Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal pada Selangkangan

Pilihan Editor

Advertisement
Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal pada Selangkangan

Penyebab dan cara mengatasi gatal pada selangkangan - Rasa gatal merupakan masalah kulit yang sangat mengganggu sekali, apalagi jika masalah gatal tersebut bersumber dari selangkangan. Dan apesnya jika rasa gatal pada selangkangan tersebut tiba-tiba datang saat anda sedang berada ditempat umum tentu saja itu malah semakin membuat anda tersiksa sekali bukan, karena sungguh sangat tidak pantas sekali jika anda terpaksa untuk menggaruknya.

Selain menimbulkan rasa gatal yang sangat menggangu, masalah kulit gatal pada selangkangan ini juga dapat berimbas kepada masalah kulit lainnya misalnya saja kulit selangkangan menjadi memerah, perih, mengelupas, lecet dan lama kelamaan akan menghitam.

Masalah gatal pada kulit selangkangan ini juga dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, oleh sebab itulah anda harus selalu waspada karena selain menjengkelkan masalah gatal pada kulit selangkangan juga tergolong penyakit kulit yang sangat sulit sekali untuk dihilangkan.

Cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah gatal pada selangkangan adalah dengan mengetahui penyebabnya. Oleh sebab itulah jika anda mengalami masalah gatal pada selangkangan, ketahui terlebih dahulu apa penyebab gatal pada selangkangan yang sedang anda alami baru kemudian melakukan penanganan lebih lanjut.

Penyebab gatal pada selangkangan

Penyebab gatal pada selangkangan biasanya dikarenakan oleh banyak sekali faktor misalnya saja faktor kurangnya kebersihan diri, infeksi bakteri, intertrigo, reaksi alergi, scabies dan lainnya.

Kurangnya kebersihan diri 

Ini merupakan masalah klasik yang dapat menimbulkan gatal pada selangkangan yaitu kurangnya kebersihan diri sendiri, misalnya jarang mandi sehabis beraktifitas, jarang mencuci celana, jarang mencuci celana dalam, dan lain-lain sehingga membuat kuman dan bakteri mudah bersarang pada area kulit yang kotor terutama pada daerah selangkangan.

Infeksi jamur

Masalah gatal bisanya sering disebabkan oleh infeksi jamur pada selangkangan karena selangkangan merupakan daerah bagian tubuh dengan tingkat kelembapan yang tinggi sehingga jamur dapat berkembang biak dengan cepat, 

Masalah infeksi jamur ini merupakan penyebab rasa gatal pada selangkangan yang paling sering terjadi, dalam dunia medis infeksi jamur yang menyebabkan rasa gatal pada selangkangan ini disebut dengan tinea cruris .

Terlebih lagi jika anda mengalami obesitas dan berlebihnya berat badan, resiko terkena masalah gatal pada selangkangan yang disebabkan oleh infeksi jamur ini cukup tinggi, karena kelembapan pada selangkangan orang-orang yang mengalami obesitas cenderung tidak terkontrol.

Infeksi bakteri

Selain infeksi jamur gatal pada selangkangan juga dapat disebabkan oleh berkembang biaknya bakteri pada kulit selangkangan anda, biasanya bakteri mudah berkembang biak pada selangkangan disebabkan oleh kurangnya kebersihan pada diri seseorang sehingga keringat bercampur kotoran pada tubuh turun kebawah dan mengendap pada area selangkangan.

Gatal pada selangkangan karena infeksi bekteri ini bisanya disertai dengan kulit selangkangan menjadi kemerahan dan keluar lendir-lendir putih jika sudah terlalu parah.

Intertrigo

Intertrigo merupakan masalah iritasi pada kulit yang terjadi khusus pada lipatan-lipatan kulit manusia, biasanya masalah intertrigo ini terjadi pada area selangkangan yang disebabkan oleh gesekan-gesekan baik antara kulit maupun kulit dengan benda-benda luar, misalnya saja gesekan antara kulit selangkangan ketika berjalan atau gesekan antara kulit dengan pakaian ( celana ).

Selain dapat menimbukan rasa gatal yang luar biasa, masalah intertrigo ini juga dapat membuat kulit mejadi iritasi, kemerahan, dan rasa terbakar pada kulit selangkangan.

Alergi

Alergi juga masuk dalam daftar penyebab timbulnya rasa gatal pada selangkangan misalnya alergi terhadap krim. salep, busa pembalut, detergen dan lainnya. Selain menimbulkan rasa gatal alergi pada kulit selangkangan juga dapat menyebabkan kulit selangkangan menjadi ruam dan terjadi peradangan.

Scrabies

Berbeda dengan penyebab rasa gatal pada selangkangan lainnya, rasa gatal karena scrabies ini timbul disebabkan oleh kutu dengan nama sarcoptes scabei. Ini merupakan kutu yang sering menyerang bagian tubuh dengan kulit tipis-tipis seperti di kulit perut, sela-sela jari, dan selangkangan yang ditandai dengan rasa gatal pada kulit terlebih lagi ketika malam hari.

Cara mengatasi gatal pada selangkangan

Cara mengatasi gatal pada selangkangan ini harus benar-benar anda perhatikan karena pengobatan yang tepat terhadap rasa gatal pada selangkangan adalah dengan mengetahui penyebabnya.
  • Jika rasa gatal yang anda alami disebabkan oleh infeksi jamur anda dapat menggunakan bedak atau krim anti jamur secara berkala. Sebelum melakukan perawatan usahakan untuk membersihkan daerah selangkangan yang akan diobati menggunakan air bersih dan sabun.
  • Jika rasa gatal yang timbul pada selangkangan disebabkan oleh infeksi bakteri karena kurangnya kebersihan diri, sangat disarankan sekali bagi anda untuk merubah gaya hidup anda menjadi gaya hidup yang lebih bersih, usahakan untuk mandi jika tubuh anda kotor setelah beraktifitas, dan jika rasa gatal karena bakteri telah terlanjur bersarang pada selangkangan anda dapat mencuci bersih daerah selangkangan yang timbul rasa gatal dan pusat bakteri dengan mencucinya menggunakan air bersih dan sabun kemudian memberinya obat anti bakteri atau krim antibakteri yang dapat anda temukan di apotik terdekat.
  • Jika masalah gatal pada selangkangan disebabkan oleh alergi pada kulit selangkangan usahakan untuk selalu menghindari bahan-bahan atau benda-benda yang dapat membuat kulit selangkangan anda menjadi alergi, dan jika alergi telah terlanjur menyerang kulit selangkangan anda, anda dapat membersihkan selangkangan anda menggunakan air bersih dan sabun kemudian memberikannya obat atau krim anti alergi biasanya berbentuk bubuk putih seperti bedak.
  • Jika masalah gatal disebabkan oleh intertrigo yang membuat kulit selangkangan anda lecet dan iritasi usahakan untuk memakai pakaian yang longgar-longgar dengan bahan yang lembut, jangan terlalu sering memakai celana jeans, selain itu anda juga harus memperhatikan berat badan karena biasanya masalah gatal akibat intertrigo ini banyak ditemukan pada orang-orang yang memiliki masalah berat badan berlebih. Jika masalah gatal karena intertrigo ini terlanjur timbul anda bisa membeli obat penghilang iritasi atau lecet di apotik terdekat.
  • Jika masalah gatal pada selangkangan disebabkan oleh kutu sarcoptes scabei memang sedikit sulit untuk mengatasinya karena kutu ini dapat menular dengan berpindah tempat dan berkembang biak, namun usahakan untuk menghindari orang-orang yang sudah terkena kutu ini, tetapi jika anda telah terkena kutu ini anda bisa membersihkan daerah selangkangan yang terkena kutu sarcoptes scabei ini menggunakan air bersih dan sabun kemudian mengolesinya dengan krim penghilang kutu dan kuman yang bisa anda dapatkan di apotik terdekat.

Itulah tadi artikel tentang penyebab dan cara mengatasi gatal pada selangkangan, jika anda merasa masih ragu terhadap rasa gatal pada selangkangan yang sedang anda alami sangat dianjurkan sekali bagi anda untuk memeriksakannya secara lebih intensif dengan dokter terkait untuk memperoleh penanganan terbaik sesuai dengan penyebab rasa gatal pada selangkangan yang anda alami.
Advertisement