Langsung ke konten utama

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Sehat

Advertisement
Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Sehat

Cara menurunkan berat badan sebenarnya sangat mudah sekali karena pada saat ini telah banyak sekali bermunculan berbagai macam metode untuk menurunkan berat badan, namun problemnya apakah cara - cara menurunkan berat badan tersebut membuat anda nyaman dan tetap sehat ?

Cara menurunkan berat badan pada umumnya dilakukan dengan membatasi konsumsi makanan tertentu seperti makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak karena jenis makanan tersebut merupakan makanan sumber kalori yang tinggi, namun hal ini tentu saja membuat anda sangat tersiksa sekali bukan, karena sering mengalami rasa lapar dan rasa tidak puas ketika makan, walaupun anda memiliki tekat yang kuat untuk menurunkan berat badan dengan cara seperti ini tentu saja cepat atau lambat akan membuat anda menyerah untuk melanjutkannya.

Oleh sebab itulah jauh-jauh hari sebelum anda mencoba menurunkan berat badan, anda harus mempersiapkan strategi khusus yang paling efektif untuk menurunkan berat badan tersebut, caranya bagaimana ?
  • Mengurangi nafsu makan secara signifikan, sehingga anda tidak akan tergoda dengan segala macam makanan yang menggugah selera, karena biasanya makanan yang sering menggugah selera adalah jenis makanan yang banyak mengandung kalori tinggi.
  • Setelah anda kehilangan nafsu makan, selanjutnya adalah dengan melakukan program menurunkan berat badan dengan cepat tanpa dihantui oleh rasa lapar.
  • Selanjutnya adalah dengan meningkatkan kesehatan tubuh anda pada waktu bersamaan melakukan program menurunkan berat badan ini, karena kesehatan tetap nomor 1 maka anda tidak boleh mengabaikannya.
Tiga langkah jitu diatas sebenarnya sudah dapat menggambarkan apa yang harus anda lakukan selanjutnya untuk menurunkan berat badan, daripada anda menebak-nebak, mari kita lanjutkan pembahasan tentang penerapan program menurunkan berat badan yang telah kita susun diatas.

1. Menurunkan kadar hormon insulin dalam tubuh dengan membatasi konsumsi gula

Wah sepertinya pembahasan ini sedikit mengacu ke hal ilmiah ya, namun anda tenang saja karena akan saya paparkan dengan jelas dan mudah dimengerti.

Gula yang dimaksud disini adalah semua jenis gula bahkan nasi, roti, dan sumber karbohidrat lainnya sebenarnya merupakan sumber gula tubuh yang sangat tinggi sekali.
Studi kasus
Coba anda makan nasi saja tanpa ditemani lauk atau makanan lain, apa rasa dari nasi tersebut ?
Tentu saja rasanya manis di lidah.
Bila anda mengkonsumsi gula apapun jenisnya ini akan mendorong pankreas untuk memproduksi hormon yang disebut dengan hormon insulin.

Fungsi hormon insulin ini adalah untuk mengirimkan zat gula ke sel tubuh, setelah gula sampai ke sel tubuh kemudian gula akan diolah menjadi energi.

Bila anda mengkonsumsi gula terlalu berlebihan atau diatas kebutuhan energi tubuh, maka sisanya akan disimpan di sel tubuh dan akan digunakan jika dibutuhkan lagi, inilah yang menyebabkan anda menjadi obesitas.

Semakin tinggi intensitas anda mengkonsumsi karbohidrat ( sumber gula pada tubuh ) maka akan semakin tinggi pula tubuh akan menghasilkan hormon insulin.

Dan celakanya saat tubuh kita mengandung kadar insulin yang lebih tinggi dibandingkan dengan kadar gula tubuh, tubuh akan dipaksa untuk mengkonsumsi gula lebih banyak lagi agar tetap seimbang dan inilah yang menyebabkan anda doyan makan atau meningkatnya nafsu makan.

Solusinya adalah dengan menurunkan kadar insulin dalam tubuh anda yaitu dengan membatasi asupan karbohidrat.

Lalu akan timbul masalah baru kalau kita membatasi asupan karbohidrat ketika tubuh kita belum siap tentu kita akan selalu merasa tidak puas ketika makan bukan ?

Solusi terbaiknya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat, dalam jumlah besar tidak apa-apa asalkan anda kenyang, anda bisa mengakalinya dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat seperti makanan yang banyak mengadung protein, lemak dan sayuran ( hal ini akan lebih lanjut dibahas pada tahap 2 ).

Jika anda berhasil menerapkan cara ini pada saat menjalankan program menurunkan berat badan ini berarti anda telah berhasil menyelesaikan 3 hal penting sebagai modal untuk menurunkan berat badan.
  1. Anda sudah berhasil menekan produksi hormin insulin dalam tubuh.
  2. Anda sudah berhasil mengurangi nafsu makan.
  3. Anda sudah berhasil mengontrol asupan karbohidrat, seperti yang telah kita ketahui bahwa mengkonsumsi banyak karbohidrat merupakan penyebab utama anda mengalami obesitas.
Pada tahap ini sebenarnya anda sudah bisa menurunkan berat badan, namun belum cukup sampai disini, agar nutrisi tubuh anda terpenuhi anda perlu menerapkan tahap selanjutnya.

Baca juga : Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan Paling Ampuh

2. Mengkonsumsi protein, lemak dan sayuran

Ini merupakan langkah lanjutan dari cara menurunkan berat badan diatas, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, lemak dan sayuran merupakan cara alternatif untuk memenuhi asupan kalori harian anda ( 20 - 50 gram perhari ) namun tetap membuat perut anda kenyang.

Untuk rekomendasi makanan dengan sumber lemak dan protein tinggi anda bisa mengkonsumsi daging, ikan, seafood dan telur.
  • Daging contohnya daging sapi, ayam, domba dan lain-lain.
  • Ikan dan seafood contohnya ikan salmon, sarden, lobster, udang dan lain-lain.
  • Telur contohnya telur ayam, telur bebek, telur puyuh dan lain-lain.
Selanjutnya untuk rekomendasi sayuran rendah karbohidrat anda bisa mengkonsumsi berbagai sayuran seperti dibawah ini.
  • Kubis
  • Brokoli
  • Selada
  • Timun
  • Seledri
  • Kembang kol
  • Bayam
Jangan takut mengkonsumsi sayuran dalam jumlah besar karena sayuran termasuk makanan sehat yang sangat rendah karbohidrat, anda makan sayuran sekenyang-kenyangnya tidak akan melampaui jumlah karbohidrat 20 - 50 gram perhari.

Kemudian untuk sumber lemak
  • Minyak kelapa
  • Mentega
  • Minyak zaitun
  • Minyak alpukat
Banyak yang beranggapan bahwa lemak malah menyebabkan obesitas, namun berbeda dengan minyak alami karena minyak alami justru rendah kalori.

Kalau anda mencoba meninggalkan karbohidrat dan lemak secara bersamaan dalam program menurunkan berat badan ini justru anda akan cepat merasa bosan ketika makan, karena biasanya makanan yang enak itu di olah dengan menggunakan minyak seperti ayam goreng, ikan goreng, telur goreng dan lain-lain,

Selain itu tidak ada alasan untuk takut mengkonsumsi minyak alami karena minyak alami temasuk kedalam kategori lemak jenuh dan tidak menaikkan resiko mengalami penyakit jantung.
Intinya dengan anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung sumber protein, sumber lemak dan sumber sayuran ini akan menurunkan asupan karbohidrat anda pada ukuran 20 - 50 gram perhari.
Jika berhasil menerapkan tahap 2 diatas berarti anda sudah berhasil menekan produksi hormon insulin pada tubuh, merasa puas ketika makan tanpa banyak karbohidrat tinggi, dan tubuh tetap sehat dalam melakukan program menurunkan berat badan.

Kemudian kita akan masuk ke tahap ke 3

3. Membakar kalori

Ini merupakan tahap yang sangat menentukan sekali terhadap kecepatan keberhasilan anda dalam melakukan program diet ini yaitu dengan membakar kalori yang tersimpan pada tubuh anda.

Sebenarnya dengan konsisten menerapkan kedua tahap diatas anda sudah bisa menurunkan berat badan namun bukannya anda ingin cepat-cepat untuk menurunkan berat badan ?

Jangan repot-repot memilih jenis olahraga yang cocok, karena dengan anda bergerak aktif hingga mengeluarkan keringat berarti proses pembakaran didalam tubuh anda telah berhasil.

Rekomendasi olahraga yang ringan, simple dan mengasyikkan untuk membantu membakar kalori yang tersimpan didalam tubuh bisa anda baca dibawah ini.
  • Jongging
  • Lari santai
  • Bersepeda
  • Yang penting anda aktif bergerak hingga mengeluarkan keringat
Jika anda ingin membentuk otot anda bisa mencoba olahraga :
  • Push up
  • Angkat besi
  • Angkat barball
  • Udah.. mending ke gym aja.
Sampai tahap ini sudah selesai cara menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat, yang perlu anda perhatikan bahwa tidak ada cara menurunkan berat badan yang instan, perlu komitmen dan kedisiplinan dari diri anda sendiri untuk melakukannya.

Ini semua masih gambaran umum saja masih ada pekerjaan lain bagi anda untuk mengembangkan cara menurunkan berat badan diatas, seperti :
  • Cek kesehatan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui kebutuhan asupan nutrisi harian anda, apalagi jika anda memiliki masalah kesehatan tertentu, konsultasi dengan dokter terkait sebelum melakukan program menurunkan berat badan sangat penting sekali, karena disini tahap utamanya adalah dengan membatasi asupan karbohidrat.
  • Mengetahui berbagai pantangan ketika menjalankan program menurunkan berat badan, mustahil bukan jika anda melakaukan sesuatu namun anda tidak mengetahui pantangannya, untuk mengetahui berbagai pantangan ketika menjalankan program menurunkan berat badan anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang pantangan diet yang harus anda hindari.
  • Mempersiapkan berbagai menu makanan yang baik dan benar ketika menjalankan program menurunkan berat badan, anda bisa berpatokan dengan rekomendasi berbagai makanan diatas.
  • Yang terakhir adalah kontrol terhadap diri sendiri, mau berapa kilo gram anda menurunkan berat badan, cek apakah berat badan mu sudah nomal, berlebih atau malah dibawah normal bisa anda lakukan dengan mengunjungi artikel saya sebelumnya tentang cara mengetahui berat badan ideal.
Oke baiklah itulah tadi artikel tentang cara menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kita semua.
Advertisement