Langsung ke konten utama

Cara Menghilangkan Cegukan Berkepanjangan Terus Menerus Paling Ampuh dan Efektif

Advertisement
Cara Menghilangkan Cegukan

Cegukan dalam dunia medis biasanya dikenal dengan aktifitas kontraksi diafragma atau singultus, hal ini terjadi jika diafragma tiba-tiba berkontraksi tanpa sadar, sementara pada saat yang bersamaan laring pada pangkal tenggorokan juga berkontraksi di ikuti dengan bagian glotis yang menutup.

Jika anda mengalami masalah cegukan, anda jangan terlalu khawatir karena sebagian besar kasus cegukan yang terjadi biasanya akan hilang dalam waktu singkat dengan sendirinya.

Namun tidak jarang juga dalam beberapa kasus terdapat seseorang yang mengalami gangguan cegukan ini dengan durasi waktu yang berkepanjangan dan terus menerus sehingga berdampak pada kehidupan sehari-hari yang dia jalani seperti sudah tidur, susah makan, susah BAB dan lain-lain.

Menurut Guinnes World Rekor, rekor cegukan berkepanjangan dan terus menerus paling lama dipegang oleh Charles Osborne ( 1892 - 1991 ), dari Anthon, Lowa, USA. Charles Osborne cegukan berkepanjangan dan terus menerus selama 68 Tahun ( 1922 - 1990 ) dengan rasio 10 detik satu cegukan.

Wah bayangkan saja sungguh menderitanya nasib yang dialami Charles Osborne tersebut, apakah anda ingin mengalaminya juga untuk bisa mengalahkan rekor Charles Osborne tersebut ?

Cegukan ini merupakan masalah yang sangat menjengkelkan sekali, oleh sebab itulah banyak sekali orang-orang yang mengalami masalah cegukan sangat menderita sekali dan ingin menghilangkan cegukan tersebut dengan berbagai cara.

Pada saat ini memang telah banyak beredar tips dan trik untuk menghilangkan cegukan, namun apakah tips dan trik menghilangkan cegukan tersebut telah terbukti efektif untuk membantu menghilangkan masalah cegukan yang anda alami.

Jika belum, yuk, mari kita simak beberapa tips dan trik untuk menghilangkan cegukan secara tuntas dan paling efektif untuk menghilangkan cegukan, untuk informasi lengkapnya silahkan anda simak dibawah ini :

Tips & trik menghilangkan cegukan paling ampuh dan efektif

  • Tutup hidung dan mulut menggunakan kedua telapak tangan anda, dan bernafaslah secara normal seperti biasanya. Dosis karbondioksida secukupnya dapat membantu menyingkirkan cegukan.
  • Tekan telapak tangan anda dengan ibu jari tangan anda yang lain. Semakin keras, semakin baik. Sebagai alternatif, anda bisa menekan bola ibu jari kiri anda di antara ibu jari dan telunjuk di sebelah kanan. Ketidaknyamanan adalah gangguan yang mempengaruhi sistem saraf anda dan bisa menyembuhkan cegukan.
  • Tarik napas dalam-dalam dan tahan. Bila ada peningkatan karbon dioksida di paru-paru anda, diafragma anda akan rileks, yang akan membantu menyingkirkan cegukan.
  • Tarik nafas dalam-dalam kemudian menahan nafas selama 10 detik, kemudian bernafas secara pelan-pelan. Ulangi cara tersebut 4 - 5 kali, kemudian setelah jeda 20 menit lakukan kembali cara tersebut.
  • Tempelkan jari anda di telinga anda selama 20 sampai 30 detik. Atau tekan daerah yang lembut di belakang telinga anda, tepat di bawah dasar tengkorak. Ini mengirimkan sinyal "santai" melalui saraf vagus, yang terhubung ke diafragma sehingga dapat menyembuhkan cegukan.
  • Anda bisa bernafas ke dalam kantong plastik atau kantong kertas, tarik nafas dan hembuskan kedalam kantong plastik atau kantong kertas tersebut agar konsentrasi karbondiokasida dapat menetralisir cegukan yang sedang anda alami.
  • Anda juga dapat mencoba merangsang diafragma dengan cara menyedot air pada gelas dengan menggunakan sedotan atau langsung dari gelas, ulangi dengan beberapa sedotan.
  • Anda juga dapat menarik lutut ke dada, dengan memposisikan lutut sejajar dada lalu memeluknya.dengan tangan melingkar ke lutut selama beberapa menit.
  • Anda juga dapat meminum air putih sambil membungkuk kemudian telan air tersebut ketika sedang membungkuk, ulangi dengan memiminum beberapa teguk air putih tersebut.
  • Anda juga dapat bersandar di kursi sambil mengkompres dada anda dengan air dingin ( es batu ) selama beberapa menit sambil mengambil nafas perlahan.
  • Anda juga dapat mencoba menelan nasi putih secara perlahan, ketika nasi sudah anda telah lalu cepat-cepat anda menarik nafas yang dalam dan perlahan-lahan, ulangi cara tersebut beberapa kali.
  • Anda juga dapat menekan diafragma anda secara lembut dan perlahan-lahan beberapa kali.
  • Anda juga dapat meminum air hangat dengan menelannya secara perlahan-lahan sambil menikmati jalannya air pada tenggorokan dan kerongkongan anda, ulangi hingga beberapa tegukan.
  • Coba dengan melakukan bersendawa, anda bisa meminum air bersoda agar bisa bersendawa, usahakan bersendawa hingga beberapa kali.
  • Anda juga dapat mencoba untuk merangsang diafragma yaitu dengan menarik ujung lidah keluar menggunakan tangan.
  • Minum air putih. Ambil sembilan atau sepuluh tegukan cepat berturut-turut dari segelas air. Saat anda meneguk minuman, kontraksi ritmis esofagus menimpa kejang diafragma.
Diatas adalah beberapa tips dan trik untuk menghilangkan cegukan dengan cepat, selain dengan cara diatas, anda juga dapat mencoba menghilangkan cegukan yang terus menerus tersebut secara alami yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman untuk menghilangkan cegukan, untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Cara menghilangkan cegukan dengan cepat secara alami

Cara menghilangkan cegukan dengan cepat secara alami dilakukan karena cegukan biasanya disebabkan juga oleh terganggunya saraf pada organ pencernaan antara tenggorokan, kerongkongan dan diafragma sehingga perlu di picu oleh sesuatu yang sensitif agar saraf tersebut bisa kembali normal, yaitu dengan cara sebagai berikut.
  • Mengkonsumsi sesuatau yang manis. Anda bisa mencoba mengkonsumsi satu sendok gula dan meletaknya pada mulut, lalu menghisap dengan mulut secara perlahan-lahan.
  • Mengkonsumsi sesuatu yang masam-masam. Anda bisa meletakkan asam jawa pada mulut, lalu menghisapnya secara perlahan-lahan.
  • Mengkonsumsi selai kacang. Kunyah selai kacang pada mulut dan telan dalam jumlah besar secara perlahan dengan dibarengi mengambil nafas perlahan-lahan.
  • Mengkonsumsi saus sambal. Saus sambal memiliki efek yang panas sehingga dapat memicu saraf pada tenggorokan, silahkan anda coba menempatkan satu sendok saus sambal dan langsung menelannya secara perlahan-lahan.
  • Mengkonsumsi madu dicampur air hangat. Ambil dua sendok makan madu dan 1 gelas air hangat, campurkan lalu minum secara perlahan.
  • Meminum coklat hangat. Anda juga dapat meminum coklat hangat dengan menggunakan sendok, ambil satu sendok coklat hangat kemudian langsung menelannya.
  • Meminum jus jeruk / lemon dengan cara memenuhi mulut anda dengan jus lemon, kemudian menelan semua jus lemon pada mulut anda tersebut semuanya dalam satu cegukan, efek asam dan manis pada lemon dipercaya dapat merangsang saraf tenggorokan dan diafragma untuk kembali normal.
Itulah tadi beberpa tips, trik dan cara alami yang bisa anda coba untuk menghilangkan cegukan yang sedang anda alami, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kita semua.
Advertisement