Penyebab Perut Buncit Pada Wanita dan Pria

Pilihan Editor

Advertisement
Penyebab perut buncit pada wanita dan pria sangat perlu anda ketahui karena selain dapat mencegah timbulnya perut buncit, mengetahui penyebab perut buncit juga dapat mempercepat melakukan penanganan terhadap perut buncit yang sekarang ini anda alami.


Penyebab Perut Buncit Ternyata Ini

Perut buncit memang merupakan masalah umum yang sering terjadi baik pada pria maupun wanita saat ini, selain menandakan bahwa tubuh kita tidak sehat, perut buncit juga tentunya akan membuat anda tidak nyaman dan berdampak buruk terhadap penampilan anda bukan.

Sebagus dan semewah apa saja baju pakaian yang anda pakai jika perut anda terlihat buncit, tentu membuat kita sangat tidak percaya diri di depan umum.

Untuk itulah anda butuh sekali tips cara mengecilkan perut buncit ini, namun anda tenang saja untuk mengecilkan perut buncit ternyata sangat mudah sekali, anda bisa mencoba cara alami untuk mengecilkan perut buncit anda, ingin tahu tentang kelanjutaanya silahkan anda baca artikel saya sebelumnya tentang Cara Ampuh Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat Secara Alami.

Namun sebelum memulai mengecilkan perut buncit, tentu saja kita harus mengetahui sebenarnya apa saja sih faktor yang dapat menyebabkan perut kita menjadi membuncit ini, agar anda bisa mengambil penanganan yang tepat terhadap perut buncit anda dan menghindarkan anda terkena masalah perut buncit ini dikemudian hari.

Penyebab perut buncit ternyata bermacam-macam sekali, bukan hanya makanan dan minuman yang dapat menyebabkan perut buncit, namun penyebab perut buncit yang paling umum terjadi adalah karena buruknya gaya hidup serta pola makan yang anda jalani setiap harinya, seperti banyak mengkonsumsi alkohol hingga kurangnya aktifitas fisik atau olahraga yang anda lakukan setiap hari.

Ingin tahu lebih lanjut tentang macam-macam penyebab perut buncit, silahkan anda simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Minuman beralkohol

Selain telah dilarang keras oleh agama untuk mengkonsumsi minuman beralkohol, ternyata salah satu dampak alkohol adalah perut mengalami buncit ini lho.

Karena pada minuman beralkohol terdapat kandungan kalori dan gula dalam jumlah yang sangat besar sehingga dapat menyebabkan tubuh mengalami kelebihan kalori yang tidak terpakai kemudian menyimpannya sebagai lemak di dalam tubuh manusia.

Nah...mengkonsumsi minuman beralkohol ini tentunya sangat tidak baik sekali untuk kesehatan anda, kelebihan kalori karena banyak mengkonsumsi minuman beralkohol bukan hanya membuat tubuh anda mengalami obesitas namun malah akan membuat perut anda akan semakin membuncit dan membesar.

Bukan hanya itu saja masalah karena kelebihan mengkonsumsi minuman beralkohol juga akan merembet ke berbagai masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, gangguan pencernaan, liver, hati dan masalah berat lainnya.

Untuk itu mulai sekarang jika anda peminum minuman beralkohol usahakan untuk mengurangi asupan minuman tersebut setiap harinya, bahkan sampai anda benar-benar berhenti untuk mengkonsumsi minuman haram tersebut.

Terlalu banyak tidur

Terlalu banyak tidur tidak melakukan aktifitas apa-apa juga dapat membuat perut anda menjadi buncit karena makanan yang anda konsumsi sama sekali tidak mengalami pembakaran untuk diubah menjadi energi, dan jika tubuh tidak terjadi pembakaran energi maka kalori yang anda konsumsi bersamaan dengan makanan akan sepenuhnya disimpan sebagai cadangan makanan berupa lemak pada tubuh anda.

Oleh sebab itu atur pola tidur anda, jangan terlalu banyak tidur, anjuran tidur yang baik selama ini adalah 7 jam sehari, untuk kesehatan dan produktifitas manusia setiap harinya.

Tidur memang penting untuk relaksasi dan kesehatan anda namun terlalu banyak tidur juga dapat meningkatkan resiko kesehatan salah satunya adalah perut buncit karena obesitas yang anda alami ini.

Banyak mengkonsumsi asin-asinan

Terlalu banyak mengkonsumsi asin-asinan yang mengandung garam juga sangat beresiko mengalami perut buncit, karena garam dalam yang anda konsumsi di dalam perut akan banyak mengikat air dan kemudian diserap oleh tubuh bersamaan dengan lemak, itulah mengapa jika orang mengalami perut buncit, perutnya terasa kendur seperti karet, karena campuran lemak dengan air semakin memperparah tingkatan perut buncit anda.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak tinggi

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa makanan yang banyak mengandung lemak ini lah justru akan memperburuk berat badan anda, makanan yang banyak mengandung lemak tersebut diantaranya adalah segala jenis masakan yang dimasak menggunakan minyak goreng dengan takaran yang melebihi batas normal, misalnya saja aneka macam gorengan yang ada di jalan-jalan, junk food dan masih banyak lainnya.

Karena makanan yang banyak mengandung lemak akan sulit sulit sekali di olah oleh tubuh dan lemak akan langsung dijadikan cadangan makanan didalam tubuh yang disimpan pada area perut, lengan dan seluruh tubuh sehingga tubuh anda mengalami obesitas dan perut lama kelamaan akan membuncit karena kelebihan lemak yang tersimpan pada area perut.

Untuk itulah jika anda ingin memiliki perut yang langsing yang harus anda lakukan adalah dengan mengurangi asupan lemak pada tubuh anda sesuai dengan takaran lemak yang tubuh anda butuhkan.

Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat

Didalam artikel tentang diet sudah saya jelaskan bahwa sumber kalori terbesar yang sering dikonsumsi oleh manusia adalah karbohidrat, karbohidrat ini bisa kita temui pada makanan pokok kita sehari-hari misalnya nasi, ubi, jagung, sagu dan lain-lain.

Karena jika asupan karbohidrat pada tubuh kita berbanding terbalik dengan kebutuhan kalori yang kita bakar didalam tubuh setiap harinya, maka sudah bisa dipastikan anda akan mengalami obesitas dan perut anda lama kelamaan tentu saja akan semakin membuncit karena kalori yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan tersimpan menjadi lemak yang menempel pada area perut anda.

Jika anda ingin benar-bener mengecilkan perut dan membuat tubuh anda langsing terlebih dahulu anda harus memperhatikan  kebutuhan asupan karbohidrat pada tubuh anda, diet dengan mengatur asupan karbohirat, serta mengetahui pantangan-pantangan diet untuk memperoleh tubuh yang proporsional untuk lebih jelasnya silahkan anda baca artikel saya sebelumnya tentang :

Diet Sehat Cepat dan Alami Tanpa Olah Raga Apakah Bisa ?

Panduan Diet Mayo Lengkap

Terlalu banyak minum minuman bersoda

Anda suka minum-minuman bersoda, jika anda ingin mengecilkan perut maka kurangilah minum-minuman bersoda tersebut, selain mengandung pemanis buatan yang dapat meningkatkan resiko obesitas dan kecanduan sesuatu yang manis-manis, minuman bersoda juga dapat membuat perut kita bergas, jika gas dari minuman bersoda tadi telah banyak terkumpul pada perut, perut akan terlihat lebih kembung dan buncit, bukan cuma itu saja minuman yang banyak mengandung soda juga dapat membuat anda mengalami begah dan kentut-kentut.

Terlalu banyak ngemil

Well... mungkin ini terdengar sederhana sekali, namun ternyata aktifitas ngemil ini bisa meningkatkan resiko tubuh anda mengalami kegemukan dan lama-kelamaan perut akan membuncit karena kelebihan lemak yang telah lama menumpuk pada perut anda.

Intensitas aktifitas ngemil ini juga bisa saja tidak kita sadari karena mungkin sudah kebiasaan kita, misalkan pagi hari menjelang siang siang anda banyak ngemil snack, coklat dan makanan ringan lainnya, siang hari menjelang sore anda ngemil roti kering, kacang-kacangan, kerupuk dan lain sebagainya bahkan malam hari kemudian anda ngemil aneka gorengan misalkan bakwan, dadar gulung, tahu, tempe dan lain-lain.

Wah... aktifitas ngemil seperti itu sudah mengalahkan konsumsi makanan pokok ada setiap harinya, apalagi jika aktifitas ngemil tersebut anda imbangi dengan mengkonsumsi makanan pokok 3 kali sehari dengan jumlah karohidrat tinggi maka sudah bisa dipastikan anda akan mengalami obesitas bahkan perut anda semakin lama akan semakin membesar dan membuncit karena timbunan lemak memenuhi seluruh area perut anda.

Kurang olahraga

Ini adalah masalah klasik yang sering tidak di indahkan oleh orang-orang zaman sekarang, mereka cenderung terbawa suasana dengan gaya hidup yang buruk sehingga melupakan pentingnya olahraga.

Olahraga itu sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh manusi, selain itu olahraga juga sangat bermanfaat untuk menjaga berat badan anda tetap proporsional, menghindarkan dari terjadinya perut buncit, membakar lemak pada tubuh dan membentuk otot-otot pada tubuh anda.

Pentingnya olahraga untuk mengecilkan perut juga telah saya bahas dalam artikel saya sebelumnya, untuk lebih jelasnya silahkan anda baca artikel saya sebelumnya tentang 7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit Pria dan Wanita.

Penyebab perut buncit ternyata banyak sekali, sekarang giliran kesadaran anda yang akan diuji, apakah anda bisa menerapkan gaya hidup sehat apa tidak, karena segala macam yang berhubungan dengan masalah perut buncit tidak terlepas dari gaya hidup anda sendiri mulai dari jarang olahraga, pola tidur yang buruk dan pola konsumsi yang buruk sehingga menyebabkan tubuh anda mengalami obesitas disertai perut buncit ini.
Advertisement