Langsung ke konten utama

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Cepat dan Mudah

Advertisement
Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami, Cepat dan Mudah

Kolesterol tinggi atau dalam dunia medis sering disebut dengan hiperkolesterolemia adalah suatu kondisi dimana tingkat kandungan kolesterol didalam darah melebihi batas normal. Sedangkan pengertian kolesterol sendiri adalah suatu senyawa lemak berlilin yang terkandung dalam darah yang sebagian besar diproduksi didalam hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan.

Penting sekali menjaga kolesterol pada darah anda tetap normal, karena jika kolesterol didalam darah anda tergolong tinggi akan meningkatkan resiko terserang penyakit serius yang sangat berbahaya.

Beberapa penyakit serius yang mengintai penderita kolesterol tinggi diantaranya adalah penyakit jantung, stroke, serangan jantung dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan pengendapan kolesterol didalam pembuluh darah.

Oleh sebab itulah jika anda tidak ingin mengalami masalah penyakit serius akibat kolesterol tinggi tersebut, lebih baik mulai dari sekarang rutinlah memeriksakan kadar kolesterol didalam darah anda dengan dokter terkait. Karena masalah kolesterol biasanya tidak menunjukkan gejala-gejala khusus yang menyertainya sehingga satu - satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan tes darah secara langsung.

Jika anda telah di diagnosa mengalami masalah kolesterol tinggi, anda tidak perlu terlalu khawatir dalam menyikapinya, karena sebenarnya kita bisa menurunkan kadar kolesterol tersebut dengan cepat dan mudah. Agar kolesterol kembali nomral dan anda pun dapat terhindar dari bahaya kolesterol tinggi tersebut.

Namun sebelum masuk kepembahasan mengenai cara menurunkan kolesterol secara alami, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab timbulnya kolesterol tinggi ini sehingga kita dapat lebih mudah untuk menanganinya.

Penyebab kolesterol tinggi

Sejatinya kolesterol sendiri tidak sepenuhnya berbahaya, karena kolesterol sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Kolesterol baik disebut dengan High-Density Lipoprotein ( HDL ) dan kolesterol jahat disebut dengan Low-Density Lipoprotein ( LDL ).

Didalam darah, kolesterol akan melekat dengan protein dan terbawa melalui aliran darah. Kombinasi dari protein dan kolesterol didalam darah ini disebut dengan lipoprotein.
  • High-Density Lipoprotein ( HDL ). Kolesterol ini merupakan kolesterol baik yang berfungsi mengambil kelebihan kolesterol didalam darah dan membawanya kembali ke hati.
  • Low-Density Lipoprotein ( LDL ). Kolesterol ini merupakan kolesterol jahat yang dapat menumpuk pada dinding arteri anda, sehingga membuat arteri menjadi sempit.
Faktor - faktor seperti jarang berolahraga, obesitas, pola makan yang buruk serta genetika dapat berkontribusi besar meningkatkan kadar kolsterol LDL menjadi tinggi dan kolesterol HDL menjadi rendah. 

Pola makan yang buruk

Jika anda tidak ingin mengalami masalah kolesterol tinggi, penting sekali bagi anda untuk selalu memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi setiap hari.

Usahakan untuk selalu menghindari berbagai macam makanan yang banyak mengandung kolesterol jahat dan selalu rutin mengkonsumsi makanan sehat namun tetap rendah kolesterol.

Beberapa makanan yang banyak mengandung kolesterol jahat tersebut diantaranya adalah makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti produk hewani yang digoreng, kue panggang, kue goreng, kerupuk panggang, kerupuk goreng, daging merah, susu berlemak dan lain - lain.

Obesitas

Obesitas merupakan contoh nyata dari penerapan gaya hidup yang buruk, sehingga seseorang yang mengalami obesitas dengan massa indek tubuh ( BMI ) 30 atau lebih besar memiliki resiko lebih besar mengidap masalah kolesterol tinggi.

Lingkaran pinggang yang besar

Bukan cuma masalah obesitas saja, ternyata orang - orang yang memiliki lingkaran pinggang diatas normal lebih beresiko mengalami masalah kolesterol tinggi. Resiko anda mengalami masalah kolesterol tinggi meningkat jika anda adalah seorang pria dengan lingkaran pinggang diatas 20 inci ( 102 m ) atau seorang wanita dengan lingkaran hitam diatas 35 inci ( 89 cm ).

Kurang olahraga

Ternyata orang yang jarang melakukan olahraga cenderung lebih beresiko besar mengalami masalah kolesterol tinggi, hal ini dikarena jika kita jarang melakukan olahraga, tubuh cenderung lebih sedikit menghasilkan kolesterol baik HDL dan tumpukan kolesterol jahat LDL pada arteri akan sulit terurai. Berbeda halnya jika kita rajin melakukan olahraga secara teratur.

Merokok

Telah banyak sekali penelitian medis yang menunjukkan bahwa merokok memiliki dampak yang buruk sekali terhadap kesehatan. Salah satunya adalah dengan meningkatnya resiko mengalami kolesterol tinggi.

Rokok dapat merusak dinding pembuluh darah sehingga dapat menumpuk timbunan lemak pada pembuluh darah. Selain itu kebiasaan merokok juga dapat menurunkan tingkat kolesterol baik HDL pada darah yang kemudian dapat mengakibatkan kolesterol jahat LDL akan sulit terkontrol.

Diabetes

Jika anda memiliki penyakit diabetes, anda harus ekstra hati - hati, karena gula darah yang tinggi berpengaruh besar terhadap kolesterol yang tinggi pula. Selain itu gula darah yang tinggi berpengaruh besar terhadap rusaknya lapisan arteri anda.

Itulah tadi beberapa penyebab timbulnya masalah kolesterol tinggi yang sering kita alami, jika kita baca secara seksama, secara umum penyebab masalah kolesterol tinggi ini adalah buruknya gaya hidup yang kita lakukan setiap hari, seperti sering merokok, kurang berolahraga, serta pola makan yang buruk. sehingga dapat disimpulkan jika anda ingin benar - benar terhindar dari masalah kolesterol tinggi ini sangat dianjurkan sekali bagi anda untuk merubah gaya hidup anda yang awalnya buruk menjadi lebih sehat.

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami

Jika anda ingin menurunkan kolesterol anda hingga batas normal, mulai sekarang perbaiki gaya hidup anda.

Lalu bagaimana penerapan gaya hidup sehat yang baik untuk membantu menurunkan kolesterol tersebut, untuk lebih jelasnya silahkan anda simak penjelasannya dibawah ini :

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat merupakan cara ampuh untuk menekan tingginya kolesterol jahat pada tubuh kita, selain itu mengkonsumsi makanan sehat juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik pada tubuh sehingga aktifitas kolesterol jahat pada tubuh dapat lebih terkontrol.

Berikut dibawah ini beberapa rekomendasi berbagai jenis makanan sehat yang baik anda konsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.

  • Gandum

Gandum merupakan salah satu pilihan bahan makanan terbaik jika anda ingin menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh anda dengan cepat. Gandum memiliki kandungan beta-glucan, beta-glucan merupakan salah satu zat pada gandum yang dapat menyerap LDL pada tubuh kemudian mengekstraknya. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari gandum ini, anda dapat secara rutin mengkonsumsi gandum sebagai makanan pokok harian anda.

  • Salmon dan lemak ikan

Pilihan terbaik lainnya jika anda ingin menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh anda dengan cepat adalah dengan mengkonsumsi makanan laut terutama ikan salmon dan sarden karena makanan dari laut kaya akan kandungan lemak omega 3 yang sangat baik sekali untuk membantu menurunkan kolesterol pada tubuh anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Loma Linda University mengatakan bahwa lemak omega 3 yang banyak terkandung pada makanan laut seperti salmon, sarden, dan herring dapat menggantikan lemak jenuh sehingga dapat meningkatkan kolesterol baik sekitar 4 % pada tubuh kita.

Mulai sekarang, jika anda ingin menurunkan kolesterol tingga pada tubuh anda, usahakan menu makanan laut ini selalu tersaji pada meja makan anda setiap hari.

  • Kacang - kacangan

Buat yang hobi ngemil, sekarang ada cara yang mudah sekali untuk menurunkan kolsterol tinggi yang kini sedang anda alami, cukup rutin mengkonsumsi makanan dari kacang-kacangan mampu membantu menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh dengan cepat.

Menurut studi yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, orang-orang yang rutin mengkonsumsi 1.5 ons kenari 6 hari dalam seminggu dalam 1 bulan terbukti berhasil menurunkan total kolesterol hingga 5.4 % dan LDL sebesar 9.3 %.

Selain kenari, almond dan kacang mede adalah pilihan yang baik lainnya. Namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi kacang - kacangan ini ya, karena selain baik untuk membantu menurunkan kolesterol, kacang - kacangan juga tinggi kalori yang tidak baik jika terlalu banyak dikonsumsi.

  • Cokelat

Siapa sih yang tidak menyukai coklat, semua orang tentu saja menyukainya terutama bagi anda kaum wanita, sudah pasti coklat ini merupakan makanan favorit anda.

Dan tahukah anda, ternyata rutin mengkonsumsi coklat juga sangat baik sekali untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh anda.

Hal ini dikarenakan, coklat memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu membangun HDL baik pada darah. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 oleh AJCN . Partisipan yang diberikan coklat bubuk untuk dikonsumsi setiap hari mengalami peningkatan 24% HDL dalam waktu 2 minggu saja.

Ini membuktikan bahwa coklat sangat ampuh sekali untuk membantu menaikkan kadar HDL baik pada darah, namun sayangnya tidak semua jenis coklat bagus untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi pada darah anda, usahakan untuk memilih coklat murni seperti dark coklat atau bittersweet.

  • Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang sangat baik sekali untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh anda dengan cepat. Alpukat kaya akan kandungan lemak nabati yang dapat menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL sehingga kandungan kolesterol pada darah anda menjadi lebih stabil. Namun alpukat ini sedikit tinggi kalori, sehingga usahakan selalu mengontrol jumlah konsumsi anda setiap hari.

  • Bayam

Tidak kalah dengan buah - buahan, perwakilan dari jenis sayur-sayuran juga tidak mau kalah dalam hal membantu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh kita. Tidak perlu repot - repot mencari jenis sayuran untuk membantu menurunkan kolesterol karena sayuran yang sering kita jumpai dipasar atau toko sayur terdekat ini ternyata sangat ampuh sekali untuk membantu menurunkan kolesterol.

Sayuran hijau yang paling populer ini banyak mengandung lutein, menurut penelitian hanya dengan mengkonsumsi 1 ons makanan yang mengandung lutein setiap hari, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah dan mengurangi resiko serangan jantung.

Oleh sebab itulah, selalu sediakan sayuran bayam ini pada kulkas didapur rumah anda sebagai persediaan sayuran sehat yang bisa anda konsumsi setiap hari.

  • Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang sangat populer sekali di Indonesia, selain memberikan cita rasa yang kuat terhadap makanan, bawang putih juga ternyata sangat baik sekali untuk membantu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh kita.

Menurut penelitian, bawang putih mengandung senyawa aktif yang dapat membantu memecah plak yang menyumbat arteri agar tidak terjadi penyumbatan sehingga aliran darah dapat berjalan dengan sempurna. Kandungan senyawa ini juga selalu menjaga partikel kolesterol agar tidak menempel pada dinding arteri.

  • Margarin

Beralih ke margarin merupakan solusi ampuh untuk menurunkan kolesterol dengan cepat dan mudah. Sterol yang terkandung dalam margarin dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol. Penelitian terbaru yang diterbitkan oleh AJCN menemukan bahwa wanita yang memiliki pola makan sterol tumbuhan yang tinggi mampu menurunkan kolesterol hingga 3.5 % dari total kolesterol.

  • Minyak zaitun

Jika anda jarang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan masakan, mulai sekarang cobain deh, karena ternyata minyak zaitun selain memiliki kandungan nutrisi yang banyak sekali, minyak zaitun juga ampuh sekali untuk membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh anda.

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh dengan cepat. Menggunakan minyak zaitun sebagai salad dressing, campuran ikan dan daging merupakan pilihan terbaik yang bisa coba anda lakukan.

2. Hindari lemak trans dan pilih lemak sehat

Lemak trans sangat berpengaruh terhdap kadar kolesterol pada darah anda. Lemak trans dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik pada tubuh anda. Oleh sebab itulah jika anda sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak trans, anda akan lebih beresiko mengalami serangan jantung.

Namun sayangnya tidak semua masyarakat menyadari bahaya dari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak trans ini, buktinya pada saat ini lemak trans sangat mudah sekali ditemukan pada makanan yang digoreng dan produk makanan komersial seperti makanan ringan, kerupuk, kue kering, gorengan, dan makanan olahan yang banyak tersebar dimasyarakat lainnya.

Oleh sebab itulah jika anda tidak ingin mengalami masalah kolesterol tinggi, mulai sekarang jauhi lemak trans tersebut dengan berlaih ke lemak sehat atau lemak tak jenuh karena lemak tak jenuh dapat membantu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL secara signifikan. Beberapa macam makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh diantaranya adalah minyak zaitun, almond dan ikan .

3. Hindari merokok

Jika anda benar - benar menginginkan hidup yang sehat mulai dari sekarang stop merokok, karena selain dapat meningkatkan kadar kolesterol pada darah, merokok juga telah dipercaya berdasarkan penelitian dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Jika anda berhenti merokok, tubuh akan lebih banyak memproduksi kolesterol baik HDL pada darah sehingga aktifitas kolesterol jahat LDL dapat lebih terkontrol. Manfaat berhenti merokok bukan hanya berhenti disana.

Setelah 20 menit anda berhenti merokok, tekanan darah dan denyut jantung akan kembali normal, setelah anda berhenti merokok selama 1 tahun resiko mengalami penyakit jantung menurun hingga setengah dari resiko perokok aktif. Dalam 15 tahun berhenti merokok, resiko mengalami penyakit jantung sama dengan orang yang benar - benar tidak pernah merokok.

4. Olahraga teratur

Olahraga memang sangat baik sekali untuk kesehatan, salah satu manfaat olahraga tersebut ternyata dapat meningkatkan kolesterol baik HDL pada tubuh kita. Anda semua tentu sudah mengetahui bahwa kolesterol baik HDL dapat menekan kolesterol jahat LDL pada tubuh kita sehingga aktifitas kolesterol pada darah dapat berjalan normal.

Berolahraga sekitar 30 menit secara rutin setiap hari merupakan cara yang ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat LDL pada tubuh kita, anda juga dapat menambahkan waktu sekitar 20 menit lebih banyak untuk membantu menurunkan berat badan.

Untuk pilihan olahraganya juga tidak perlu yang terlalu sulit, cukup dengan melakukan jogging, bersepeda, berenang atau olahraga permainan seperti futsal, volli dan sepak bola sudah dapat menjadi pilihan olahraga terbaik yang dapat anda lakukan setiap hari untuk membantu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh anda dengan cepat.

5. Menurunkan berat badan

Semakin tinggi berat badan anda maka semakin tinggi pula kadar kolesterol jahat pada tubuh anda. Kehilangan sedikitnya 5 - 10 persen berat badan anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.

Jika anda memiliki berat badan berlebih, mulai sekarang evaluasi kembali gaya hidup dan pola makan yang anda terapkan setiap hari. bila perlu pertimbangkan solusi untuk menurunkan berat badan untuk mengatasi masalah berat badan yang kini sedang anda alami.

Tidak perlu bingung untuk menurunkan berat badan, coba intip beberapa panduan diet dan cara menurunkan berat badan yang telah caramedika rangkum dalam beberapa artikel pada webiste ini.

Advertisement