Ciri - Ciri Wanita Hamil Muda ( Gejala dan Tanda - Tandanya )

Pilihan Editor

Advertisement
Apakah ciri - ciri wanita hamil muda dapat diketahui dalam waktu 1 - 2 hari atau 1 - 2 minggu setelah berhubungan, simak kebenarannya plus penjelasan lengkap tentang ciri - ciri wanita hamil muda beserta dengan gejala dan tanda - tandanya pada artikel dibawah ini !

Ciri - Ciri Wanita Hamil Muda ( Gejala dan Tanda - Tandanya )

Memiliki buah hati merupakan hal terindah yang paling di idam - idamkan oleh semua wanita, namun sebelum itu tentu saja anda seorang wanita harus memiliki pasangan halal terlebih dahulu hingga lahirlah buah cinta dari hubungan yang kalian lakukan.

Pada masa - masa setelah melakukan hubungan dengan pasangan inilah biasanya seorang wanita merasa deg - deg'an menunggu kepastian akan hasil ( hamil ) yang akan mereka dapatkan. Sehingga mereka sering sekali bertanya - tanya "Sebenarnya seperti apasih ciri - ciri wanita akan hamil tersebut ?".

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan umum yang paling sering ditanyakan oleh wanita setelah melakukan hubungan, ini merupakan hal yang biasa, apalagi jika anda merupakan pasangan muda yang baru saja menikah. Tentu saja anda belum memiliki pengalaman sama sekali tentang kehamilan bukan ?

Ciri ciri orang hamil apakah dapat terlihat setelah 1 - 2 hari atau 1 - 2 minggu ?

Banyak yang beranggapan bahwa ciri - ciri orang hamil dapat terlihat 1 - 2 hari setelah berhubungan, namun ternyata hal tersebut tidaklah benar, karena menurut penelitian ciri - ciri atau tanda awal hamil sebagian besar disebabkan oleh faktor hormonal dimana baru terjadi sekitar 3 - 7 hari setelah pembuahan, ketika sel telur yang telah dibuahi mulai masuk ke dalam dinding rahim (implantasi) dan memulai perkembangan janin. Selama perkembangan janin inilah terjadi proses hormonal yang dapat menimbulkan berbagai gejala yang dapat terlihat sebagai ciri - ciri kehamilan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa ciri - ciri seorang wanita sedang memasuki awal masa kehamilan ( hamil muda ) baru dapat terlihat 1 minggu setelah berhubungan dengan pasangan. Tentu saja hal ini juga dapat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan reproduksi masing - masing orang.

Ciri ciri wanita hamil muda

Ciri - ciri wanita sedang memasuki awal masa kehamilan atau hamil muda ada banyak sekali dan terkadang pada setiap wanita tidaklah selalu sama, namun ciri - ciri wanita hamil muda secara umum dapat diketahui melalui beberapa hal seperti dibawah ini :

Telat haid

Tanda - tanda seorang wanita sedang memasuki awal masa kehamilan yang paling umum sekali terjadi biasanya adalah tidak teraturnya jadwal haid seperti yang anda alami sebelumnya, namun pastikan terlebih dahulu bahwa jadwal haid yang biasa anda alami sebelumnya normal - normal saja.

Karena hilangnya periode menstruasi tidak selalu menandakan gejala awal kehamilan, penyimpangan menstruasi juga dapat disebabkan oleh faktor lain seperti masalah diabetes, sindrom ovarium polikistik, gangguan makan, olahraga berlebihan, dan obat - obatan tertentu.

Oleh sebab itulah jika anda merasa telat haid / menstruasi, untuk memastikan apakah anda benar - benar hamil atau anda sedang mengalami masalah kesehatan tertentu, sangat disarankan untuk memastikannya dengan berkonsultasi dengan dokter terkait.

Pendarahan ringan

Menurut studi yang dilakukan, sebanyak 25 % wanita hamil menunjukkan gejala pendarahan ringan, hampir mirip seperti menstruasi namun darah yang dihasilkan biasanya hanya berupa bercak dan memiliki warna yang lebih pudar dibandingkan dengan menstruasi.

Hal ini biasanya terjadi saat implantasi telur yang berhasil dibuahi, pada saat 6 - 12 hari setelah pembuahan.

Peyudara terasa lembut dan terisi

Biasanya wanita akan menunjukkan gejala payudara terasa lembut dan lebih berisi ini pada 1 - 2 minggu setelah pembuahan, hal lain yang dirasakan biasanya payudara juga terasa lebih penuh dan berat dibandingkan dengan biasanya.

Kebanyakan gejala awal kehamilan seperti payudara terasa lembut, berisi dan penuh ini terkait dengan meningkatnya kadar hormon progesteron ketika anda sedang memasuki awal kehamilan.

Merasa kelelahan

Efek meningkatnya hormon progesteron pada masa kehamilan juga dapat menyebabkan tubuh mudah lelah, selain itu, selama masa kehamilan tubuh lebih banyak memompa darah untuk membawa nutrisi ke janin.

Hal ini sudah umum, dan biasanya akan anda rasakan pada 1 minggu setelah pembuahan.

Perubahan suasana hati

Ketika menginjak awal masa kehamilan, perubahan - perubahan hormon juga dapat menyebabkan suasana hati anda menjadi berubah - ubah tak menentu, biasanya yang paling sering dirasakan adalah bad mood. 

Biasanya yang paling umum sekali terjadi hal ini dipicu oleh rasa stress yang muncul dari dalam diri anda sendiri, misalnya takut melahirkan, takut menjadi orang tua, takut memikirkan kehidupan anak anda nantinya seperti apa, dan lain - lain.

Oleh sebab itulah, ketika sedang memasuki masa kehamilan, usahakan anda selalu berfikir yang positif - positif dan konsentrasi dengan kesehatan janin anda.

Sering pusing dan sakit kepala

Perubahan hormon pada saat memasuki awal kehamilan juga dapat menyebabkan kepala sering pusing dan sedikit sakit.

Bukan saja masalah hormon, namun tekanan darah rendah, gula darah rendah juga dapat menjadi penyebabnya.

Jika anda mengalami rasa pusing - pusing atau sakit kepala ketika sedang memasuki awal kehamilan, sangat disarankan sekali untuk konsultasi dengan dokter terkait untuk memastikannya.

Merasa mual dan ingin muntah

Gejala yang umum timbul ketika anda sedang memasuki masa kehamilan adalah timbulnya rasa mual dan rasa ingin muntah yang sulit untuk ditahan.

Rasa mual dan ingin muntah ini biasa disebut dengan morning sickness dan mulai terjadi 2 - 8 minggu setelah pembuahan serta dapat terjadi sepanjang masa kehamilan.

Oleh sebab itulah untuk membantu cairan tubuh anda tetap terpenuhi, usahakan untuk banyak mengkonsumsi air putih dan banyak mengkonsumsi buah - buahan yang mengandung air seperti biah pir, mentimun, stawberry.

Agar rasa mual dapat sedikit teratasi anda juga dapat mengkonsumsi teh hijau, wedang jahe atau minuman dan makanan lain yang dapat mengurangi rasa mual yang anda alami.

Ngidam makanan tertentu atau muak dengan makanan tertentu

Terkadang ketika kita sedang memasuki masa kehamilan, membuat nafsu makan kita menjadi terganggu, gejala perubahan nafsu makan ini juga terkadang terasa aneh.

Ngidam makanan mendadak, padahal makanan itu dulunya tidak kita sukai, atau malah merasa muak dengan makanan yang biasanya kita sukai itu merupakan hal yang wajar.

Ngidam makanan tertentu itu boleh - boleh saja, namun usahakan untuk tetap memperhatikan nutrisi untuk janin anda ya, karena apapun yang anda makan tentunya nutrisi dari makanan tersebut akan anda bagi dengan janin anda.

Sering buang air kecil

Tanda - tanda kehamilan yang sering muncul selanjutnya adalah sering ingin buang air kecil. Hal ini terjadi karena kebutuhan untuk mengosongkan kandung kemih lebih umum terjadi ketika masa kehamilan yang disebabkan oleh dorongan rahim anda yang semakin membesar.

Dan juga hal ini bisa saja dipengaruhi karena ketika memasuki masa kehamilan, tubuh cenderung lebih banyak memproduksi hormon yang disebut dengan hormon chorionic gonadotrpoin, hormon ini menyebabkan meningkatnya aliran darah kedaerah panggul dan menyebabkan perempuan untuk buang air kecil lebih sering.

    Itulah tadi beberapa tanda - tanda atau ciri - ciri wanita hamil muda yang paling umum terjadi, bisa jadi hal ini juga merupakan gejala kondisi lain, oleh sebab itulah untuk memastikan kebenarannya, apakah anda positif hamil atau tidak, sangat disarankan sekali bagi anda untuk memeriksakanya secara intensif dengan dokter terkait.
Advertisement