Cara Mengatasi Bibir Hitam dengan Cepat Secara Alami + Cara Mencegahnya

Pilihan Editor

Advertisement
Cara mengatasi bibir hitam agar menjadi lebih cerah, pink dan merah dapat anda lakukan dengan cepat dan praktis. Caranya mudah sekali, hanya dengan memanfaatkan bahan - bahan alami yang dapat kita temukan disekitar rumah kita sebagai perawatan bibir yang ampuh. Selain itu didalam artkel ini juga akan dijelaskan tips mencegah masalah bibir hitam agar tidak terjadi lagi.

Cara Mengatasi Bibir Hitam dengan Cepat Secara Alami + Cara Mencegahnya

Bibir yang merah merona dan menggoda merupakan bibir idaman semua orang, berbeda halnya jika anda memiliki bibir yang hitam, gelap dan kusam, tentu itu sangat buruk sekali terhadap penampilan anda bukan ?

Banyak sekali penyebab bibir menjadi hitam misalnya saja akibat terkena paparan sinar matahari, bibir mengalami iritasi, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, sering merokok dan berbagai masalah lainnya.

Sejatinya bibir adalah bagian tubuh yang hanya memiliki 3 - 5 lapisan sel, sehingga kulit area bibir mengandung lebih sedikit penghasil pigmen warna kulit, namun karena bibir memiliki lebih banyak pembuluh darah dan akibat tipisnya lapisan sel pada bibir tersebut sehingga membuat bibir terlihat berwarna lebih cerah seperti pink dan merah muda.

Bibir seharusnya tidak berwarna hitam, jika anda mengalami masalah bibir yang hitam tentu saja anda sangat bingung sekali untuk mengatasinya bukan ?

Cara mengatasi bibir hitam secara alami

Untuk mengatasi masalah bibir yang hitam sebenarnya sangat mudah sekali, karena pada saat ini telah tersedia berbagai macam merk lipstik yang siap menjadikan bibir anda menjadi cerah berwarna sesuai keinginan anda.

Namun jika anda ingin perawatan bibir yang lebih ramah dan tanpa menimbulkan efek samping, perawatan bibir secara alami juga layak anda coba.

Selain dapat membantu mengatasi masalah bibir dengan cepat dan mudah, menggunakan bahan - bahan alami sebagai perawatan bibir juga dapat membantu menutrisi kulit bibir menjadi lebih sehat dan lembab.

1. Lemon

Lemon merupakan bahan alami yang sangat ampuh sekali untuk mengatasi masalah bibir hitam yang kini sedang anda alami, sifat pemutih yang terdapat pada lemon secara aktif dapat membantu mencerahkan kulit bibir serta menghilangkan noda - noda hitam pada kulit bibir. Bahkan lemon juga telah sering digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit wajah.
  • Ambil perasan air lemon lalu menerapkannya pada bibir anda setiap hari sebelum tidur dan membilasnya pada pagi hari setelah bangun tidur. Lihat perubahannya dalam waktu 1 - 2 bulan.
  • Atau anda juga dapat memotong lemon menjadi 2 bagian dan menaburi potongan lemon tersebut dengan gula, lalu menggosokkannya secara perlahan pada bibir anda. Hal ini dapat membantu mengangkat sel - sel kulit mati yang menghitam pada bibir anda, lapisan kulit segar pada bibir pun akan muncul kembali. Lakukan cara ini setiap hari selama beberapa minggu.

2. Minyak zaitun

Jika anda ingin mengatasi masalah bibir hitam dengan cepat, minyak zaitun bisa anda jadikan solusi terbaiknya.

Minyak zaitun memiliki banyak sekali kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit bibir, selain itu minyak zaitun juga merupakan salah satu pelembab alami yang dapat membantu melembabkan bibir menjadi lebih lembut dan indah.
  • Oleskan minyak zaitun secara rutin pada bibir sambil memijat lembut area bibir anda, lakukan perawatan bibir ini setiap hari sebelum tidur dan membilasnya pada pagi hari dengan menggunakan air hangat,

3. Gula

Gula dapat kita jadikan scrub alami untuk membantu pengelupasan sel - sel kulit mati pada bibir, sehingga sel - sel kulit mati yang berwarna kusam dan hitam dapat terangkat dengan sempurna dan bibir anda pun akan kembali cerah alami.
  • Anda dapat mencampurkan satu setengah sendok teh gula dan beberapa tetes minyak minyak zaitun, lalu menggosokkannya pada area bibir anda selama beberapa menit, kemudian membilasnya menggunakan air hangat. Lakukan perawatan bibir ini 2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

4. Madu

Madu memiliki sifat pengelupasan yang dapat membantu menghilangkan sel - sel kulit mati dari bibir anda, sehingga sel - sel kulit mati yang berwarna kusam dan hitam dapat terangkat dengan sempurna.

Madu juga merupakan salah satu pelembab alami yang sangat baik sekali untuk membantu melembabkan bibir, sehingga bibir dapat menjadi lebih lembut dan sehat.
  • Oleskan madu pada malam hari sebelum tidur secara merata pada area bibir anda sambil memijat lembut bibir anda selama beberapa menit, lalu diamkan selama 1 malam dan mencucinya menggunakan air hangat pada pagi harinya. Lakukan perawatan bibir ini setiap hari.

5. Mawar

Bunga yang indah ini ternyata sangat ampuh sekali untuk membantu mengatasi masalah bibir hitam yang kini sedang anda alami. Mawar memiliki sifat penenang, pelembab dan pendingin yang sangat bermanfaat sekali untuk bibir anda, membuat kulit bibir menjadi lebih cerah, lembab dan segar alami. Selain itu mawar juga dapat memberikan warna merah muda alami untuk bibir hitam anda.
  • Anda dapat menumbuk halus bunga mawar lalu mengambil airnya saja, atau anda juga dapat membeli air mawar yang banyak dijual di supermarket - supermarket terdekat.
  • Kemudian mencampurkan 1 sendok teh air mawar tersebut dengan satu sendok teh madu.
  • Dan menerapkannya secara langsung pada bibir anda.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat melakukan cara ini setiap hari sebelum tidur dan membilasnya pada pagi hari.
Itulah tadi beberapa cara mengatasi bibir hitam secara alami yang dapat anda lakukan sendiri dirumah, selain dengan memperhatikan cara - cara diatas, agar perawatan untuk menghilangkan bibir hitam yang anda lakukan menjadi lebih optimal, anda juga perlu memperhatikan beberapa tips mencegah dan menghilangkan bibir hitam dengan cepat dibawah ini.

Tips mencegah dan menghilangkan bibir hitam dengan cepat 

Berikut dibawah ini beberapa tips mencegah dan menghilangkan bibir hitam yang wajib anda perhatikan.

1. Stop merokok

Merokok selain dapat menggangu kesehatan juga dapat merusak keindahan alami bibir anda, karena rokok dapat membuat bibir menjadi kering, kusam, gelam dan menghitam.

Efek panas yang dihasilkan ketika anda menghisap rokok berperan besar terhadap menghitamnya area bibir anda selain itu asap yang terhisap ketika anda merokok juga mengandung berjuta senyawa berbahaya termasuk tar dan nikotin yang dapat melekat pada bibir anda sehingga membuat bibir terlihat kusam dan gelap.

Mulai sekarang jauhilah rokok jika anda ingin memiliki bibir yang merah alami dan sehat.

2. Kurangi minum minuman yang mengandung kafein

Minum minuman berkafein seperti kopi dan teh memang sudah menjadi kebiasaan umum masyarakat Indonesia. Namun terlalu sering meminum minuman berkafein seperti ini ternyata lebih beresiko mengalami masalah bibir hitam lho. Apalagi jika anda suka meminumnya dalam keadaan panas hal ini malah akan meningkatkan resiko mengalami masalah bibir hitam.

Karena menurut penelitian kafein yang terkandung pada kopi dan teh secara aktif dapat menumpuk pada lapisan kulit bibir sehingga membuat kulit bibir menjadi terlihat kusam dan gelam, mengkonsumsi minuman berkafein ketika panas juga sangat buruk terhadap bibir karena ketika bibir terkena suhu panas, kulit bibir akan lebih banyak menghasilkan melamin sebagai perlindungan.

Oleh sebab itulah jika anda ingin memiliki bibir yang cerah alami, usahakan untuk mengurangi berbagai macam minuman yang berkafein ya.

3. Hindari kulit bibir dari pancaran sinar matahari

Pancaran sinar matahari langsung juga sangat buruk sekali terhadap kulit bibir, sama halnya dengan kulit tubuh yang dapat menghitam karena terpapar sinar matahari, kulit bibir pun juga demikian.

Jika anda tidak ingin mengalami masalah bibir hitam yang diakibatkan oleh pancaran sinar matahari, sangat direkomendasikan sekali bagi anda untuk selalu melindungi kulit bibir dari pancaran sinar matahari tersebut. Anda dapat melindungi bibir anda menggunakan masker atau mengoleskannya dengan tabir surya jika sedang beraktifitas di luar ruangan.

4. Jangan menggigit atau menjilati bibir

Kebiasaan sering menggigit atau menjilati bibir ini juga dapat berdampak buruk sekali terhadap bibir anda, karena dapat membuat bibir menjadi kering, kusam dan menghitam.

Hal ini dikarenakan air liur manusia mengandung berbagai macam enzim yang jika mengering akan mudah melekat pada kulit bibir dan membuatnya terlihat gelap atau hitam.

Tidak ada cara lain untuk menghindarinya selain dengan menghentikan kebiasaan buruk ini.

5. Stop menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya

Hati - hati ketika menggunakan kosmetik karena pada saat ini telah banyak beredar berbagai macam produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri, pemutih peeling dan lain sebagainya.

Kebanyak efek yang ditimbulkan oleh kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya adalah kerusakan kulit, termasuk kulit menjadi gelap dan hitam.

Solusi terbaiknya adalah, jika anda ingin menggunakan kosmetik, gunakanlah kosmetik yang aman tanpa mengandung bahan kima berbahaya.
Advertisement