Langsung ke konten utama

Perawatan Wajah Berjerawat yang Baik dan Benar

Advertisement
Perawatan Wajah Berjerawat yang Baik dan Benar

Perawatan wajah berjerawat memang susah-susah gampang, karena jika salah penanganan dalam perawatan jerawat bisa-bisa jerawat malah akan menjadi banyak dan sulit untuk diatasi. 

Untuk merawat wajah berjerawat diperlukan tips khusus dalam merawat wajah berjerawat yaitu dengan memperhatikan kesehatan kulit agar jerawat tidak semakin berkembang biak menjadi lebih banyak.

Tips cara merawat wajah berjerawat

Cara merawat wajah berjerawat merupakan langkah yang harus anda lakukan baik dari dalam maupun dari luar tubuh dengan memperhatikan banyak hal yang berhubungan langsung dengan kulit wajah. Hal-hal yang harus anda perhatikan dalam merawat wajah berjerawat tersebut diantaranya adalah :

Perhatikan kebersihan kulit wajah

Ini merupakan cara merawat wajah berjerawat yang wajib sekali harus anda perhatikan, usahakan kulit wajah yang berjerawat selalu terjaga kebersihannya.
  • Hindari debu menempel pada wajah berjerawat
  • Hindari kotoran menempel pada wajah berjerawat
  • Hindari polusi menempel pada wajah berjerawat
  • Selalu bersihkan wajah anda jika terdapat debu, kotoran dan polusi yang menempel pada wajah anda.
  • Usahakan secara rutin membersihkan wajah pada pagi dan sore hari sebelum dan sesudah melakukan aktifitas.

Gunakan pembersih wajah rekomendasi

Gunakan pembersih wajah rekomendasi yang dimaksud disini adalah pembersih wajah yang paling cocok untuk jenis kulit wajah anda.

Biasanya pembersih wajah yang paling cocok dapat ditemukan dari pengalaman anda memakai pembersih wajah selama ini, atau untuk benar-benar memastikan pembersih wajah yang cocok untuk kulit wajah anda, anda bisa berkonsultasi lebih lenajut dengan pakar kesehatan kulit terkait.

Gunakan perawatan wajah alami

Atau jika anda tidak ingin menghabiskan banyak biaya untuk membeli produk kecantikan pembersih wajah anda bisa juga memanfaatkan bahan-bahan tradisional alami untuk merawat wajah anda, agar selain jerawat anda tidak semakin parah, menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat wajah juga dapat untuk mencegah jerawat agar tidak timbul dan membuat kulit wajah anda menjadi sehat, halus dan putih berseri.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara merawat wajah menggunakan bahan-bahan tradisional alami anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang Cara Merawat Wajah Secara Tradisional Alami.

Jangan menggunakan kosmetik yang berlebihan

Hal ini merupakan pantangan bagi wajah yang berjerawat yaitu usahakan jangan memakai kosmetik yang berlebihan karena butiran-butiran kecil kosmetik yang anda pakai sangat beresiko masuk kedalam pori-pori wajah dan mengendap bersamaan dengan bakteri-bakteri jerawat sehingga malah akan memunculkan jerawat baru.

Jangan memencet jerawat

Ini merupakan kesalahan yang paling umum dilakukan oleh orang-orang yang menderita jerawat mereka sering sekali memencet jerawata yang tumbuh pada wajah mereka.

Hal ini tidak berdampak pada kesembuhan jerawat anda malah akan semakin memperparah karena jerawat yang dipaksa dipencet akan menimbulkan bopeng-bopeng bekas jerawat yang enggak enak bangt dipandang.

Selain itu memencet jerawat juga dapat mempercepat penyebabran bakteri dan kuman didalam jerawat ke seluruh kulit wajah sehingga jerawat malah akan semakin menjadi-jadi.

Jangan memegang kulit wajah yang berjerawat

Karena ketika mengalami jerawat mungkin rasanya risih banget sehingga kebanyakan orang-orang sering memegang kulit wajah mereka, ntah itu reflek atau kebiasaan hal ini sangat tidak dianjurkan sekali, terlalu sering memegang atau menyentuh jerawat malah akan memperparah kondisi jerawat.

Hal ini karena menurut penelitian kuman paling banyak adalah kuman yang terdapat pada kulit telapak tangan sehingga jika anda terlalu sering memegang kulit wajah otomatis kuman pada tangan akan tersalurkan pada kulit wajah, selain dapat memperparah jerawat hal ini juga diprediksi merupakan penyebab timbulnya jerawat pertama kali.

Hilangkan jerawat menggunakan bahan-bahan tradisonal alami

Selain bisa digunakan untuk merawat wajah berjerawat dan mencegah jerawat tidak menyerang wajah anda, bahan-bahan tradisonal alami juga sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat yang terlanjur timbul pada kulit wajah anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan-bahan tradisional alami anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Secara Tradisional Alami.

Hilangkan jerawat menggunakan masker wajah alami

Hampir mirip dengan cara menghilangkan jerawat secara tradisional alami diatas, anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan tradisional alami dengan langsung membuatnya sebagai masker alami untuk membantu menekan penyebaran jerawat dan menghilangkan jerawat secara tuntas bahkan bekas jerawat yang membandel bisa di libas tuntas dengan menggunakan masker wajah alami ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menghilangkan jerawat menggunakan masker alami anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang Membuat Masker Wajah Alami Untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat.

Banyak mengkonsumsi air putih

Banyak mengkonsumsi air putih dapat memperlancar metabolisme tubuh anda dan metabolisme tubuh sangat erat kaitannya dengan proses regenesari sel-sel kulit terutama pada kulit wajah.

Jerawat juga termasuk masalah peradangan kulit yang menyebabkan sel-sel kulit menjadi rusak seperti halnya jika kulit terkena luka sehingga jika metabolisme tubuh anda lancar tubuh akan akan cepat mengganti sel-sel kulit yang rusak dengan sel-sel kulit yang baru.

Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat secara alami

Baiklah itulah tadi beberapa hal yang wajib anda ketahui dalam perawatan wajah yang berjerawat agar jerawat tidak semakin parah dan bisa juga dilakukan untuk antisipasi agar tidak terkena jerawat lagi dikemudian hari.
Advertisement