Manfaat serta Cara Membuat Masker Mentimun Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Pilihan Editor

Advertisement
Manfaat serta cara membuat masker mentimun - Mentimun sebenarnya bukan hanya dapat dikonsumsi sebagai sayuran sehat saja, namun lebih daripada itu ternyata mentimun menyimpan segudang manfaat yang luar biasa sekali untuk kecantikan kulit wajah.

Manfaat serta Cara Membuat Masker Mentimun Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat masker mentimun untuk kecantikan kulit wajah

Mentimun mengandung berbagai vitamin dan mineral penting untuk kulit wajah yang dapat menjadikan kulit wajah menjadi lebih sehat dan bercahaya setiap hari.

Selain dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat, karena tingginya kandungan nutrisi baik yang terdapat pada mentimun juga dapat membantu mengusir berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat, bekas jerawat, kulit wajah kering, munculnya tanda - tanda penuaan dini pada wajah dan berbagai masalah kulit wajah lainnya yang kini sedang anda alami.

Kandungan Nutrisi Pada Mentimun Manfaat Mentimun Untuk Kulit Wajah
Air Membantu menghidrasi kulit wajah, mencegah kulit kering, gatal-gatal, pecah - pecah, mengelupas serta membuat kulit lebih halus dan kenyal.
Vitamin ASangat penting sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan sel kulit wajah, serta memiliki antioksidan dan antiinflamasi yang dapat melindungi kulit wajah dari resiko infeksi, iritasi dan peradangan.
Vitamin C Membantu membangun kolagen, membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan elastis serta menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah.
Vitamin B1 Meningkatkan sirkulasi darah pada kulit wajah serta menjaga kulit dari kondisi eksim dan scaliness.
Kalium Menstabilkan kadar air pada kulit wajah, karena jika kulit kekurangan kalium dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan layu sehingga dapat mencegah resiko kulit wajah kering dan mengelupas.
Biotin Membantu menjaga kesehatan kulit dari resiko iritasi kulit, infeksi jamur serta inflamasi kulit lainnya.

Untuk memanfaatkan mentimun sebagai bahan kecantikan kulit wajah juga sangat mudah sekali, anda dapat menggunakan mentimun ini sebagai masker wajah yang dapat anda pakai setiap hari.

Cara membuat masker mentimun untuk kecantikan kulit wajah

Cara membuat masker dari mentimun juga tidaklah terlalu sulit, anda tidak perlu bingung untuk membuatnya, cukup anda simak cara membuat masker mentimun yang akan caramedika ulas dengan lengkap dibawah ini.
  • Pertama siapkan terlebih dahulu 1/2 mentimun atau secukupnya sesuai dengan jumlah masker yang ingin anda hasilkan.
  • Kemudian tumbuk halus mentimun sampai benar - benar lembut, anda dapat menggunakan blender atau alat penumbuk.
  • Jika ketika ditumbuk mentimun menghasilkan banyak air anda dapat menyaring air tersebut dan membuangnya, namun jangan diperas ya mentimun yang sudah ditumbuk tersebut.
  • Jika sudah barulah anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah dengan mengoleskannya secara merata pada kulit wajah anda sambil memijat - mijat kulit wajah agar nutrisi dari mentimun dapat terserap secara optimal.
  • Diamkan masker menempel pada wajah sekitar 15 - 20 menit.
  • Lalu membilasnya menggunakan air bersih.
  • Dan akhiri dengan mengelap wajah anda menggunakan handuk lembut.
  • Gunakan cara ini setiap hari sebelum tidur malam untuk memperoleh manfaat yang luar biasa dari mentimun.
Dalam pembuatan masker wajah dari mentimun, selain dengan memanfaatkan mentimun saja, kita juga bisa menambahkan bahan-bahan alami lain seperti madu, yoghurt , oatmeal dan lain - lain.

Hal ini dimaksudkan agar masker wajah yang kita buat dapat lebih solid dan dapat memberikan hasil yang lebih maksimal, terutama untuk perawatan wajah secara khusus seperti untuk mengatasi masalah jerawat, bekas jerawat, kulit wajah kering, munculnya tanda - tanda penuaan dini pada wajah dan berbagai masalah kulit wajah lainnya.

Membuat masker mentimun untuk menghilangkan jerawat

Jerawat yang membandel pada wajah memang sangat menjengkelkan sekali, namun anda dapat mengusir jerawat ini dengan sangat mudah sekali hanya dengan memanfaatkan mentimun, madu dan oatmeal.

Kombinasi ketiga bahan ini sangat efektif sekali untuk membantu menghilangkan jerawat.
  • Mentimun akan membantu menghidrasi kulit wajah serta menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran yang menempel pada wajah anda sebagai penyebab timbulnya jerawat.
  • Oatmeal akan membantu mengangkat sel - sel kulit mati pada wajah serta sebum yang berlebihan pada kulit wajah sehingga meminimalisir timbulnya jerawat pada wajah anda.
  • Serta madu secara efektif dapat mengusir bakteri dan kuman penyebab jerawat dan menghaluskan kulit wajah anda dari masalah bekas jerawat.
Langkah - langkah membuat masker wajah dari mentimun, madu dan oatmeal
  • Haluskan 1/2 mentimun ukuran sedang, bisa menggunakan blender atau ditumbuk, jika sudah lalu masukkan kedalam mangkuk kecil yang sudah berisi 1 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan madu.
  • Aduk hingga bercampur sempurna ke tiga bahan diatas.
  • Jika sudah lalu terapkan secara langsung pada seluruh kulit wajah anda, caranya adalah dengan mengambil campuran bahan diatas menggunakan ujung jari anda, lalu memijat lembut kulit wajah anda dengan gerakan melingkar.
  • Jika sudah lalu biarkan masker bertahan hinga 10 - 20 menit pada kulit wajah.
  • Lalu bilas sisa masker anda menggunakan air bersih dingin.
  • Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu pada malam hari.

Membuat masker mentimun untuk mengatasi kulit wajah yang kering

Memiliki kulit wajah yang kering terkadang membuat kita risih dan enggak nyaman, selain itu kulit wajah yang kering dapat menimbulkan masalah kulit wajah lain yang sangat merugikan, seperti kulit wajah mudah terkena iritasi serta kulit wajah mudah mengelupas.

Mentimun ini juga sangat ampuh untuk mengatasi masalah kulit wajah kering tersebut lho. Karena metimun dapat menstabilkan kandungan air pada kulit wajah serta mampu merelaksasi dan menyembuhkan kulit wajah yang terkena iritasi.

Untuk memaksimalkan perawatan wajah kering kita juga dapat menambahkan bahan - bahan alami lain seperti yoghurt dan minyak zaitun yang dapat membantu memudarkan noda - noda hitam pada wajah serta membuat kulit menjadi lebih lembab, lembut dan halus bercahaya.

Langkah - langkah membuat masker wajah dari mentimun, minyak zaitun dan yoghurt
  • Haluskan 1/2 mentimun ukuran sedang dan campurkan dengan 1 sendok makan yoghut.
  • Lalu terapkan secara langsung pada kulit wajah anda.
  • Namun sebelum mulai memakainya, usahakan untuk mencuci wajah anda terlebih dahulu menggunakan air hangat untuk membuka pori - pori wajah agar penyerapan masker bisa lebih maksimal.
  • Lalu keringkan wajah menggunakan handuk lembut.
  • Dan barulah anda dapat mengoleskan secara merata masker yang barusan kita buat secara merata pada kulit wajah anda dengan lapisan yang sedikit lebih tebal.
  • Jika sudah biarkan selama 10 - 15 menit.
  • Kemudian bilas wajah anda menggunakan air hangat terlebih dahulu.
  • Lalu akhiri bilasan terakhir dengan air dingin.
  • Dan akhiri dengan mengoleskan minyak zaitun sebagai pelembab alami untuk wajah anda.
  • Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

Membuat masker mentimun untuk meremajakan kulit dan mencegah tanda - tanda penuaan dini

Masalah penuaan kulit yang ditandai dengan munculnya keriput dan garis - garis halus pada kulit wajah memang tidak bisa kita hindari, namun kita bisa meminimalisir resikonya dengan rutin melakukan perawatan wajah setiap hari.

Tidak perlu mahal - mahal untuk pergi kesalon karena kita bisa memanfaatkan mentimun ini sebagai perawatan kulit wajah untuk mencegah munculnya tanda - tanda penuaan kulit serta meremajakan kulit agar terlihat lebih kencang dan bersinar.

Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal kita juga dapat memanfaatkan bahan - bahan alami lain seperti lemon dan lidah buaya.

Lemon dapat membantu mencerahkan wajah, mengusir kuman dan bakteri penyabab berbagai masalah pada kulit wajah serta membuat kulit wajah lebih bercahaya.

Sedangkan lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan sangat ampuh sekali untuk mengurangi timbulnya garis - garis halus pada kulit wajah serta bintik - bintik gelap pada kulit wajah.

Langkah - langkah membuat masker wajah dari mentimun, lemon dan lidah buaya
  • Lembutkan terlebih dahulu 1/2 mentimun hingga menjadi bubur.
  • Kemudian masukkan kedalam mangkuk kecil dan campurkan dengan 1 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok teh air perasan lemon.
  • Aduk hingga merata ketiga bahan diatas.
  • Jika sudah barulah anda bisa menggunakan masker tersebut dengan mengoleskannya secara langsung pada seluruh kulit wajah anda.
  • Diamkan selama 15 - 20 menit.
  • Lalu bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan mengelap wajah menggunakan handuk lembut.
  • Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu.
Baiklah itulah tadi informasi tentang manfaat serta cara membuat masker mentimun untuk kecantikan kulit wajah yang bisa anda coba sendiri dirumah, namun anda harus ingat bahwa tidak ada hasil yang instan, untuk memperoleh hasil yang maksimal sangat perlu sekali kedisiplinan anda untuk menerapkan masker wajah dari mentimun seperti diatas setiap hari.
Advertisement