Langsung ke konten utama

Manfaat Dan Cara Membuat Masker Bengkoang Alami

Advertisement
Manfaat serta Cara Membuat Masker Bengkoang Alami
Manfaat serta cara membuat masker bengkoang alami - bengkoang merupakan salah satu bahan alami yang telah dipercaya sejak zaman dahulu sebagai ramuan kecantikan yang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan kulit. Karena besarnya manfaat bengkoang tersebut, tidak heran pada saat ini banyak sekali produk kecantikan modern yang menggunakan bahan dasar bengkoang ini sebagai bahan utamanya.

Alih-alih menggunakan produk kecantikan yang harganya lumayan mahal, kamu bisa lo membuat ramuan kecantikan sendiri dengan memanfaatkan bahan alami bengkoang ini yaitu dengan membuat masker wajah alami untuk merawat kulit wajah agar selalu sehat dan membuatnya menjadi lebih cantik berseri.

Karena sama-sama memanfaatkan bahan dasar bengkoang, tentu saja ramuan kecantikan alami buatan sendiri tidak kalah khasiatnya dengan produk kecantikan modern.
Untuk cara membuat masker wajah alami menggunakan bengkoang ini juga sangat mudah sekali, namun sebelum masuk kepembahasan lebih lanjut mengenai cara membuat masker bengkoang alami terlebih dahulu mari kita intip sebenarnya apa saja sih manfaat masker bengkoang untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Manfaat masker bengkoang

Manfaat masker bengkoang alami untuk kecantikan dan kesehatan kulit ada banyak sekali, misalnya saja adalah :

Memutihkan dan mencerahkan kulit wajah

Memakai masker bengkoang alami secara rutin merupakan cara yang ampuh sekali untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah, hal ini dikarenakan tingginya kandungan mineral, vitamin C dan vitamin B1 pada bengkoang yang dapat secara aktif menyehatkan kulit wajah dan menjadikannya cerah putih berseri sepanjang hari.

Baca juga : cara memutihkan wajah dengan masker bengkoang

Menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Masker bengkoang juga dapat dijadikan perawatan yang efektif untuk wajah berjerawat, bengkoang memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat membersihkan bakteri dan kuman yang bersarang pada kulit wajah anda, seperti yang telah kita ketahui bahwa penyebab utama jerawat adalah bakteri dan kotoran yang menempel pada wajah sehingga membuat kulit wajah mengalami infeksi jerawat.

Selain itu bekas jerawat yang berlubang, bopeng dan kasar juga dapat disembuhkan dengan perawatan optimal lebih lanjut.

Baca juga : Cara membuat masker bengkoang untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Menghilangkan bintik hitam diwajah

Bintik hitam pada wajah merupakan masalah kulit abnormal yang bisa saja disebabkan oleh berbagai hal, misalnya saja infeksi kulit, bekas jerawat, bekas cacar dan lain-lain.

Bintik hitam pada wajah tersebut tentu saja sangat mengganggu sekali namun dengan melakukan perawatan dengan menggunakan masker bengkoang alami masalah tersebut dapat dihilangkan dengan tuntas karena kandungan vitamin dan mineral pada bengkoang dapat menutrisi kulit serta membantu pengelupasan sel-sel kulit wajah yang rusak dan menggantinya dengan sel-sel kulit yang lebih baru dan sehat.

Mencegah penuaan dini

Kulit wajah kusam, kering dan keriput merupakan tanda-tanda penuaan dini, tentu saja kamu tidak ingin bukan mengalami masalah tersbut.

Oleh sebab itulah rajin-rajinlah merawat kulit wajah dengan bahan yang memberikan nutrisi alami untuk kulit wajah seperti halnya dengan masker bengkoang ini, karena masker bengkoang mengandung banyak sekali mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan kulit kita.

Merelaksasi kulit wajah

Terkadang kulit wajah kita terasa perih, panas atau gatal yang dikarenakan oleh berbagai sebab, jika hal itu terjadi kamu bisa memanfaatkan masker bengkoang ini sebagai solusi pertolongan pertama, karena dengan menggunakan masker bengkoang kulit wajah kita menjadi dingin, sejuk dan mengembalikan kesegaran kulit menjadi seperti semula bahkan dapat membuatnya menjadi lebih segar.

Ternyata banyak sekali bukan manfaat masker bengkoang tersebut untuk kecantikan dan kesehatan kulit, setelah kamu mengetahui manfaat masker bengkoang tersebut lalu bagaimana cara yang baik dan benar untuk membuat masker bengkoang tersebut, untuk penjelasan lengkap nya mari kita simak pembahasannya dibawah ini :

Cara membuat masker bengkoang sendiri

Cara membuat masker bengkoang sendiri sangat mudah sekali, cukup kamu siapkan alat dan bahan yang bisa kamu temukan dengan mudah di dapur rumah anda.

Alat dan bahan
  • Buah bengkoang alami secukupnya bisa 1 - 2 buah tergantung banyaknya masker yang ingin anda buat.
  • Blender atau bisa juga parutan tradisional.
  • Wadah baskom.
  • Saringan.
Langkah 1 membuat masker bengkoang sendiri
  • Kupas kulit bengkoang sampai bersih lalu bilas menggunakan air bersih agar bengkoang bisa lebih streril ketika dibuat masker wajah.
  • Kemudian blender bengkoang sampai halus, atau kamu juga bisa memarut bengkoang sampai halus.
  • Jika bengkoang sudah lembut, kemudian peras bengkoang tersebut lalu pisahkan antara ampas dengan sari bengkoang menggunakan saringan.
  • Buang ampasnya lalu ambil sari bengkoangnya saja.
  • Taruh sari bengkoang tersebut kedalam baskom dan endapkan selama satu malam.
  • Setelah satu malam nanti akan terlihat endapan pada bawah baskom penampungan sari bengkoang tersbut, itulah yang dinamakan dengan pati bengkoang.
  • Sampai tahap ini sebenarnya kamu sudah bisa memanfaatkan pati bengkoang tersebut sebagai masker untuk kecantikan serta kesehatan kulit, namun agar lebih efektif kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan alami lain untuk memperkaya manfaat masker bengkoang ini seperti dengan menambahnya dengan bubuk tepung beras, madu ataupun minyak zaitun.
Langkah 2 membuat masker bengkoang sendiri dengan tambahan beras dan minyak zaitun

Ini merupakan langkah lanjutan dari langkah no 1 diatas, kita bisa mengkreasikan bahan-bahan alami lain untuk memperkaya manfaat serta khasiat masker bengkoang ini.
  • Siapkan pati bengkoang seperti yang telah kita buat diatas.
  • Kemudian campurkan dengan tepung beras dengan perbandingan pati bengkoang : tepung beras 2 : 1.
  • Aduk hingga merata kemudian keringkan adonan tersebut pada sinar matahari.
  • Setelah cukup kering kemudian campurkan kembali adonan diatas dengan minyak zaitun dan bentuklah adonan menjadi bulat - bulat seperti kelereng.
  • Setelah cukup banyak, kemudian keringkan kembali adonan bulat-bulat tersebut pada terik sinar matahari sampai mengeras sempurna.
  • Setelah kering kemudian simpan adonan bulat tersebut pada wajah yang tertutup.
  • Selesai..... dan cara pembuatan masker bengkoang sendiri pun telah selesai.
  • Bukan hanya sekali pakai, kini kamu juga memiliki stok persediaan masker bengkoang buatan sendiri yang bisa kamu gunakan kapan saja.
Setelah selesai membuat masker bengkoang sendiri kini kamu bisa memakai masker bengkoang tersebut untuk menutrisi kulit wajah kamu agar bisa selalu tampil cantik dan memukau.

Bingung bagaimana cara memakai masker bengkoang yang baik dan benar, lebih baik kamu simak juga bagaimana cara memakai masker bengkoang yang baik dan benar dibawah ini.

Cara memakai masker bengkoang yang baik dan benar

  • Pertama pastikan terlebih dahulu kamu telah membersihkan kulit wajah dari kotoran, debu atau kosmetik terlebih dahulu ya bisa menggunakan air bersih atau pencuci wajah yang biasa kau gunakan.
  • Jika kamu menggunakan langkah 1 untuk membuat masker bengkoang kamu bisa langsung mengoleskan pati bengkoang pada seluruh kulit wajah kamu.
  • Jika kamu menggunakan langkan 2 untuk membuat masker bengkoang kamu bisa mengambil 1 - 2 butir bulatan bahan masker yang telah kamu buat sebelumnya.
  • Campur dengan sedikit air.
  • Aduk hingga mengental, jangan sampai terlalu encer ya.
  • Kemudian oleskan masker bengkoang pada seluruh kulit wajah anda.
  • Diamkan selama 15 - 20 menit, atau jika ingin perawatan lebih optimal kamu bisa menggunakan masker ini sebelum tidur dan membilasnya dengan air bersih pada pagi hari setelah bangun tidur.
  • Lakukan cara ini setiap hari agar perawatan kulit wajah kamu bisa memperoleh hasil yang maksimal.
Bagaimana mudah bukan untuk membuat masker bengkoang sendiri, dan tentu saja manfaat masker bengkoang ini sangat baik sekali untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah, sehingga kamu bisa selalu tampil cantik dalam setiap keadaan.
Advertisement