Cara Mengatasi Hidung Tersumbat ( Mampet ) Secara Alami

Pilihan Editor

Advertisement
Hidung tersumbat atau mampet merupakan salah satu masalah yang sangat menjengkelkan sekali, karena selain membuat kita merasa tidak nyaman, mengalami hidung tersumbat juga dapat membuat kita sulit sekali untuk bernafas.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat ( Mampet ) Secara Alami

Hidung tersumbat dapat menyerang siapa saja baik orang tua, remaja, dewasa, anak - anak maupun bayi. Dan apesnya hidung tersumbat tidak hanya menyerang hidung sebelah saja, namun kedua hidung pun bisa terkena masalah ini secara bersamaan.

Penyebab hidung tersumbat biasanya dikarenakan oleh flu dan pilek. Flu dan pilek menghasilkan lendir yang kemudian menyumbat saluran pernafasan pada area hidung kita.

Namun menurut healthline beberapa kondisi medis lain juga dapat mempengaruhi timbulnya masalah hidung tersumbat tersebut, beberapa kondisi medis tersebut diantaranya adalah :
  • Rhinitis
  • Pilek
  • Nasal polips
  • Masuk angin
  • Influenza
  • Alergi rhinitis
  • Kelainan septum
  • Infeksi sinus
  • Adenoids membesar
  • Alergi
  • Cedera hidung
  • Frontal sinusitis
  • Alergi asma
  • DLL
Walapun bukan termasuk kedalam suatu masalah kesehatan yang serius, namun hadirnya hidung tersumbat ini membuat kebanyakan orang merasa sangat risih sekali, apalagi jika hidung tersumbat tersebut sampai datang terus menerus dan berkepanjangan, tentu saja hal ini sangat menyiksa sekali bukan ?

Ada banyak sekali cara untuk mengatasi masalah hidung tersumbat, baik dengan menggunakan obat - obatan yang banyak beredar luas diapotik maupun dengan resep obat dari dokter terkait, namun jika anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya dan ingin cepat - cepat meredakan hidung tersumbat, beberapa cara alami berikut ini juga dapat anda gunakan untuk membatu mengatasi masalah hidung tersumbat yang kini sedang anda alami.

Berikut dibawah ini beberapa cara mengatasi masalah hidung tersumbat secara alami yang dapat anda terapkan dirumah :

Mengatasi hidung tersumbat dengan bawang putih

Bawang putih merupakan bahan dapur yang sangat ampuh sekali untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Bawang putih memiliki sifat antivirus dan antijamur yang dapat mengatasi masalah hidung tersumbat dengan cepat dan mudah.
  • Siapkan 2 siung bawang putih dan 1 gelas air.
  • Rebus bawang putih tersebut dengan air yang ada digelas sampai mendidih, anda juga dapat menambahkan satu setengah sendok teh bubuk kunyit.
  • Minum ramuan ini setiap hari untuk mempercepat penyembuhan hidung mampet.

Mengatasi hidung tersumbat dengan uap inhalasi

Ini merupakan terapi untuk menyembuhkan hidung tersumbat yang paling populer dikalangan masyarakat. Uap inhalansi bekerja sebagai ekspektoran alami untuk membersihkan hidung tersumbat serta membantu melumasi saluran pernafasan dari kemacetan.

Cara melakukan terapi uap inhalansi juga sangat mudah sekali, anda dapat menghirup uap nasi ketika anda sedang menanak nasi, atau anda juga dapat membuat terapi khusus dengan merebus biji ajwain kedalam air mendidih kemudian menghirup uapnya, jika anda menyukai aromaterapi anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint kedalamnya.

Perhatian : namun terapi menghirup uap pada umumnya tidak dianjurkan dilakukan oleh anak - anak, ibu hamil, orang yang menderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan gangguan sistem saraf pusat. Periksa dan konsultasikan terlebih dahulu kondisi kesehatan anda dengan dokter terkait.

Mengatasi hidung tersumbat dengan minyak kayu putih

Minyak kayu putih juga sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi masalah hidung tersumbat, cara ini juga telah banyak dilakukan dimasyarakat dan hasilnya ampuh sekali. Minyak kayu mengandung dekongestan dan sifat anti inflamasi yang dapat meluruhkan lendir pada hidung anda.

Cara memanfaatkan minyak kayu putih untuk mengatasi masalah hidung tersumbat juga sangat sederhana sekali, anda dapat meneteskan 2 - 3 tetes minyak kayu putih kedalam sapu tangan dan menghirup aromanya beberapa kali dalam sehari.

Andu juga dapat menerapkan minyak kayu putih ini pada bantal tidur anda, sehingga anda bisa mendapatkan manfaat minyak kayu putih ini bahkan ketika anda sedang tidur nyenyak.

Mengatasi hidung tersumbat dengan air hangat

Ini merupakan cara yang paling mudah sekali untuk mengatasi masalah hidung tersumbat, anda hanya memerlukan air hangat untuk melakukannya.

Jika anda mengalami masalah hidung tersumbat, penting sekali untuk membantu memperlancar aliran lendir pada hidung anda. Dan air hangat dapat membantu dalam hal ini.

Selain itu air hangat juga dapat menjaga saluran hidung anda tetap lembab dan mencegah saluran hidung untuk mengering.

Untuk mendapatkan manfaat air hangat sebagai solusi menghilangkan hidung tersumbat, anda dapat mandi dan berendam kedalam air hangat selama beberapa menit sambil menghirup uap air hangat nya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika berendam usahakan untuk menutup kamar mandi anda, agar uap air hangat nya dapat keluar dengan sempurna.

Pilihan lain untuk untuk mendapatkan manfaat air hangat sebagai solusi hidung mampet adalah dengan membasahi kain lap dengan air hangat dan letakkan pada wajah anda, biarkan selama 10 - 15 menit dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

Mengatasi hidung tersumbat dengan cuka sari apel

Solusi alami untuk mengatasi masalah hidung tersumbat lainnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. 

Cuka sari apel dapat membersihkan hidung tersumbat karena cuka sari apel kaya akan kandungan nutrisi baik didalamnya, yang dapat membantu mengencerkan lendir pada hidung anda dengan cepat serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.
  • Siapkan 2 sendok makan cuka sari apel dan 1 gelas air hangat.
  • Campurkan cuka sari apel kedalam air hangat tersebut.
  • Lalu minum ramuan tersebut 2 - 3 kali dalam sehari selama beberapa hari.

Mengatasi hidung tersumbat dengan teh herbal

Jika anda pencinta minuman teh, kabar baik buat anda, karena teh dapat juga kita manfaatkan untuk membantu mengatasi masalah hidung tersumbat yang sedang anda alami.

Teh herbal panas dapat membantu mengencerkan lendir pada hidung dengan cepat dan mudah, selain itu kandungan alami pada teh juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh anda.

Untuk mendapatkan manfaat teh ini cukup anda minum teh secara rutin setiap hari, apalagi ketika masalah hidung tersumbat sedang menimpa anda. 

Mengatasi hidung tersumbat dengan lada hitam

Siapa sangka ternyata salah satu bumbu dapur ini juga sangat ampuh sekali untuk membantu mengatasi masalah hidung tersumbat.

Aroma lada hitam dapat membuat kita bersin - bersin, sehingga dapat dengan mudah mengeluarkan lendir dan alergen pada hidung kita.
  • Ambil sedikit lada hitam dan letakkan pada telapak tangan anda, anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak wijen diatasnya.
  • Celupkan jari anda kedalam ramuan dan terapkan dibawah hidung anda.
  • Hirup aroma lada tersebut, hingga anda bersin - bersin.
  • Ulangi beberapa kali cara ini seperlunya.

Mengatasi hidung tersumbat dengan air fenugreek / klabet

Fenugreek atau klabet ( dalam bahasa Indonesia ) memang masih terdengar asing ditelinga kita, namun khasiat fenugreek untuk membantu masalah hidung tersumbat ternyata sangat ampuh sekali.

Fenugreek mengandung sifat anti inflamasi yang dapat membantu membersihkan selaput lendir dan panas serta kelembapan dari teh fenugreek dapat membantu mengencerkan lendir.
  • Siapkan 1 - 2 sendok teh biji fenugreek dan 1 gelas air.
  • Campurkan fenugreek tersebut kedalam air kemudian rebus samapai mendidih.
  • Jika sudah hangat, saring lalu ambil airnya saja.
  • Minum ramuan tersebut 2 - 3 kali dalam sehari.
Itulah tadi beberapa cara mengatasi hidung tersumbat ( mampet ) secara alami yang dapat anda terapkan dirumah, jika masalah tidak kunjung sembuh segeralah berobat ke dokter terkait ya....
Advertisement