Langsung ke konten utama

Cara Menghilangkan Rasa Lapar pada Malam Hari

Advertisement
Cara Menghilangkan Rasa Lapar pada Malam Hari
Cara menghilangkan rasa lapar pada malam hari - Tentu saja kamu pernah ngerasain lapar pada malam hari bukan ?. Mungkin itu pengen ngemil atau pengen makan pasti kamu pernah merasakannya. Atau mungkin pada saat ini kamu adalah orang yang sudah terbiasa mengkonsumsi banyak makanan pada malam hari, mulai sekarang lebih baik berhenti deh, atau paling tidak dikurangi sedikit demi sedikit. Karena apa, karena mengkonsusmi makanan pada malam hari merupakan pantangan orang-orang yang ingin mendapatkan tubuh ideal dan proporsional.

Hal ini dikarenakan pada malam hari tubuh biasanya jarang aktif begerak, jadi makanan yang anda konsumsi pada malam hari sebagian besar akan diproses oleh tubuh lalu disimpan menjadi cadangan makanan berupa lemak pada tubuh, sehingga tubuh akan mudah gemuk dan lama kelamaan akan mengalami obesitas.

Apalagi jika anda gemar mengkonsumsi makanan yang berat-berat pada malam hari misalnya nasi, gorengan, martabak, roti dan makanan berat yang banyak mengandung kalori lainnya, tentu saja masalah obesitas tidak dapat anda hindarkan.

Berbeda halnya jika pada pagi atau siang hari, pada waktu tersebut tubuh kita memang memerlukan asupan nutrisi yang lebih agar tubuh dapat bekerja lebih optimal.

Oleh sebab itulah sangat dianjurkan sekali bagi anda untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berat-berat pada malam hari, jika anda masih menginginkan berat badan yang ideal.

Memang benar bahwa sulit sekali menghilangkan rasa lapar pada malam hari jika sudah terlanjur menjadi kebiasaan, namun kita bisa kok mengakalinya dengan berbagai tips dan trik yang akan cara medika bagikan seperti dibawah ini.

Tips cara mengatasi rasa lapar di malam hari

1. Menunda jam makan malam

Cara menghilangkan rasa lapar pada malam hari yang pertama adalah dengan menunda jam makan malam.

Memang benar sih bahwa kebanyakan orang-orang yang sedang menjalankan program diet membatasi jam makan malam pada jam-jam tertentu, biasanya dibawah jam 7 malam untuk menghindari timbunan lemak didalam tubuh.

Namun jika anda salah satu orang dengan mobilitas tinggi yang biasa tidur larut malam, maka tidak ada salahnya untuk menunda jam makan malam anda agar di jam-jam kritis pada malam hari anda tidak merasa lapar lagi.

Menunda jam makan malam juga tidak termasuk dobel makan pada malam hari, sehingga masih tergolong aman terhadap program diet yang sedang anda jalankan.

Daripada anda memaksakan diri makan malam dibawah jam 7 malam lalu pada jam 11 - 12 malam anda lapar lagi, bisa-bisa malam menajdi dobel makan malam nantinya.

Agar tidak lapar lagi dimalam hari anda dapat makan pada sekitar pukul 9 - 10 malam, dengan berangsur-asur sambil menghilangkan kebiasaan lapar dimalam hari dengan mengurangi jam tunda makan malam anda secara berangsur-angsur.

2. Mengkonsumsi buah

Buah juga dapat kita gunakan untuk mengusir rasa lapar pada malam hari, hal ini dikarenakan buah memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat mengisi perut anda dan membuat perut lapar menjadi lebih kenyang.

Pilih jenis buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi seperti apel, pisang, pir, dan beri-berian, namun anda tetap ingat bahwa buah memiliki kandungan gula, walaupun cuma sedikit tetapi jika anda mengkonsumsi buah terlalu banyak juga tidak baik untuk berat badan.

3. Mengkonsumsi sayur

Sayur merupakan makanan yang memiliki kandungan kalori sangat rendah sekali dibandingkan dengan buah, sehingga sangat aman sekali terhadap berat badan anda.

Selain itu sayuran juga banyak mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh serta membuat perut anda menjadi lebih kenyang dari sebelumnya.

Anda dapat mengkonsumsi berbagai jenis sayuran yang mengenyangkan seperti brokoli, bayam, selada, sawi dan sayuran lainnya, usahakan dalam mengolahnya dengan cara direbus atau diblender menjadi jus.

3. Mengalihkan perhatian

Beberapa orang mengalami masalah lapar pada malam hari ini biasanya bukan karena tubuh memang benar-benar merasa lapar namun karena kebiasaan mereka yang suka makan pada malam hari,

Sehingga sangat perlu sekali bagi anda untuk membuang jauh-jauh kebiasaan makan pada malam hari karena secara reflek akan membuat anda selalu ingin makan jika di malam hari.

Caranya bagaimana ?

Caranya adalah dengan mengalihkan perhatian anda pada kegiatan yang dapat membuat anda lupa untuk makan, contohnya saja nongkrong bareng teman-teman, jalan-jalan, main game, menulis, tidur, atau kegiatan kesukaan anda lainnya.


Oke baiklah itulah tadi beberapa cara menghilangkan rasa lapar pada malam hari yang bisa anda coba terapkan sendiri untuk menghilangkan rasa lapar pada malam hari yang kini anda alami.
Advertisement