Langsung ke konten utama

Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan Paling Ampuh

Advertisement
Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan Paling Ampuh

Salah satu musuh yang paling sulit sekali ditakhlukan untuk bisa mempertahankan berat badan adalah tingginya selera makan yang kita rasakan setiap hari. Hal ini penting sekali harus kamu perhatikan karena makanan sangat mempengaruhi berat badan, apalagi jika kamu mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang banyak mengandung kalori, wah bisa-bisa dalam hitungan hari kamu akan benar-benar gemuk.

Memiliki badan yang gemuk atau obesitas bukan hanya akan memperburuk penampilan tetapi juga sangat tidak baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu mulai saat ini kamu harus benar-benar bisa mengendalikan nafsu makan agar badan tetep ideal dan tidak mengalami masalah obesitas.

Lalu bagaimana cara mengurangi nafsu makan yang berlebihan tersebut ?

Tidak perlu mengkomsumsi obat-obat tertentu, cukup lakukan kebiasaan seperti dibawah ini dijamin nafsu makan kamu yang berlebihan bisa lebih terkontrol.

1. Sadar diri antara pengen makan dan harus makan

Untuk dapat mengontrol nafsu makan hal yang utama harus anda perhatikan adalah anda harus sadar diri antara pengen makan dan harus makan.

Ini merupakan faktor psikologis yang sering dialami oleh orang-orang pada saat ini, biasanya mereka cenderung makan ketika pengen makan saja artinya jam berapapun dan berapapun banyaknya makanan yang ingin mereka makan akan dilahap habis tanpa memperhatikan nilai gizi dan kesehatannya.

Misalnya pada malam minggu ketika kamu jalan-jalan ketemu warung sate kamu makan sate, ketemu warung bakso kamu makan bakso, ketemu warung nasi goreng kamu makan nasi goreng tanpa berfikir apakah tubuh kamu butuh semua makanan tersebut.

Berbeda halnya dengan kita melakukan sarapan, makan siang dan makan malam, jadwal makan ini merupakan jadwal makan yang telah direkomendasikan oleh para pakar kesehatan dunia sehingga harus anda lakukan agar nutrisi tubuh terpenuhi dengan sempurna, selanjutnya hanya tinggal bagaimana kita mengontrol komposisi dan jumlah asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita agar tidak gemuk dan tetap ideal.

2. Awali pagi dengan sarapan

Sarapan merupakan salah satu jadwal makan yang sangat direkomendasikan oleh para pakar kesehatan dunia, selain dapat menutrisi tubuh sebagai bekal aktifitas sehari-hari, dengan melakukan sarapan kita cenderung tidak tidak mudah lapar di jam-jam kritis yang dapat menyebabkan kita ngemil berlebihan.

Tidak perlu takut gemuk karena melakukan sarapan, karena makanan yang kamu konsumsi ketika sarapan akan dibakar tuntas oleh intensitas aktifitas sehari-hari yang kamu lakukan, selain itu melakukan sarapan juga dapat membuat kita tidak terlalu bernafsu makan ketika jam makan siang telah tiba.

3. Makan siang sedikit saja

Ketika pagi hari kamu telah melakukan sarapan maka dijamin pada saat makan siang kamu tidak terlalu bernafsu untuk mengkonsumsi banyak makanan, oleh sebab itu kurangi porsi makan siang kamu ya, jika bisanya kamu mengkonsumsi satu piring nasi, coba deh ketika makan siang kamu kurangi porsi makan hanya setengah piring saja.

4. Jangan sampai telat makan

Ini merupakan hal yang penting sekali, karena ketika kita telat makan dan perut telah keroncongan maka pada saat itu nafsu makan kamu akan sangat sulit sekali terkontrol, makanan apa saja yang tersaji pada meja makan dijamin akan kamu lahap habis semuanya.

Hal ini biasanya terjadi ketika telah memasuki jam makan siang yang diakibatkan karena kamu tidak melakukan sarapan.

5. Makan pelan-pelan

Sering sekali ketika nafsu makan sedang naik kita cenderung makan seperti orang kesetanan, untuk mengantisipasi agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan ketika nafsu makan kita sedang dalam puncaknya triknya cukup kamu makan perlahan-lahan, awali dengan satu sendok makanan, kunyah makanan sampai lembut kemudian telan dibarengi dengan meminum seteguk air putih begitulah seterusnya sampai mulut dan perut anda puas.

6. Buah di konsumsi di awal bukan di akhir ketika makan

Kebanyakan dari kita kerap mengkonsumsi buah-buahan sebagai pencuci mulut setelah makan, sebenarnya hal itu benar, namun jika ingin menekan nafsu makan yang berlebihan justru akan lebih baik kita mengkonsumsi buah-buahan terlebih dahulu sebelum makan, hal ini dimaksudkan agar perut dapat lebih kenyang dengan buah-buahan yang tidak mengandung kalori tersebut namun tetap mengkonsumsi makanan sesuai jam makan yang telah kamu tetapkan.

Bedanya kompisisi makanan yang kamu konsumsi akan lebih terkontrol karena sebelumnya perut kita telah setengah kenyang oleh buah-buahan yang kita konsumsi sebelum makan tadi.

7. Perbanyak mengkonsumsi air putih

Kalau kamu biasanya lebih banyak makan coba deh sekarang kamu coba perbanyak minum air putih setiap harinya karena dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih dapat membuat perut kamu terasa lebih kenyang, selain itu banyak meminum air putih juga sangat baik sekali untuk kesehatan.

Untuk menekan nafsu makan yang berlebihan kamu bisa mengkonsumsi 4 gelas air putih beberapa menit sebelum masuk jam makan atau ketika kamu merasa lapar namun tidak di jam lapar.

8. Ngemil buah pada saat lapar di jam kritis

Baru jam 10 pagi tapi perut sudah keroncongan dahsyat, jangan penik cukup kamu ambil buah-buahan seperti apel atau pisang karena kedua buah tersebut sangat ampuh sekali sebagai pemadam kelaparan ketika jam-jam kritis.

Ngemil makanan seperti gorengan, martabak, atau coklat bukan solusi terbaik karena banyak mengandung kalori yang malah dapat membuat berat badan anda membengkak.

Mengkonsumsi buah-buahan seperti apel dan pisang bukan hanya dapat mengenyangkan perut tetapi juga sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh karena buah-buahan kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Baca juga : Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Sehat

Baiklah itulah tadi artikel tentang cara mengurangi nafsu makan berlebihan paling ampuh, jika cara diatas masih kurang ampuh untuk menghalau nafsu makan kamu yang berlebihan, kamu juga dapat menggunakan cara alami untuk mengurangi nafsu makan berlebih yang kini kamu alami seperti yang telah caramedika ulas pada artikel sebelumnya tentang Cara mengurangi nafsu makan secara tradisional alami.
Advertisement