Macam - Macam Vitamin, Sumber Vitamin dan Fungsi Vitamin [ LENGKAP ]

Pilihan Editor

Advertisement
Macam - Macam Vitamin, Sumber Vitamin dan Fungsi Vitamin

Tahukah anda, ternyata vitamin terbagi menjadi banyak sekali, dan setiap macam - macam vitamin memiliki sumber dan fungsi yang berbeda - beda. Mengetahui macam - macam vitamin, sumber vitamin, beserta fungsi vitamin sangatlah penting sekali, karena dapat mengedukasi kita tentang pentingya peran vitamin tersebut terhadap kesehatan tubuh manusia.

Sejatinya pengertian vitamin sendiri adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, dan vitamin ini tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh.

Jadi disini sangat diperlukan sekali peran dari diri kita sendiri untuk mendapatkan vitamin tersebut dari luar, bisa melalui makanan, sinar matahari dan lainnya.

Menurut emedicinehealth.com, vitamin yang masuk kedalam tubuh tidak bisa langsung diproses oleh tubuh begitu saja, namun harus diseleksi terlebih dahulu dan biasanya sebelum diproses oleh tubuh, vitamin tersebut akan dibedakan menjadi 2 macam yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin yang larut dalam air

Vitamin yang larut dalam air merupakan vitamin yang dapat larut bebas bersama dengan air didalam tubuh kita, dan akan ikut terekskresi oleh ginjal. Pada dasarnya tubuh hanya membutuhkan jenis vitamin yang larut dalam air ini dengan dosis yang rendah.

Vitamin yang larut didalam air juga termasuk salah satu pembentuk metabolisme tubuh, namun setelah dikonsumsi, vitamin yang larut didalam air ini tidak akan disimpan oleh tubuh, dan dapat dikeluarkan bersama dengan urine.

Berikut dibawah ini beberapa jenis vitamin yang larut dalam air, lengkap dengan sumber, beserta fungsinya.

Macam - macam vitamin yang larut dalam air, sumber beserta fungsinya

1. Vitamin B1 ( Tiamin )

Fungsi vitamin B1 ( tiamin ) ini adalah untuk membantu proses metabolisme energi didalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, membantu memproduksi sel darah merah serta berperan penting terhadap fungsi saraf.

Sumber - sumber vitamin B1 ( tiamin ) dapat kita temukan pada berbagai macam makanan, diantaranya adalah biji - bijian, kacang - kacangan, biji bunga matahari, semangka, tiram, kacang polong, oatmeal dll.

2. Vitamin B2 ( Riboflavin )

Fungsi vitamin B2 ( riboflavin ) ini adalah mebantu enzim menghasilkan energi untuk tubuh,  membantu kelancaran produksi sel darah merah, penting bagi kesehatan penglihatan dan kesehatan kulit.

Sumber - sumber vitamin B2 ( riboflavin ) ini adalah brokoli, bayam, gandum dan berbagai jenis makanan olahan dari susu seperti susu cair, yoghurt dan lain - lain.

3. Vitamin B3 ( Niacin )

Fungsi vitamin B3 ( niacin ) adalah dapat membantu proses metabolisme energi, penting terhadap kesehatan sistem saraf, sistem pencernaan, serta kesehatan kulit.

Sumber - sumber vitamin B3 ( niacin ) dapat kita peroleh dari berbagai macam makanan seperti daging unggas, ikan, gandum, bayam, brokoli, asparagus, dan kacang - kacangan.

4. Vitamin B6 ( Piridoksin )

Fungsi vitamin B6 ( piridoksin ) diperlukan untuk membantu metabolisme protein didalam tubuh, dan membantu memprosuksi sel - sel darah merah.

Sumber - sumber vitamin B6 ( piridoksin ) ini dapat ditemukan hampir pada semua jenis daging - dagingan, ikan, unggas, sayuran dan buah - buahan.

5. Vitamin B12 ( Cobalamin )

Fungsi vitamin B12 ( cobalamin ) ini adalah untuk membuat sel - sel tubuh baru dan berperan penting terhadap kesehatan fungsi saraf.

Sumber - sumber vitamin B12 ( cobalamin ) dapat ditemukan hampir pada semua jenis makanan yang berasal dari hewan seperti daging, unggas, ikan, seafood, produk olahan susu, susu cair, yoghurt.

Namun uniknya sumber vitamin B12 ( cobalamin )  ini tidak dapat ditemukan dari jenis makanan yang berasal dari tumbuh - tumbuhan.

6. Vitamin C ( Asam askorbat )

Fungsi vitamin C ( asam askorbat ) adalah untuk membantu dalam proses metabolisme protein, membantu penyerapan protein serta sangat penting sekali terhadap kesehatan sistem kekebalan tubuh manusia.

Sumber - sumber vitamin C ( asam askorbat ) dapat ditemukan pada berbagai macam jenis sayur - sayuran dan buah - buahan terutama pada jeruk, melon, stroberi, pepaya, mangga, tomat, kentang, paprika, kubis dan lain - lain.

Berbeda dengan vitamin B12 yang hanya dapat ditemukan pada jenis makanan yang berasal dari hewan, justru sebaliknya, vitamin C hanya dapat ditemukan pada jenis makanan dari tumbuh - tumbuhan dan tidak dapat ditemukan pada jenis makanan yang berasal dari hewan.

        Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bahwa vitamin dibedakan menjadi 2 yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak, setelah mengetahui macam - macam vitamin yang larut didalam air berserta sumber dan fungsinya. Kini saya akan membahas jenis vitamin yang kedua yaitu vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin yang larut dalam lemak

Berbeda dengan vitamin yang dapat larut dengan bebas dengan air didalam tubuh, vitamin yang larut dalam lemak ini ketika masuk kedalam tubuh cenderung akan disimpan kedalam sel - sel tubuh dan tidak diekskresikan semudah vitamin yang larut dalam air.

Meskipun tubuh kita memang memerlukan asupan vitamin yang larut dalam lemak ini dalam dosis yang cukup, namun vitamin yang larut dalam lemak ini juga tidak perlu sering - sering dikonsumsi sesering vitamin yang larut dalam air karena jika anda terlalu banyak mengkonsumsi vitamin yang larut dalam lemak, ini bisa memiliki efek racun terhadap tubuh anda.

Tubuh manusia sangat sensitif jika terlalu banyak asupan vitamin A dan vitamin D. Diet yang seimbang biasanya dapat memberikan asupan vitamin yang larut dalam lemak dengan dosis yang cukup.

Berikut dibawah ini beberapa jenis vitamin yang larut dalam lemak, lengkap dengan sumber, beserta fungsinya.

Macam - macam vitamin yang larut dalam lemak, sumber beserta fungsinya

1. Vitamin A

Fungsi vitamin A pada tubuh adalah untuk kesehatan mata, kesehatan kulit, kesehatan selaput lendir, kesehatan tulang, kesehatan gigi serta kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Sumber - sumber vitamin A dapat anda peroleh dari berbagai macam makanan yang berasal dari hewan dan tumbuh - tumbuhan seperti susu, keju, krim, mentega, margarin, telur, hati, melon, wortel, labu, ubi jalar dan lain -lain.

2. Vitamin D

Fungsi vitamin D didalam tubuh adalah untuk membantu penyerapan kalsium pada tulang dan membantu kesehatan tulang lebih terjaga.

Sumber - sumber vitamin D dapat kita peroleh dari kuning telur, hati, ikan berlemak, susu, dan vitamin D juga dapat kita peroleh dari pancaran sinar matahari.

3. Vitamin E

Fungsi vitamin E adalah sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh serta melindungi dinding sel agar tetap sehat, dan sangat baik sekali untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Sumber - sumber vitamin E dapat diperoleh dari berbagai macam makanan dari kacang - kacangan, biji - bijian dan sebagian dari hewan, contoh makan tersebut adalah kacang kedelai, jagung, gandum, kuning telur, hati, dan lain -lain.

4. Vitamin K 

Fungsi vitamin K ternyata sangat penting sekali untuk tubuh manusia, selain dapat membantu mempercepat pembekuan darah, ketika sel - sel tubuh rusak, vitamin K juga dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Sumber - sumber vitamin K dapat kalian peroleh dari berbagai macam sayuran berdaun hijau, kangkung, kubis, bayam, sawi, brokili, susu kuning telur dan lain -lain.

      Baiklah, itulah tadi artikel tentang macam - macam vitamin, sumber vitamin dan fungsi vitamin, jika kalian ada pertanyaan, jangan sungkan - sungkan untuk berkomentar ya. 😊😊😊
Advertisement