Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Secara Alami dan Permanen ( Dijamin Ampuh ) !

Advertisement
Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Secara Alami dan Permanen

Anda pernah merasa mual, sakit perut, atau muntah-muntah saat sedang dalam perjalanan, jika anda pernah mengalaminya berarti anda adalah orang yang mudah terserang mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan atau motion sickness adalah kondisi umum yang sering dialami oleh orang-orang yang sedang melakukan perjalanan, terutama bagi anda yang sedang bepergian menggunakan alat transportasi seperti bus, mobil, kapal, pesawat atau kereta api.

Gejala mabuk perjalanan

Secara umum gejala timbulnya mabuk perjalanan ini ditandai dengan munculnya rasa tidak nyaman dari dalam perut, nafas menjadi sedikit sesak, udara terasa panas, berkeringat, pusing, mual, muntah dan sakit kepala.

Beberapa orang juga mengaku pernah mengalami sensai melayang dan tubuh terasa berat ketika sedang mengalami mabuk perjalanan didalam kendaraan.

Penyebab mabuk perjalanan

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa saya mengalami mabuk dalam perjalanan ?, padahal sebelum anda bepergian, anda merasa baik-baik saja, bahkan mungkin sebelumnya anda telah memeriksakan kesehatan terlebih dahulu dan dokter menyatakan bahwa anda baik-baik saja. Namun ketika anda bepergian menggunakan kendaraan masalah mabuk perjalanan ini tiba-tiba anda alami. 

Penyebab mabuk kendaraan ini memang cenderung tidak disadari oleh penderitanya, secara umum, mabuk kendaraan disebabkan oleh terganggunya sinyal yang dikirim ke otak oleh sistem penginderaan keseimbangan (mata, telinga bagian dalam, saraf sensorik) sehingga menyebabkan respon campuran yang berbeda-beda yang diterjemahkan oleh otak anda.

Contohnya begini : misalkan anda sedang berada di dalam kabin sebuah kapal yang bergerak, telinga bagian dalam anda mungkin merasakan gerak ombak, tetapi mata anda tidak melihat adanya gerakan, konflik antara indra inilah yang kemudian menyebabkan anda mengalami mabuk perjalanan.

Contoh lainnya : Misalkan anda sedang berada didalam sebuah bus, mata anda melihat jalanan atau pepohonan yang bergerak melintasi anda namun dilain sisi saraf sensorik anda merasakan bahwa tubuh anda tidak bergerak sama sekali. Hal inilah yang kemudian menimbulkan konflik rangsangan ke otak sehingga membuat anda mual, pusing, sakit kepala dan akhirnya mengalami mabuk perjalanan.

Intinya begini, mata anda melihat gerak atau telinga dalam anda merasakan gerak, tapi tubuh anda tidak merasakannya maka hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan mabuk, dalam kasus ini dapat terjadi ketika anda sedang berada didalam kendaraan apa saja seperti mobil, bus, kereta, pesawat atau kapal.

Cara menghilangkan mabuk secara alami

Jika anda sedang mengalami masalah mabuk kendaraan, anda jangan panik, karena jika anda panik, hal tersebut malah akan memperparah kondisi anda. Tetap sikapi dengan tenang, dan lakukan usaha seperti dibawah ini, agar mabuk kendaraan yang anda alami berangsur-angsur sembuh sehingga anda dapat melanjutkan perjalanan lagi.
  • Bernafas yang dalam dan perlahan-lahan.
  • Tidur berbaring sambil menutup mata selama perjalanan, usahakan kepala anda menghadap keatas dan tidak goyang.
  • Jika anda didalam mobil atau bus, buka sedikit jendela anda untuk mendapatkan udara segar.
  • Jika anda sedang berada didalam kapal, naik saja keatas dek kapal untuk melihat pemandangan dan mencari udara segar.
  • Jika anda sedang berada didalam kereta, pesawat atau kapal, cobalah sedikit berjalan-jalan untuk mengalihkan perhatian anda dari rasa mabuk yang sedang anda alami.
  • Jika saran diatas masih belum ampuh untuk menghilangkan rasa mabuk anda, cobalah untuk mengkonsumsi roti soda kering beberapa potong atau minum minuman yang tajam seperti minuman bersoda, jahe, teh. Solusi lainnya ada juga dapat menghirup aromaterapi seperti lavender, lemon, peppermint dan cendana.

Cara mencegah mabuk secara alami

Mabuk perjalanan ini memang merupakan momok tersendiri bagi sebagian orang yang akan melakukan perjalanan, daripada anda takut dan bingung ketika sudah terlanjur mengalaminya, lebih baik sebelum anda memulai perjalanan, persiapkan terlebih dahulu diri anda agar tidak mengalami mabuk ketika sedang dalam perjalanan.

Beberapa kiat dibawah ini dapat anda lakukan untuk membantu mencegah timbulnya masalah mabuk ketika sedang dalam perjalanan :
  • Jika anda bepergian menggunakan bus atau mobil, usahakan untuk memilih tempat duduk paling depan. Menurut University of  Maryland Medical Center, "mabuk datang saat tubuh, telinga bagian dalam, dan mata mengirimkan sinyal yang bertentangan ke otak." Jika anda memusatkan mata langsung di depan anda dan melihat langsung ke cakrawala, anda bisa menipu otak anda agar percaya bahwa anda tidak bergerak.
  • Selain memilih tempat duduk paling depan, anda juga dapat memilih tempat duduk yang tidak terlalu banyak menimbulkan gerakan, atau pilihlah tempat duduk yang paling tenang. Bagian tengah pesawat terbang di atas sayap adalah area paling tenang dari sebuah pesawat terbang. Di kapal, mereka yang berada di kabin tingkat rendah di dekat pusat kapal umumnya mengalami gerak lebih sedikit daripada penumpang di kabin yang lebih tinggi atau luar.
  • Jangan melihat arah yang berlawanan dari gerak kendaraan anda.
  • Cobalah mengkonsumsi jahe 1 jam sebelum melakukan perjalanan, hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya rasa mual pada perut, dan membantu pencernaan menjadi lebih lancar.
  • Jangan biarkan perut anda kosong sebelum melakukan perjalan, namun jangan juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan ketika akan melakukan perjalanan, terutama hindari makanan yang berpotensi menggangu pencernaan anda, seperti makanan yang pedas, makanan yang berminyak, atau makanan yang berlemak, karena hal ini malah berpotensi menimbulkan gejala mabuk perjalanan seperti sakit perut dan mual.
  • Ketika akan melakukan perjalanan, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat, seperti sayuran dan buah-buahan, jangan lupa persiapkan camilan sehat dan air mineral untuk anda konsumsi ketika dalam perjalanan.
  • Jika anda adalah orang yang sering mengalami mabuk dalam perjalanan, ketika sedang dalam perjalanan usahakan jangan memikirkan tentang mabuk sama sekali, karena hal ini dapat memicu kebiasaan anda untuk muncul kembali. Duduk rileks saja, atau tidur sambil mendengarkan musik.
  • Dan terkahir hindari merokok atau minum minuman beralkohol ketika sedang melakukan perjalanan. Banyak yang menggap merokok atau minum minuman beralkohol dapat memberikan rasa tenang dalam perjalanan. Namun hal itu tidaklah benar, karena minum minuman beralkohol dan merokok hanya menstimulasi otak anda saja tidak dengan tubuh anda. Hal ini malah akan memicu rasa mual, pusing dan muntah.
Baiklah itulah tadi beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan yang dapat anda terapkan sendiri. Agar anda dapat benar-benar terhindar dari masalah mabuk perjalanan secara permanen, usahakan untuk selalu menguatkan diri anda sendiri bahwa anda tidak akan mabuk ketika sedang melakukan perjalanan, anda juga harus ingat bahwa di akhir perjalanan yang anda lalui ada senyum-senyum indah yang sedang menanti kedatangan anda. So buat apa takut dengan mabuk perjalanan jika semua itu dapat terbayarkan lunas dengan bertemu orang-orang yang anda cintai. =D
Advertisement