Bahaya Duduk Terlalu Lama dan Cara Mencegah Dampak Buruk yang Ditimbulkannya

Bahaya Duduk Terlalu Lama dan Cara Mencegah Dampak Buruk yang Ditimbulkannya

Semakin berkembangnya zaman membuat aktifitas manusia pada saat ini menjadi semakin komplek sekali, pada saat ini manusia tidak hanya disibukkan oleh aktifitas diluar ruangan yang menuntut orang selalu bergerak aktif namun juga aktifitas didalam ruangan yang selalu menuntut orang untuk standby dalam waktu yang lama.

Salah satu contoh aktifitas yang menuntut orang untuk selalu berdiam diri lama yang paling sering dilakukan oleh orang-orang pada saat ini adalah aktifitas duduk, seperti halnya bekerja sambil duduk, belajar sambil duduk dan aktifitas yang mengharuskan kita untuk duduk lainnya.

Namun tahukan anda bahwa aktifitas duduk terlalu lama ternyata sangat tidak baik sekali untuk kesehatan tubuh karena dapat menimbulkan berbagai penyakit mulai penyakit yang sedang sampai penyakit kronis yang sulit sekali untuk diobati.

Masalah ini dapat menimpa siapa saja bagi mereka yang sering melakukan aktifitas sambil duduk, baik itu duduk dengan posisi jongkok, duduk dengan posisi membungkuk maupun duduk dengan posisi meyilang seperti huruf W.

Sejatinya tubuh manusia sangat dianjurkan untuk selalu bergerak aktif agar fungsi tubuh dapat berjalan normal seperti untuk membantu fungsi peredaran darah menjadi lancar, membantu fungsi metabolisme tubuh menjadi lancar, membantu tumbuh kembang tulang menjadi lancar dan membantu memperlancar fungsi tubuh lainnya.

Mungkin karena tuntutan pekerjaan atau tuntutan hidup lainnya membuat anda mengabaikan masalah duduk terlalu lama ini, namun jika hal ini terus anda biarkan, anda harus siap-siap mengeluarkan banyak biaya untuk berobat ke rumah sakit nantinya.

Ada beberapa bahaya kesehatan yang dapat mengintai anda jika anda duduk terlalu lama, bahaya tersebut diantanya adalah :

Neyeri leher dan punggung

Ini biasanya merupakan masalah yang paling sering terasa jika duduk terlalu lama yaitu terasa nyeri pada punggung dan leher.

Hal ini terjadi karena ketika anda duduk terlalu lama otot punggung menjadi mengendur dan ketika anda bergerak atau berdiri akan membuat otot punggung tertarik secara tiba-tiba yang berakibat rasa sakit luar biasa pada punggung dan leher.

Mati muda

Mendengarnya saja sudah seram banget rasanya, namun hal ini memang betul, menurut penelitian jika anda terlalu lama duduk dalam durasi yang lama ternyata dapat meningkatkan resiko mati muda.

Hal ini dikarenakan jika anda duduk berjam-jam tanpa diselingi oleh aktifitas yang lain dapat meningkatkan produksi lemak pada darah dan meningkatkan kadar kolestrol didalam tubuh, akibatnya tubuh akan mudah terserang penyakit kardiovaskular, yaitu masalah serangan jantung dan berbagai macam penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.

Menumpuknya lemak diperut

Aktifitas duduk dengan durasi yang lama juga dapat menimbulkan masalah obesitas, yaitu berupa timbunan lemak di area perut. Hal ini akan diperparah jika anda tidak berusaha mengurangi lemak sama sekali seperti olahraga atau diet.

Selain dapat menyebabkan masalah obesitas, menumpuknya lemak pada perut juga dapat meningkatkan resiko berbagai macam penyakit seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung

Duduk terlalu lama juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung, Hal ini karena jika anda duduk terlalu lama dan tidak bergerak dapat mengurangi intensitas aliran darah keseluruh tubuh.

Berkurangnya aliran darah keseluruh tubuh dapat membuat lemak mudah masuk kedalam pembuluh darah sehingga dapat menyumbat aliran darah menuju arteri dan jantung. Hal inilah yang kemudian dapat memicu meningkatnya kadar kolestrol dalam tubuh dan resiko penyakit jantung koroner.

Menurut studi yang dilakukan oleh Medicine & Science in Sport and Excercise menyebutkan bahwa seseorang yang duduk terlalu lama memiliki resiko sekitar 82 % lebih tinggi untuk mengalami penyakit jantung koroner.

Penyakit atropi

Aktifitas duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan suatu penyakit yang disebut dengan penyakit atropi, penyakit atropi adalah gangguan pada otot yang menyebabkan melemahnya kekuatan otot untuk menopang tubuh.

Jika anda duduk terlalu lama penyakit atropi ini biasanya akan menyerang otot-otot pada bagian otot bokong dan otot kaki anda sehingga membuat anda sulit untuk berjalan dan bergerak.

Kelainan tulang belakang

Jika anda duduk terlalu lama akan membuat tulang belakang lebih bekerja ekstra untuk menahan berat badan.

Keadaan seperti inilah yang memberikan tulang belakang lebih banyak tekanan, jika hal ini dibiarkan terlalu lama resiko yang paling sering terjadi adalah dapat menyebabkan masalah kelainan tulang belakang.

Meningkatnya resiko kanker

Seseorang yang duduk terlalu lama yang dilakukannya secara berulang-ulang setiap hari juga dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker lebih besar.

Hal ini perkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology yang dimuat pada tahun 2011, penelitian tersebut menyebutkan bahwa duduk terlalu lama ketika bekerja dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker kolon atau kanker usus besar.

Meningkatnya kadar gula darah 

Seseorang yang duduk terlalu lama yang dilakukan setiap hari juga dapat meningkat resiko terserang penyakit diabetes dan kemapuan tubuh untuk mengatur gula darah.

Menurut studi yang dilakukan oleh Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology pada tahun 2007, mengatakan bahwa kekurangan aktifitas fisik dapat membuat melemahnya respon insulin didalam tubuh, sehingga tubuh akan kesulitan dalam mengontrol gula darah.

Penyakit mental

Mungkin kelihatannya sangat jauh hubungannya namun ternyata aktiftas duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan seseorang memiliki resiko lebih besar untuk mengalami masalah mental.

Hal ini dikarenakan jika anda duduk terlalu lama berjam-jam ketika bekerja dan itu anda lakukan setiap hari dapat mempengeruhi sistim peredaran darah dan oksigen mengalir ke otak sehingga dapat mempengaruhi fungsi otak untuk bekerja dan merespon informasi yang akan berakibat otak akan sulit untuk berkonsentrasi dan kehilangan fokus.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam BMC Public Health pada tahun 2013, menyebutkan bahwa kebanyakan masyarakat singapura terlalu lama duduk ketika bekerja dan memiliki gaya hidup sedentari ( kurang aktif bergerak ) ternyata memiliki tingkat stress dan depresi yang cukup tinggi.

Penyakit Deep Vein Thrombosit DVT

Duduk terlalu lama ketika bekerja atau berakfitas lainnya juga dapat meningkatkan resiko terserang penyakit Dep Vein Thrombosit atau DVT.

Penyakit DVT adalah suatu penyakit yang membuat thrombosit ( sel keping darah ) terakumulasi pada bagian bawah kaki dan membeku. 

Pembekuan thrombosit pada area kaki ini dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat sakit sekali.

Menurut studi yang di publikasikan dalam Journal of the Royal Society of  Medicine Short pada tahun 2012 menyebutkan bahwa aktifitas duduk terlalu lama dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah vena atau pembuluh darah balik termasuk PE ( Pulmonary Embolism ) dan DVT ini.

Kerusakan organ hati

Fungsi oragn hati sangat vital sekali untuk tubuh manusia, namun jika anda terlalu lama beraktifitas dengan posisi duduk dapat meningkatkan resiko terserang masalah kerusakan hati.

Hal ini dikarenakan jika anda duduk telalu lama, darah akan lebih lamabat untuk mengalir dan tubuh juga kurang bergerak sehingga tubuh tidak bisa membakar lemak yang menyebabkan lemak dapat menyumbat organ hati.

Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menunjukkan bahwa wanita yang duduk selama 10 jam perhari lebih beresiko terserang penyakit hati, daripada dengan wanita yang duduk selama 5 jam atau kurang dalam sehari.

Ternyata duduk terlalu lama sangat bersiko sekali tehadap kesehatan, oleh sebab itulah mulai dari sekarang biasakan diri anda untuk tidak memaksakan diri duduk terlalu lama, baik itu ketika anda sedang bekerja, belajar atau aktifitas yang menuntut untuk duduk terlalu lama lainnya.

Namun jika anda memang diharuskan untuk melakukan aktifitas sambil duduk, anda dapat mengantisipasi dampak buruk yang dapat ditimbulkan akibat duduk terlalu lama tersebut dengan memperhatikan beberapa tips dibawah ini :

Cara mencegah dampak buruk akibat duduk terlalu lama

  • Bergeraklah selama 25 menit sekali ketika anda duduk. hal ini wajib anda lakukan walaupun hanya bergerak untuk sekedar berdiri atau berjalan untuk mengambil sesuatu.
  • Saat duduk usahakan untuk duduk dengan posisi duduk yang baik dan benar, apalagi jika anda sedang bekerja dikantor, tentu saja anda dituntut untuk bekerja sambil duduk dalam durasi waktu yang lama.
  • Perbanyak minum air putih agar tubuh lebih banyak memproduksi urin sehingga anda otomatis mau tidak mau pasti akan bergerak menuju kamar mandi, lalu ketika bekerja pilihlah tempat duduk dengan posisi yang sedikit jauh dari toilet, ini merupakan cara yang efektif sekali jika anda ingin bergerak lebih leluasa.
  • Pilihlah meja kerja yang fleksibel, yang dapat anda gunakan ketika duduk maupun berdiri.
  • Usahakan untuk selalu berolahraga minimal 15 menit setiap hari.
Oke baiklah itulah tadi beberapa bahaya duduk terlalu lama dan cara mencegah dampak buruk yang ditimbulkannya, semoga dapat menjadi inspirasi, referensi dan bermanfaat untuk kita semua.