Langsung ke konten utama

Penyebab Rambut Rontok Parah dan Berlebihan

Advertisement
Penyebab Rambut Rontok Parah dan Berlebihan

Rambut rontok merupakan masalah pada rambut yang tidak bisa disepelekan karena jika masalah rambut rontok tidak segera anda atasi, lama-kelamaan rambut akan banyak menghilang dan timbulah masalah yang lebih parah yaitu masalah kebotakan.

Memang benar bahwa masalah kebotakan sering menyerang rambut pria, namun tidak mustahil wanita juga dapat mengalaminya jika rambut rontok terus menerus anda abaikan.

Jika anda mengalami masalah rambut rontok, tentu anda bertanya-tanya sebenarnya apasih penyebab rambut rontok tersebut ?

Ada bermacam-macam sekali faktor penyebab rambut rontok. Menurut salah satu lembaga kesehatan Amerika Serikat Mayo Clinic, rambut rontok terjadi karena sikulus regenerasi rambut terganggu sehingga terjadi ketimpangan dalam pertumbuhan rambut, bahkan dalam beberapa kasus, proses regenerasi pertumbuhan rambut sama sekali tidak terjadi lagi, artinya rambut baru tidak mampu tumbuh kembali.

Penyebab pasti masalah rambut rontok yang tidak tumbuh kembali tidak sepenuhnya dipahami namun terdapat empat faktor utama yang menyebabkan terjadinya rambut rontok yaitu :
  • Riwayat keluraga ( keturunan )
  • Perubahan hirmon
  • Kondisi medis
  • Pengaruh obat-obatan

Riwayat keluarga

Penyebab rambut rontok yang paling umum terjadi adalah karena faktor keturunan, misalnya saja jika anda memiliki ayah atau ibu yang mengalami masalah rambut rontok besar kemungkinan suatu saat anda akan mengalaminya juga.

Biasanya masalah rambut rontok karena faktor keturunan akan mulai terlihat ketika kita mulai memasuki masa pubertas, jika pada pria kulit kepala berangsur-angsur akan mengalami kebotakan sedangkan pada wanita biasanya rambut akan mudah terlihat tipis dan jarang-jarang.

Perubahan hormon dan kondisi medis

Hormon sangat berperan penting dalam pertumbuhan, termasuk juga pertumbuhan rambut, jika terjadi sesuatu perubahan karena masalah-masalah tertentu pada hormon terntu itu juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut anda.

Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, beberapa kasus ketidakseimbangan hormon biasanya terjadi ketika seseorang sedang mengalami kehamilan, melahirkan atau menopause,

Selain itu masalah hormon juga sering dipengaruhi oleh kelenjar tiroid, sehingga ketika terjadi masalah pada kelenjar tiroid akan menyebabkan masalah rambut rontok.

Alopecia areata

Alopecia areata merupakan suatu masalah yang terjadi pada jaringan rambut, hal ini terjadi ketika terjadi penurunan sistim kekebalan tubuh yang berdampak pada melemahnya folikel rambut sehingga menyebabkan rambut rontok secara tiba-tiba.

Biasanya masalah rambut rontok karena alopecia areata ini menyebabkan rambut menjadi tipis dan halus atau cetak botak bundar pada kulit kepala bagian depan.

Infeksi kulit kepala

Masalah infeksi kulit kepala ini juga dapat menimbulkan masalah rambut rontok, masalah infeksi kulit kepala yang cukup sering diderita oleh orang-orang zaman sekarang biasanya adalah kurap, kudis dan gatal-gatal yang menyerang pada kulit kepala, sehingga menyebabkan kulit kepala menjadi bersisik yang dapat membuat rambt mudah rontok.

Namun anda tenang saja masalah rambut rontok karena infeksi kulit kepala biasanya akan tumbuh dengan sendirinya ketika infeksi telah sembuh.

Trichotillomania

Trichotillomania ini merupakan masalah kelainan unik yang hanya dialami oleh beberapa orang saja, trichotillomania merupakan suatu sindrom atau kelainan yang terjadi pada diri seseorang untuk memiliki dorongan yang tak tertahankan untuk menarik rambut mereka, misalkan rambut area kepala, ketiak, alis maupun kumis.

Luka yang terjadi pada kulit kepala

Hal ini jarang sekali terjadi, biasanya masalah ini terjadi pada kesalahan-kesalahan diri sendiri yang tidak disengaja atau kecelakaan yang menyebabkan terjadinya luka serius bisa luka bakar, luka akibat benda tajam yang terjadi pada kulit kepala dan menyebabkan rambut menjadi rontok.

Masalah rambut hilang atau rambut rontok yang diakibatkan oleh luka sangat sulit untuk dipulihan, karena jaringan rambut tidak bisa tumbuh lagi pada area bekas luka pada kulit kepala anda.

Efek samping obat-obatan tertentu

Masalah rambut rontok juga dapat disebabkan oleh efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu misalnya saja obat untuk kanker, depresi, masalah jantung, arthritis, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

Biasanya seorang pasien akan diberitahu atau di informasikan terlebih dahulu oleh dokter terkait tentang efek samping apa saja dalam penggunaan obat-obatan tertentu.

Penyebab rambut rontok lainnya

Selain penyabab rambut rontok yang paling sering terjadi seperti yang telah dijelaskan diatas, ternyata terdapat juga kondisi-kondisi atau masalah tertentu yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Shok karena kejadian tertentu

Seseorang bisa mengalami masalah-masalah tertentu jika emosi atau tubuhnya sedang terguncang atau mengalami shok, contoh shok yang terjadi pada tubuh atau pikiran contohnya saja adalah ketika seseorang tiba-tiba mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara signifikasn dalam rentan wantu yang singkat, setelah operasi, demam tinggi atau ketika seseorang yang dia cintai menginggal untuk selama-lamanya,

Terapi radiasi ke kepala

Terapi radiasi kekepala biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah suatu penyakit tertentu, dalam beberapa kasus metode terapi dengan memancarkan radiasi ke kepala dapat menyebabkan seseorang mengalami rambut rontok dan tidak bisa tumbuh kembali.

Kesalahan perawatan pada rambut

Masalah rambut rontok akibat kesalahan perawatan rambut sangat langka terjadi namun bisa saja terjadi, mungkin disebabkan oleh kelalaian atau kecerobohan yang dilakukan oleh anda sendiri atau orang lain ketika sedang melakukan perawatan.

Kesalahan perawatan rambut yang fatal dapat menyebabkan rambut menjadi rontok bahkan bisa saja rambut tidak bisa tumbuk kembali karena rusaknya folikel dan jaringan rambut.

Gaya rambut yang berlebihan

Selain kesalahan dalam perawatan rambut, melakukan gaya rambut yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah rambut rontok, misalnya dengan menguncir rambut terlalu keras sehingga menyebabkan akar rambut menjadi lemah dan mudah tercabut.

Setelah membaca penjelasan mengenai beberapa penyebab rambut rontok diatas, apakah masalah rambut rontok yang kini sedang ada alami memiliki kriteria penyebab seperti diatas ?

Pahami terlebih dahulu penyebab masalah rambut rontok yang kini sedang anda alami kemudian carilah solusi untuk menanganinya, jika anda ingin mencoba mengatasi masalah rambut rontok tersebut dengan mudah, murah dan aman anda bisa mencoba mengatasi masalah rambut rontok tersebut menggunakan cara-cara alami, untuk lebih jelasnya silahkan anda baca artikel saya sebelumnya tentang cara mengatasi rambut rontok parah dan berlebihan secara alami.
Advertisement