Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat Secara Alami ( Semua Umur )

Pilihan Editor

Advertisement
Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Memiliki tinggi badan yang proporsional merupakan impian semua orang, baik pria maupun wanita tentu saja semua menginginkannya bukan ?

Karena dengan memiliki tinggi badan yang proporsional dapat membuat kepercayaan diri kita menjadi lebih meningkat.

Selain itu dengan memiliki tinggi badan yang proporsional juga dapat kita jadikan sebagai persyaratan utama dalam melamar suatu pekerjaan tertentu, misalnya saja untuk menjadi TNI, Pilot, Model dan lain - lain.

Namun tidak semua dari kita beruntung terlahir dengan tinggi badan yang proporsional, lagi - lagi faktor keturunan sangat berpengaruh terhadap tinggi badan seseorang, buruknya nutrisi yang kita konsumsi, serta gaya hidup yang tidak sehat juga ikut ambil bagian terhadap pertumbuhan tinggi badan kita.

Sejatinya tinggi badan manusia memiliki batas pertumbuhan hingga pada waktu tertentu, pada wanita tinggi badan biasanya dapat tumbuh hingga batas umur 22 tahun sedangkan pada pria tinggi badan biasanya dapat tumbuh hingga batas umur 25 tahun. Sehingga sampai batas umur tersebutlah waktu terbaik buat kalian untuk mencoba menambah tinggi badan.

Ada banyak sekali cara untuk menambah tinggi badan, namun yang harus anda pahami bahwa untuk menambah tinggi badan tidaklah bisa kita lakukan dalam waktu singkat, 1 hari, 1 minggu atau 2 minggu.

Jika kalian lakukan cara menambah tinggi badan dibawah ini secara teratur, biasanya pertambahan tinggi badan akan mulai terlihat dalam waktu 1 - 2 bulan.

Cara menambah tinggi badan secara alami

Cukupi waktu tidur

Untuk mendapatkan tinggi badan yang maksimal, mulai sekarang cukupi waktu tidur anda setiap hari. Ini merupakan fakta tentang pertumbuhan tinggi badan, bahwa tubuh kita akan tumbuh dan meregenerasi jaringan ketika tubuh sedang beristirahat.

Ketika tubuh sedang beristirahat, otak kita akan melepaskan hormon pertumbuhan manusia ( HGH ) khususnya ketika kita sedang memasuki fase gelombang otak melambat dan terlelap pulas pada saat tidur.

Jadi, jika anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, tentu saja akan berakibat rendahnya jumlah HGH yang diproduksi, sehingga tubuh tidak bisa tumbuh secara maksimal.

Untuk mendapatkan tinggi badan maksimum, penelitian menunjukkan bahwa tubuh remaja memerlukan minimal 8 jam istirahat setiap hari, dan 11 jam istirahat untuk mendapatkan tinggi badan yang jauh lebih efektif.

Mengkonsumsi makanan sehat

Untuk mendapatkan tinggi badan yang maksimal tidak mungkin kita dapatkan jika kita tidak mengkonsumsi makanan sehat. mengkonsumsi makanan sehat sangat berpengaruh sekali terhadap tinggi badan anda karena dengan mengkonsumsi makanan yang sehat akan memberikan nutrisi yang cukup bagi tumbuh kembang tinggi badan anda.

Apalagi jika anda mengkonsumsi jenis makanan yang memang dikhususkan untuk menambah tinggi badan, tentu saja laju pertumbuhan tinggi badan anda akan jauh lebih baik.

Beberapa makanan sehat yang cocok sekali untuk menambah tinggi badan diantaranya adalah :

  • 1. susu

Susu merupakan makanan sehat penambah tinggi badan yang sangat ampuh sekali, susu yang dimaksud disini bukan hanya susu cair yang selalu kita minum setiap harinya tetapi juga menyangkut semua produk olahan susu seperti keju, yoghurt, paneer dan lain - lain.

Susu dan produk olahan susu sangat penting sekali untuk menambah tinggi badan karena mereka mengandung semua nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mencapai tinggi badan maksimal, beberapa nutrisi penting yang dimiliki susu dan produk olahan susu lainnya adalah kalsium, protein, vitamin A, B, D dan E.

Kalsium sangat penting sekali untuk pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat, serta vitamin D sangat berperan aktif terhadap penyerapan kalsium pada tulang.

Oleh sebab itulah untuk mendapatkan manfaat maksimal dari susu ini sangat disarankan untuk mengkonsumsi susu cair 2 gelas setiap hari.

  • 2. Telur

Jika kalian mencari makanan penambah tinggi badan, tidak lengkap jika tidak memasukkan telur didalamnya, telur merupakan sumber nutrisi untuk menambah tinggi badan yang sangat murah meriah dan paling disukai oleh orang - orang karena rasanya yang enak.

Telur memiliki kandungan nutrisi yang banyak sekali seperti protein, vitamin D, kalsium, vitamin B2, dan semua itu membantu tubuh anda untuk memperomosikan tubuh tinggi yang lebih maksimal.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari telur ini sangat disarankan sekali untuk mengkonsumsi 4 - 6 butir telur setiap hari, terutama putih telurnya.

  • 3. Ayam

Selain telur, ayam juga dapat kita gunakan sebagai makanan yang dapat menambah tinggi badan, ayam merupakan sumber protein hewani yang sangat melimpah sekali.

Jika anda ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari ayam untuk menambah tinggi badan, usahakan untuk mengkonsumsi 50 gram daging ayam setiap hari.

  • 4. Kedelai

Alternatif buat kalian yang tidak menyukai jenis makanan dari hewan ( vegetarian ), anda bisa memanfaatkan kedelai ini sebagai sumber nutrisi untuk membantu mendapatkan tinggi badan yang maksimal.

Kedelai adalah makanan dengan sumber nutrisi yang sangat lengkap sekali seperti protein, folat, vitamin, serat, karbohidrat dan lain - lain.

Untuk memperoleh manfaat yang maksimal dari kedelai ini, sangat disarankan untuk mengkonsumsi 50 - 55 gram kacang kedelai setiap hari.

  • 5. Pisang

Siapa sangka, pisang yang batangnya biasa tumbuh dipekarangan rumah kita ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa terhadap tinggi badan kita.

Buah pisang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, seperti kalium, kalsium, mangan, yang sangat efektif dalam membantu pertumbuhan tinggi badan.

Kalium dapat membantu mencegah masalah melemahnya tulang dan gigi serta menetralisir dampak bahaya sodium pada tulang, sehingga dapat mencegah terhambatnya penyerapan kalsium pada tulang, selain itu kandungan mangan yang ditemukan pada pisang juga dapat meningkatkan kesehatan tulang.

  • 6. Kacang - kacangan dan biji - bijian

Banyak yang menjadikan kacang - kacangan dan biji - bijian sebagai makanan cemilan saja, namun lebih dari itu ternyata jenis makanan kacang - kacangan dan biji - bijian sebenarnya dapat kita manfaatkan sebagai sumber makanan penambah tinggi badan.

Kacang - kacangan seperti kacang tanah, kacang almond, kacang mede, dan biji - bijan memiliki kandungan mineral penting yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tinggi badan.

Beberapa nutrisi yang terkandung didalam kacang - kacangan dan biji - bijian tersebut diantaranya adalah, protein, asam amino, lemak baik, kalium, karbohidrat, kalsium dan lain - lain, sehingga bisa dikatakan bahwa jenis makanan kacang - kacangan dan biji - bijian ini merupakan camilan sehat penambah tinggi badan.

  • 7. Sayuran berdaun hijau

Salah satu makanan terbaik untuk membantu menambah tinggi badan adalah sayuran, namun usahakan untuk memilih jenis sayuran yang memiliki warna hijau segar, karena sayuran jenis ini memiliki lebih banyak kandungan mineral esensialnya seperti berbagai macam vitamin, karbohidrat, protein, magnesium, zat besi, serat dan lain - lain.

Beberapa sayuran hijau yang bermanfaat untuk menambah tinggi badan diantaranya adalah bayam, brokoli, kacang polong, kubis, kangkung, sawi dan lain - lain.

  • 8. Ikan

Untuk membantu menambah tinggi badan tidak lengkap jika ikan tidak masuk salah satu daftarnya, karena memang ikan ini merupakan sumber nutrisi yang sangat baik sekali untuk membantu menambah tinggi badan anda.

Ikan merupakan makanan dengan sumber nutrisi yang sangat kaya sekali seperti protein, vitamin D, kalsium, kalium yang semua itu sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tinggi badan.

Makanan dari ikan juga memiliki rasa yang enak - enak dan bermacam - macam sekali sehingga membuat kita tidak mudah bosan untuk mengkonsumsinya.

Untuk pilihan ikan terbaik sebagai sumber nutrisi untuk menambah tinggi badan adalah ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, dan lain - lain.

  • 9. Sinar matahari

Selain dengan mendapatkan nutrisi dari berbagai jenis makanan, anda juga bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menambah tinggi badan tersebut melalui sinar matahari.

Sinar matahair merupakan lautan vitamin D yang tidak terbatas, dan paling mudah kita dapatkan, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa vitamin D sangat berperan penting terhadap pertumbuhan tinggi badan kita karena tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium secara maksimal di usus, serta membantu membangun tulang dan gigi yang kuat.

Melakukan latihan dan olahraga untuk menambah tinggi badan

Rutin melakukan olahraga dan latihan untuk mengolah tubuh juga sangat berperan besar terhadap tinggi badan anda. Kegiatan ini merupakan cara yang ampuh sekali untuk menambah tinggi badan dan akan sangat efektif jika anda melakukannya sejak dini.

Menurut penelitian, anak - anak dan remaja dibawah usia 18 tahun yang rutin melakukan olahraga dan latihan mengolah tubuh dipercaya memiliki kecepatan tumbuh tinggi badan hingga 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya, selain itu jika anda melakukannya diatas umur 18 - 25 tahunan tetap akan mampu menambah tinggi badan hingga beberapa inchi.

Teori bagaimana aktifitas fisik mampu menambah tinggi badan ini sangat sederhana, jika tubuh aktif secara fisik dan tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang baik, maka seluruh asupan nutrisi pertumbuhan harian anda ( kalsium, zinc, vitamin D dll ) akan lebih mudah untuk diserap tubuh dan langsung dialokasikan ke pertumbuhan tinggi badan anda.

Dengan melakukan aktifitas fisik secara teratur dapat melatih otot - otot tubuh menjadi elastis dan tulang - tulang pada tubuh menjadi merenggang, selain itu dengan rutin melakukan aktifitas fisik juga dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan.

Beberapa aktifitas fisik dan olahraga yang sangat efektif sekali untuk membantu menambah tinggi badan adalah :

  • 1. Renang

Jika anda ingin mendapatkan tinggi badan yang maksimal, olahraga yang paling baik sekali anda lakukan untuk mewujudkannya adalah dengan rutin melakukan olahraga renang.

Posisi tubuh yang terapung dan gerakan ketika renang sangat efektif sekali melatih otot - otot anda menjadi lebih elastis, selalin itu area sendi - sendi dan tulang juga lebih mudah memanjang dengan melakukan gerakan renang yang berulang - ulang.

Apalagi jika anda rutin melakukan olahraga renang ini sejak usia dini yang notabenya tulang dan otot masih mudah elastis, keberhasilan anda dalam menambah tinggi badan menjadi lebih besar.

Untuk memperoleh manfaat menambah tinggi badan dengan cara berenang ini, usahakan untuk melakukannya secara rutin setiap hari dengan durasi kurang lebih 2 jam.

  • 2. Latihan melompat

Ini merupakan salah satu latihan untuk menambah tinggi badan yang paling mudah dan menyenangkan, cukup anda lakukan lompatan - lompatan secara rutin setiap hari, agar lebih bervariasi anda juga dapat melakukannya dengan tali ( lompat tali ) atau lompat lari ( lompat sambil berlari ).

Latihan ini secara efektif akan membantu tulang kaki dan tulang belakang untuk berkembang, tulang belakang dan betis mengalami perenggangan akibat lompatan yang anda lakukan dari tanah, latihan melompat juga dapat meningkatkan suplai darah ke tulang, meningkatkan kepadatan tulang serta merangsang hormon pertumbuhan.

Namun jika anda baru pertama melakukannya, usahakan untuk melakukannya dengan intensitas ringan terlebih dahulu.

  • 3. Latihan bergelantungan

Latihan ini mirip seperti latihannya monyet bergelantung di pepohonan, dengan menggunakan kekuatan tangan untuk menahan berat badan dan ujung kaki tidak boleh menyentuh tanah.

Walaupun terlihat aneh, namun latihan ini merupakan latihan yang paling efektif sekali untuk menambah tinggi badan anda, ketika melakukan latihan, seluruh tulang tangan, tulang belakang dan tulang kaki akan mengalami peregangan, dan berefek meningkatnya kepadatan tulang sehingga tulang akan lebih mudah berkembang.

Anda dapat melakukan latihan ini dimana saja, asalkan anda memiliki benda yang kuat sebagai penyangga, dan usahakan latihan bergelantungan ini anda lakukan selama 30 - 40 detik berulang - ulang selama 1 - 2 jam, dengan menggerakkan kedua kaki ke atas dan mengangkat tubuh menggunakan tangan.

  • 4. Basket

Jika anda pencinta olahraga basket, beruntunglah anda, karena olahraga ini sangat efektif sekali untuk membantu menambah tinggi badan anda.

Coba saja anda lihat tubuh pemain - pemain basker profesional, tentu saja badan mereka tingi - tingi sekali bukan ?

Olahraga basket sangat efektif sekali untuk menambah tinggi badan karena pada olahraga ini pemain cenderung selalu melakukan lompatan - lompatan tinggi yang memicu merenggangnya tulang - tulang pada seluruh tubuh serta membantu otot - otot tubuh menjadi lebih elastis, sehingga berakibat pada kepadatan tulang menjadi lebih cepat dan lebih baik. Hormon pertumbuhan juga akan meningkat tajam jika anda rajin melakukan lompatan - lompatan dan aktifitas fisik lainnya.

Membentuk postur tubuh menjadi lebih baik

Banyak orang - orang yang sebenarnya memiliki tinggi badan yang proporsional namun buruknya postur tubuh yang mereka miliki membuat mereka telihat pendek dan kurang tinggi.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya posisi duduk yang salah, terlalu lama duduk, terlalu lama membungkuk melihat gadget sehingga tulang memiliki kelainan perkembangan ( biasanya membungkuk ) dan menekan tinggi badan normal anda.

Jika anda terlanjur memiliki postur tubuh yang buruk sehingga membuat badan anda terlihat pendek dan kurang tinggi, sebenarnya kita bisa mengatasinya, namun diperlukan waktu yang relatif lama untuk benar - benar mengembalikan postur tubuh anda menjadi normal.
  • Rubah cara duduk anda. ketika bekerja atau sedang melakukan aktifitas lainnya, usahakan untuk duduk tegap dengan pandangan kedepan, jika anda bekerja didepan komputer, posisikan layar monitor lurus dengan tatapan wajah anda.
  • Sering - sering lah beristirahat dengan posisi tidur yang baik agar otot - otot tubuh menjadi elastis dan tulang -tulang anda menjadi lebih renggang, sehingga postur tubuh anda dapat menjadi lebih baik.
  • Hindari menggunakan komputer, gadget atau smartphone dalam waktu yang lama, jika anda memang tidak bisa meninggalkannya, usahakan untuk berhenti sementara waktu untuk sekedar berjalan - jalan atau tiduran.
  • Rutin melakukan olahraga dan aktifitas fisik untuk merenggangkan tulang dan mengelastiskan otot - otot tubuh.
  • Melakukan yoga . Cara yang efektif untuk membentuk postur tubuh anda menjadi normal adalah dengan melakukan yoga, karena gerakan - gerakan yoga dapat membuat otot - otot tubuh menjadi lebih elastis serta tulang - tulang tubuh anda menjadi lebih lentur, renggang dan dapat mengembalikan postur tubuh anda yang buruk menjadi normal. Selain itu yoga juga dapat memberikan dorongan alami terhadap pertumbuhan tinggi badan anda menjadi lebih maksimal. 

Meningkatkan sisitem kekebalan

Sistem kekebalan tubuh juga sangat berperan besar terhadap tumbuh kembang tinggi badan anda, Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, segala macam penyakit tidak akan mudah menyerang tubuh anda.

Hal ini dikarenakan jika tubuh anda tidak mudah terserang penyakit, nutrisi dan sistem metabolisme tubuh akan mudah terkonsentrasi ke pertumbuhan tubuh anda.

Berbeda halnya jika tubuh anda sering sakit - sakitan, hal ini dapat menghambat pertumbuhan tubuh anda.

Apalagi jika anda masih memasuki masa anak - anak dan pubertas, memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting sekali karena beberapa penyakit dapat menghambat pertumbuhan tubuh anak.

Oleh sebab itulah jika anda ingin tumbuh kembang tinggi badan anda normal, usahakan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Caranya cukup mudah sekali, yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti buah - buahan yang banyak mengandung vitamin C ( jeruk, apel, lemon, anggur dll ), ikan dan kacang  - kacangan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 dan protein,  dan teh yang banyak mengandung antioksidan alami.

Minum banyak air

Tubuh manusia tersusun lebih dari 70 % air, air sangat penting sekali untuk menambah tinggi badan karena tidak mungkin nutrisi dari makanan yang anda konsumsi dapat diolah oleh tubuh dan sistem metabolisme tubuh anda akan berfungsi jika tidak adanya asupan air yang cukup pada tubuh anda.

Disini air merupakan kuci utama dalam menambah tinggi badan, karena sistem metabolisme tubuh berperan langsung dalam mendukung tumbuh kembang seseroang, oleh sebab itu agar sistem metabolisme tubuh anda dapat berjalan optimal, usahakan untuk selalu mengkonsumsi air putih yang teratur setiap harinya.

Rekomendasi dari para pakar kesehatan dunia untuk mengkonsumsi 2 liter air setiap hari namun agar sistem metabolisme tubuh anda menjadi lebih optimal, anda dapat mengkonsumsi 2,5 liter air setiap hari.

Jauhi faktor - faktor yang dapat menghambat pertumbuhan anda

Tidak kalah penting dari point - point sebelumnya, untuk menambah tinggi badan menjadi lebih maksimal, usahakan untuk selau mejauhi faktor - faktor yang menghambat pertumbuhan tinggi badan anda.

Obat obatan terlarang dan alkohol merupakan 2 faktor penting penting penghambat pertumbuhan tingga badan yang harus anda hindari karena zat yang terkandung didalam alkohol dan obat - obatan terlarang dapat menganggu pertumbuhan normal.

Steroid juga dapat menghambat pertumbuhan badan seseorang, obat ini seharusnya dilarang dan tidak dianjurkan digunakan oleh kalian yang masih remaja dan masih dalam masa pertumbuhan karena cenderung menghambat pertumbuhan tulang.

Bahkan penelitian menunjukkan anak - anak dan remaja yang mengkonsumsi obat asma yang mengandung dosis kecil budesonide ( sejenis steroid ) menunjukkan pertumbuhan 1 inci lebih lambat daripada teman seusinya.

Terlepas dari beberapa zat yang menghambat pertubuhan seperti diatas, ternyata zat yang biasa kita konsumsi sehari - hari jika dikonsumsi oleh anak - anak dan remaja yang sedang memasuki masa pertumbuhan juga dapat berdampak buruk sekali terhadap pertumbuhan tinggi badan. Zat tersebut adalah kafein.

Selain secara langsung dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan, mengkonsumsi kafein pada orang - orang yang sedang memasuki masa pertumbuhan juga dapat menyebebakan seseorang tersebut kehilangan waktu tidurnya, akibat efek stimulan dari kafein ini yang dapat menyebabkan seseorang untuk terjaga selama berjam-jam. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tidur sangat penting untuk mendapatkan tinggi badan yang maksimal, karena ketika tidur tersebutlah hormon pertumbuhan akan diproduksi secara besar - besaran.
Advertisement