Langsung ke konten utama

Cara Memutihkan Kuku dengan Cepat dan Mudah

Advertisement
Cara Memutihkan Kuku dengan Cepat dan Mudah

Memiliki kuku yang putih bersih merupakan dambaan setiap orang, karena kuku yang putih bersih dapat mencerminan tingkat kebersihan diri seseorang. Selain itu memiliki kuku yang putih bersih juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi yang memilikinya karena dapat membuat jari-jari terlihat lebih indah dan mempesona.

Berbeda halnya jika anda memiliki kuku yang berwarna hitam dan kekuningan, kuku yang berwarna hitam dan kekuningan sering diasumsikan bahwa pemiliknya termasuk orang yang jorok dan tidak suka menjaga kebersihan.

Sebenarnya kuku berwarna hitam dan kekuningan bukan hanya disebabkan karena kuku kotor atau jarang dibersihkan, namun juga dapat disebabkan oleh faktor lainnya, seperti kerusakan kuku akibat pemakaian cat kuku, infeksi jamur, penyakit hati kronis ( liver ), kebiasan merokok yang berlebihan dan kebiasaan gaya hidup yang buruk.

Namun anda tenang saja, jika anda memiliki masalah kuku yang berwarna hitam, coklat atau kekuning-kuningan, anda dapat mengatasinya dengan cepat dan mudah, yaitu dengan melakukan perawatan yang dapat anda lakukan sendiri dirumah, agar kuku dapat menjadi lebih putih bersih dan cantik mempesona.

Odol / pasta gigi

Tidak perlu bingung untuk memutihkan kuku, karena barang yang biasa terdapat di kamar mandi kita ini ternyata sangat ampuh sekali untuk membantu memutihkan kuku. Yap... itulah dia si pasta gigi atau sering disebut dengan odol.

Odol sangat ampuh untuk membantu memutihkan kuku karena odol ini mengandung sifat pemutih seperti sodium hexametaphosphate, citroxane, dan hidrogen peroksida.

Karena bahan-bahan tersebut bekerja efektif terhadap gigi, hal ini tentu saja akan bekerja efektif juga terhadap kuku. Karena sebenarnya kuku dan gigi sendiri memiliki struktur pembentuk yang sama yaitu protein keratin.
  • Cara memutihkan kuku dengan odol juga sangat mudah sekali, cukup anda oleskan pasta gigi secara merata pada kuku anda.
  • Diamkan selama 5 menit.
  • Lalu sikat lembut kuku anda secara bergantian, termasuk juga sela-sela kuku anda.
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Lemon

Lemon merupakan bahan pemutih alami yang sangat efektif sekali untuk membantu memutihkan kuku, hal ini dikarenakan lemon memiliki kandungan asam dan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat dengan mudah mengangkat plak berwarna hitam dan kekuning-kuningan yang banyak mengendap di permukaan kuku anda.

Plus vitamin C pada lemon juga dapat memberikan warna cerah pada kuku, sehingga selain dapat dengan mudah membersihkan dan memutihkan kuku, lemon juga dapat membuat kuku anda menjadi lebih cerah bercahaya.
  • Siapkan beberapa buah lemon.
  • Peras, lalu ambil airnya saja.
  • Masukkan air perasan lemon tersebut kedalam mangkuk kecil.
  • Kemudian rendam kuku anda didalamnya selama 10 - 15 menit.
  • Jika sudah lalu gunakan sikat halus untuk menggosok permukaan kuku dan sela-sela kuku anda secara berulang-ulang.
  • Lalu akhiri dengan membilas kuku anda menggunakan air hangat sampai bersih.
  • Lakukan perawatan ini 2 kali dalam sehari, hingga anda puas dengan hasilnya.
  • Sebagai pelengkap, anda juga dapat mengoleskan pelembab agar kelembapan kuku tetap terjaga.

Jeruk nipis

Jeruk nipis juga sangat ampuh sekali untuk membantu memutihkan kuku, mirip seperti lemon, jeruk nipis juga memiliki kandungan asam dan vitamin C yang tinggi, sangat efektif untuk membantu menghilangkan plak hitam dan kekuning-kuningan yang terdapat pada kuku serta dapat membuat kuku tampak lebih cerah bercahaya.
  • Untuk cara penggunaannya pun juga sama dengan buah lemon, yaitu dengan merendam kuku dengan air perasan lemon, diamkan selama 10 - 15 menit, lalu sikat kuku dan sela-sela kuku anda secara berulang-ulang, dan mengakhirinya dengan membilas bersih kuku menggunakan air hangat.
  • Untuk cara yang lebih mudah anda juga dapat memotong jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu menggosokkannya secara langsung pada permukaan kuku dan sela-sela kuku anda secara bergantian selama 10 menit. Dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air hangat.
  • Lakukan salah satu cara diatas 2 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Baking soda

Baking soda juga memiliki sifat pemutih yang kuat, tidak heran baking soda juga sangat ampuh sekali untuk membantu memutihkan kuku. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kita juga dapat mencampurkan baking soda ini dengan bahan-bahan lain seperti lemon dan minyak zaitun.
  • Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 sendok teh air perasan lemon dan 1 sendok teh minyak zaitun hingga membentuk seperti adonan tebal.  ( untuk takarannya menyesuaikan dengan jumlah ramuan yang ingin anda buat ).
  • Kemudian oleskan ramuan tersebut pada permukaan kuku dan sela-sela kuku anda selama 10 - 15 menit.
  • Lalu gosok kuku anda menggunakan sikat lembut secara bergantian.
  • Dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air hangat.
  • Lakukan perawatan ini 1 kali dalam 1 minggu.

Minyak pohon teh

Jika anda mengalami kerusakan kuku yang disebabkan oleh infeksi dan bakteri sehingga membuat kuku anda berubah menjadi hitam atau kekuning-kuningan, minyak pohon teh ini sangat ampuh untuk mengatasinya.

Minyak pohon teh merupakan fungisida alami, dan memiliki sifat anti septik serta anti mikroba yang dapat membantu melawan infeksi dan mengembalikan warna alami kuku anda.
  • Teteskan minyak zaitun ke kuku anda, biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air suam-suam, lakukan perawatan ini 2 kali dalam sehari selama beberapa minggu sampai anda melihat perubahannya.
  • Cara lainnya, anda juga dapat mencampurkan minyak pohon teh dan minyak zaitun dengan komposisi yang sama, lalu celupkan bola kapas didalamnya dan oleskan secara merata pada kuku anda, diamkan selama semalam dan membilasnya pada pagi hari. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam sehari selama beberapa minggu hingga anda meilihat perubahannya.

Listerine

Listerine merupakan cairan yang biasa digunakan sebagai pembersih mulut, namun jika anda mengalami masalah perubahan warna kuku yang disebabkan oleh infeksi jamur, listerine juga sangat efektif untuk membantu mengatasinya.

Listerine mengandung bahan aktif seperti eucalypol, menthol, methyl salicylate dan timol, yang semua itu kaya akan khasiat anti jamur.
  • Rendam kuku anda kedalam listerine selama setengah jam, lakukan perawatan ini 1 kali sehari selama 1 minggu, pada minggu berikutnya stop perawatan ini, dan lakukan kembali pada minggu berikutnya.
  • Biasanya ketika melakukan perawatan ini, kulit pada area kuku yang ikut terendam akan bewarna hijau, namun akan hilang dengan sendirinya selama beberapa hari.

Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki kandungan asam yang tinggi seperti asam asetat dan asam malat, kandungan asam yang terdapat pada cuka sari apel inilah dipercaya sangat ampuh sekali untuk membantu memutihkan kuku menjadi lebih cerah alami. 

Selain itu cuka sari apel juga memiliki sifat anti jamur yang dapat membantu mengatasi perubahan warna akibat segala jenis infeksi pada yang terjadi kuku. Plus cuka sari apel juga dapat membantu menguatkan kuku serta merangsang pertumbuhan kuku menjadi lebih cepat dan sehat.
  • Campur 1/2 gelas cuka sari apel dengan sedikit air.
  • Lalu rendam kuku anda didalamnya selama sekitar 15 - 20 menit.
  • Setelah itu jangan bilas kuku anda, langsung keringkan saja menggunakan handuk lembut.
  • Lakukan perawatan ini 2 kali dalam sehari.

Kulit jeruk

Bukan hanya air jeruk saja yang ampuh untuk memutihkan kuku, namun kulitnya juga dapat kita manfaatkan untuk membantu memutihkan kuku.

Hal ini dikarenakan kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat efektif untuk membantu menghilangkan plak yang berwarna hitam dan kekuning-kuningan yang biasa menempel pada kuku dan sela-sela kuku anda.

Anda bebas memilih kulit jeruk apa saja, namun usahakan untuk menggunakan kulit jeruk nipis atau lemon.
  • Ambil beberapa buah jeruk, lalu kupas dan ambil kulitnya saja.
  • Gosokkan kulit buah jeruk tersebut secara merata pada permukaan kuku dan sela-sela kuku anda hingga anda merasa puas.
  • Lakukan cara ini 2 - 3 kali dalam sehari, lihat perubahan yang terjadi dengan melakukan perawatan rutin selama beberapa minggu.
Baiklah itulah tadi beberapa cara memutihkan kuku yang dapat anda lakukan sendiri dirumah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal usahakan untuk menerapakn cara diatas secara teratur, plus imbangi juga dengan selalu menjaga kebersihan kuku anda setiap hari.
Advertisement