Manfaat serta Cara Membuat Bedak Dingin Tradisional Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit Wajah

Cara membuat bedak dingin tradisional sangat mudah sekali anda bisa mengkombinasikan bahan-bahan tradisional alami dari beras dan bengkoang untuk kecantikan serta kesehatan kulit wajah anda.

Manfaat serta Cara Membuat Bedak Dingin Tradisional Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit Wajah

Kebanyakan wanita pada saat ini lebih mengenal badak dingin modern yang telah banyak beredar dipasaran sebagai bedak dingin yang sering mereka pakai sehari - hari, namun sebenarnya jauh sebelum bedak modern beredar, wanita zaman dahulu sering membuat sendiri bedak dingin mereka dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional alami.

Dan tahukah anda, ternyata manfaat bedak dingin tradisional tidak main-main lho, bisa diadu dengan bedak dingin modern yang kini banyak beredar dipasaran.

Coba anda lihat kulit wajah wanita zaman dahulu yang belum terkontaminasi oleh produk-produk kecantikan modern, kulit wajah mereka cenderung lebih halus, putih, lembut dan sehat berseri karena mereka sering memanfaatkan bahan-bahan tradisional alami sebagai bahan kecantikan kulit wajah setiap hari, termasuk juga bedak dingin yang sering mereka gunakan.

Manfaat bedak dingin tradisional juga tidak kalah dengan bedak dingin modern, karena di buat dengan bahan-bahan trasional alami, manfaat bedak dingin tradisional cenderung mudah meresap pada kulit wajah tanpa menimbulkan efek samping sama sekali.

Manfaat bedak dingin tradisional diantaranya adalah :

Menghaluskan kulit wajah

Memiliki kulit wajah yang halus dan lembut merupakan kulit wajah yang banyak di idam-idamkan oleh wanita zaman sekarang, tidak jarang jika anda salah menggunakan produk kecantikan modern terkadang dapat membuat kulit wajah menjadi kasar dan kering.

Namun tidak jika anda rajin menggunakan bahan kecantikan tradisional alami seperti bedak dingin ini, karena diolah dengan bahan-bahan tradisional alami, kecil kemungkinan akan menimbulkan efek samping yang dapat merusak kulit wajah seperti kulit mejadi kasar dan kering.

Bahan alami yang digunakan untuk membuat bedak dingin seperti beras dan bengkoang secara efektif dapat membantu menghaluskan kulit wajah, menghilangkan garis - garis halus pada wajah serta menutup pori - pori wajah yang membesar.

Hal ini dikarenakan beras mengandung segudang nutrisi penting yang baik sekai untuk kesehatan kulit seperti vitamin B dan tiamin.

Menyegarkan kulit wajah 

Manfaat bedak dingin tradisional alami juga dapat membuat kulit wajah anda menjadi lebih segar dan sehat karena adanya kandungan bengkoang didalamnya.

Bedak dingin tradisional ini sangat cocok sekali jika kamu pakai di tengah hari yang panas, atau ketika kamu habis selesai beraktifitas karena dapat membuat kulit wajah anda menjadi lebih segar dan plong banget rasanya.

Mencerahkan kulit wajah

Selain membuat kulit wajah anda menjadi halus dan lembut, perawatan kulit wajah menggunakan bedak dingin tradisional alami juga dapat mencerahkan kulit wajah anda.

Kandungan bengkoang yang menyegarkan dan kandungan beras yang dapat menghaluskan kulit wajah secara perlahan - lahan akan mengembalikan kecerahan alami kulit wajah anda.

Baca juga : Cara Memutihkan Kulit Wajah dan Tubuh Dengan Cepat Secara Tradisional Alami

Mengobati jerawat

Jerawat memang merupakan masalah kulit yang sangat menjengkelkan sekali, selain rasanya tidak nyaman, memiliki jerawat juga dapat merusak kesehatan kulit wajah anda, kadang jerawat yang tidak dirawat dengan benar juga dapat menyebabkan bekas jerawat yang bopeng-bopeng dan mengerikan sekali jika dilihat.

Namun nyatanya wanita zaman dahulu yang rajin menggunakan bedak dingin tradisional buatan mereka sendiri justru jarang sekali mengalami masalah jerawat ini.

Karena campuran bahan-bahan alami pada bedak dingin seperti sari bengkoang dan beras selain dapat menghaluskan kulit dan membuatnya cerah juga dapat untuk mengusir jauh-jauh jerawat yang menempel pada wajah anda.

Hal ini dikarenakan dengan memakai bedak dingin secara teratur dapat membantu mengangkat kotoran, bakteri dan debu yang banyak menempel pada kulit wajah anda.

Debu, kotoran dan bakteri yang bersarang pada kulit wajah inilah merupakan biang kerok timbulnya masalah jerawat dan komedo.

Selain itu, rajin menggunakan bedak dingin tradisional juga dapat membantu mengecilkan pori - pori wajah yang membesar, FYI ni buat kalian, pori - pori wajah yang membesar juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat pada kulit wajah, karena kotoran, debu dan kuman dapat mudah masuk pada pori - pori wajah anda yang membesar dan bersarang didalamnya kemudian muncullah jerawat.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Secara Tradisional Alami

Melembabkan kulit

Salah satu manfaat yang paling dicari-cari dari bedak dingin adalah dapat melembabkan kulit wajah, seperti yang telah kita ketahui dengan memiliki kulit yang lembab akan menjauhkan kulit wajah dari berbagai masalah seperti wajah berminyak, wajah kering dan wajah berjerawat.

Bedak dingin dapat menetralkan ph kulit wajah, menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah, menghidrasi kulit wajah, serta mensterilkan wajah dari berbagai kuman dan bakteri sehingga kulit wajah anda menjadi lebih lembab dan sehat.

Mencegah penuaan dini

Masalah penuaan dini merupakan masalah kulit wajah yang paling ditakuti oleh wanita zaman sekarang, namun anda tenang saja seperti yang telah dijelaskan diatas, dengan rajin menggunakan bedak dingin setiap hari dapat membuat kulit wajah anda menjadi tetap lembab, segar, sehat dan cerah.

Selain itu dengan rajin memakai bedak dingin setiap hari, masalah penuaan dini seperti munculnya gari - garis halus pada wajah juga dapat teratasi dengan mudah.

        Setelah mengetahui berbagai manfaat menggunakan bedak dingin tradisional alami untuk kesehatan serta kecantikan kulit tersebut masih ragukah anda untuk mencobanya ?.

Kini tantangan yang sebenarnya adalah bagaimana cara membuat bedak dingin tradisional alami tersebut, mungkin anda masih bingung cara membuatnya atau anda belum pernah membuat sebelumnya ?.

Oke baiklah untuk membantu anda membuat bedak dingin tradisonal sendiri, disini saya juga akan membagikan tutorial cara membuat bedak dingin tradisional yang paling mudah dan praktis.

Penasaran bukan ?, silahkan anda simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Cara membuat bedak dingin tradisional sendiri

Untuk membuat bedak dingin tradisional alami juga sangat mudah sekali, anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan tenaga untuk membuatnya karena kita bisa memanfaatkan bahan-bahan yang paling mudah ditemukan dan biasanya banyak tersedia disekitar rumah anda.

Pertama-tama siapkan bahan-bahan untuk membuat bedak dingin tradisional terlebih dahulu.
  • Buah bengkoang segar.
  • Beras organik.
  • Air.
  • Untuk takaran bahan-bahan diatas menyesuaikan dengan jumlah banyaknya bedak dingin tradisional yang ingin anda buat.
Kemudian siapkan alat-alatnya juga.
  • Mangkuk atau ember kecil.
  • Blender, atau bisa juga ulekan untuk menumbuk.
  • Parutan.
  • Alat penyaring.
Lalu barulah kita mulai membuat bedak dingin tradisional tersebut menggunakan alat dan bahan yang telah disiapkan.

Pertama buat sari bengkoang terlebih dahulu :
  • Kupas buah begkoang lalu cuci sampai bersih. 
  • Lalu haluskan bengkoang dengan cara di blender atau di tumbuk.
  • Tambahkan sedikit air pada hasil parutan bengkoang tersebut.
  • Dan aduk-aduk hingga merata.
  • Peraslah parutan bengkoang yang telah ditambah sedikit air tadi dengan saringan dan ambil air sari patinya saja.
  • Lalu simpanlah sari pati bengkoang tersbut di tempat sejuk untuk dikombinasikan dengan beras nantinya.
Kedua membuat tepung beras :
  • Siapka 2 - 3 genggang beras organik tanpa pemutih.
  • Kemudian rendam beras tersebut dengan ember kecil berisi air selama 1-3 malam, rekomendasi sampai 3 malam agar beras menjadi empuk dan mudah di blender / tumbuk.
  • Setelah proses perendaman beras telah selesai, kemudian pisahkan beras dengan air rendaman beras memakai alat penyaring.
  • Lalu blender / tumbuk halus beras sampai benar-benar halus, gunakan saringn untuk mendapatkan bubuk beras yang paling halus.
Ketiga mencampur sari bengkoang dengan tepung beras halus :
  • Campurkan tepung beras dengan sari bengkoang yang telah kita buat sebelumnya dengan takaran menyesuaikan sampai menjadi adonan seperti kue dengan bentuk bulat-bulat, untuk pengharum anda juga bisa menambahkan sedikit air mawar.
  • Agar bisa lebih tahan lama jemurlah adonan bulat-bulat tersebut pada terik sinar matahari.
  • Dan bedak dingin pun telah jadi dan siap untuk digunakan.

Cara memakai bedak dingin tradisional

Untuk menggunakan bedak dingin tradisional ini juga sangat mudah sekali :

Cara memakai bedak dingin tradisional
  • Pertama ambil satu butir bedak dingin berbentuk bulat yang telah dijemur tadi.
  • Kemudian campurkan dengan sedikit air.
  • Aduk perlahan hingga menjadi seperti bubur.
  • Lalu oleskan pada seluruh wajah anda.
Baiklah itulah tadi artikel tentang manfaat serta cara membuat bedak dingin tradisional untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk kita semua.