Langsung ke konten utama

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Saat Bangun Tidur

Advertisement
Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Saat Bangun Tidur

Manfaat dan khasiat minum air putih bagi tubuh ternyata banyak sekali, selain dapat memperlancar proses metabolisme tubuh ternyata meminum air putih diwaktu-waktu tertentu juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita. seperti halnya ketika bangun tidur di pagi hari ketika perut kita masih kosong.

Penasaran bukan, sebenarnya apa saja manfaat meminum air putih di pagi hari saat bangun tidur, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Mengatasi dehidrasi

Mungkin anda tidak sadar bahwa sebenarnya ketika tidur kita banyak kehabisan cairan tubuh dan membuat tubuh kita mengalami dehidrasi.

Dengan memberi asupan air yang cukup terhadap tubuh setelah bangun tidur, maka tubuh akan lebih segar, tubuh akan lebih berenergi dan tetap fit ketika akan menghadapi aktifitas sehari-hari.

Sejatinya asupan air yang sangat diperlukan tubuh menurut pakar kesehatan adalah kurang lebih 2 liter atau 8 gelas perhari, anda bisa memulainya dengan meminum 2 gelas untuk mengawali pagi hari agar tubuh selalu fit dan sehat.

Mengeluarkan racun

Hal ini sangat berhubungan dengan proses metabolisme tubuh, ketika tubuh sedang tidur proses metabolisme tubuh tidak berjalan dengan normal oleh sebab itulah banyak racun - racun yang telah diolah tubuh menunggu untuk diproses keluar.

Meminum air putih ketika bangun tidur akan dengan cepat membantu proses metabolisme tubuh dalam membuang racun pada tubuh, tubuh yang bersih dari racun akan membuat kulit menjadi bersih dan cemerlang.

Menyerap nutrisi

Bangun di pagi hari membuat perut kita kosong, meminum air putih setelah bangun tidur dapat membersihkan usus dan memudahkan tubuh untuk menyerap nutrisi yang akan masuk kedalam perut kita.

Menyeimbangkan sistem getah bening


Dengan banyak meminum air putih di pagi hari dapat menyeimbangkan sistem getah bening. Getah bening berfungsi untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi dan meningkatkan kemampuan manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Dapat membantu menurunkan berat badan dan membakar kalori

Telah terbukti bahwa banyak meminum air putih dapat membantu menurunkan berat badan, namun waktu yang paling baik untuk mengkonsumsi air putih adalah ketika pagi hari setelah bangun tidur.

Meminum air putih dapat meningkatkan potensi pembakaran kalori sepanjang hari, hal ini juga berguna untuk mengekang nafsu makan anda yang berlebihan sehingga berat badan lebih terkontrol.

Meningkatkan kinerja otak

Faktanya 75 % dari otak manusia adalah air, apalagi ketika bangun tidur tentu tubuh akan kekuarangan asupan air, jika sudah minum cukup air, tentu saja kinerja otak akan semakin baik dan optimal untuk berfikir sepanjang hari.

Mengurangi sembelit

Penyebab terjadinya masalah sembelit adalah karena kurangnya cairan pada usus kita, oleh sebab itu air sangat dibutuhkan sekali dalam proses pencernaan, banyak mengkonsumsi air bukan hanya dapat mencegah sembelit namun juga dapat memperlancar proses pencernaan dan membantu mendorong buang air besar di pagi hari.

Mungkin tidak anda sadari namun faktanya bahwa dengan banyak mengkonsumis air putih di pagi hari setelah bangun tidur adalah salah satu upaya penerapan pola hidup sehat yang paling mudah dan sederhana dan dapat mendongkrak kualitas kesehatan anda menjadi lebih baik.
Advertisement