Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Cara menambah nafsu makan secara alami sangat penting sekali anda ketahui. Khususnya bagi anda yang kehilangan nafsu makan secara drastis, kehilangan nafsu makan sangat mempengaruhi kesehatan anda karena dengan kehilangan nafsu makan akan membuat anda tidak selera makan dan akibatnya tubuh akan kekurangan nutrisi sehingga dapat menggangu kesehatan tubuh anda.

Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Penyebab nafsu makan turun atau berkurang dapat dipengaruhi oleh banyak sekali faktor misalnya saja faktor psikologis seperti trauma pernah tersedak makanan, takut mengkonsumsi makanan karena pencernaan bermasalah, makanan kurang menarik selera dan lain-lain. Selain itu faktor stress dan depresi juga kerap mempengeruhi turunnya nafsu makan yang sedang anda alami.

Oleh sebab itulah sangat penting sekali bagi anda untuk meningkatkan nafsu makan menjadi normal, karena jika tidak segera di obati masalah kehilangan nafsu makan ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan nutrisi sehingga dapat mengganggu kesehatan tubuh anda.

Pada saat ini memang telah beredar berbagai macam obat untuk menambah nafsu makan baik obat nafsu makan dewasa maupun obat nafsu makan anak-anak namun sebelum anda mencoba berbagai produk obat penambah nafsu makan tersebut lebih baik anda mencoba menambah nafsu makan secara tradisional alami terlebih dahulu.

Karena selain murah, cara menambah nafsu makan secara alami juga tergolong aman karena hanya menggunakan bahan-bahan tradisional alami yang selain dapat membantu untuk menambah nafsu makan anda menjadi normal dengan mengkonsumsi bahan-bahan tradisonal alami juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh anda.

Namun jika anda ingin cara yang praktis dengan mengkonsumsi obat penambah nafsu makan sangat direkomendasikan sekali untuk memilih obat penambah nafsu makan yang dibuat dengan komposisi alami dan sesuai anjuran doker agar tidak menimbulkan masalah kesehatan nantinya.

Cara menambah nafsu makan secara tradisional alami

Ada banyak sekali solusi untuk menambah nafsu makan secara tradisional alami dan membuat aktifitas makan anda menjadi berselera lagi, untuk lebih jelasnya mari kita simakn penjelasannya dibawah ini :

Jahe

Jahe merupakan bahan herbal tradisional alami yang telah diakui memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan terutama untuk membantu menambah nafsu makan, jahe mengandung minyak atsiri yang dapat meningkatkan pencernaan, merangsang nafsu makan dan membantu menghilangkan gas pada usus yang dapat menyebabkan rasa kenyang berlebihan ketika mengkonsumsi makanan.
  • Sebagai jamu untuk menambah nafsu makan anda dapat mengambil setengah sendok makan jahe bubuk kemudian mencampurkannya dengan sejumput garam dan seduh pada air hangat lalu meminumnya setengah jam sebelum makan setiap hari selama 8 - 10 hari.
  • Atau anda juga bisa membuat teh jahe dengan memotong jahe kecil-kecil dan merebusnya dengan 2 gelas air, untuk memperkaya rasa anda juga dapat menambahkan susu atau gula sesuai selera anda, anda dapat meminum ramuan ini beberapa kali dalam sehari.
  • Untuk memaksimalkan jahe sebagai penambah nafsu makan anda juga dapat menjadikan jahe sebagai bahan campuran masakan anda sehari-hari.

Amla

Amla atau indian gooseberry merupakan bahan herbal tradisional alami yang sangat ampuh sekali untuk membantu menambah nafsu makan anda, khusus nya hilangnya nafsu makan yang disebabkan oleh masalah gastrointestinal ( sistem pencernaan ).

Kandungan amla bekerja sebagai tonik dalam sistem gastrointestinal, meningkatkan sistem pencernaan dan detoksifikasi hati, jika anda merasa mual dan muntah ketika akan makan,campuran amla dan madu juga sangat efektif untuk membantu menghilangkannya.

Bagi anda yang telah lama kehilangan nafsu makan, campuran amla dan lemon juga kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit dan membantu penyerapan mineral.
  • Campurkan 2 sendok teh bubuk amla, 2 sendok teh jus lemon dan 2 sendok teh madu kedalam secangkir air hangat dan konsumsi pada pagi hari sebelum anda sarapan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal usahakan mengkonsumsi ramuan ini selama 3 - 4 bulan.

Kapulaga

Kapulaga juga merupakan bahan herbal tradisional alami yang ampuh sekali untuk membantu menambah nafsu makan anda, kandungan kapulaga bekerja sebagai tonik untuk pemanansan pencernaan anda, membantu menghilangkan gangguan pencernaan, perut kembung, menetralkan keasaman pada lambung serta meningkatkan nafsu makan dengan merangsang sekresi cairan pencernaan.

Untuk memanfaatkan kapulaga sebagai penambah nafsu makan juga sangat mudah sekali, cukup anda tambahkan biji kapulaga sebagai campuran minuman teh yang biasa anda konsumsi.

Dandelion ( randa tapak )

Mungkin kurang begitu terkenal namun dandelion atau dalam bahasa indonesia sering disebut randa tapak ini juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menambah nafsu makan kita yang sedang turun, bagian dandelion yang dapat kita manfaatkan untuk menambah nafsu makan adalah bagian akarnya.

Kandungan akar dandelion dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengembalikan nafsu makan menjadi lebih stabil dan terkontrol, dandelion juga dapat membantu mengobati masalah pada hati dan kandung empedu sehingga dapat bekerja sebagai diuretik ringan.
  • Siapkan akar dandelion untuk dijadikan teh dengan merebus akar dandelion dalam 2 cangkir air selama 10 menit, lalu saring ramuan dan ambil airnya saja, untuk memperkaya khasiat dan rasa anda dapat menambahkan 1 sendok madu kedalam ramuan tersebut.

Daun ketumbar

Daun ketumbar juga sangat bermanfaat sekali untuk membantu meningkatkan nafsu makan anda karena kandungan daun ketumbar dapat membantu sekresi cairan lambung, selain itu kandungan daun ketumbar juga baik untuk membantu menghilangkan gangguan pencernaan,pencernaan bergas, mual dan radang usus.
  • Ambil daun ketumbar lalu blender halus sampai menjadi jus.
  • Minum 1 - 2 sendok makan jus daun ketumbar tersebut secara rutin setiap hari hingga nafsu makan anda meningkat.

Bawang putih

Ini merupakan bahan alami yang paling mudah sekali didapat untuk membantu meningkatkan masalah nafsu makan yang kini sedang anda alami, bawang putih telah diakui sebagai bahan rumahan yang sangat efektif sekali untuk mengobati masalah nafsu makan karena dapat merangsang sistem pencernaan.
  • Siapkan 2 - 4 siung bawang putih lalu rebus dalam secangkir air.
  • Saring ramuan lalu tambahkan perasan setengah potong buah lemon kedalam ramuan.
  • Minum secara rutin 2 kali sehari sampai nafsu makan anda mengalami peningkatan.
  • Untuk memaksimalkan penggunaan bawang putih sebagai penambah nafsu makan anda juga dapat mencampurkan bawang putih pada olahan masakan anda sehari-hari.

Kurma

Buah gurun ini ternyata sangat baik sekali untuk membantu meningkatkan nafsu makan anda yang sedang dro, baik buah kurma kering atau segar sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, kurma juga merupakan buah yang baik untuk diet, karena tinggi serat dan dapat membuat kenyang lebih lama.
  • Anda dapat mengkonsumsi buah kurma setiap hari sebagai buah harian anda.
  • Agara lebih maksimal anda juga dapat mengkonsumsinya bersama dengan susu atau madu agar nutrisi harian anda terpenuhi.

Lemon

Lemon kaya rasa dengan rasa manis dan masam dapat merangsang nafsu makan dengan cepat, selain itu kandungan vitamin C pada lemon juga sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh manusia.

Untuk memanfaatkan lemon sebagai ramuan penambah nafsu makan juga sangat mudah sekali cukup anda jadikan lemon sebagai minuman yang dapat anda minum setiap hari.

Itulah tadi beberapa cara alami yang dapat anda coba untuk menambah nafsu makan, setelah mengetahui beberapa cara alami untuk menambah nafsu makan tersebut untuk melengkapinya agar nafsu makan anda dapat kembali dengan cepat dan maksimal, anda juga dapat memperhatikan beberapa tips cara menambah nafsu makan dibawah ini.

Tips menambah nafsu makan paling efektif

Tips menambah nafsu makan sangat erat hubungannya dengan faktor psikologis dan kebiasaan hidup yang mempengaruhi menghilangkanya nafsu makan, untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat menerapkan tips yang bermanfaat dibawah ini :

Siapkan makanan favorit anda

Ini merupakan langkah jitu untuk meningkatkan dan merangsang nafsu makan, nafsu makan akan mudah timbul apabila anda melihat manu makanan yang anda sukai sehingga tidak ada alasan bagi anda untuk melewatkan atau menunda waktu makan,

Jangan takut untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak seperti gulai, rendang, dan makanan berlemak yang menggugah selera lainnya apalagi jika anda telah lama mengalami masalah nafsu makan ini, dengan mengkonusmsi makanan tersebut akan dengan cepat mengembalikan energi dan rasa lapar yang tertunda yang selama ini anda alami.

Percantik makanan favorit anda

Meskipun anda telah menyiapkan makanan yang enak-enak dan paling anda sukai namun ternyata nafsu makan masih loyo, anda juga bisa menghias makanan tersebut agar lebih menggugah selera.

Hal ini biasanya akan sangat efektif untuk merangsang nafsu makan pada anak-anak karena akan memicu psikologi anak sehingga dengan tidak sadar akan mengkonsumsi makanan tersebut.

Misalnya dengan menyiapkan roti yang dihias lucu dengan coklat atau selai, telur dadar lucu yang dihias seperti wajah tersenyum dan lain-lain sesuai deangan kreasi terbaik anda.

Ciptakan suasana menyenangkan ketika makan

Ini juga merupakan cara yang efektif untuk merangsang nafsu makan yaitu dengan menciptkan suasana yang menyenangkan ketika sedang makan.

Anda bisa makan sambil nonton tv, nonton bola, makan bersama dengan teman atau keluarga, dan suasana lainnya yang menurut anda paling nyaman dan menyenangkan sehingga secara tidak sadar akan mendorong anda untuk makan sesuatu.

Usahakan ketika anda mencoba cara ini anda menyiapkan berbagai makanan di meja, misalnya saja pizza, burger, martabak, sate, mie ayam, bakso dan makanan kesukaan anda lainnya.

Hilangkan bad mood dalam hati anda

Bad mood merupakan masalah yang sering melanda remaja-remaja zaman sekarang, bad mood juga sangat menggangu sekali terhadap nafsu makan yang anda miliki.

Misalnya saja ketika di putusin pacar, diselingkuhin, di duain, di php in dan masalah hati lainnya biasanya akan secara signifikan menurunkan bad mood dan berimbas juga pada menurunnya nafsu makan.

Oleh sebab itulah jika anda merasa kehilangan nafsu makan ketika bad mood, usahakan untuk membuang jauh-jauh bad mood tersebut dan cobalah untuk mengkonsumsi sesuatu.

Baca juga : Cara menggemukkan badan dengan cepat secara alami

Baiklah itulah tadi beberapa tips dan cara alami untuk menambah nafsu makan paling ampuh yang dapat membantu mengembalikan nafsu makan anda menjadi normal, apabila nafsu makan tidak kunjung bertambah walaupun telah mencoba berbagai tips dan cara alami diatas sangat disarankan sekali bagi anda untuk berkonsultasi dengan dokter terkait agar mendapat penanganan medis yang terbaik.