Langsung ke konten utama

Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Ternyata Luar Biasa Sekali

Advertisement
Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Ternyata Luar Biasa Sekali

Tidur siang merupakan tidur yang dilakukan pada siang hari, namun pada saat ini masyarakat cenderung mempunyai sitgma buruk terhadap orang yang sering melakukan tidur siang, mereka menganggap bahwa oarang yang sering tidur siang termasuk orang yang malas.

Namun hal itu tidak sepenuhnya benar, justru tidur siang dapat meningkatkan kesehatan serta produktifitas kerja anda.

Lalu apa saja manfaat tidur siang untuk kesehatan tersebut mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Meningkatkan fokus dan daya ingat

Tentu anda sering bukan merasakan gagal fokus, dan mudah sekali lupa pada siang hari, misalnya salah masuk kamar mandi, suka ngelamun gak jelas, semangat ngedrop dan lain - lain, itulah saat nya tubuh dan pikiran anda di istirahatkan sebentar untuk mengecas semangat dan daya ingat pada otak anda.

Pada penelitian yang telah dilakukan kepada beberapa responden menunjukkan bahwa peserta yang tidur siang secara teratur 20 - 30 menit pada siang hari dapat dengan optimal mengembalikan fungsi kognitif dan memori pada otak mereka, sehingga mereka menjadi cepat tanggap dan semangat bekerja lagi pada siang hari.

Merelaksai tubuh

Karena bekerja dari pagi sampai tengah hari tentu saja membuat otot-otot tubuh menjadi kaku dan pegal-pegal, oleh sebab itu agar bisa bertahan bekerja setengah hari lagi otot-otot tubuh perlu direlaksai sebentar agar produktifitas kerja kita tidak terganggu dan bisa bertahan sehari penuh.

Menenangkan otak dan saraf

Tidur siang juga dapat menenangkan saraf pada otak anda, karena selain otot, otak juga selalu aktif untuk bekerja, apalagi pada siang hari otak sangat memerlukan sekali nutrisi melalui makanan yang anda konsumsi dan sebagai pelangkapnya agar otak dan saraf anda bisa kembali normal anda bisa melakukan tidur siang selama 20 - 30 menit sehingga ketika anda bangun, anda dapat kembali bekerja dengan otak yang fress dan tenang.

Meningkatkan mood dan semangat

Ketika kita ngantuk pada siang hari rasanya mau ngapa-ngapain males banget bukan, bahkan untuk berdiri dari bangku kerja aja rasanya males banget.

Namun dengan melakukan tidur siang selama 20 - 30 menit otak dan otot kembali fress dan segar sehingga akan membuat anda semangat dan siap untuk menghadapi setengah hari lagi.

Tidur siang lebih baik dari pada minum kopi

Mungkin anda orangnya super sibuk, tentu untuk mengatasi rasa ngantuk pada siang hari tersebut biasanya anda meminum kopi bukan.

Namun menurut penelitian bahwa tidur siang itu lebih baik dari pada minum kopi, alasannya karena suplemen yang terkandung pada kopi yang biasa disebut kafein lebih cenderung membuat orang kecanduan untuk selalu mengkonsumsinya, apalagi jika anda rajin mengkonsumsi kopi dengan campuran gula tentu saja akan lebih meningkatkan resiko terserang penyakit diabetes dan obesitas.

Meningkatkan produktifitas kerja

Tentu saja dengan berbagai manfaat tidur siang diatas dapat meningkatkan produktifitas kerja harian anda menjadi lebih baik karena dengan tidur siang dapat membuat anda menjadi semangat, mood satbil,fokus, daya ingat tinggi, otot dan otak fress dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu jangan lupa tidur siang ya, jangan paksakan tubuh dan otak anda bekerja terlalu keras seharian, tubuh juga memerlukan penyegaran yaitu dengan melakukan tidur siang yang teratur.
Advertisement