Jenis Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawatnya

Pilihan Editor

Advertisement
Jenis jenis kulit wajah sangat penting sekali anda ketahui. Hal ini dikarenakan jenis kulit wajah pada setiap orang tidaklah sama, ada yang memiliki jenis kulit wajah berminyak, jenis kulit wajah sensitif, jenis kulit wajah kering, jenis kulit wajah normal dan jenis kulit wajah kombinasi.

Jenis Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawatnya

Wajib hukumnya bagi kamu untuk mengetahui jenis kulit wajah, apalagi ketika kamu akan melakukan perawatan, karena dengan mengetahui jenis kulit wajah, kita akan tahu perawatan apa saja yang cocok untuk jenis kulit kamu tersebut.

Melakukan perawatan wajah tanpa mengetahui jenis kulit wajah terlebih dahulu sama saja dengan bunuh diri, iya kalau cocok dengan kulit wajah kita, kalau tidak cocok tentu saja akan berdampak negatif terhadap kulit wajah tersebut.

Oleh sebab itulah sebelum terlambat ketika anda akan melakukan perawatan wajah, kenali terlebih dahulu jenis kulit wajah anda dan lakukan perawatan wajah sesuai dengan jenis kulit wajah anda.

Jenis kulit wajah berminyak

Jenis kulit wajah ini merupakan jenis kulit wajah yang paling susah sekali untuk merawatnya karena jenis kulit wajah ini cenderung memiliki minyak yang tidak terkontrol, artinya produksi minyak pada jenis kulit berminyak ini diatas rata-rata dibandingkan jenis kulit normal.

Biasanya produksi minyak yang berlebih pada jenis kulit wajah berminyak ini terletak pada area T wajah ( T zone ) yaitu pada bagian dagu, hidung dan dahi.

Penyebab kulit kulit wajah berminyak bisa dikarenakan oleh banyak sekali faktor misalnya saja faktor keturunan, pubertas, kesalahan perawatan maupun faktor luar seperti lingkungan, makanan, minuman dan stress.

Untuk mengetahui ciri-ciri kulit berminyak sangat mudah sekali, kulit wajah berminyak biasanya ditandai dengan memiliki pori-pori kulit wajah yang besar, wajah lengket dan terlihat mengkilap, mudah berjerawat dan jika memakai kosmetik sangat susah menempel.

Namun memiliki jenis kulit wajah berminyak ternyata memiliki keuntungan tersendiri dibandingkan jenis kulit wajah lainnya karena menurut penelitian memiliki jenis kulit wajah berminyak dapat mencegah masalah penuaan dini, seperti mencegah munculnya wajah keriput, mencegah timbulnya kerutan pada wajah dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Memang benar bahwa memiliki kulit wajah berminyak memang sulit sekali untuk merawatnya dan kadang membuat kita merasa tidak nyaman akibat adanya minyak pada kulit wajah kita tersebut.

Solusi untuk merawat jenis kulit wajah yang berminyak ini bisa anda lakukan dengan rajin membersihkan wajah dengan mencuci wajah 2 kali sehari saat mandi pada pagi dan sore hari, dan setelah mencuci wajah usahakan selalu memakai pelembab wajah agar minyak pada kulit wajah tidak mudah keluar.

Untuk produk pembersih dan pelembab wajah anda dapat memilih produk kecantikan yang berlabel non oil atau non comedogenic.

Jika masalah wajah berminyak ini telah sulit diatasi lebih baik anda membaca artikel saya sebelumnya tentang cara mengatasi kulit wajah berminyak dan kusam secara alami.

Jenis kulit wajah sensitif

Jenis kulit wajah ini merupakan jenis wajah yang sangat peka sekali terhadap rangsangan, baik rangsangan dari lingkungan luar maupun dari benda-benda yang menempel pada kulit wajah.

Hal ini dikarenakan jenis kulit sensitif ini memiliki kondisi kulit yang sangat tipis, bahkan pada jenis kulit wajah sensitif ini pembuluh darah dan saraf pada kulit sampai dapat terlihat dari luar sehingga mudah terangsang dan alergi.

Ciri-ciri kulit wajah sensitif ini bisanya ditandai dengan tipisnya permukaan kulit sehingga sampai terlihat pembuluh darah dan sarat kulit wajah dengan mata telanjang selain itu kulit wajah sensitif juga sangat mudah sekali terkena alergi, iritasi dan jika terjadi reaksi negatif akan muncul kemerah-merahan.

Untuk perawatan jenis kulit sensitif ini sebenarnya sangat mudah sekali yang penting usahakan untuk menghindari kulit dari rangsangan yang berbahaya bagi kulit wajah anda seperti paparan sinar matahari langsung, penyebab timbulnya alergi, penyebab iritasi dan rangsangan lain yang berbahaya bagi kulit wajah anda.

Selain itu usahakan untuk selalu memakai pelembab, memakai tabir surya jika beraktifitas di terik sinar matahari, gunakan produk kecantikan yang cocok dan tidak menimbulkan iritasi, jangan merokok karena akan membuat jenis kulit sensitif akan mudah keriput, serta selalu bersihkan wajah anda sebelum tidur pada malam hari.

Jenis kulit wajah kering

Jenis kulit wajah kering ini kebalikan dari jenis kulit wajah berminyak, jenis kulit wajah kering akan sangat sulit sekali keluar minyak pada kulit karena kelenjar minyak pada kulit wajah cenderung tidak mampu memproduksi minyak dengan baik.

Ciri-ciri kulit wajah kering biasanya ditandai dengan kulit wajah yang kasar dan kusam, terlihat pucat, pori-pori tidak terlihat, tidak elastis, mudah bersisik, dan garis-garis pada wajah terlihat.

Jika tidak rajin merawat jenis kulit wajah kering ini salah satu masalah yang sering timbul adalah kulit wajah cepat sekali mengalami penuaan dini, oleh sebag itulah sangat disarankan sekali bagi anda untuk rajin merawat kulit wajah secara teratur.

Untuk perawatan jenis kulit wajah kering sangat disarankan untuk selalu memakai pelembab agar kulit tidak terlalu kering dan tidak mudah kering, rajin mengkonsumsi air putih, jangan terlalu sering mandi dengan air panas, hindari sabun mandi yang mengandung deterjen, dan hindari terik sinar matahari lamgsung.

Baca juga : Cara mengatasi kulit kering mengelupas

Jenis kulit wajah normal

Beruntung sekali bagi anda yang memiliki jenis kulit normal ini karena jenis kulit wajah ini cenderung seimbang, tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak.

Ciri-ciri jenis kulit wajah normal biasanya ditandai dengan kelembapan kulit yang seimbang, kulit terasa lebih elastis, lembut, segar, pori-pori tidak mudah terlihat, tidak kusam, tidak kering dan produksi minyak terlihat wajar.

Jenis kulit wajah normal ini juga biasanya jarang sekali terserang masalah kulit wajah sehingga sangat mudah sekali untuk perawatannya.

Namun bukan berarti kita tidak menjaga kesehatan kulit normal tersebut, bisa-bisa kalau tidak dirawat dan dijaga kesehatannya akan timbul masalah tertentu.

Anda tidak perlu repot-repot untuk merawat jenis kulit wajah normal ini, cukup pastikan kebersihan kulit wajah, jangan lupa selalu memakai pelembab agar debu, kotoran dan kuman tidak bersarang pada kulit agar tidak timbul masalah kulit tertentu.

Jenis kulit wajah kombinasi

Ini merupakan jenis kulit yang unik sekali, kadang disuatu saat kulit ini akan mudah berminyak, kadang kering dan kadang normal.

Biasanya orang-orang yang memiliki jenis kulit wajah ini adalah orang-orang yang tinggal didaerah tropis seperti Indonesia.

Ciri-ciri jenis kulit wajah kombinasi biasanya ditandai dengan sangat aktifnya zona T zone wajah untuk memproduksi minyak, sedangkan area wajah lain cenderung normal bahkan kering.

Selain itu daerah kulit yang lebih banyak memproduksi minyak biasanya akan menebal dan daerah kulit lain biasanya memiliki tekstur yang tipis.

Untuk perawatan jenis kulit wajah kombinasi ini cenderung susah-susah gampang karena mengikuti situasi dan kondisi kulit wajah tersebut, jika kulit wajah anda kering gunakan cara perawatan khsusus untuk jenis kulit wajah kering, jika kulit wajah anda berminyak gunakan perawatan khsusus untuk jenis kulit wajah berminyak, dan jika kulit wajah anda kering dan berminyak maka gunakan dua kombinasi perawatan sekaligus.

Baca juga :
Bagaimana teman-teman jenis kulit wajah apa yang anda miliki, untuk memastikan jenis kulit wajah anda dengan akurat anda juga dapat memeriksakannya secara langsung dengan dokter kulit atau dokter kecantikan terkait agar perawatan wajah yang akan anda lakukan nantinya dapat lebih optimal dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya terhadap kulit wajah.
Advertisement