Langsung ke konten utama

Manfaat, Cara dan Variasi Push Up

Advertisement
Manfaat, Cara dan Variasi Push Up

Push up adalah salah satu jenis latihan olahraga yang dikhususkan untuk melatih kekuatan dan ketahanan tubuh. Latihan olahraga ini sangat digemari sekali oleh orang - orang pada saat ini. Karena selain dapat memberikan manfaat yang banyak sekali terhadap tubuh, push up juga sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Manfaat push up

Jika anda ingin mendapatkan manfaat maksimal dari suatu jenis latihan olahraga, push up ini bisa anda jadikan pilihan utamanya. Berikut dibawah ini beberapa manfaat yang akan anda peroleh, jika anda melakukan push up secara rutin setiap hari :
  • Membentuk otot dada
  • Membentuk otot tubuh
  • Menghilangkan obesitas
  • Menghilangkan lemak di tubuh
  • Menurunkan resiko untuk cedera
  • Mencegah nyeri leher
  • Mencegah nyeri pundak
  • Mencegah nyeri punggung bawah
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Meningkatkan kadar testosteron
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
  • Mengurangi pembangunan osteoporosis 
Setelah mengetahui berbagai manfaat dari push up, lalu bagaimana cara melakukan push up yang baik dan benar.

Cara melakukan push up yang baik dan benar

Cara melakukan push up yang baik dan benar sangat penting sekali anda ketahui, apalagi jika anda masih pemula. Karena dengan mengetahui cara melakukan push up yang baik dan benar, dapat membantu kita untuk meminimalisir kesalahan - kesalahan yang terjadi dan mengoptimalkan manfaat dari push up yang akan kita dapat.

Cara melakukan push up sebenarnya sangat mudah sekali, dengan hanya melihatnya saja pasti anda sudah bisa melakukannya.

Berikut dibawah ini beberapa cara melakukan push up yang baik dan benar :
  • Posisikan tubuh anda menyentuh lantai, gunakan ujung kaki dan telapak tangan untuk bertumpu. 
  • Ketika sudah berada diposisi push up, pastikan pandangan anda melihat kedepan. Ini akan membantu meluruskan tubuh bagian atas anda.
  • Telapak tangan harus berada dibawah bahu anda. Banyak orang yang pertama kali melakukan push up, mereka cenderung meletakkan telapak tangan didepan bahu mereka, hal ini merupakan posisi push up yang salah, karena dapat membuat anda mudah lelah dan membuat pergelangan tangan anda mudah stress.
  • Ketika anda memulai gerakan push up, pastikan tubuh anda berada pada posisi sejajar 1 baris. Usahakan bokong tidak mencuat diudara atau berada dibawah garis atas tubuh anda.
  • Ketika anda melakukan gerakan push up pastikan juga untuk menjaga posisi tubuh agar tetap stabil. Satu-satunya gerakan hanyalah mengangkat dan menurunkan tubuh anda menggunakan kekuatan lengan. Beberapa orang sering melakukan gerakan mengayunkan kepala ketika melakukan push up. Ini merupakan gerakan yang salah, karena dapat membuat leher anda menjadi sakit dan lelah. 
  • Jika anda masih kurang paham dalam melakukan push up, silahkan anda lihat pada gambar dibawah ini :
Cara melakukan push up yang baik dan benar 1


Cara melakukan push up yang baik dan benar 2

Variasi push up

Diatas adalah petunjuk push up secara umum, namun jika anda masih pemula dalam melakukan push up, atau anda malah baru pertama kali dalam melakukan push up, sangat direkomendasikan sekali bagi anda untuk mencoba terlebih dahulu variasi push up, mulai dari cara push up yang termudah hingga cara push up yang tersulit. Berikut dibawah ini beberapa variasi push up yang dapat anda coba terapkan.

1. Push up dinding

Ini merupakan salah satu variasi push up yang sangat mudah sekali, anda cukup berdiri berhadapan dengan dinding dengan sudut 45 derajat dan melakukan push up. Maju hingga ujung hidung menyentuh dinding, kemudian dorong kembali ke posisi awal. Begitu seterusnya hingga 8 - 10 pengulangan kemudian baru masuk ke variasi push up selanjutnya.

Cara melakukan push up dinding

2. Push up kursi

Jika anda merasa variasi push up dinding terlalu mudah bagi anda, variasi push up dengan kursi ini bisa menjadi tantangan anda selanjutnya. Cukup dengan meletakkan kursi dihadapan anda, tempatkan tangan anda diatasnya, luruskan punggung anda dengan ujung kaki sebagai penyangga. Lalu turunkan tubuh anda sampai dada anda relatif dekat dengan kursi, kemudian dorong kembali tubuh anda ke posisi semula. Lakukan kurang lebih hingga 8 - 10 pengulangan kemudian masuk ke variasi push up yang selanjutnya.

Cara melakukan push up kursi

3. Push up lutut

Push up ini mirip dengan push up pada umumnya, namun tubuh tidak bertumpu pada ujung jari - jari kaki. Karena sering disebut dengan push up lutut sehingga sebagai tumpuan utamanya adalah bagian lutut anda. dengan menggunakan tumpuan pada lutut dapat membantu mengurangi beban yang harus anda terima ketika melakukan push up. Lakukan push up ini kurang lebih 8 - 10 kali kemudian anda dapat masuk ke variasi push up selanjutnya.

Cara melakukan push up lutut

4. Push up mengangkang

Ini merupakan variasi push up yang super dekat dengan standar push up pada umumnya, namun cenderung lebih mudah untuk melakukannya. Pada variasi push up ini kita menggunakan ujung kaki sebagai tumpuannya namun posisi kaki lebih terbuka sehingga beban tubuh akan sedikit terkurangi. Lakukan push up ini hingga 8 - 10 kali kemudian barulah kita akan masuk ke variasia push selanjutnya.

Cara melakukan push up mengangkang

5. Push up umum

Setelah melewati beberapa variasi push up seperti diatas, akhirnya sampailah kita pada standar push up pada umumnya. Untuk petunjuk melakukannya juga sudah saya sertakan diawal artikel, sehingga anda bisa langsung mencobanya.

Jika anda telah mencoba beberapa variasi push up seperti diatas, saya kira anda tidak begitu kesulitan dalam melakukan push up umum ini. Namun jika anda langsung melakukan push up umum tanpa mencoba variasi push up terlebih dahulu, usahakan untuk melakukannya secara berkala dan perlahan, jangan memaksakan kekuatan tubuh anda. Anda dapat melakukannya 5 kali dalam sehari kemudian menambahkannya menjadi 8 - 12 - hingga 15 kali dalam sehari secara bertahap.

Cara melakukan push up yang baik dan benar 3


Cara melakukan push up yang baik dan benar 4


Bagaimana teman - teman, mudah sekali bukan untuk melakukan push up tersebut, jika anda sudah paham betul dalam melakukan push up dan anda sudah sering melakukannya, anda dapat mencoba melakukan tantangan push up selama 30 hari untuk membentuk otot dada dan tubuh seperti yang dilakukan oleh para youtuber dalam videonya.

Tantangan push up 30 hari untuk membentuk otot dada dan tubuh

Ini merupakan tantangan khusus bagi anda yang benar - benar master dalam melakukan push up. Dalam video ini para youtuber melakukan tantangan push up selama 30 hari dengan variasi dan jumlah push up secara berkala.

Tantangan push up ini sungguh luar biasa sekali menurut saya, karena pada awalnya tubuh youtuber tersebut masih kurus, namun setelah melakukan tantangan push up selama 30 hari, tubuh youtuber tersebut menjadi terbentuk seperti superman. Luar biasa sekali bukan ?.

Jika anda penasaran seperti apa tantangan 30 hari membentuk otot dada dan tubuh tersebut, silahkan anda tonton videonya dibawah ini.



Itulah tadi beberapa manfaat dan cara melakukan push up yang baik dan benar. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari push up ini, usahakan untuk melakukan latihan secara rutin setiap hari ya.

Thanks for the reference :
Advertisement