Langsung ke konten utama

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Tradisional Alami & Permanen

Advertisement
Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Tradisional Alami & Permanen

Bau ketiak merupakan salah satu masalah bau badan yang sering dialami oleh orang-orang pada saat ini, walaupun tidak tergolong sebagai penyakit berat, bau ketiak merupakan masalah yang sangat mengganggu sekali.

Apalagi jika kita sedang berada ditempat umum lalu tercium bau ketiak yang enggak banget muncul dari ketiak kita, tentu saja akan sangat memalukan sekali bukan.

Pada dasarnya bau ketiak merupakan sumber bau badan yang paling dominan dibandingkan dengan sumber bau pada bagian tubuh lainnya.

Hal ini disebabkan karena jumlah kelenjar apokrin disekitar ketiak lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya sehingga keringat dari sisa metabolisme tubuh lebih banyak keluar melalui ketiak ini.

Bau ketiak ini secara ilmiah biasa disebut dengan istilah bromhidrosis atau ada juga yang menyebut dengan istilah osmidrosis.

Penyebab bau ketiak paling utama memang dari keringat, namun ternyata keringat hanya sebagai pemicunya saja, masih banyak faktor-faktor lain yang dapat menimbulkan bau ketiak tak sedap dari ketiak anda.

Oleh sebab itulah sebelum anda melakukan penanganan lebih lanjut untuk menghilangkan bau ketiak sangat disarankan sekali bagi anda untuk mengetahui berbagai macam faktor penyebab bau ketiak, agar selain dapat membantu penanganan masalah bau ketiak lebih maksimal, mengetahui penyebab bau ketiak juga dapat membantu anda untuk mengantisipasi agar tidak terkena masalah bau ketiak lagi dikemudian hari.

Penyebab bau ketiak tak sedap

Keringat bercampur dengan debu dan kotoran

Ini merupakan penyebab bau ketiak yang paling sering sekali terjadi, karena tingginya aktifitas kita sehari-hari tentu saja keringat akan banyak keluar dari tubuh tergantung dengan tingkat intensitas tubuh kita sehari-hari, hal ini akan diperparah apabila keringat kemudian bercampur dengan debu dan kotoran yang menempel pada badan anda, tentu saja bau ketiak pasti akan keluar dan tercium menyengat.

Biasanya bau ketiak yang disebabkan oleh keringat bercampur dengan debu dan kotoran sering menyerang orang-orang yang sering bekerja dilapangan, misalnya petani, atlit, pedagang dan orang-orang yang sering beraktifitas diluar ruangan.

Keringat bercampur dengan bakteri

Selain keringat bercampur dengan debu dan kotoran, keringat bercampur dengan bakteri juga dapat menyebabkan timbulnya bau ketiak yang menyengat pada ketiak anda.

Hal ini dikarenakan bakteri suka hidup di daerah-daerah yang lembab pada tubuh manusia misalnya selangkangan dan ketiak. Kemudian bakteri akan menghasilkan flora-flora penyebab bau busuk seperti asam kaprilik, kaproik, butirat, dan isovaletat.

Selain itu bau ketiak juga dapat terjadi akibat reaksi kelenjar apokrin ( kelenjar penghasil keringat ) terhadap bakteri yang bersarang pada ketiak kita sehingga menghasilkan bau seperti amonia, itulah mengapa jika anda sedang melakukan aktifitas yang mengeluarkan banyak keringat dari ketiak ketika anda membuka ketiak akan terlihat uap panas yang keluar dan berbau menyengat.

Koloni bakteri pada ketiak

Jumlah bakteri pada tubuh manusia berbeda-beda tergantung dengan tingkat kebersihan individu masing-masing, oleh sebab itulah jika anda mengalami masalah bau ketiak yang menyengat luar biasa dibandingkan dengan sebelumnya atau dibandingkan dengan bau ketiak orang lain bisa jadi bakteri telah banyak berkembang biak dan berkoloni pada ketiak anda. Sehingga jika bakteri tersebut bercampur dengan keringat akan menimbulkan bau ketiak yang luar biasa sekali.

Keringat bercampur dengan debu, kotoran dan bakteri

Keringat bercampur dengan debu dan kotoran saja sudah menimbulkan bau yang menyengat apalagi jika masalah ini diperparah dengan adanya bakteri yang bersarang pada ketiak kita, tentu saja bau ketiak yang timbul akan semakin dahsyat dan menyengat sekali.

Mengkonsumsi makanan tertentu

Selain keringat, bakteri, debu dan kotoran ternyata mengkonsumsi makanan tertentu juga dipercaya dapat menyebabkan menimbulkan bau ketiak yang menyengat dari ketiak anda, bukan hanya pada ketiak saja namun bau yang muncul dapat terjadi pada sekujur tubuh anda.

Karena makanan yang kita konsumsi akan diolah oleh tubuh dan melewati proses metoblisme tubuh sehingga sisa-sisanya akan dibuang keluar tubuh melalui fases dan keringat.

Makanan-makan yang dapat menimbulkan bau ketiak dan bau badan tersebut diantaranya adalah bawang putih, bumbu kari, daging kambing, pete, jengkol dan makanan yang beraroma tajam lainnya.

Lebatnya bulu ketiak

Bulu ketiak yang lebat juga dapat menyebabkan keadaan bau ketiak malah semakin buruk, hal ini dikarenakan bulu ketiak yang lebat akan mudah dihinggapi debu dan kotoran sehingga membuat bakteri akan lebih nyaman untuk berkoloni dan berkembang biak pada ketiak anda.

Nah...setelah mengetahui berbagai macam penyebab bau ketiak, lalu bagaimana cara mengatasi bau ketiak ini.

Cara menghilangkan bau ketiak tak sedap secara tradisional alami

Membeli produk penghilang bau ketiak merupakan solusi praktis bagi anda yang tidak ingin repot-repot untuk menghilangkan bau ketiak namun sebenarnya daripada mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk penghilang bau ketiak, cara alternatifnya kita bisa menghilangkan bau ketiak ini secara alami yaitu dengan menggunakan bahan-bahan tradisional alami yang dapat kita temukan dengan mudah disekitar rumah kita.

Menghilangkan bau ketiak secara alami juga memiliki keunggulan tersendiri selain murah dan aman, menghilangkan bau ketiak secara alami juga dapat membantu menutrisi kulit ketiak sehingga menjadi lebih halus dan lembut.

Ingin tau bagaimana cara menghilangkan bau ketiak menggunakan bahan-bahan tradisional alami tersebut, silahkan anda simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Menghilangkan bau ketiak menggunakan baking soda

Baking soda dapat membantu menyeimbangkan kelembapan kulit, menyerap keringat berlebih dan secara aktif dapat membantu membunuh bakteri yang bersarang pada ketiak anda. Tidak heran jika baking soda ini dapat kita manfaatkan sebagi deodoran alami yang dapat menghilangkan bau ketiak dengan cepat.
  • Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan satu sendok makan lemon.
  • Aduk hingga merata.
  • Lalu oleskan secara merata pada ketiak anda ( jangan digosok ).
  • Diamkan hingga 10 - 15 menit.
  • Lalu membilasnya menggunakan air bersih.
  • Lakukan cara ini setiap hari sebelum mandi hingga bau ketiak hilang dari ketiak anda.

Menghilangkan bau ketiak dengan lemon

Lemon merupakan bahan tradisional alami yang ampuh sekali untuk mengatasi masalah bau ketiak yang menyengat, Kandungan asam pada lemon dapat menyeimbangkan kadar pH pada kulit ketiak sehingga membuat bakteri sulit untuk hinggap dan berkembang biak pada ketiak.

  • Siapkan 1 buah lemon.
  • Potong menjadi 2 bagian.
  • Lalu oleskan 1 bagian buah lemon ke ketiak anda secara merata.
  • Pastikan air lemon membasahi kulit ketiak anda.
  • Biarkan sampai kering sendiri.
  • Gunakan cara ini setiap hari sebelum mandi, sampai bau ketiak anda hilang sepenuhnya.

Menghilangkan bau ketiak dengan cuka sari apel

Kandungan cuka sari apel sangat ampuh sekali untuk mengusir bakteri penyebab bau ketiak, selain itu cuka sari apel juga langsung dapat menetralisir bau ketiak yang sedang anda alami dengan menyeimbangkan tingkat pH pada kulit ketiak anda.
  • Siapkan bola kapas dan cuka sari apel.
  • Rendam bola kapas dalam cuka sari apel.
  • Lalu mengoleskannya pada kulit ketiak anda.
  • Diamkan selama 5 menit.
  • Lalu bilas dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini setiap hari sebelum mandi.

Menghilangkan bau ketiak dengan lobak

Lobak juga ternyata sangat ampuh sekali untuk mengatasi bau ketiak yang menyengat dari ketiak anda, lobak memiliki sifat anti bakteri yang secara efektif dapat menyingkirkan bakteri dari ketiak anda, selain itu lobak juga kaya vitamin C dan kandungan lain yang dapat menghilangkan bau ketiak dengan cepat.
  • Siapkan lobak secukupnya.
  • Potong menjadi bagian kecil-kecil.
  • Lalu memblendernya sampai halus.
  • Saring lobak halus tersebut untuk diambil air sari patinya saja.
  • Lalu oleskan pada ketiak anda secara merata.
  • Biarkan sampai mengering sendiri.
  • Lalu bilas menggunakan air hangat.
  • Gunakan cara ini pada pagi hari sebelum mandi.
Itulah tadi beberapa cara tradisional alami yang dapat anda gunakan untuk membantu mengatasi bau ketiak yang sedang menyerang anda.

Setelah mengetahui berbagai penyebab bau ketiak dan cara mengatasi bau ketiak secara tradisional alami, caramedika juga akan membagikan beberapa tips yang dapat membantu mengatasi bau ketiak anda agar tidak timbul lagi dikemudian hari.

Tips mengatasi bau ketiak yang tidak sedap

  • Usahakan selalu mandi setiap hari minimal 2 kali sehari, pada pagi hari sebelum memulai aktifitas dan pada sore hari setelah melakukan aktifitas agar tubuh anda selalu bersih dari keringat berlebih, debu, kotoran, dan bakteri sehingga bau ketiak tidak dapat menyerang anda.
  • Usahakan untuk selalu mencukur bulu ketiak agar debu dan kotoran tidak mudah hinggap pada ketiak anda dan mencegah bakteri mudah berkembang biak pada ketiak anda.
  • Atau jika ingin perawatan ketiak dapat lebih maksimal, anda juga dapat mengoleskan deodoran pada pagi hari untuk mencegah bakteri berkembang biak pada kulit ketiak dan untuk mengharumkan ketiak anda.
  • Jangan menggosok kulit ketiak terlalu keras karena dapat mengikis lapisan kulit ketiak yang tipis dan membuat pori-pori kulit ketiak menjadi membesar. Hal ini malah dapat menyebabkan masalah keringat berlebih pada ketiak anda.
  • Jangan menggaruk kulit ketiak terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi sehingga kulit ketiak menjadi perih dan mudah berbau jika bercampur dengan keringat.
  • Jika masalah-masalah pada kulit ketiak sulit anda atasi sangat dianjurkan sekali untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terkait untuk penanganan lebih lanjut.
Baiklah itulah tadi artikel tentang cara menghilangkan bau ketiak secara tradisional alami, jika anda telah memahami berbagai penyebab dan cara menghilangkan bau ketiak beserta tips menghilangkan bau ketiak seperti diatas tentunya bau ketiak yang anda alami akan dapat anda hilangkan dengan mudah bahkan dengan hasil yang permanen.
Advertisement