Cara Mencuci Wajah yang Baik dan Benar

Cara Mencuci Wajah yang Baik dan Benar

Cara cuci muka yang baik dan benar wajib sekali kamu ketahui apalagi jika kamu sedang mengalami masalah kulit wajah seperti kulit wajah berminyak, berjerawat, komedo, dan lain-lain. Hati-hati ketika membersihkan wajah, jika kamu salah melakukannya bisa-bisa nanti akan timbul berbagai masalah pada kulit wajah atau malah memperparah kondisi masalah kulit wajah yang sedang kamu alami.

Tujuan mencuci muka sebenarnya adalah untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran, debu dan minyak yang menempel pada kulit wajah untuk mencegah agar kulit wajah tidak timbul berbagi masalah.

Namun terkadang ketika sedang mencuci wajah kita cenderung melakukan banyak sekali kesalahan seperti tidak memperhatikan kebersihan air, menggosok wajah terlalu keras, menggunakan pembersih wajah yang tidak tepat, terlalu sering mencuci muka, dan lain-lain.

Kulit wajah sendiri merupakan kulit yang tipis dan mudah sensitif jika anda membersihkannya dengan cara-cara yang tidak tepat tentu akan membahayakan kesehatan kulit wajah.

Oleh sebab itulah kamu harus benar-benar mengetahui bagaimana cara membersihkan kulit wajah yang baik dan benar agar kulit wajah kamu dapat bersih dan sehat.

Perhatikan jenis kulit wajah

Sebelum mencuci wajah, perhatikan terlebih dahulu jenis kulit wajah kamu, hal ini sangat erat hubungannya dengan pemilihan produk pencuci wajah yang akan kamu gunakan nantinya, agar perawatan kulit wajah dapat lebih maksimal dan tidak mimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah karena salah memakai produk pembersih wajah yang kamu pakai.

Jenis-jenis kulit wajah ada banyak sekali dan pada setiap orang tidak selalu sama, misalnya saja jenis kulit wajah kering, berminyak, sensitif, normal, dan jenis kulit wajah kombinasi.

Jika kamu ragu terhadap jenis kulit wajah kamu, kamu dapat membaca artikel saya sebelumnya tentang jenis-jenis kulit wajah dan cara merawatnya.

Bersihkan make up terlebih dahulu

Setelah mengetahui jenis kulit wajah kamu kini kita mulai tahap persiapan sebelum mencuci wajah pastikan untuk membersihkan berbagai macam riasan dan make up pada wajah kamu terlebih dahulu.

Banyak yang beranggapan bahwa membersihkan make up dapat dilakukan hanya dengan menggunakan air bersih saja, namun sebenarnya sisa-sisa make up tidak dapat hilang dengan sempurna jika hanya membersihkannya menggunakan air.

Agar sisa-sisa make up yang sudah tidak terpakai dapat hilang dengan sempurna dari kulit wajah anda, gunakan cairan remover khusus untuk menghilangkan make up.

Anda dapat membeli produk remover make up tersebut di salon kecantikan, usahakan untuk memilih remover make up yang berbahan dasar minyak.

Cuci wajah anda dengan lembut

Setelah make up telah hilang dari kulit wajah anda barulah mulai mencuci wajah menggunakan produk pencuci wajah yang sesuai dengan kulit wajah anda, biasanya produk pencuci wajah tersebut berbentuk sabun, gel, atau krim.

Siram wajah anda secara merata menggunakan air bersih hangat hingga tiga kali.
Jangan gunakan air yang terlalu dingin atau panas karena dapat merusak pembuluh kapiler pada kulit wajah dan dapat membuat kulit wajah menjadi iritasi.
Kemudian oleskan sabun pembersih wajah ( atau produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda ) secara merata pada kulit wajah, anda dapat menggunakan jari atau sponge khusus untuk kulit wajah.

Setelah selesai menggunakan pembersih wajah kemudian bilas wajah anda secara merata menggunakan air hangat, hingga sisa sabun atau pembersih wajah hilang dengan sempurna dari kulit wajah anda.

Keringkan wajah dengan benar

Setelah selesai mencuci wajah bersihkan sisa-sisa air dari wajah anda menggunakan handuk lembut dan streril agar kulit wajah tidak mengalami iritasi dan terhindar dari kuman dan bakteri lagi.

Tahap mencuci wajah yang betul dan benar telah selesai, untuk melengkapinya caramedika juga akan membagikan beberapa tips mencuci wajah yang baik dan benar agar perawatan wajah kamu bisa lebih optimal dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk terhadap kulit wajah.

Tips mencuci muka yang baik dan benar

  • Jangan terlalu sering mencuci wajah karena akan menyebabkan kulit wajah menjadi semakin menipis dan malah akan menimbulkan masalah kulit seperti kulit sensitif, pori-pori membesar dan lain-lain.
  • Bersihkan wajah anda jika merasa wajah anda benar-benar kotor, berdebu, atau untuk melengkapi ketika sedang membersihkan make up.
  • Normalnya wajah dibersihkan sekali sehari pada sore hari ketika akan mandi atau ketika akan tidur malam, untuk menghilangkan debu, kotoran, dan bakteri yang menempel pada kulit wajah kita setelah beraktifitas seharian.
  • Jangan mencuci wajah terlalu kasar misalnya dengan menggosok-gosok wajah terlalu keras karena akan membuat kulit wajah menjadi tipis dan mudah terkena iritasi.
  • Gunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan kulit wajah anda agar perawatan wajah dapat lebih maksimal dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.
Baiklah itulah tadi artikel tentang cara mencuci wajah yang baik dan benar, semoga bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk kita semua.