Langsung ke konten utama

Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tetap Lurus, Lembut dan Tahan Lama

Advertisement
Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tetap Lurus, Lembut dan Tahan Lama

Salah satu perawatan rambut yang paling digemari oleh para wanita pada saat ini adalah smoothing rambut. Smoothing rambut adalah suatu teknik untuk meluruskan rambut dengan hasil yang lebih natural.

Smoothing ini ini merupakan generasi penerus teknik pelurusan rambut terdahulu yaitu rebonding, kualitas pelurusan rambut menggunakan teknik smoothing juga digadang-gadang memiliki hasil yang lebih bagus dibandingkan dengan rebonding.

Namun tidak jauh berbeda dengan rebonding yang mendapatkan banyak keluhan dari konsumen, smoothing rambut juga banyak mendapatkan berbagai keluhan dari konsumen.

Kebanyakan konsumen mengatakan bahwa hasil smoothing rambut tidak tahan lama, rambut yang lurus kembali bergelombang, rambut yang lembut kembali menjadi kasar dan timbul kerusakan rambut lainnya.

Jika timbul masalah ini, sebagai konsumen kita harus bijak dalam menyikapinya.

Masalah ini bisa terjadi karena disebabkan oleh berbagai hal, bukan hanya karena teknik smoothing rambut yang menggunakan bantuan alat dan bahan kimia, mungkin juga anda salah dalam melakukan perawatan rambut yang telah di smoothing atau malah anda sama sekali tidak melakukan perawatan khsusus terhadap rambut yang telah anda smoothing.

Karena kita sendiri mengetahui bahwa smoothing rambut menggunakan bantuan alat pemanas rambut dan bahan kima sehingga seharusnya setelah melakukan smoothing rambut kita rutin melakukan perawatan rambut secara teratur.

Perawatan rambut setelah melakukan smoothing juga tidak boleh sembarangan, ada perawatan khsusus yang harus anda lakukan untuk merawat rambut smoothing agar tetap lurus, lembut dan tahan lama.

Lalu apa perawatan rambut apa saja yang harus dilakukan setelah melakukan smoothing rambut tersebut, untuk informasi lengkapnya silahkan anda simak dibawah ini :

Setelah smoothing jangan langsung mencuci rambut

Ketika selesai smoothing rambut usahakan agar tidak langsung mencuci rambut, hal ini dimaksudkan agar krim pelurus rambut yang digunakan pada saat smoothing dapat terserap sempurna.

Nah...setelah 3 - 4 hari melakukan smoothing barulah anda boleh mencuci rambut anda seperti biasa, baik menggunakan sampo ataupun kondisioner.

Jangan gunakan hairdryer

Setelah 3 - 4 hari kemudian anda mencuci rambut, usahakan ketika mengeringkan rambut jangan gunakan hairdryer agar tidak merusak kelembapan alami rambut.

Untuk mengeringkan rambut setelah mandi, anda bisa mengeringkannya secara alami yaitu dengan membungkus rambut anda menggunakan handuk untuk menyerap sisa-sisa air pada rambut basah anda.

Minimalkan penggunaan bahan kimia pada rambut anda

Setelah melakukan smoothing usahakan untuk mengistirahatkan sejenak rambut anda dari bahan-bahan kimia lain seperti mewarnai rambut atau highlight rambut.

Bebaskan rambut anda dari bahan-bahan kimia perawatan rambut paling tidak selama 2 - 3 bulan setelah smoothing rambut agar rambut tidak mudah mengalami kerusakan dan kehilangan kesehatan alaminya.

Berikan rambut anda nutrisi

Smoothing rambut menggunakan bantuan mesin pemanas rambut dan krim bahan kimia pelurus rambut yang dapat menyebabkan rambut kita menjadi rusak.

Oleh sebab itulah untuk menciptakan efek balikan agar rambut anda kembali sehat dan kuat sangat disarankan sekali untuk rajin memberikan nutrisi kepada rambut anda.

Anda bisa mengoleskan berbagai bahan alami ke rambut anda seperti minyak zaitun, minyak kelapa, lidah buaya, telur, susu, santan, madu dan bahan alami yang berkhasiat untuk kesehatan rambut lainnya.

Atau jika anda ingin kesehatan rambut anda lebih maksimal, anda bisa menggunakan masker untuk membantu menutrisi rambut anda.

Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, anda bisa mengggunakan berbagai aneka masker rambut alami dengan membuatnya sendiri dirumah. ( baca selengkapnya : manfaat dan cara membuat masker rambut alami )

Lakukan trim rambut secara berkala

Setelah smoothing rambut berminggu-minggu kemudian jika rambut anda mulai timbul masalah rambut bercabang, patah atau kering usahakan untuk melakukan pemotongan agar masalah tidak menyebar dan semakin parah.

Lakukan trim ini sesuai kebutuhan anda, jika masalah pada rambut mulai terlihat.

Gunakan sisir bergigi kayu dan tidak rapat

Untuk merapikan rambut sangat disarankan untuk menggunakan sisir yang bergigi jarang-jarang dan menggunakan sisir bergigi kayu.

Jangan gunakan sisir yang terbuat dari plastik dan bergigi rapat karena akan menimbulkan efek listrik statis jika bergesekan dengan rambut anda, efeknya rambut akan mudah tertarik oleh sisir dan rambut akan menjadi rontok, patah dan bercabang.

Minimalkan pencatokan rambut

Melakukan pencatokan rambut memang perlu, untuk mencegah munculnya masalah - masalah pada rambut setelah smoothing seperti rambut bergelombang, kasar dan rambut tidak beraturan.

Namun usahakan untuk melakukan pencatokan rambut seminimal mungkin, agar tidak merusak kesehatan rambut alami anda.

Jangan mengikat atau menggulung rambut

Agar rambut tidak kembali bergelombang, ikal dan mengembang mulai sekarang usahakan jangan lagi mengikat atau menggulung rambut anda agar rambut anda yang telah di smoothing dapat lurus sempurna.

Karena dengan mentata rambut seperti mengikat atau menggulung rambut dapat membuat rambut mengikuti bentuk tata rambut tersebut.

Lakukan creambath

Selain dengan meutrisi rambut menggunakan bahan-bahan alami dan masker rambut alami untuk menjaga kesehatan rambut anda juga dapat melakukan creambath secara rutin pada rambut anda.

Namun usahakan untuk menghindari alat pemanas rambut ketika melakukan creambath ya...

Untuk membantu penyerapan nutrisi ketika creambath sebagai gantinya anda bisa menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat.

Ternyata banyak juga ya perawatan rambut yang harus dilakukan setelah melakukan smoothing rambut ini.

Jika anda tidak mau mengambil resiko terjadi kerusakan pada rambut dengan melakukan smoothing rambut, untuk meluruskan rambut anda juga bisa melakukannya secara alami tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya terhadap rambut anda. ( baca selengkapnya : cara meluruskan rambut secara alami )

Baiklah itulah tadi artikel tantang cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus, lembut dan tahan lama, semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk kita semua.
Advertisement