Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas

Advertisement
Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas

Penyebab dan cara mengatasi kulit kering mengelupas -  Kulit kering biasanya disertai dengan masalah kulit mengelupas, kasar dan bersisik, tentu saja hal ini sangat buruk sekali bagi kecantikan dan kesehatan kulit, apalagi jika masalah kulit kering dan mengelupas ini terjadi pada wajah pasti akan merusak penampilan anda.

Kulit kering dan mengelupas bukan hanya terjadi pada kulit wajah, tetapi bisa juga terjadi pada kulit bagian tubuh lainnya misalnya pada kulit telapak tangan, kepal, hidung, kaki, di sekitar bibir, di selangkangan dan bagian kulit tubuh lainnya.

Penyebab terjadinya kulit kering ini ditandai dengan munculnya iritasi, rasa gatal, perih dan ruam pada kulit, jika masalah tersebut tidak cepat-cepat anda atasi lama kelamaan kulit menjadi bersisik dan mengelupas.

Jika anda ingin mengatasi masalah kulit kering dan mengelupas perlu perhatian khusus pada kulit dengan menghindari berbagai penyebab timbulnya masalah kulit kering dan mengelupas ini.

Berikut dibawah ini adalah berbagai macam penyebab kulit kering dan mengelupas yang perlu anda ketahui.

Penyebab kulit kering dan mengelupas

Terbakar sinar matahari

Penyebab kulit kering dan mengelupas yang paling umum sekali terjadi adalah karena kulit terbakar sinar matahari. Sinar ultraviolet ini pada suatu waktu memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh tetapi pada suatu waktu tertentu juga dapat mengganggu kesehatan tubuh terutama kesehatan kulit.

Pancaran sinar matahari langsung dalam durasi yang relatif lama akan dapat membuat kulit anda menjadi kering dan lama kelamaan akan bersisik dan mengelupas, apalagi jika anda adalah orang yang aktif bekerja diluar rumah, masalah kulit terbakar sinar matahri ini pasti sering anda alami.

Sebelum kulit mengelupas setelah beberapa jam terkana pancaran sinar matahari biasanya kulit akan memerah, sakit dan panas pada saat terkena sentuhan, dan setelah beberapa hari kemudian kulit akan mengalami kondisi kering dan mengelupas, masalah ini biasanya juga menyebabkan warna kulit tidak merata dan terlihat seperti berpola belang-beleng.

Jenis kulit kering

Apalagi jika anda memiliki jenis kulit yang kering, resiko kulit mengelupas akibat pancaran sinar matahari lebih tinggi.

Kesalahan dalam pemakaian cream kosmetik

Kulit kering dan mengelupas bisa juga terjadi karena kesalahan anda dalam memakai cream kosmetik, hal ini terjadi karena kandungan kimia dalam cream kosmetik tersebut bereaksi buruk terhadap jenis kulit wajah anda atau cream kosmetik tersebut tidak cocok dengan jenis kulit wajah anda.

Alergi

Alergi juga merupakan penyebab umum yang sering menimbulkan masalah kulit kering dan mengelupas, hal ini terjadi jika kulit bersentuhan dengan zat pemicu alergi ( alergen ) sehingga membuat kulit menjadi bereaksi.

Bukan cuma ketika bersentuhan dengan alergen, alergi juga dapat timbul ketika anda salah makan sesuatu, misalnya alergi terhadap makanan laut, makanan yang asin-asin atau makanan tertentu lainnya.

Reaksi kulit yang terkena alergi juga bermacam-macam bisanya kulit mejadi ruam, gatal-gatal dan melepuh.

Efek samping obat-obatan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa mengkonsumsi obat-obatan dapat menyebabkan efek samping, dan efek samping obat-obatan terhadap tubuh pun berbeda-beda.

Beberapa jenis obat-obatan seperti krim retinoid memiliki efek samping membuat kulit menjadi kering dan mengelupas, jenis krim retinoid ini biasanya digunakan untuk mengobati jerawat, kerutan pada wajah, dan untuk mencerahkan flek-flek hitam pada wajah.

Krim retinoid bekerja dengan mendorong sel-sel kulit mati untuk beregenerasi sehingga membuat kulit menjadi kering dan mengelupas agar tumbuh sel-sel kulit baru.

Terlalu sering menggunakan pendingin ruangan

Terlalu sering menggunakan pendingin ruangan ( AC ) juga dapat menyebabkan masalah kulit kering dan mengelupas, namun dalam banyak kasus yang ditamukan, penggunakan AC memang banyak menyebabkan kulit menjadi kering karena kulit kehilangan pelembab alaminya namun tidak sampai membuat kulit hingga mengelupas.

Itulah tadi beberapa penyebab umum kulit kering dan mengelupas. Setelah mengetahui berbagai penyebab kulit menjadi kering dan mengelupas lalu bagaimana cara mengatasi kulit kering dan mengelupas tersebut ?

Tips cara mengatasi kulit kering dan mengelupas

Beda penyebab tentu saja beda solusinya, namun penanganan umum yang pertama kali harus anda lakukan jika anda mengalami masalah kulit kering dan mengelupas adalah sebagai berikut.
  • Kompres kulit kering dan mengelupas menggunakan air dingin atau air es secara berkala, bisa menggunakan handuk lembut atau kain lembut lainnya.
  • Rutin menggoleskan pelembab kulit agar kulit tidak selalu kering. Solusi terbaiknya untuk pelembab anda dapat membuat pelembab alami sendiri dengan memanfaatkan bahan - bahan alami yang dapat anda temukan dengan mudah disekitar rumah anda, selain dapat melembabkan kulit, bahan - bahan alami juga dapat membantu menutrisi kulit anda, sehingga kulit anda menjadi lebih sehat.
  • Banyak mengkonsumsi air putih agar kelembapan kulit tetap terjaga.
  • Jika kulit terasa panas dan sakit anda bisa merdakannya dengan membeli obat penghilang rasa sakit di apotik terdekat.
Dan untuk penanganan khusus terhadap kulit kering dan mengelupas berdasarkan penyebabnya bisa anda perhatikan seperti dibawah ini.

Akibat pancaran sinar matahari

Kulit kering dan mengelupas karena efek pancaran sinar matahari memang sering sekali terjadi, sehingga diperlukan pertolongan pertama serta perawatan intensif terhadap kulit yang terbakar sinar matahari agar kulit tidak menjadi kering dan mengelupas bahkan jika penangannya tidak optimal pancaran sinar matahari terhadap kulit juga dapat menimbulkan iritasi dan peradangan serius, untuk solusi terbaiknya sudah caramedika bahas pada artikel sebelumnya tentang cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari.

Akibat alergi

Alergi memang masalah yang komplek sekali, biasanya masalah kulit kering dan mengelupas akibat alergi terjadi pada beberapa orang saja, solusi terbaiknya adalah dengan menghindari berbagai penyebab alergi yang sering anda alami 

Atau anda bisa menggunakan obat-obatan jenis antihistamin untuk menekan masalah alergi yang sedang anda alami, namun jika masalah tetap saja berlanjut sangat disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter atau ahli kesehatan terkait.

Akibat jenis kulit dan kesalahan dalam pemakain cream kosmetik

Kulit kering dan mengelupas akibat kesalahan dalam pemakain cream kosmetik sangat erat kaitannya dengan jenis kulit, oleh sebab itu sangat disarankan sekali bagi anda untuk memilih cream kosmetik yang benar-benar cocok untuk jenis kulit wajah anda, jika tidak masalah kulit kering dan mengelupas bisa saja terjadi karena efek samping yang timbul akibat tidak cocoknya jenis kulit wajah anda dengan kandungan pada kosmetik.

Solusi terbaik jika anda mengalami masalah kulit kering dan mengelupas akibat cream kosmetik adalah dengan berhenti menggunakan produk cream kosmetik tersebut, biarkan kulit anda dalam keadaan netral dalam beberapa hari lalu lihat apakah masalah kulit wajah kering dan mengelupas tetap saja berlanjut.

Jika masalah kulit wajah kering dan mengelupas akibat cream kosmetik tetap saja berlanjut walaupun anda telah berhenti menggunakan cream kosmetik tersebut, sangat disarankan sekali bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terkait.

Akibat efek samping obat-obatan

Kulit kering dan mengelupas akibat efek samping obat-obatan merupakan masalah medis yang serius, biasanya hal pertama yang harus anda lakukan jika masalah ini terjadi adalah dengan menghentikan pemakaian obat-obatan tersebut namun untuk lebih baiknya sangat disarankan sekali bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter terkait.

Terlalu sering menggunakan pendingin ruangan

Jika anda mengalami masalah kulit kering dan mengelupas yang diakibatkan oleh pendingin ruangan, sangat disarankan sekali untuk mengurangi pemakaian pendingin ruangan tersebut, jika anda terbiasa tidur dengan menggunakan pendingin ruangan lebih baik anda mensetting waktu nonaktif pada pendingin ruangan anda. Atau anda juga dapat mengakalinya dengan membuat rumah yang memiliki banyak jendela.

Selagi anda mengalami masalah kulit kering dan mengelupas agar masalah tidak semakin buruk dan berlanjut anda juga wajib menghindari menghindari beberapa hal berikut seperti pancaran sinar matahari langsung, memakai sabun, produk kecantikan kimia berbahan keras ( seperti pemutih kulit, perontok bulu, cream penghilang jerawat ), air panas, zat asam, cuaca ekstrim, pendingin ruangan dan sesuatu yang beresiko memperparah masalah kulit kering dan mengelupas lainnya.
Advertisement