Langsung ke konten utama

Cara Membuat Deodorant Alami

Advertisement
Cara Membuat Deodorant Alami

Deodorant merupakan pembersih ketiak yang berfungsi untuk menghilangkan bau menyengat akibat endapan keringat bercampur bakteri yang terdapat pada ketiak kita.

Pada saat ini memang banyak sekali beredar luas produk deodorant yang dapat dibeli dengan mudah pada minimarket atau toko - toko terdekat.

Namun sayangnya tidak semua orang cocok menggunakan deodorant tersebut, beberapa orang mengaku pernah mengalami berbagai masalah kulit ketiak setelah memakai deodorant tersebut.

Hal ini memang wajar saja terjadi, karena kebanyakan deodorant yang beredar pada saat ini menggunakan bahan - bahan kimia sebagai bahan baku utamanya seperti alkohol dan aluminium chlorohydrate.

Alih - alih menggunakan produk deodorant yang banyak menggunakan bahan kimia, sebenarnya kita bisa juga lho, membuat dedodorant ini sendiri, yaitu dengan menggunakan bahan - bahan alami yang dapat kita temukan dengan mudah disekitar rumah kita.

Selain relatif aman terhadap kulit ketiak kita, menggunakan bahan - bahan alami sebagai dedodorant juga dapat membuat kulit ketiak kita lebih sehat, putih, halus, lembut dan tidak membuat ketiak kita hitam.

Dedodorant alami juga cocok sekali kalian gunakan baik untuk pria maupun wanita.

Ingin tau bagaimana cara membuat dedodoran alami tersebut, mari kita simak cara membuat dedodorant alami tersebut dibawah ini :

Cara membuat deodorant alami

Untuk membuat dedodorant alami, mari kita bongkar isi kulkas dan dapur kita, siapa tau kita gak perlu membeli bahan - bahannya lagi.

Alat dan bahan untuk membuat dedodorant alami tersebut diantanya adalah.
  • Mangkok
  • Sendok makan
  • 3 sendok makan minyak kelapa murni
  • 2 sendok makan soda kue
  • 4 sendok makan tepung maizena
  • Wewangian alami ( opsional )
Sebelum kita masuk langkah pembuatannya, kita review satu - satu bahan - bahan untuk membuat dedodorant diatas yuk.

Minyak kelapa alami

Minyak kelapa yang biasa kita gunakan untuk memasak makanan ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa sekali lho untuk kulit ketiak kita, karena memiliki sifat anti bakteri, minyak kelapa ini ampuh sekali untuk membantu menghilangkan bakteri penyebab bau ketiak yang banyak bersarang pada ketiak kita. 

Selain itu minyak kelapa juga dapat membantu menghaluskan dan melembabkan kulit ketiak, sehingga kulit ketiak akan terasa lebih halus dan lembut.

Soda kue

Selain dapat digunakan untuk mengembangkan kue, ternyata soda kue ini juga memiliki manfaat yang besar sekali untuk kesehatan kulit ketiak kita. karena soda kue memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi yang selain dapat mengusir jauh - jauh bakteri penyebab bau ketiak, soda kue juga dapat mengangkat sel - sel kulit mati pada ketiak sehingga kulit ketiak menjadi lebih halus dan cerah bercahaya.

Tepung maizena

Salah satu penyebab bau ketiak juga dapat dikarenakan oleh produksi keringat berlebih pada ketiak kita, dan tepung maizena ini sangat ampuh sekali untuk menekan produksi keringat berlebih tersebut.

Selain itu tepung maizena juga dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau ketiak pada kulit ketiak kita.

Langkah - langkah membuat deodorant alami

       Setelah mengetahui berbagai manfaat bahan - bahan yang akan kita gunakan untuk membuat deodorant alami tersebut, kini saat nya kita mulai tahapan membuat deodorant alami tersebut.
  • Campurkan 3 sendok makan minyak kelapa muni, 2 sendok makan soda kue dan 4 sendok makan tepung maizena kedalam mangkuk.
  • Aduk ketiga bahan diatas sampai membentuk seperti adonan.
  • Jika ingin dedodorant beraroma lebih wangi, anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak lavender, minyak rosemary atau aroma terapi lainnya.
  • Jika sudah jadi, lalu oleskan secara merata pada kulit ketiak anda.
  • Usahakan menggunakan deodorant alami ini pada malam hari sebelum tidur, dan membilasnya pada pagi hari.
Itulah tadi artikel tentang cara membuat dedodorant alami, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.
Advertisement