo Lengkap

Pilihan Editor

Advertisement
Pada artikel panduan diet mayo lengkap ini akan dijelaskan tentang cara melakukan diet mayo, pantangan diet mayo, menu diet mayo, resep kunci sukses diet mayo dan tips melakukan diet mayo serta kesimpulan pengalaman diet mayo yang telah berhasil dilakukan oleh orang-orang sebelumnya.

Panduan Diet Mayo Lengkap

Namun sebelum memasuki inti artikel utama tentang panduan diet mayo ini saya juga akan mengulas tentang pengenalan apa itu diet mayo, mulai dari tentang diet mayo, tujuan diet mayo, metode diet mayo, serta kelebihan diet mayo dibandingkan metode diet lainnya agar anda benar-benar mengerti apa itu diet mayo yang sebenarnya.

Mungkin pada saat ini anda bingung mencari referensi yang pas untuk melakukan diet karena kebanyakan ketika anda sedang mencari informasi tersebut di internet anda hanya menemukan artikel yang sepotong-sepotong atau artikel dengan isi artikel yang tidak jelas sama sekali tentang metode diet yang sedang anda cari, namun tidak dengan artikel ini.

Pada artikel ini akan dikumpas tuntas tentang metode diet yang sedang booming pada saat ini yaitu metode diet mayo yang bersumber langsung dari website resmi Mayo Clinic.

Bagi anda yang baru mendengar tentang metode diet mayo ini mungkin anda bertanya-tanya, apasih sebenarnya diet mayo ini ?

Tentang Diet Mayo

Diet mayo adalah metode diet yang pertama kali di cetuskan oleh sebuah organisasi nirlaba bidang kesehatan asal Amerika Serikat yaitu Mayo Clinic.

Para pakar kesehatan Mayo Clinic menemukan metode diet yang benar-benar ampuh dan menjadi trend diet yang paling booming pada saat ini.

Berdeda dengan metode diet lainnya, metode diet mayo ini memiliki tujuan untuk benar-benar merubah gaya hidup selamanya agar selain memiliki tubuh yang langsing dan proporsional, dengan melakukan gaya hidup seperti diet mayo juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Dengan metodenya yang cukup unik yaitu diet mayo memiliki suatu daftar lifecyrcle berbentuk piramid yang disebut dengan Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid sebagai panduan penerapan dan pemilihan pola makan untuk dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Diet Mayo

Tujuan dari diet mayo adalah untuk membantu masalah umum yang sering terjadi pada orang-orang zaman sekarang yaitu masalah obesitas atau berlebihnya berat badan, yang disebabkan dari buruknya pola hidup orang-orang zaman sekarang serta menurunnya pengetahuan dari orang-orang zaman sekarang bahwa memiliki berat badan berlebih pada tubuh cenderung lebih meningkatkan seseorang untuk menderita berbagai macam gangguan dan masalah kesehatan di bandingkan dengan seseorang yang memiliki berat badan ideal.

Baca juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Rumus Sederhana

Metode Diet Mayo

Metode diet yang diterapkan oleh diet mayo juga merupakan metode diet yang paling revolusioner yaitu dengan metode ini bukan hanya dapat mengatasi masalah obesitas saja namun juga dapat mengajak para anggotanya untuk benar-benar meninggalkan pola hidup mereka yang lama ke pola hidup yang lebih baik dengan membiasakan diri untuk menerapan pola makan seperti yang diet mayo anjurkan selamanya.

Dengan melakukan diet mayo akan di berikan tips trik bagaimana melakukan pola makan yang baik, memilih menu makanan sehat dan menghitung porsi makan sesuai dengan anjuran kesehatan  yang baik untuk menurunkan berat badan serta mempertahankan berat badan anda menjadi ideal dan proporsional selama-lamanya.

Selain mengatur pola makan diet mayo juga menganjurkan untuk mengimbangi metode diet tersebut dengan selalu melakukan olahraga agar program diet mayo yang anda jalankan benar-benar bisa berhasil dengan sempurna, selain dapat mempercepat untuk membakar kalori dan membantu untuk menurunkan berat badan olahraga juga dapat menghindarikan kita dari berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

Kelebihan Diet Mayo

Secara keseluruhan masih banyak orang-orang yang bertanya bahwa sebenarnya apa saja sih kelebihan yang kita peroleh dengan melakukan diet mayo dibandingkan dengan metode diet konvesional seperti biasanya ?

Jika kita berbicara tentang kelebihan, tentunya sangat banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh metode diet mayo ini, saya tidak akan membandingkan dengan metode diet lainnya namun akan saya paparkan mengapa anda harus memeilih menggunakan metode diet mayo ini untuk menurunkan berat badan anda.

Menu dan takaran rekomendasi makanan yang enak

Anda pernah membaca-baca tentang metode diet lain selain diet mayo ini bukan, pasti pada diet tersebut menu yang direkomendasikan membuat anda tidak selera makan, bahkan dengan takaran porsi yang membuat anda tidak kenyang sama sekali.

Namun tidak pada metode diet mayo ini, pada metode diet mayo anda tetap bisa menikmati makanan yang anda konsumsi dan tetap membuat perut anda kenyang.

Merubah pola makan anda menjadi lebih baik

Melakukan diet dengan menggunakan metode diet mayo juga dapat dengan drastis merubah pola makan anda yang dahulu buruk menjadi lebih baik, bahkan bukan hanya ketika anda telah berhasil memperoleh berat badan yang ideal namun tetap akan merubah pola makan anda selama-lamanya.

Merubah gaya hidup yang buruk menjadi gaya hidup sehat

Dalam diet mayo ini juga diajarkan bagaimana cara menurunkan berat badan menjadi ideal dengan merubah seluruh gaya hidup anda yang buruk menjadi gaya hidup yang sehat, karena kita semua telah mengetahui bahwa penyebab seseorang mengalami obesitas selain karena faktor makanan faktor lain yang paling mempengaruhi adalah gaya hidup.

Meningkatkan kesehatan anda

Selain merupakan metode diet untuk menurunkan berat badan yang benar-benar revolusioner pada saat ini, dengan melakukan diet mayo juga dapat dengan signifikan meningkatkan kesehatan anda, dengan anjuran-anjuran dan resep menu makanan yang telah disusun sedemikian rupa oleh diet mayo ini.

Memberikan dampak positif untuk kehidupan anda

Dengan menerapkan program diet mayo secara tidak langsung memberikan dampak positif yang sangat bermanfaat sekali untuk kehidupan anda terutama untuk kesehatan, karena diet mayo tidak hanya memfokuskan untuk membantu menurunkan berat badan anda menjadi ideal namun juga mengedukasi anda untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat yang tidak anda sadari anda telah melakukannya dalam melakukan program diet ini.

Mengikuti metode diet yang benar-benar di kembangkan oleh profesional medis dunia

Terlebih lagi untuk urusan kesehatan anda tentu sangat berhati-hati sekali bukan, jika anda mengikuti program diet lain yang tidak jelas asal-usulnya tentu itu sangat mengkhawatirkan sekali bukan, namun tidak dengan metode diet mayo ini, diet yang benar-benar dikembangkan oleh para profesional medis dunia yaitu mayo klinik yang berpusat di Amerika Serikat.

Cara Melakukan Diet Mayo

Memasuki inti artikel utama tentang panduan diet mayo ini yaitu bagaimana cara melakukan diet mayo yang baik dan benar sesuai dengan panduan yang bersumber langsung dari mayo klinik yang pertama kali mengembangkan metode diet yang sangat fenomenal ini.

Diet mayo adalah diet yang secara resmi dikembangkan oleh mayo klinik berdasarkan penelitian para staff ahli medis di bidangnya serta pengalaman klinis yang bertahun-tahun dimiliki oleh mayo klinik dalam mengembangkan ilmu kesehatan.

Yang harus diperhatikan dalam melakukan diet mayo ini bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan jangka pendek saja, namun untuk dilakukan secara kontinyu dan terus menerus selama hidup untuk memperoleh kontrol berat badan yang ideal selama-lamanya tanpa mengganggu kesehatan anda.

Bahkan dengan melakukan diet mayo ini justru akan meningkatkan kesehatan anda menjadi lebih baik lagi.

Bukan perkara yang mudah selain mengontrol pola makan yang sehat, untuk memperoleh berat badan ideal jangka panjang anda juga diharuskan untuk benar-benar merubah gaya hidup anda menjadi lebih baik serta melakukan kebiasaan kesehatan yang baru.  

Dalam melakukan diet mayo juga harus disesuaikan dengan keadaan individu masing-masing, misalkan ketika anda memiliki masalah kesehatan tertentu atau masalah-masalah kesehatan lainnya panduan untuk melakukan diet mayo harus disesuaikan dengan keadaan anda tersebut.

Namun secara umum cara melakukan diet mayo untuk individu normal dapa dikelompkkan menjadi 2 konsep bagian yaitu lose it dan live it.

Ingat ya ini hanya konsep gambaran semata untuk memberikan pengetahuan kepada anda seperti apa konsep melakukan diet mayo ini.

Lose it bisa diartiken sebagai fase untuk menurunkan berat badan menjadi ideal sedangkan live it merupakan fase untuk mempertahankan berat badan ideal yang telah anda peroleh dari fase lose it agar tetap ideal selama-lamanya namun pada fase live it anda tetap bisa menurunkan berat badan namun tidak se signifikan seperti pada fase lose it.

Lose it

Ini adalah fase yang sangat menentukan yaitu fase selama dua minggu yang secara signifikan dapat menurunkan berat badan anda sebanyak 2,7 sampai 4.5 kg  tentunya dengan cara yang sehat.

Mulai dari fase ini anda harus mulai membiasakan menjalankan gaya hidup sehat serta minimal melakukan 30 menit olahraga.

Live it

Pada fase ini anda telah berhasil menjalankan fase lose it kemudian menjalankan fase live it yang berarti fase ini adalah fase membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat setiap harinya agar badan ideal anda bisa bertahan selamanya;

Pada fase ini anda belajar tentang pemilihan makanan, ukuran porsi makan, perencanaan menu makanan, serta menjadwal kebiasaan-kebiasaan sehat untuk mendukung badan ideal anda.

Jika ketika berakhirnya masa lose it anda belum mendapatkan berat badan ideal anda, pada masa live it ini anda tetap bisa menurunkan berat badan anda namun secara perlahan 0.5 - 1 kg dalam waktu satu minggu sampai anda mendapatkan berat badan yang anda inginkan.

Setelah berat badan ideal yang anda inginkan benar-benar anda miliki selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan melanjutkan gaya hidup yang anda terapkan sebelumnya.

Pada fase ini anda juga harus memiliki rancangan berapa berat badan yang anda inginkan dikemudian hari dan bagaimana mengembangkan pola makan sehat jangka panjang anda, namun ingat tetap lakukan aktifitas fisik dan olahraga sebagai penunjangnya.

Kunci Sukses Diet Mayo

Setelah mengetahui konsep diet mayo selanjutnya kita akan memasuki pembahasan tentang kunci sukses dalam melakukan diet mayo.

Kunci sukses dasar melakukan diet mayo yaitu dengan mengadopsi Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid yang merupakan bagan terstuktur tentang kebutuhan menu makanan dan nutrisi harian anda untuk mencapai berat badan ideal anda serta aktifitas fisik sebagai penunjangnya.

Menu makanan dan nutrisi yang dimaksud disini merupakan menu makanan dan asupan nutrisi apa saja yang harus anda konsumsi setiap harinya misalnya saja menukanan sayur, daging, buah serta berbagai macam nutrisi seperti karbohidrat, protein dan mineral beserta takarannya.

Dengan menggunakan Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid ini dapat menjadi alat yang membantu membimbing anda menuju pola makan yang seimbang, pada Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid menunjukkan dan menggambarkan jenis dan jumlah makanan yang harus anda konsumsi setiap hari dari enam kelompak makanan yang mewakili, dalam Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid ini juga mencakup aktifitas fisik yang merupakan bagian penting dari program diet mayo untuk menurunkan berat badan ini.

Jika anda bingung untuk menentukan kebutuhan tubuh tentang menu makanan dan nutrisi harian yang cocok untuk menurunkan berat badan anda berdasarkan diet mayo, anda bisa menggunakan tool online dari mayo klinik sebagai pedomannya, selain menemukan berbagai macam informasi tentang menu makanan dan nutrisi harian yang cocok untuk menurunkan berat badan tool ini juga dapat memberikan informasi mengenai menu makanan dan nutrisi yang cocok untuk menyetabilkan berat badan anda setelah anda berhasil menurunkan berat badan, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid Tool untuk mengukurnya, cukup hanya memasukaan umur, berat badan, tinggi badan serta jenis kelamin, jika sudah kemudian sebagai contoh anda akan memperoleh informasi lengkapnya seperti ini.



Dengan berpedoman pada Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid anda juga dapat berkreasi tentang menu makanan apa saja yang akan anda konsumsi sesuai dengan takaran asupan nutrisi yang diberikan oleh Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid tersebut.

Selain memperhatikan menu makanan dan asupan nutrisi dalam Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid juga harus dilengkapi dengan aktifitas fisik. Aktifitas fisik yang dimaksud disini adalah dengan melakukan olahraga agar mempercepat untuk membakar lemak dan kalori yang menumpuk pada tubuh anda karena obesitas yang anda alami.

Tips Melakukan Diet Mayo

Dengan melihat Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kunci sukses melakukan diet mayo yaitu dengan memperhatikan 3 aspek yaitu pemilihan menu makanan, memperhatikan nutrisi harian serta melakukan aktifitas fisik.

Mengkonsumsi makan makanan sehat

Makan makanan sehat yang dimaksud disini adalah dengan memilih menu makanan sehat dengan berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya sesuai yang tercantum dalam Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid yaitu banyak mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung sedikit kalori dari jumlah makanan yang anda konsumsi terutama perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

Pilihan yang sehat sesuai dalam Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid yaitu dengan memilih karbohidrat dari gandum, sumber protein seperti kacang-kacangan, ikan dan susu rendah lemak serta pilih lemak tak jenuh agar jantung tetap sehat.

Diet mayo klinik tidak mengkhususkan untuk menghitung jumlah kalori yang anda konsumsi namun menyesuakina dengan takaran asupan kalori harian yang paling cocok untuk tubuh anda sera diet mayo klinik juga tidak mengharuskan anda menghilangkan makanan tertentu dari menu makanan yang anda sukai asalkan tetap memperhatikan asupan nutrisi terbaik untuk tubuh anda dengan kontrol takaran asupan makanan yang tepat.

Meningkatkan aktifitas fisik

Meningkatkan aktifitas fisik yang dimaksud disini adalah dengan melakukan aktifitas yang memacu tubuh anda tetap bergerak setiap harinya dengan tujuan untuk mempercepat dalam melakukan pembakaran lemak dan kalori pada tubuh anda.

Banyak sekali aktifitas fisik yang bisa dilakukan misalnya saja bekerja, aktif bergerak dan yang lebih baik lagi adalah dengan melakukan olahraga.

Dalam diet mayo klinik sangat dianjurkan sekali untuk melakukan aktifitas fisik dengan durasi minimal 30 menit setiap harinya rekomendasinya adalah dengan melakukan olahraga teratur,

Selain dapat membantu mempercepat menurunkan berat badan olahraga juga dapat membuat tubuh tetap sehat dan membantu menghindarkan dari berbagai penyakit berbahaya.

Justru jika anda bisa melakukan olahraga dengan durasi lebih dari 30 menit malah akan semakin bagus karena bukan hanya tubuh langsing ideal yang akan anda dapatkan namun juga kesehatan tubuh menjadi meningkat.

Jika anda tidak sempat melakukan olahraga aktifitas fisik juga bisa anda lakukan dengan berjalan-jalan santai, jalan ditempat dan aktifitas fisik ringan lainnya sampai anda mengeluarkan sedikit keringat.

Rekomendasi Menu Diet mayo dari Mayo Klinik

Sebenarnya dalam pemilihan menu yang terbaik pada setiap individu berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan asupan gizi setiap individu masing-masing namun tetap mengacu pada kunci utama sukses diet mayo yaitu Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid.

Yang perlu anda perhatikan dalam memilih menu makanan dalam diet mayo ini kita berpedoman pada Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid, oleh sebab itu sebelum memilih menu makanan yang akan anda konsumsi terlebih dahulu anda harus mengetahui takaran kalori yang paling cocok untuk tubuh anda, jika anda bingung anda bisa mengukurnya menggunakan tool dari mayo klinik yang telah saya jelaskan diatas.

Untuk contoh menu makanan diet mayo yang baik dan benar dibawah ini akan diambil sample dari kebutuhan tubuh sekitar 1.200 kalori perhari.

Menu diet mayo 1

Menu sarapan diet mayo
  • 1 buah yoghurt parfait bebas lemak.
  • 1 buah apel.
Menu makan siang diet mayo
  • 1 potong tuna dan pasta salad.
  • 1 buah jeruk.
Menu makan malam diet mayo
  • 1/3 dari 12 inch kerak pizza keju.
  • Salad hijau ( rekomendasi selada, tomat, bawang merah dan jamur ).
Snack ( Setiap saat )
  • 1 buah apel kecil.

Menu diet mayo 2

Menu sarapan diet mayo
  • 1 pisang kecil.
  • Setengah cangkir sereal bekatul.
  • Satu cangkir susu bebas lemak.
  • Satu cangkir teh herbal.
Menu makan siang diet mayo
  • Sandwich kalkun dengan menggunakan bahan 4 ons dada kalkun, satu sendok makan mayones rendah kalori, irisan tomat, daun selada dan dua iris roti gandum.
  • 2 cangkir tomat dan bengkuang, bisa langsung dimakan bisa juga diblender.
  • 1 apel kecil.
  • Air putih 1 gelas atau lebih.
Menu makan malam diet mayo
  • 2 ons daging sapi tenderloin panggang.
  • 2/3 cangkir kacang hijau kukus.
  • 1 gelas air soda dengan jeruk nipis.
Snack ( setiap saat )
  • 1 buah pir kecil.
Dari kedua menu diatas anda dapat mengkonsumsi minuman rendah kalori utamakan air putih murni dengan takaran 8 - 10 gelas atau 2 liter perharinya.

Analisa gizi dan porsi dari sampel menu makanan diatas adalah :


Menu diet mayo klinik

Menu diet mayo klinik

Tips mengatasi rasa lapar jika melakukan diet mayo

Jika anda awalnya mengkonsumsi makanan kesukaan anda setiap hari ketika sebelum melakukan diet mayo tentu saja anda merasa puas dengan makanan-makanan tersebut, namun jika anda telah melakukan diet mayo dan mengubah pola makan sesuai dengan anjuran Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid diatas tentu tubuh anda belum bisa menyesuaikan dengan sempurna bukan.

Untuk itulah dibutuhkan trik kusus untuk mengatasi rasa lapar tersebut, metode diet yang dikembangkan oleh diet mayo klinik sebenarnya telah mengantisipasi masalah tersebut dengan memberikan solusi jika anda merasa lapar mengikuti anjuran menu makanan dari Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid anda bisa mengakalinya dengan meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran sebagai camilan atau bisa juga menggunakan jus buah dan jus sayur.

Namun yang perlu anda perhatikan bahwa buah-buahan sebenarnya banyak mengandung gula alami yang dapat meningkatkan kalori dalam tubuh anda, untuk itu jangan mengkonsumsinya terlalu berlebihan apalagi untuk buah pisang, cukup ambil 1 - 2 buah saja misalnya buah pir atau buah apel ketika anda benar-benar merasa lapar padahal sudah selesai makan.

Dan yang perlu anda ketahui juga bahwa jus sayur biasanya banyak mengandung sodium, usahakan memilih jus sayur yang bebas sodium atau sedikit kandungan sodiumnya atau kalau bisa mengkonsumsi sayuran alami ketika anda merasa lapar sebagai camilan misalnya saja wortel, karena sodium yang berlebihan justru tidak bagus untuk berat badan anda.

Pantangan Diet Mayo

Kalau untuk pantangan diet mayo sebenarnya sama saja dengan pantangan diet pada umumnya yang sama-sama menganjurkan untuk menghindari berbagai makanan serta kebiasaan buruk dalam aspek kehidupan yang dapat menggagalkan jalannya program diet atau malah membuat tubuh semakin gemuk, untuk lebih jelasnya mengenai pantangan diet silahkan anda baca artikel saya sebelumnya mengenai Pantangan Diet yang Harus Anda Hindari.

Kesimpulan

  • Diet mayo merupakan diet yang benar-benar fenomenal dan dikembangkan oleh pakar-pakar kesehatan dunia dengan 2 bagian utama yaitu lose it dan live it.
  • Dalam melakukan diet mayo yang menjadi kunci sukses dan acuan dasarnya adalah Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid yaitu alat yang membantu membimbing anda menuju pola makan yang seimbang.
  • Dalam melakukan diet mayo memiliki 2 point penting yaitu menerapkan pola makan sehat dan gaya hidup sehat, pola makan sehat mencakup pemilihan menu makanan, jumlah porsi makanan, serta anjuran nutrisi yang cocok untuk setiap individu berdasarkan Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid. Sedangkan gaya hidup sehat mencakup aktifitas fisik sebagai penunjang dalam melakukan diet mayo agar program diet mayo bisa berjalan cepat dan memiliki tingkat keberhasilan tinggi.
  • Dalam website resmi mayo klinik tidak dijelaskan secara gamblang tentang menu-menu apa saja yang harus dikonsumsi setiap harinya untuk melakukan diet mayo ini, namun untuk pemilihan menu terbaik dalam melakukan diet mayo tetap mengecu pada Mayo Clinic Healthy Weight Pyramid sesuai kebutuhan asupan gizi setiap individu masing-masing.
Advertisement