Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia ( Susah Tidur )

Pilihan Editor

Advertisement
Penyebab dan cara mengatasi insomnia ( susah tidur ) - Insomnia merupakan suatu masalah kesehatan serius yang paling ditakuti oleh orang - orang pada saat ini. Banyak yang menganggap bahwa insomnia merupakan suatu penyakit, namun sebenarnya insomnia bukanlah penyakit. Sejatinya Insomnia adalah suatu masalah kesehatan berupa gangguan tidur yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami masalah susah tidur, bahkan jika tidak cepat - cepat ditangani, masalah insomnia ini bisa mengakibatkan penderitanya tidak bisa tidur selama berhari - hari.

Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia ( Susah Tidur )

Bukan insomnianya yang ditakuti, namun efek karena tidak bisa tidur berhari - hari yang disebabkan oleh insomnia inilah yang dapat membuat penderitanya rentan terserang berbabagi macam penyakit serius, seperti stress, gagal jantung, sakit kepala dan lain - lain.

Penyebab insmomnia atau susah tidur juga banyak sekali, penting sekali bagi anda untuk mengetahui penyebab insomnia ini, apalagi jika anda saat ini sedang mengalami masalah insomnia, karena dengan mengetahui penyebab insomnia dapat membuat penanganan masalah insomnia yang sedang anda alami bisa cepat - cepat untuk diatasi.

Penyebab insomnia ( susah tidur )

Menurut beberapa ahli dari Sleepfoundation.org, insomnia dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kondisi medis tertentu, masalah psikologis, pola makan yang tidak baik, gaya hidup yang buruk dan lain - lain.

Penyebab medis insomnia

Ada banyak sekali kondisi medis yang dapat menyebabkan masalah insomnia ini, dalam beberapa kasus memang benar bahwa kondisi medis tertentu dapat menyebabkan insomnia namun dalam beberapa kasus juga kondisi medis tertentu hanya menyebabkan seorang pasien mengalami ketidaknyamanan dan berakibat susah untuk tidur.

Contoh kondisi medis yang dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia adalah :
  • Asma
  • Radang sendi
  • Nasal / alergi sinus
  • Kondisi neurologis seperti parkinson
  • Masalah pencernaan seperti refluks
  • Masalah endokrin seperti hipertiroidisme
  • Penyakit kronis
  • Sleep apnea
  • Dll
Jika anda mengalami masalah susah tidur yang teratur, langkah yang paling bijak tentunya adalah dengan memeriksakan kondisi kesehatan anda terlebih dahulu dengan dokter terkait, siapa tau dibalik masalah tidur yang anda alami ternyata terdapat masalah kesehatan serius yang mengintai anda.

Insomnia & Depresi

Depresi juga dapat membuat seseorang mengalami masalah susah tidur, ini merupakan kondisi kejiwaan yang paling sering menjadi penyebab munculnya masalah insomnia ini.

Depresi sendiri merupakan keadaan suasana hati yang buruk seperti sedih berkepanjangan, putus harapan, kehilangan motivasi, sering menyalahakan diri sendiri dan lain - lain.

Insomnia sendiri merupakan salah satu gejala depresi, dan resiko insomnia akan lebih berbahaya jika anda telah mengalami depresi sebelumnya. Studi juga menunjukkan bahwa insomnia dapat memperburuk masalah depresi.

Insomnia & Kecemasan

Faktor kecemasan juga dapat memicu timbulnya masalah insomnia ini, biasanya gangguan tidur yang diakibatkan oleh faktor kecemasan sering dialami oleh orang - orang dewasa.

Gejala kecemasan yang dapat memicu timbulnya insomnia tersebut adalah :
  • Merasa kewalahan dengan tanggung jawab
  • Berlebihan mengkhawatirkan masa depan
  • Terperangkap dengan kenangan masa lalu
  • Trauma kejadian mengerikan yang terjadi dimasa lalu
  • Ketegangan
  • Takut kegelapan
  • Dan lain - lain.
Kecemasan dan insomnia merupakan siklus berantai yang dapat mempengaruhi satu sama lain, di lain sisi anda susah tidur karena merasa cemas, dilain sisi juga insomnia yang anda alami malah akan menimbulkan rasa cemas, panik dan takut yang berkepanjangan.

Insomnia & gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat seperti buruknya pola tidur dan kebiasaan - kebiasaan lain yang dapat mengganggu pola tidur berpeluang tinggi terhadap timbulnya masalah insomnia ini.

Buruknya pola tidur dan kebiasaan - kebiasaan yang dapat menggangu pola tidur yang dapat menyebabkan insomnia adalah :
  • Sering bekerja dirumah pada malam. Sehingga menyebabkan pikiran anda menjadi terfokus untuk menyelesaikan pekerjaan dan akhirnya anda lupa untuk bersantai, apalagi jika anda bekerja sampai larut malam, menunggu hingga pekerjaan anda selesai, hal ini sangat buruk sekali terhadap pola tidur anda dan jika anda telah terbiasa melakukan hal tersebut tentu saja insomnia akan anda alami.
  • Sering tidur siang. Tidur siang sebenarnya memiliki manfaat yang baik sekali untuk kesehatan seperti dapat membuat otak lebih fress, mengembalikan konsentrasi, menajamkan daya ingat dan lain - lain. Tidur siang memang bermanfaat untuk sebagian orang, namun sebagian orang lainnya banyak yang mengeluhkan bahwa jika mereka tidur siang cenderung akan sulit untuk tidur pada malam hari, ini mungkin disebabkan oleh siklus tidur yang mereka miliki.
  • Jadwal tidur yang buruk. Mungkin karena keasyikan bekerja, nonton siaran sepak bola atau aktifitas pada malam hari lainnya terpaksa memaksa anda tidur larut malam lalu menebusnya dengan tidur sampai siang hari. sebenarnya ini merupakan suatu pola tidur yang buruk dan berpotensi menimbulkan masalah insomnia karena dapat membingungkan jam tubuh anda untuk tidur sehingga akan berdampak sulit tidur pada malam berikutnya.
  • Sering berganti shift kerja. Pada hari ini anda bekerja pada malam hari dan tidur pada siang hari, ke esokan harinya anda bekerja pada sing hari dan tidur malam hari. Jam tidur seperti ini sangat membingungkan jam tubuh anda untuk beradaptasi, sehingga lama - kelamaan akan membuat anda menjadi susah untuk tidur.

Insomnia & pola makan

Pola makan yang buruk dan jenis makanan tertentu ikut ambil bagian dalam masalah insomnia ini. Jika anda susah tidur, meninjau makanan apa saja yang anda konsumsi merupakan solusi terbaiknya.

Beberapa jenis makanan yang dapat membuat anda susah tidur tersebut diantaranya adalah :
  • Kafein. Kafein merupakan stimulan yang dapat membuat orang yang mengkonsumsinya dapat melek berjam - jam. Kebanyakan orang mengkonsumsi kafein ini biasanya pada pagi hari, untuk membantu mereka memulai hari dan lebih produktif. Kafein untuk sebagian orang sebenarnya baik - baik saja mengkonsumsi kafein asal takarannya tidak berlebihan, tetapi mengkonsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan insomnia, menurut penelitan, orang yang mengkonsumsi kafein lebih dari 4 gelas perhari cenderung merasakan insomnia pada malam hari dibanding dengan orang yang mengkonsumsi 0 -1 gelas kafein perhari.
  • Alkohol. Alkohol termasuk dalam obat penenang, namun biasanya efek penenangnya hanya diawal saja, dan tidak benar - benar membuat anda tertidur pulas, biasanya setelah beberapa jam efek alkohol menghilang, anda cenderung susah untuk tidur.
  • Nikotin. Nikotin juga merupakan salah satu zat stimulan. menurut penelitian, nikotin cenderung menimbulkan efek sesak nafas dan membuat tubuh terasa tidak nyaman dalam waktu beberapa jam. Efek dari nikotin tersebutlah yang dapat membuat seseorang mengalami insomnia dan susah untuk tidur.

Insomnia & otak

Ada banyak sekali faktor yang mengaitkan antara insomnia dan otak, dalam beberapa kasus, insomnia mungkin disebabkan oleh neurotransmitter tertentu didalam otak yang berkaitan dengan aktifitas tidur dan terjaga.

Ada banyak sekali kemungkinan reaksi kimia yang terjadi didalam otak sehingga membuat penderitanya mengalami insomnia, bahkan dalam beberapa kasus sering ditemukan seorang pasien yang telah mengalami masalah insomnia selama bertahun - tahun tanpa diketahui sebab akibatnya.

         Setelah mengetahui berbagai macam penyebab insomnia tersebut, lalu bagaimana cara mengatasi insomnia ?

Cara mengatasi insomnia ( susah tidur )

Cara mengatasi insomnia dapat kita siasati dengan berbagai cara dan cara - cara tersebut sangat erat kaitannya dengan berbagai penyebab insomnia diatas.

Hilangkan depresi pada diri anda

Depresi merupakan keadaan suasana hati yang buruk seperti sedih berkepanjangan, putus harapan, kehilangan motivasi, sering menyalahakan diri sendiri dan lain - lain.

Jika anda beranjak tidur dengan pikiran yang dipenuhi dengan depresi tentu saja akan membuat anda menjadi insomnia dan susah sekali untuk tidur.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh badan kesehatan Amerika Serikat, sebanyak 30 % populasi orang dewasanya mengaku pernah mengalami depresi dan 20 % lagi dialami oleh remaja dan anak - anak.

Tuntutan kehidupan yang semakin tinggi, ekpentasi orang - orang disekitar, konflik antar negara, kekerasan seksual dan lain - lain merupakan penyebab depresi yang sering dialami oleh kebanyakan orang.

Solusi untuk mengatasi depresi sendiri adalah dengan sering menyejukkan pikiran, mengikuti tausiah, sering mendengarkan motivasi, selalu berfikir positif, berkonsultasi dengan psikolog, mendekatkan diri kepada Tuhan YME dan lain - lain.

Jika depresi yang anda alami telah hilang, dijamin tidur anda akan lebih mudah terlelap.

Hilangkan kecemasan pada diri anda

Selain depresi, faktor psikologis lain yang sering menjadi biang kerok masalah insomnia ini adalah adanya kecemasan pada diri anda ketika akan tidur.

Faktor kecemasan ini bermacam - macam sekali misalnya saja adalah merasa kewalahan dengan tanggung jawab berlebihan, mengkhawatirkan masa depan, terperangkap dengan kenangan masa lalu, trauma dengan kejadian mengerikan yang terjadi dimasa lalu, takut kegelapan dan lain - lain.

Solusi agar tidur anda nyaman dan terhindar dari kecemasan adalah dengan selalu berfikir positif, tingkatkan rasa percaya diri anda, yakinkan bahwa diri anda dapat melalui segala macam rintangan yang akan menghadang dimasa mendatang, yakinkan bahwa masa depan akan berjalan baik - baik saja, yakinkan kepada diri anda bahwa tidak ada sesuatu apapun yang kamu takutkan didunia ini kecuali Tuhan YME, maka dijamin kecemasan pada dirimu akan berangsur - angsur menghilang dan anda pun dapat tidur dengan pulas.

Ubah gaya hidup menjadi lebih baik

Gaya hidup yang tidak baik, seperti buruknya pola makan dan pola tidur memang berpeluang besar menimbulkan masalah insomnia pada malam hari.

Jika anda tidak ingin terus - terusan mengalami insomnia sangat dianjurkan sekali untuk merubah gaya hidup anda menjadi lebih baik.

Stop merokok, alkohol dan kurangi konsumsi kafein merupakan langkah terbaik untuk menghindari masalah insomnia ini.

Selain itu buatlah jadwal tidur yang teratur setiap hari, tidur pukul 9 malam dan bangun pukul 5 pagi merupakan waktu ideal untuk tidur sehat.

Sebagai pelengkap, pada pagi hari setelah bangun tidur anda juga bisa melakukan olahraga secara teratur seperti lari pagi, yoga, senam dan lain - lain untuk membuat badan menjadi lebih sehat dan pikiran menjadi lebih fress sehingga pikiran dapat terhindar dari masalah depresi dan kecemasan. 

Bila insomnia terus berlanjut segera konsultasi dengan dokter terkait

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa penyebab insomnia sangatlah komplek, terkadang masalah insomnia terjadi berkaitan dengan kondisi kesehatan tertentu.

Jika anda merasa insomnia yang anda alami tidak berangsur membaik walaupun anda telah menerapkan berbagai cara untuk mensiasatinya, sangat disarankan bagi anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter terkait.

       Itulah tadi beberapa cara mengatasi insomnia, agar penanganan masalah insomnia yang anda alami pada saat ini dapat lebih maksimal, anda juga dapat memperhatikan beberapa tips mengatasi insomnia dibawah ini :

Tips mengatasi insomnia ( susah tidur )

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik memang sangat menyenangkan sekali, mendengarkan musik juga dapat menstimulun otak menjadi lebih tenang, sehingga masalah depresi dan kecemasan dapat perlahan -lahan teralihkan. Jika anda mengalami insomnia cobalah pejamkan mata anda sambil mendengarkan musik, untuk pilihan jenis musik sebenarnya menyesuaikan dengan kesukaan masing - masing individu, namun jenis musik yang cocok untuk menghilangkan insomnia adalah jenis musik klasik dengan irama yang mendayu - dayu dan sendu.

Pilih posisi tidur senyaman mungkin

Posisi tidur yang baik juga dapat mempengaruhi kualitas tidur anda, memang ini terlihat sepele namun sangat berkontribusi besar terhadap kualitas tidur anda, terkadang jika salah dalam posisi tidur membuat badan dan leher terasa pegal - pegal ketika bangun ke esokan harinya, selain itu menurut penelitian, salah dalam posisi tidur juga dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah ketindihan, sehingga ke esokan harinya ketika anda ingin tidur kembali, anda cenderung cemas dan takut untuk tidur, hal inilah yang kemudian menimbulkan masalah insomnia.

Untuk itulah jika anda tidak ingin mangalami insomnia sangat disarankan sekali untuk mengetahui posisi tidur yang baik, posisi tidur yang baik adalah tidur dengan beralaskan sesuatu yang empuk seperti kasur, tubuh menghadap keatas, antara badan, kaki dan kepala usahakan untuk sejajar, kemudian jangan tidur dalam posisi tengkurap karena dapat membuat sulit untuk bernafas serta jangan tidur dengan gaya menyamping kekiri karena dapat menyumbat fungsi jantung.

Coba tidur tanpa busana

Banyak yang menganggap tidur tanpa busana sebagai kebiasaan yang tabu, namun ternyata tidur tanpa busa memiliki manfaat yang sangat baik sekali untuk kesehatan anda, baik kesehatan tubuh maupun kesehatan psikologis anda. ( Baca selengkapnya : manfaat tidur tanpa busana )

Ketika kita berusaha memejamkan mata untuk tidur, sering bukan, kita merasakan keadaan yang gimana gitu, antara tidak nyaman, gerah dan sumpek campur aduk menjadi satu, jika terus anda biarkan hal inilah yang dapat membuat anda menjadi susah untuk tidur.

Untuk mengatasinya coba deh tidur tanpa busana, karena menurut penelitian tidur tanpa busana dapat membuat tubuh lebih nyaman ketika bersentuhan dengan selimut dan kasur, membuat kita terbebas dari lilitan dan gesekan dari pakaian serta suhu tubuh cenderung lebih rendah sehingga membuat kita tidak merasa gerah ketika tidur.

Dekorasi kamar tidur anda menjadi lebih menarik

Dekorasi kamar yang itu - itu saja selama bertahun - tahun tentu saja membuat kita merasa bosan jika berada dikamar tersebut. Sehingga apapun yang kita lakukan dikamar tersebut terasa membosankan sekali. Hal inilah yang kemudian berakibat buruk terhadap tidur kita.

Biasanya hal ini sering dialami oleh anak - anak dan para remaja yang pada dasarnya sangat menyukai dengan perubahan.

Oleh sebab itulah agar tidur anda tidak tergangu, dan anda bisa cepat tidur pulas sangat direkomendasikan sekali untuk mendekorasi ulang kamar anda menjadi lebih menarik, seperti dengan mengganti cat dindingnya, menambahkan foto - foto kenangan indah, menambah lampu - lampu warna - warni yang cantik, serta menata ulang kamar anda sesuka hati anda.

Matikan lampu tidur

Pencahayaan ruangan ternyata memiliki peran penting terhadap aktifitas tidur dan kecepatan tidur seseorang, menurut penelitian, orang yang tidur dengan kondisi pencahayaan yang gelap cenderung lebih mudah untuk tidur terlelap, hal ini berbading terbalik ketika kita tidur dalam ruangan dengan pencahayaan tingi, ruangan dengan pencahayaan tinggi cenderung membuat kita merasa lebih gerah, sumpek dan tidak nyaman untuk tidur sehingga masalah insomnia lebih mudah kita alami.

Oleh sebab itulah agar tidur kita lebih berkualitas sangat disarankan sekali untuk mematikan semua lampu didalam ruangan termasuk juga dengan lampu tidur, namun hal ini tidak berlaku untuk kalian yang phobia terhadap kegelapan, orang yang phobia terhadap kegelapan justru malah merasa sebaliknya. 

Minta temani tidur oleh orang lain

Ini merupakan masalah serius bagi mereka yang memiliki phobia atau ketakutan terhadap sesuatu tertentu, misalkan takut dengan kegelapan, takut dengan hantu, takut dengan penjahat.

Orang - orang yang memiliki phobia tersebut cenderung susah sekali untuk tidur karena merasakan kecemasan yang luar biasa, sebenarnya hal ini sudah saya bahas diatas, namun kecemasan akibat phobia yang berujung susah tidur sebenarnya dapat anda siasati dengan mudah yaitu dengan mengajak orang lain untuk tidur bersama anda, hal ini kemudian akan berdampak terhadap munculnya ketenangan dalam diri anda karena ada yang menemani. 

Dekatkan diri kepada Tuhan YME

Ini merupakan solusi jitu dan paling ampuh buat anda yang sering mengalami insomnia, apalagi jika insomnia yang anda alami tersebut berasal dari kecemasan, depresi maupun ketakutan - ketakutan yang anda alami sehingga menyebabkan anda menjadi susah tidur.

Cobalah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan YME, jika anda seorang muslim, mulai sekarang perbanyaklah ibadah agar pikiran anda menjadi lebih tenang.

Jika insomnia mendadak menyerang anda, anda dapat mengawali tidur dengan melakukan sholat tahajud terlebih dahulu kemudian bacalah do'a untuk tidur, dijamin pikiran anda menjadi lebih tenang dan tidur pulas pun bisa anda dapatkan.

Saya tidak bisa berkata apa - apa lagi, sungguh dengan cara mendekatkan diri dengan Tuhan YME merupakan obat dari berbagai macam penyakit yang paling mujarab termasuk juga dengan masalah insomnia ini.
Advertisement