Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Pilihan Editor

Advertisement
Penyebab bau mulut dan cara mengatasinya - Bau mulut tak sedap merupakan masalah umum yang sering dialami oleh orang-orang pada saat ini, baik pria, wanita maupun anak-anak pasti pernah mengalaminya. Gejala bau mulut biasanya ditandai dengan munculnya bau busuk yang keluar dari mulut kita, mulut terasa kering, mulut terasa pahit, mulut terasa masam dan munculnya lapisan putih-putih pada dinding mulut dan lidah.

Bau mulut ini memang masalah yang sangat mengganggu sekali apalagi ketika kita sedang berbicara dengan orang lain tiba-tiba tercium bau mulut yang busuk dari mulut kita tentu saja akan memalukan sekali bukan.

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Ada banyak sekali penyebab bau mulut, jika anda ingin menghilangkan bau mulut secara'permanen sangat disarankan sekali untuk mengetahui berbagai penyebab timbulnya bau mulut agar anda mudah mengambil solusi yang tepat untuk menanganinya.

Penyebab yang menimbulkan bau mulut biasanya adalah karena pengaruh makanan yang dikonsumsi, kondisi mulut yang kering, kebersihan gigi, gigi berlubang, gigi kuning, tembakau rokok, penggunaan kawat gigi, penggunaan gigi palsu, infeksi mulut, mual dan masalah kesehatan lainnya.

Penyebab bau mulut

Bau mulut karena pengaruh makanan

Penyebab bau mulut karena pengaruh makan merupakan hal umum yang paling sering terjadi, biasanya bau mulut ini disebabkan oleh makanan yang baru saja anda konsumsi misalnya saja makan jengkol, pete, bawang putih dan makanan lain yang memiliki bau menyengat.

Bau mulut karena kondisi mulut yang kering

Bau mulut juga dapat disebabkan oleh kondisi mulut kita yang kering karena berkurangnya produksi air ludah pada mulut, biasanya bau mulut karena kondisi mulut yang kering ini ditandai dengan rasa pahit pada lidah.

Bau mulut karena kurangnya kebersihan gigi

Gigi yang kotor juga dapat menyebabkan masalah bau mulut, hal ini terjadi karena sisa-sisa makanan yang anda konsumsi selama ini banyak mengendap atau menempel pada gigi, apalagi jika gigi jarang anda bersihkan sampai gigi terlihat kuning, kotoran yang mengendap pada gigi tersebut akan menimbulkan bau busuk yang menyengat.

Hal ini juga berlaku pada penggunaan kawat gigi dan gigi palsu, perawatan kebersihan kawat gigi dan gigi palsu yang kurang baik juga dapat menyebabkan butiran sisa makanan yang kita konsumsi akan mengendap di balik kawat gigi sehingga menimbulkan bau busuk yang tidak sedap.

Selain itu masalah lain pada gigi seperti gigi berlubang juga sapat menyebabkan timbulnya bau mulut karena gigi berlubang merupakan tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri apalagi jika diperparah dengan kurangnya kebersihan gigi hal ini malah akan semakin membuat masalah gigi berlubang yang anda alami menjadi sumber bau mulut yang menyengat.

Bau mulut karena tembakau rokok

Salah satu efek negatif rokok yang benar-benar terasa adalah timbulnya masalah bau mulut ini, bukan cuma itu saja tembakau dari rokok juga diyakini sebagai penyebab timbulnya penyakit lain seperti penyakit gusi dan kanker mulut.

Bau mulut karena masalah kesehatan lainnya

Bau mulut juga dapat timbul dari suatu masalah kesehatan yang sedang anda alami misalnya saja infeksi pada saluran pencernaan, infeksi pada mulut, infeksi sinus, infeksi tenggorokan, radang tenggorokan, sariawan, perut mual dan masalah kesehatan lainnya.

Cara mengatasi bau mulut

Beda penyebab beda penanganan, Oleh sebab itu untuk bisa mengatasi bau mulut secara tuntas solusi terbaiknya adalah dengan memperhatikan penyebab timbulnya bau mulut tersebut.

Untuk membantu anda mencari referensi terbaik bagaimana mengatasi bau mulut akibat dari berbagai sebab, bisa anda perhatikan cara mengatasi bau mulut dibawah ini.
  • Sikat gigi atau bersihkan gigi secara teratur untuk mencegah mengendapnya kotoran sisa makanan pada gigi, sikat gigi yang baik adalah 2 kali dalam sehari, setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.
  • Bukan cuma gigi namun lidah juga perlu dibersihkan.
  • Lakukan flossing setidaknya sekali dalam sehari untuk mengangkat plak dan sisa-sisa makanan yang tersangkut diantara celah-celah gigi.
  • Lakukan scalling satu bulan sekali untuk menghilangkan karang gigi yang mengendap di sela-sela gigi.
  • Lakukan penambalan gigi, jika gigi berlubang.
  • Hindari berbagai macam makanan penyebab bau mulut seperti jengkol dan pete.
  • Jika terlanjur mengalami bau mulut akibat makanan anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi permen mint atau dengan banyak megnkonsumsi buah-buahan seperti buah stroberi, apel, pisang, bengkoang dan buah-buahan lainnya.
  • Berhenti merokok merupakan solusi terbaik namun jika sudah terlanjur mengalami bau mulut akibat rokok anda bisa memanfaatkan daun sirih untuk mengatasinya. Kunyah 2 - 3 lembar daun sirih sampai lembut selama 20 - 30 menit, lalu bersihkan mulut dengn kumur-kumur menggunakan air biasa.
  • Selalu mengkonsumsi banyak air putih agar mulut tidak kering.
  • Jika anda menggunakan kawat gigi atau gigi palsu, selalu periksakan ke dokter gigi agar memperoleh perawatan gigi yang baik.
  • Jika bau mulut karena masalah kesehatan seperti infeksi pada saluran pencernaan, infeksi pada mulut, infeksi sinus, infeksi tenggorokan, radang tenggorokan, sariawan, perut mual dan masalah kesehatan lainnya sangat direkomendasikan sekali untuk melakukan penanganan lebih lanjut dengan dokter terkait, biasanya bau mulut karena masalah kesehatan akan berhenti sendiri berbarengan dengan sembuhnya masalah kesehatan yang dialami.

Baiklah itulah tadi artikel tentang penyebab bau mulut dan cara mengatasinya, semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk kita semua,
Advertisement