Cara Mengatasi Rasa Lapar Saat Diet

Cara Mengatasi Rasa Lapar Saat Diet

Cara mengatasi rasa lapar saat diet - Diet merupakan suatu usaha seseorang untuk mendapatkan berat badan yang ideal dengan menerapkan berbagai metode berdasarkan jenis program diet yang sedang dijalankan. Ada banyak sekali aturan-aturan pada saat menjalankan program diet namun secara umum program diet mengharuskan seseorang untuk menghindari makanan yang berkalori tinggi karena seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa penyebab utama seseorang mengalami obesitas adalah karena berlebihnya asupan kalori harian yang mereka konsumsi.

Lalu bagaimana reaksi tubuh anda sebelum menjalani program diet dan belum membatasi asupan kalori lalu ketika menjalankan program diet kemudian anda membatasi asupan kalori harian sesuai dengan kebutuhan tubuh anda masing-masing.

Tentu saja reaksi yang timbul pertama kali dan paling terasa adalah rasa lapar yang berlebihan. Ini reaksi tubuh yang wajar karena tubuh anda sedang beradaptasi dengan pola hidup baru yang sedang anda jalankan.

Rasa lapar yang berlebihan dan terus menerus merupakan masalah klasik yang sering dialami oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet, terkadang dijam-jam tertentu kita merasa sangat lapar sekali, dan rasa ingin makan tersebut terasa sulit sekali untuk dibendung.

Misalnya lapar di jam 10 pagi hari, lapar di jam 3 siang atau lapar pada tengah malam hari.

Rasa lapar yang berlebihan inilah yang dapat merusak program diet yang sedang anda jalankan jika anda tidak dapat mengatasinya.

Namun anda tenang saja karena kita bisa menekan rasa lapar yang timbul pada saat sedang menjalankan program diet tersebut dengan berbagai cara mudah dan aman.

Jika rasa lapar yang timbul tersebut telah anda atasi tentunya program diet yang sedang anda jalankan akan berjalan lancar sesuai dengan yang anda harapkan. :

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa lapar ketika sedang menjalankan program diet tersebut, untuk informasi lengkapnya silahkan anda simak dibawah ini :

Dapat membedakan antara lapar dan pengen makan

Yang perlu anda perhatikan bahwa rasa lapar sendiri adalah suatu dorongan yang timbul dari dalam diri seseorang untuk mengkonsumsi makanan, hal ini disebabkan oleh stimulasi tubuh terhadap otak yang memberi pesan bahwa tubuh memerlukan asupan nutrisi untuk segera diproses, namun ada hal lain juga yang dapat memicu timbulnya rasa lapar tersebut seperti ketergantungan terhadap sesuatu makanan tertentu, faktor psikologis dan dorongan dari lingkungan luar.

Jadi dalam hal ini anda harus benar-benar bisa membedakan antara rasa lapar yang timbul karena tubuh anda memerlukan nutrisi lebih untuk di proses atau hanya rasa lapar yang timbul karena besarnya nafsu makan yang sedang anda alami yang dipicu oleh faktor psikologis dan ketergantungan terhadap suatu makanan tertentu. ( baca juga : "cara mengurangi nafsu makan berlebihan paling ampuh" )

Perbanyak porsi sayur dan buah ketika makan

Ketika sedang menjalankan program diet tentu anda telah menyiapkan menu makanan yang harus dikonsumsi terlebih dahulu berdasarkan anjuran program diet yang sedang anda jalani, namun terkadang menu tersebut takarannya terlalu sedikit atau membuat anda tidak kenyang sama sekali.

Solusinya adalah anda bisa menambahkan lebih banyak porsi sayuran dan buah-buahan pada menu makanan yang sedang anda konsumsi, pilih jenis sayur dan buah-buahan yang dapat membuat perut anda terasa lebih kenyang, misalnya saja bayam, kangkung, kacang panjang, daun ubi, lobak, wortel, brokoli sedangkan untuk buah-buahan anda bisa mengkonsumsi buah apel, bengkoang, sawo, dan buah-buahan bertekstur padat lainnya.

Jangan takut untuk memperbanyak porsi buah dan sayur dalam menu diet anda karena buah dan sayur sangat rendah sekali kalori sehingga tidak membuat tubuh anda menjadi obesitas.

Selain itu buah-buahan dan sayuran merupakan sumber makanan sehat tinggi vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan sekali untuk menutrisi tubuh anda.

Mengkonsumsi makanan berprotein tinggi

Protein merupakan salah satu sumber kalori paling rendah setelah karbohidrat dan lemak. Ini merupakan alternatif yang baik sekali bagi anda yang sedang menjalankan program diet namun tetap dapat kenyang.

Hal ini dikarenakan makanan yang memiliki sumber protein tinggi cenderung memiliki serat yang dapat membuat perut kita terasa penuh berjam-jam, lebih awet di perut dan tidak mudah dicerna oleh sistem pencernaan kita.

Namun anda harus ingat bahwa makanan yang mengandung protein termasuk juga makanan yang berkalori tetapi kandungan konsentrasinya kalorinya paling rendah dibandingkan dengan makanan sumber karbohidrat dan lemak.

Intinya begini anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dalam jumlah besar sehingga perut anda menjadi lebih kenyang namun kandungan kalori yang diproses oleh tubuh dari makanan sumber protein tersebut sangat rendah.

Selain itu makanan yang banyak mengandung protein juga termasuk jenis makanan yang enak-enak seperti telur, telur rebus, susu, yoghurt dan ikan.

Ngemil buah-buahan dan sayur-sayuran

Lapar di jam-jam kritis pada saat melakukan diet jangan ngemil makanan yang berat-berat !, seperti pizza, hamburger, hot dog, gorengan dan lain-lain. Karena makanan tersebut termasuk makanan yang berkalori tinggi dan sangat buruk sekali terhadap program diet yang sedang anda jalankan.

Jika lapar di jam-jam kritis solusi terbaiknya adalah dengan banyak ngemil buah-buahan dan sayuran, seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa buah dan sayuran sangat rendah sekali kalori sehingga tidak akan merusak program diat yang sedang anda jalankan.

Selain itu buah juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Untuk ngemil yang enak dari buah-buahan dan sayuran tersebut kamu bisa membuat berbagai kreasi olahan makanan dari buah-buahan dan sayuran seperti rujak, gado-gado, jus dan lain-lain.

Perbanyak minum air putih

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia ternyata air putih juga dapat digunakan untuk menekan rasa lapar yang anda alami ketika sedang menjalankan program diet, ini merupakan solusi terbaik bagi anda yang merasa lapar tanpa harus makan pada saat sedang menjalankan program diet, anda bisa mengakalinya dengan banyak mengkonsumsi air putih.

Air putih dapat membuat perut kita menjadi lebih terisi sehingga perut terasa lebih kenyang, apalagi ketika keadaan darurat ketika anda tidak menemukan sayuran atau buah-buahan sebagai pengganjal perut, air putih ini bisa dijadikan alternatifnya.

Air putih sama sekali alias ( 0 % ) tidak mengandung kalori jadi sangat aman sekali untuk program diet yang sedang anda jalankan, selain itu mengkonsumsi banyak air putih juga sangat sehat sekali untuk tubuh manusia, membuat pikiran dapat lebih berkonsentrasi, mencegah dehidrasi dan membantu proses metabolisme pada tubuh anda.

Ada banyak sekali cara untuk mengatasi rasa lapar ketika sedang menjalankan program diet, oleh sebab itulah mulai pada saat ini anda jangan takut lapar lagi ketika menjalankan program diet, cukup kamu lakukan cara diatas maka rasa lapar yang kamu rasakan ketika sedang menjalankan program diat akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga :
Baiklah itulah tadi artikel tentang cara mengatasi rasa lapar saat diet, semoga bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kita semua.