Penyebab Wajah Terlihat Lebih Tua dan Cara Mengatasinya


Penyebab wajah terlihat lebih tua dan cara mengatasinya - Wajah terlihat tua di usia muda atau biasa disebut dengan wajah boros merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh orang-orang pada saat ini. Sungguh malu sekali bukan apabila anda masih berumur 20 an namun wajah anda terlihat seperti orang yang berumur 40 an.

Ini bukanlah mitos, banyak sekali orang-orang yang mengalami masalah wajah terlihat tua di usia muda seperti ini.

Bagi anda yang mengalami masalah wajah terlihat tua di usia muda tentu anda sangat bingung sekali untuk mengatasinya bukan ?.

Mencoba berbagai cara untuk mengatasi wajah yang terlihat tua di usia muda bukanlah solusi yang tepat jika anda tidak memperhatikan penyebab wajah anda terlihat lebih tua.

Untuk itulah agar perawatan wajah yang anda lakukan untuk mengatasi wajah yang terlihat tua di usia muda dapat lebih efektif dan efisien anda juga harus mengetahui tentang faktor apa saja yang menyebabkan wajah anda terlihat lebih tua.

Berikut dibawah ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan wajah terlihat tua di usia muda dan cara mengatasinya yang perlu anda ketahui.

Penyebab wajah tampak tua di usia muda dan cara mengatasinya

Penyebab wajah terlihat tua di usia muda dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor dari dalam diri anda sendiri maupun faktor dari luar, faktor-faktor tersebut adalah :

Pancaran sinar matahari membuat wajah anda tampak lebih tua

Penyebab wajah terlihat tua yang paling umum sekali adalah pancaran sinar matahari langsung pada kulit wajah anda sehingga kulit wajah timbul kerutan-kerutan sebagai tanda-tanda penuaan dini.

Hal ini biasanya terjadi karena kita terlalu sering berjemur dibawah terik sinar ultraviolet dengan durasi yang lama atau bisa juga disebabkan karena anda sering beraktifitas diluar ruangan dengan pancararan sinar matahari langsung yang mengenai kulit wajah anda sehingga menyebabkan kulit wajah menjadi gosong dan lama kelamaan muncullah tanda-tanda penuaan seperti kulit keriput pada kulit wajah, garis-garis halus pada kulit wajah serta kerutan-kerutan pada kulit wajah.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah wajah yang terlihat tua akibat pancaran sinar matahari langsung ini adalah dengan rutin memakai pelindung kulit wajah jika sedang beraktifitas di luar ruangan, bisa memakai topi, payung atau sesuatu yang dapat melindungi kulit wajah anda dari pancaran sinar matahari langsung.

Namun jika anda sedang berjemur dipantai ketika liburan, anda dapat menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah anda dari pancaran sinar matahari tersebut.

Gunakan tabir surya dengan kandungan SPF 15 atau lebih, semakin tinggi kandungan SPF maka akan semakin lama kulit anda dapat terlindungi dari terik pancaran sinar matahari langsung.

Jarang minum air putih membuat wajah anda terlihat lebih tua 

Penyebab wajah terlihat tua juga dapat dipengaruhi oleh kurangnya asupan air pada tubuh anda, hal ini dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alami sehingga kulit akan terlihat keriput dan tidak sehat.

Selain itu kurang mengkonsumsi air juga dapat menurunkan kesehatan tubuh anda seperti tubuh mengalami dehidrasi, lemas, kurang konsentrasi dan akan mudah lelah.

Oleh sebab itulah untuk mengatasinya anda sangat perlu meningkatkan asupan air minum setiap harinya, rekomendasi air yang sehat adalah air putih murni dengan jumlah 2 liter atau 8 gelas setiap harinya, lebih banyak lebih bagus.

Stress membuat wajah terlihat lebih tua

Stress merupakan problematika yang kerap dialami oleh orang-orang pada saat ini, dan ternyata stress juga dapat berdampak buruk terhadap kesehatan kulit kita.

Karena menurut penelitian masalah stress bertanggun jawab besar terhadap percepatan penuaan sel-sel pada tubuh.

Oleh sebab itulah mulai sekarang anda harus benar-benar bisa memanajemen stress yang anda alami dengan melakukan teknik pelepasan stress seperti yoga, refresing atau menghindarkan diri dari sumber-sumber stress yang sering anda alami.

Sering meminum minuman keras membuat wajah anda tampak lebih tua

Meminum minuman keras selain dilarang oleh agama dan dapat merusak kesehatan ternyata juga dapat menyebabkan wajah terlihat lebih tua, hal ini disebabkan karena alkohol dapat membuat kulit anda menjadi dehidrasi sehingga berdampak terhadap menurunnya kelembapan kulit anda, kulit menjadi kering, kusam dan mudah bersisik. Selain itu alkohol juga dapat menyumbat produksi sel-sel kulit baru yang seharusnya menggantikan sel-sel kulit yang telah rusak.

Solusi terbaiknya adalah dengan menjauhi berbagai macam minuman keras yang banyak mengandung alkohol, agar tidak terjadi masalah penuaan dini pada kulit wajah dan menghindarkan tubuh anda dari berbabagi masalah kesehatan lain yang ditimbulkan oleh alkohol.

Aktif merokok membuat wajah terlihat lebih tua

Tidak diragukan lagi bahwa merokok merupakan penyebab yang paling mempengaruhi sekali terhadap penampilan wajah anda yang terlihat lebih tua.

Hampir mirip seperti alkohol, rokok memiliki kandungan radikal bebas yang sangat tinggi sehingga dapat menghambat proses pergantian sel-sel kulit baru dan membuat kulit menjadi keriput dan kusam.

Selain itu aktifitas ketika merokok juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi tidak elastis lagi, hisapan rokok melalui mulut yang dilakukan berkali-kali dan berulang-ulang setiap hari secara kontinyu akan menarik otot wajah menjadi kendur dan membuat wajah terlihat lebih tua.

Begadang membuat wajah terlihat lebih tua

Aktifitas bergadang ternyata juga dapat menyababkan kulit wajah terlihat lebih tua. Jika kita sering melakukan aktifitas begadang, hal ini menandakan bahwa kita sedang mengalami stress yang berkepanjangan, misalnya saja terlalu banyak beban fikiran, dikejar deadline, insomnia atau masalah - masalah lain yang dapat membuat kita menjadi stress.

Selain itu begadang juga dapat membuat kulit wajah kita menjadi lelah, yang seharusnya tidur tetapi dipaksain untuk terjaga semalaman membuat kulit menjadi cepat kering dan berminyak sehingga kulit mejadi mudah keriput dan timbul tanda-tanda penuaan dini.

Solusi terbaiknya adalah dengan menghindari aktifitas begadang ini dengan menggantinya menjadi aktifitas tidur yang cukup agar tubuh menjadi sehat dan tidak timbul masalah penuaan dini terhadap kulit anda.

Sering mengkonsumsi gula juga dapat membuat kulit wajah terlihat lebih tua

Ini merupakan penyebab wajah terlihat tua yang paling tidak disangka oleh orang-orang pada saat ini, ternyata banyak mengkonsumsi gula juga dapat membuat kulit wajah anda tampak lebih tua dari umur yang sebenarnya.

Menurut jurnal penelitian ahajournals.org kebanyaka mengkonsumsi gula dapat menimbulkan glikasi yaitu suatu proses penggumpalan lemak dan protein dengan glukosa, dan ketika masalah penggumpalan ini telah terjadi membuat jaringan di seluruh tubuh menjadi kaku dan menimbulkan pengerutan pada kulit yang berimbas munculnya kerutan pada kulit wajah juga.

Oleh sebab itulah solusi terbaiknya mulai dari sekarang kita harus mengontrol asupan gula pada tubuh kita, gula yang dimaksud buka hanya gula pasir pada minuman kita sehari-hari namun segala macam jenis manis-manisan atau makanan yang mengandung gula lainnya.

Menggunakan pendingin ruangan membuat wajah terlihat lebih tua

Indonesia terletak di daerah tropis sehingga tidak heran suhu di Indonesia juga terkadang panas jika sudah masuk musim kemarau, menggunkan pendingin udara adalah salah satu pilihan orang-orang pada saat ini.

Namun tahukah anda bahwa menggunakan pendingin udara ternyata juga dapat menyebabkan kulit wajah anda terlihat lebih tua.

Hal ini dikarenakan pendingin udara dapat membuat kulit kita menjadi cepat kering, sehingga akan menghilangkan kelembapan kulit kita.

Solusi terbaiknya adalah dengan rajin menggunakan pelembab kulit jika anda sering menggunakan pendingin udara di dalam ruangan, selain itu anda juga perlu mengkonsumsi banyak air putih untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam.

Jerawat, komedo, iritasi dan masalah kulit lainnya membuat kulit wajah anda menjadi rusak dan terlihat lebih tua

Tidak bisa dipungkiri bahwa kulit wajah kita selalu saja terkena masalah-masalah kulit seperti jerawat, komedo dan iritasi yang menyebabkan kulit wajah kita menjadi rusak, kusam, bopeng-bopeng dan terlihat lebih tua.

Untuk itulah solusinya adalah dengan cepat-cepat mengobati jika terjadi suatu masalah pada kulit wajah, agar lebih baik anda juga dapat mencegah timbulnya berbagai masalah pada kulit wajah tersebut dengan rajin merawat wajah, misalnya dengan rajin membersihkan wajah dari debu dan kotoran, rajin memakai masker wajah, selalu berkonsultasi dengan doketer kulit terkait dan perawatan kulit wajah lainnya.

Baca juga : Cara menghilangkan kulit keriput secara alami

Baiklah itulah tadi artikel tentang penyebab wajah terlihat lebih tua dan cara mengatasinya, agar anda benar-benar terhindar dari masalah wajah terlihat tua dari usia yang sebenarnya ini, sangat dianjurkan sekali bagi anda untuk memperhatikan berbagai penyebab wajah terlihat lebih tua di usia muda barulah melakukan cara terbaik untuk mengatasinya,