Membakar Lemak Saat Tidur, Begini Caranya !

Pilihan Editor

Advertisement
Apakah mungkin tidur dapat membakar kalori dan lemak pada tubuh ?

Cara Membakar Lemak Saat Tidur

Tidak ada yang tidak mungkin didunia ini, apalagi kalau hanya untuk membakar lemak ketika tidur, hal ini sudah dibuktikan sendiri oleh penelitian bahwa tubuh manusia memiliki kemampuan alami untuk membakar lemak ketika tubuh sedang tidur.

Hal ini sangat efektif sekali untuk membantu menurunkan berat badan, daripada anda repot-repot mengikuti berbagai macam program diet yang memiliki banyak sekali aturan, anda dapat mencoba cara membakar lemak ketika tidur ini.

Cara membakar lemak ketika tidur bukan cuma langsung tidur saja, namun ada beberapa cara pengoptimalan yang harus anda lakukan terlebih dahulu.

Sebelumnya wajib mengkonsumsi makanan rendah kalori

Agar pembakaran lemak pada tubuh dapat optimal ketika tidur, hal pertama sekali wajib anda lakukan adalah mengkonsumsi berbagai makanan rendah kalori.

Hal ini dilakukan agar timbunan lemak tidak terbentuk lagi setelah proses pembakaran lemak pada saat anda tidur sebelumnya.

Anda dapat menyiapkan sepotong roti kecil sebagai sumber karbohidrat, sebagai pelengkap agar semakin kenyang anda juga dapat menambahkan beberapa lembar salad dan sayur-sayuran hijau lainnya.

Hal ini berlaku untuk semua porsi makan anda setiap hari, baik menu sarapan, makan siang dan makan malam.

Anda dapat mengkolaborasikan berbagai menu namun tetap harus rendah kalori dibawah standar kalori harian anda.

Usahakan makanan yang anda konsumsi rendah sodium

Banyak desas - desus yang menganggap bahwa makanan yang banyak mengandung garam dapat membuat tubuh semakin gemuk, hal ini perlu diluruskan bahwa garam sendiri sebenarnya tidaklah membuat gemuk karena garam tidak memiliki kandungan kalori sama sekali.

Namun garam sendiri ternyata memiliki sedikit tanggung jawab terhadap berat badan karena jika anda mengkonsumsi garam berlebihan, didalam tubuh garam akan mudah mengikat air dan menyimpannya didalam tubuh.

Banyak mengkonsumsi garam juga dipercaya sebagai penyebab perut tambak berisi dan kembung, oleh sebab itulah jika anda tidak ingin bangun pagi dengan perut kembung, pada malam hari nya ketika makan usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah sodium.

Anda dapat mengkonsumsi berbagai sayuran hijau yang menyenangkan bisa salad, atau sayuran dikukus atau bisa juga dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein rendah lemak seperti kacang-kacangan.

Perbanyak minum air putih

Air putih sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh, membantu melancarkan metabolisme tubuh, melancarkan sistem pencernaan serta membantu membuang kelebihan air pada tubuh anda.

Usahakan untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih lebih dari 8 - 10 gelas perhari, namun ketika beranjak tidur agar anda tidak bolak-balik ke kamar mandai, silahkan anda beri jeda satu jam sebelum tidur.

Lakukan olahraga malam

Salah satu kunci sukses untuk mempercepat membakar lemak adalah dengan melakukan olahraga, agar pembakaran lemak pada saat anda tidur dapat berjalan dengan optimal, anda dapat menyelinginya dengan melakukan olahraga terlebih dahulu sebelum beranjak ketempat tidur.

Jangan takut susah tidur setelah melakukan olahraga karena menurut survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation yang dilakuakn pada tahun 2013, 56 - 67 % responden yang berolahraga pada malam hari dapat tidur lebih baik, bahkan dapat lebih lelap dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan olahraga sebelum tidur.

Tidur dalam gelap

Menurut penelitian tidur tanpa cahaya lampu dapat meningkatkan kualitas tidur hingga 60 %, hal ini dikarenakan cahaya dapat menghalangi tubuh untuk memperoduksi melatonin. Zat melatonin adalah antioksidan murni yang dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Selain itu aktifitas tidur merupakan salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme didalam tubuh, sehingga makanan akan lebih lambat dicerna dan kita pun tidak mudah merasa lapar, apalagi jika anda doyan ngemil pada malam hari, tidur merupakan solusi terbaiknya.

Menurunkan suhu kamar tidur

Membakar lemak ketika tidur mungkin terdengan sangat tidak mungkin, namun jika ketika tidur suhu tubuh dalam tingkatan tertentu dapat mengoptimalkan pembakaran lemak oleh tubuh secara alami.

Menurut penelitian National Institute of Health, seseorang yang tidur pada suhu ruangan 18 derajat celcius dapat kehilangan sekitar 7 kalori lebih banyak dibandingkan dengan seseorang yang tidur dengan suhu kamar sekitar 23 derajat celcius.

Baca juga : Cara diet sehat, cepat dan alami tanpa olahraga

Itulah tadi beberapa cara pengoptimalan pembakaran lemak pada saat anda tidur, melalui penjelasan diatas membuktikan bahwa gaya hidup sehari-hari anda sangat menentukan sekali terhadap kemampuan tubuh dalam membakar lemak bahkan ketika tubuh sedang tidur sekalipun.
Advertisement