Cara Merawat Rambut Keriting dan Ikal Agar Tidak Mengembang

Pilihan Editor

Advertisement
Cara Merawat Rambut Keriting dan Ikal Agar Tidak Mengembang

Nilai kecantikan menurut setiap wanita ternyata berbeda-beda, apalagi untuk kecantikan rambut, banyak sekali wanita dengan rambut lurus berusaha untuk membuat rambutnya menjadi mengembang namun tidak untuk wanita yang memiliki rambut keriting dan ikal.

Kebanyakan wanita dengan rambut keriting dan ikal justru banyak yang tidak menyukai gaya rambut yang bergelombang.

Karena pada dasarnya wanita dengan rambut keriting dan ikal bentuk rambutnya memang sangat mudah sekali untuk megar dan mengembang berbeda halnya dengan wanita yang memiliki jenis rambut lurus, bentuk rambut mereka cenderung lepek dan menjuntai kebawah.

Fenomena ini memang unik, tapi justru menarik, hal ini biasanya disebabkan oleh faktor kebosanan seseorang dalam menggunakan gaya rambut tertentu lalu ingin merubah gaya rambutnya menjadi lebih baru dan trendy.

Oke baiklah untuk membantu para wanita yang menginginkan rambutnya agar tidak mengembang disini caramedika akan membagikan tips atau cara merawat rambut keriting dan ikal agar tidak mengembang.

Caranya mudah banget kok, anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan yang mahal di salon, cukup anda lakukan sendiri dirumah.

Cara merawat rambut keriting dan ikal agar tidak mengembang

Cara merawat rambut keriting dan ikal agar tidak mengembang dapat anda lakukan dengan beberapa cara yaitu :

Potong rambut yang sesuai

Potongan rambut juga sangat mempengaruhi terhadap bentuk rambut, apalagi untuk rambut yang mengembang, biasanya rambut keriting dan ikal jika dibiarkan panjang akan megar dan mengeper, hal ini akan diperparah jika rambut terkena sinar matahari dan angin, tentu saja bentuk rambut anda semakin tidak teratur.

Oleh sebab itu potongan rambut sangat mempengeruhi, usahakan untuk memotong rambut keriting dan ikal dengan potongan layer dengan bentuk yang tipis.

Cara Merawat Rambut Keriting dan Ikal Agar Tidak Mengembang

Cara Merawat Rambut Keriting dan Ikal Agar Tidak Mengembang

Anda dapat memilih potongan layer sebahu atau panjang namun dengan membuat rambut anda yang tebal menjadi tipis.

Gunakan pelembab rambut

Nah setelah memotong rambut anda menjadi bentuk yang sesuai untuk melengkapinya agar rambut bisa lepek dan tidak mengembang anda juga dapat menggunakan pelembab rambut.

Dengan memakai pelembab rambut dapat membuat rambut anda tidak mudah kering dan dapat ditata dengan mudah dan rapi.

Usahakan untuk memilih pelembab rambut yang menggunakan bahan alami seperti minyak almond dan minyak kelapa, agar selain rambut anda menjadi lembab dan mudah ditata, rambut anda juga mendapatkan nutrisi agar selalu tetap sehat dan kuat.

Produk pelembab rambut pada saat ini sangat banyak sekali, tentu saja anda dapat sangat mudah sekali untuk mendapatkannya.

Kepang, gulung atau ikat rambut

Jika rambut sudah dipotong sesuai dan anda juga sudah menggunakan pelembab rambut namun rambut anda masih saja mengembang solusi terakhirnya adalah dengan mengepang, menggulung atau mengikat rambut anda.

Namun cara ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan setiap hari karena dapat membuat rambut akan sulit bernafas dan membuatnya lebih rentan terserang masalah rambut rontok.

Itulah tadi beberapa cara merawat rambut keriting dan ikal agar tidak mengembang, selain dengan menggunakan beberapa cara diatas, untuk mengatasi masalah rambut yang mengembang pada rambut keriting dan ikal anda dapat memperhatikan beberapa tips dibawah ini :

Tips merawat rambut keriting dan ikal agar tidak mengembang

Tips merawat rambut keriting dan ikal agar tidak mengembang merupakan pelengkap untuk mengatasi masalah rambut anda yang sering mengembang terutama bagi anda yang memiliki jenis rambut keriting dan ikal.

Hindari pancaran sinar matahari langsung

Sinar matahari merupakan musuh utama rambut karena dapat membuat rambut menjadi kering dan mudah mengembang, oleh sebab itulah jika anda tidak ingin mengalami masalah rambut yang mengembang sangat disarankan sekali untuk menghindari paparan sinar matahari langsung terhadap rambut anda.

Namun jika anda sering beraktifitas diluar ruangan, solusi terbaiknya adalah dengan memakai pelingung kepala sambil memberikan rambut anda pelembab, agar tidak mudah kering dan mengembang.

Hindari mesin pengering rambut

Rambut keriting dan ikal ketika sehabis keramas atau mandi memang sulit untuk dihilangkan airnya dan kebanyakan para wanita pada saat ini untuk mengeringkan rambut mereka sehabis mandi biasanya menggunakan mesin pengering rambut , namun tahukah anda bahwa dengan menggunakan mesin pengering rambut untuk mengeringkan rambut dapat membuat rambut anda semakin tampak mengembang dan berserakan.

Apalagi jika anda mengeringkan rambut menggunakan mesin pengering rambut pada rambut yang keriting dan ikal.

Solusinya adalah dengan mengeringkan rambut anda secara alami, anda bisa menggunakan handuk lembut dan memakainya sebagai topi yang membalut seluruh rambut anda, agar air dapat terserap handuk secara maksimal.

Rajin menyisir rambut 

Tips yang paling mudah dan sederhana untuk mengatasi dan mencegah rambut anda tidak mengembang adalah dengan rajin menyisir rambut anda secara rutin setiap hari.

Dengan rajin menyisir rambut akan membuat rambut anda berjajar rapi tidak mudah semrawut dan tidak terlihat mengembang.

Untuk memperoleh hasil yang lebih optimal anda menyisir rambut sambil menggunakan pelembab atau masker rambut alami setiap hari.

Berikan nutrisi pada rambut anda

Rambut yang mengembang juga dapat menandakan bahwa rambut anda kekurangan nutrisi, oleh sebab itulah rajin-rajinlah memberikan nutrisi kepada rambut anda, agar rambut menjadi lebih sehat dan tidak mudah mengalami berbagai masalah seperti masalah rambut mengembang ini.

Untuk memberikan nutrisi kepada rambut sangat mudah sekali, anda dapat menggunakan sampo, kondisioner atau masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami ( baca selanjutnya : manfaat dan cara membuat masker rambut alami ).

Berikan perawatan lanjutan

Karena tinggi nya aktifitas kita sehari-hari kadang membuat rambut kita mengalami berbagai masalah seperti halnya rambut yang mengembang ini.

Jangan anda anggap remeh masalah rambut yang mengembang ini, karena biasanya rambut mengembang disebabkan oleh rambut yang kering dan kekurangan pelembab alaminya sehingga dapat membuat rambut anda rusak dan malah bisa-bisa akan berujung pada masalah rambut rontok nantinya.

Baca juga : 
Baiklah itulah tadi artikel tentang cara merawat rambut keriting dan ikal agar tidak mengembang, semoga bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk kita semua.
Advertisement