Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Kaki

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Kaki

Penyebab dan cara menghilangkan bau kakiBromhidrosis atau biasa disebut dengan bau kaki merupakan masalah yang sangat menggangu sekali. Masalah bau kaki ini juga dapat menyerang siapa saja baik itu anak-anak, orang tua, dewasa, laki-laki maupun perempuan. Walaupun bukan termasuk salah satu penyakit yang mematikan, namun efek yang ditimbulkan dari bau kaki ini bukan hanya mengganggu anda saja namun juga dapat mengganggu orang-orang disekitar anda.

Coba saja anda bayangkan jika anda berada ditempat umum kemudian tercium bau kaki anda yang ampun gile menyengat sekali yang keluar dari kaki anda tentu saja itu sangat memalukan sekali bukan ?

Jika anda mengalami masalah bau kaki ini tentu saja anda ingin cepat-cepat untuk menghilangkannya bukan ?

Namun untuk menghilangkan bau kaki yang menyengat dari kaki anda tidak lengkap rasanya jika anda tidak mengetahui berbagai penyebab timbulnya bau kaki. Jika anda ingin menghilangkan masalah bau kaki yang menimpa anda tentu saja anda harus mengetahui juga berbagai macam penyebab bau kaki tersebut, agar penanganan masalah bau kaki yang sedang anda lakukan dapat lebih efektif dan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Penyabab bau kaki tak sedap

Ada yang beranggapan bahwa penyebab bau kaki adalah kurangnya kebersihan kaki, namun itu hanya faktor kecilnya saja, nyatanya ada juga orang-orang yang rutin menjaga kebersihan kaki namun tetap saja terkena masalah bau kaki ini.

Ini semua membuktikan bahwa penyebab bau kaki bukan hanya disebabkan oleh faktor dari dalam diri seseorang saja namun juga faktor dari luar sangat mempengaruhi.

Mungkin anda sering menyalahkan penggunaan sepatu dan kaos kaki terhadap munculnya masalah bau kaki ini namun ternyata penyebab utama timbulnya bau kaki tak sedap adalah adanya koloni bakteri pada kaki anda.

Pada dasarnya bau kaki muncul akibat koloni bakteri pada kulit kaki dan hal ini akan diperparah jika anda sedang memakai kaos kaki dan sepatu sehingga membuat lingkungan disekitar kulit kaki akan menjadi lembab dan membuat bakteri akan semakin mudah berkembang biak pada kaki anda.

Selain itu dengan memakai kaos kaki dan sepatu juga akan membuat suhu pada kaki meningkat dan memicu keluarnya keringat pada kaki anda, hal ini lah yang semakin disukai oleh bakteri karena bakteri tersebut akan memakan keringat yang keluar dari kaki anda sehingga memproduksi zat asam yang mengeluarkan bau tidak sedap dan menyengat.

Selain itu kondisi kulit kaki, kaos kaki atau sepatu yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya juga dapat membuat masalah bau kaki akan semakin parah karena bakteri sangat suka sekali dengan lingkungan yang kotor tersebut.

Masalah-masalah lain seperti kulit kaki yang pecah-pecah, korengan, iritasi atau penyakit kulit lainnya juga dapat memicu timbulnya masalah bau kaki tersebut.

Setelah mengetahui penyebab timbulnya masalah bau kaki tersebut, lalu bagaimana cara menghilangkan bau kaki ini ?

Untuk menghilangkan masalah bau kaki ternyata sangat mudah sekali, anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, cukup dengan bahan-bahan tradisional alami yang dapat anda temukan dengan mudah dirumah anda, anda sudah dapat mengusir bau kaki ini jauh-jauh dari kaki anda.

Cara menghilangkan bau kaki dengan cepat secara tradisional alami

Cara menghilangkan bau kaki dengan cepat secara tradisional alami merupakan solusi terbaik untuk menghilangkan bau kaki yang menyengat pada kaki anda, anda tidak perlu bingung untuk membuatnya, cukup ikuti panduan lengkapnya dibawah ini.

Menghilangkan bau kaki dengan baking soda

Baking soda atau natrium bikarbonat merupakan bahan alami yang sangat efektif sekali untuk membantu menghilangkan masalah bau kaki yang menyengat pada kaki anda, karena kandungan baking soda dapat secara efektif membasmi bakteri yang berkoloni pada kaki anda, selain itu kandungan baking soda juga dapat menetralkan pH kulit kaki sehingga dapat menghilangkan bau dengan cepat dan mencegah bakteri hinggap pada kulit kaki anda.
  • Siapkan satu sendok makan baking soda dan 1 liter air hangat.
  • Campurkan baking soda dengan air hangat lalu aduk hingga merata.
  • Kemudian rendam kaki anda kedalam larutan baking soda dan air hangat tersebut.
  • Diamkan selama 10 - 15 menit.
  • Gunakan cara ini pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.
  • Untuk menghilangkan bau kaki secara maksimal anda juga dapat menaburi baking soda kedalam sepatu dan kaos kaki anda sebelum memakainya. 

Menghilangkan bau kaki dengan cuka

Anda juga dapat menghilangkan bau kaki yang menyengat ini menggunakan cuka, bisa cuka dapur atau cuka sari apel.

Cuka sangat efektif untuk membantu mengusir bau pada kaki anda, karena cuka dapat membuat lingkungan disekitar kulit kaki anda menjadi asam sehingga bakteri tidak dapat hidup disana.
  • Siapkan setengah gelas air cuka dan 8 gelas air hangat.
  • Kemudian campurkan cuka dengan air hangat tersebut hingga merata.
  • Lalu gunakan larutan cuka dan air hangat tersebut untuk merendam kaki anda.
  • Diamkan selama 10 - 15 menit.
  • Kemudian cuci bersih kaki anda menggunakan sabun untuk menghilangkan bau cuka.
  • Gunakan cara ini setiap hari pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Menghilangkan bau kaki dengan teh hitam

Teh hitam sangat amouh sekali untuk membantu mengatasi masalah bau pada kaki anda, karena teh hitam memiliki kandungan asam tanat yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau pada kaki anda, selain itu teh hitam juga dapat membantu mengecilkan pori-pori pada kulit kaki anda sehingga dapat mengurangi produksi keringat pada kulit kaki yang dapat dimakan oleh bekteri untuk menghasilkan bau menyengat pada kaki anda.
  • Rebus dua kantong teh hitam dengan 5 gelas air panas.
  • Tunggu hingga air teh menjadi hangat.
  • Lalu rendam kaki anda kedalam air teh tersebut selama 10 - 15 menit.
  • Lakukan cara ini satu kali sehari pada pagi atau malam hari sebelum tidur. 

Menghilangkan bau kaki dengan tawas

Tawas juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menghilangkan bau pada kaki anda, karena tawas memiliki sifat antiseptik dan astringent yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada kaki anda.
  • Siapkan satu sendok makan bubuk tawas dan 2 gelas air hangat.
  • Campurkan tawas dengan air hangat tersebut hingga merata.
  • Lalu gunakan untuk merendam kaki anda sambil mencuci kaki secara perlahan-lahan.
  • Diamkan hingga kaki sampai kering.
  • Agar lebih maksimal anda juga dapat menaburkan bubuk tawas pada kaki anda sebelum menggunakan sepatu dan kaos kaki. 

Menghilangkan bau kaki dengan minyak lavender

Anda juga dapat menghilangkan bau yang menyengat pada kaki anda menggunakan minyak lavender, selain ampuh untuk mengusir bau pada kaki, minyak lavender juga secara aktif dapat membasmi bakteri penyebab bau yang bersarang pada kaki anda karena minyak lavender memiliki harum yang semerbak dan memiliki sifat anti jamur yang ampuh untuk membunuh bakteri.
  • Campurkan beberapa tetes minyak lavender kedalam baskom kecil berisi air hangat.
  • Lalu gunakan untuk merendam kaki anda selama 10 - 15 menit.
  • Gunakan cara ini dua kali sehari pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Menghilangkan bau kaki dengan jahe

Jahe juga merupakan bahan alami yang ampuh sekali untuk membantu mengatasi masalah bau kaki yang menyerang anda, karena kandungan alami jahe dapat membantu mengusir bakteri yang bersarang pada kaki dan membersihkan racun-racun yang menempel pada kulit kaki anda.
  • Siapkan jahe dengan ukuran sedang dan 4 gelas air panas.
  • Tumbuk halus jahe atau potong jahe hingga menjadi bagian kecil-kecil lalu campurkan dengan air panas secara merata.
  • Diamkan hingga air jahe menjadi hangat.
  • Lalu gunakan untuk untuk merendam kaki anda sambil mencucinya selama 15 - 10 menit.
  • Gunakan cara ini setiap hari sebelum tidur.
Itulah tadi beberapa cara alami untuk menghilangkan bau kaki menyengat yang sedang anda alami, agar perawatan untuk menghilangkan bau kaki dapat lebih maksimal anda juga wajib memperhatikan beberapa tips dibawah ini.

Tips menghilangkan bau kaki yang menyengat dan tak sedap

  • Selalu jaga kebersihan diri seperti kebersihan kaki, kaos kaki dan sepatu agar bakteri penyebab bau kaki tidak mudah bersarang dan berkembang biak pada kaki anda.
  • Jika anda mengalami masalah kulit seperti korengan, iritasi kulit dan penyakit kulit lainnya sangat disarankan sekali untuk mengobati masalah tersebut karena dapat menimbulkan bau kaki yang tak sedap pada kaki anda.
  • Gunakan sepatu dan kaos kaki yang memiliki lubang ventilasi dan sirkulasi udara yang baik agar lingkungan kaki menjadi sejuk dan tidak menyebabkan lingkungan kaki menjadi panas sehingga dapat memicu produksi keingat pada kaki menjadi berlebih.
  • Hindari menggunakan kaos kaki atau sepatu pada saat kaki masih basah ( biasanya sehabis mandi ) agar ketika anda memakai sepatu, lingkungan didalam sepatu tidak menjadi lembab sehingga membuat bakteri mudah berkembang biak.
Baiklah itulah tadi artikel tentang penyebab dan cara menghilangkan bau kaki dengan cepat secara tradisional alami, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi untuk kita semua.