Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat Kimia ( Dijamin Manjur )

Advertisement
Advertisement
Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat Kimia ( Dijamin Manjur )

Apakah anda pernah mengalami rasa sakit yang berdenyut dan berulang-ulang yang terjadi dikepala anda, jangan-jangan anda sedang menderita sakit kepala ?

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang sangat menyiksa sekali, kedatangannya sering tidak terduga, memiliki banyak penyebab dan jenis nya bermacam-macam sekali.

Kenali terlebih dahulu berbagai macam gejala sakit kepala, penyebab sakit kepala, dan jenis-jenis sakit kepala, agar perawatan untuk menghilangkan sakit kepala yang kini sedang anda alami dapat lebih efektif dan efisien.

Gejala sakit kepala

Ada banyak sekali gejala sakit kepala, secara umum sakit kepala ditandai dengan munculnya rasa nyeri yang terjadi pada area kepala, sakit kepala tersebut dapat terjadi pada area belakang, sebelah kiri, sebelah kanan dan tengah-tengah kepala.

Sakit kepala dapat terjadi berulang-ulang 1 detik sekali dalam beberapa detik, atau 1 kali berkepanjangan dalam beberapa detik. Gejala sakit kepala ringan biasanya terjadi 1 - 2 kali dalam sehari kemudian tidak terjadi lagi dalam beberapa hari. Sedangkan gejala sakit kepala berat dapat terjadi berulang-ulang setiap hari selama beberapa minggu.

Hati - hati jika anda mengalami sakit kepala yang berkepanjangan dan terus-menerus, segeralah berkonsultasi dengan dokter terkait untuk penanganan lebih lanjut.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gejala sakit kepala tersebut, dapat kita lihat berdasarkan jenis-jenisnya, berikut dibawah ini beberapa jenis sakit kepala dan penyebabnya.

Jenis-jenis sakit kepala dan penyebabnya

Secara umum jenis sakit kepala dibedakan menjadi tiga ketegori utama yaitu : sakit kepala tegang, sakit kepala migrain, dan sakit kepala cluster.

Ada banyak sekali penyebab sakit kepala, contohnya : akibat tubuh kekurangan air, leher tegang, stress, cemas, kurang tidur, tidur terlalu lama, perubahan fisiologis dikepala, pembengkakan pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, aktifitas neuron abnormal, merokok berlebihan, ketegangan mata, faktor genetik dan lain-lain.

Baiklah, setelah mengetahui berbagai macam gejala sakit kepala, penyebab sakit kepala, dan jenis-jenis sakit kepala, lalu bagaimana cara menghilangkan sakit kepala tersebut ?

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami

Selain dengan menggunakan obat-obatan yang banyak dijual di apotik, sakit kepala juga dapat anda hilangkan secara alami.

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami umumnya digunakan untuk mengatasi sakit kepala tipe ringan sampai sedang, agar gejala-gejala sakit kepala tidak semakin parah dan sakit kepala pun dapat berangsur-angsur membaik.

Ingin tau bagaimana cara menghilangkan sakit kepala secara alami tersebut. Berikut dibawah ini beberapa cara menghilangkan sakit kepala secara alami yang dapat anda lakukan sendiri dirumah :

Pijat kepala

Cara menghilangkan sakit kepala yang paling mudah adalah dengan melakukan pijat. Menurut penelitian, orang yang memiliki keluhan sakit kepala ringan sampai sedang, setelah melakukan terapi pijat secara rutin selama 6 kali dalam minggu berhasil menunjukkan hasil yang memuaskan.

Gunakan jari tengah anda untuk titik-titik pada wajah dan kepala anda, pada bagian sebelah ujung hidung anda, pelipis, belakang telinga, atas kepala, punggung, leher, bahu. Lakukan pijatan-pijatan tersebut dengan gerakan melingkar searah jarum jam selama 2 - 3 menit secara bergantian.

Kompres bahu, leher dan kepala anda

Cara sederhana untuk menghilangkan sakit kepala juga dapat anda lakukan dengan mengompress pada titik-titik pada tubuh anda, terutama pada bagian bahu, leher, dan kepala.

Teknik ini cocok sekali anda terapkan bagi anda yang menderita sakit migrain dan sakit kepala tegang ( stress, cemas, kurang tidur, terlalu lama tidur dll ).
  • Siapkan kain lembut / handuk lembut dan air panas / air dingin.
  • Air panas untuk sakit kepala tegang sedangkan air dingin untuk sakit kepala migrain.
  • Celupkan kain lembut tersebut kedalam air panas.
  • Peras, lalu kompreskan pada bahu, leher, kening, atau kepala anda.
  • Lakukan cara ini hingga sakit kepala berangsur-angsur membaik.

Aerobik

Cara lain untuk menghilangkan sakit kepala adalah dengan melakukan olahraga aerobik, terutama untuk anda yang sedang menderita sakit kepala migrain.

Menurut National Pain Foundation, olaharaga aerobik secara teratur seperti bersepeda, jalan cepat, atau berenang dapat mengurangi intensitas dan frekwensi migrain.

Dalam sebuah penelitian kecil di jurnal Headache, pasien migrain yang secara rutin melakukan olahraga aerobik ( bersepeda ) dalam waktu 12 minggu mengaku mengalami peningkatan kualitas hidup serta penurunan jumlah intensitas migrain yang mereka miliki.

Meditasi

Meditasi merupakan teknik relaksasi kuno yang telah turun temurun dilakukan oleh orang-orang untuk memperoleh ketenangan jiwa.

Dan ternyata teknik meditasi ini juga dapat kita gunakan untuk membantu mengatasi masalah sakit kepala.

Hal ini dikarenakan berbagai teknik meditasi dapat membantu memusatkan perhatian dan membantu menenangkan pikiran dari gangguan seperti rasa sakit kronis.

Pada titik ini, hanya ada sedikit data tentang efek meditasi pada migrain. Periset di Johns Hopkins School of Medicine, di Baltimore, terlibat dalam percobaan klinis yang akan mencoba untuk menentukan apakah Vipassana - teknik meditasi India kuno yang berfokus pada keterhubungan dengan tubuh - dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Yoga

Yoga juga dapat anda gunakan untuk membantu mengatasi sakit kepala yang sedang anda alami, yoga ini mirip seperti meditasi yang merupakan teknik relaksasi. Yoga menggabungkan latihan postur fisik, pernafasan dan meditasi. Yang bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan tubuh, jiwa dan pikiran.

Dalam sebuah penelitian kecil yang dilakukan oleh Headache, 2 kelompok pasien migrain secara acak menjalai terapi yoga selama 3 bulan. Dibandingkan dengan kelompok pasien yang tidak melakukan terapi yoga, kelompok pasien yang melakukan yoga mengaku mengalami penurunan intensitas serangan migrain, mengalami penurunan kecemasan.

Mendengarkan musik

Jika anda pecinta musik, mendengarkan musik merupakan alternatif untuk menghilangkan sakit kepala yang sangat ampuh sekali. Musik dapat mengalihkan rasa sakit pada kepala, menenangkan kontraksi saraf penyebab sakit kepala, dan dapat membuat tidur lebih lelap.

Kuncinya adalah di pemilihan jenis musik. Jenis musik instrumental ( piano ) memungkinkan pikiran menjadi lebih rileks, sedangkan musik klasik atau musik kenangan membuat pikiran lebih bahagia dan tentram.

Rendam kaki anda

Untuk membantu menenangkan sakit kepala vaskular yang berdenyut, rendam kaki anda di bak kecil yang berisi air panas yang dicampur dengan bubuk mustard. Setelah kira-kira setengah jam, lalu keluarkan kaki dari air dan keringkan dengan handuk hangat.

Hal ini dilakukan untuk merelaksasi otot-otot yang tegang pada bahu, leher dan kepala, serta mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar area kepala.

Kopi

Siapa sangka salah satu minuman sejuta umat ini ternyata dapat membantu menghilangkan sakit kepala yang sedang anda alami. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Illinois, AS mengemukakan bahwa kafein pada kopi dapat membantu mengurangi pembengkakan pembuluh darah dan dapat membantu menenangkan saraf pada kepala, sehingga berdampak terhadap menurunnya intensitas dan frekwensi sakit kepala. 

Subjek penelitian dibagi dalam 2 kelompok, kelompok pertama hanya diberi kafein saja , 58 % melaporkan merasa lebih lega, sedangkan kelompok lainnya yang diberi kafein dengan kombinasi ibuprofen, 70 % melaporkan bahwa gejala sakit kepala berangsur menghilang.

Jika anda sedang terserang sakit kepala, cobalah mengkonsumsi secangkir kopi hangat sambil mendengarkan musik.

Jahe

Jahe merupakan obat alami rumahan yang sangat ampuh sekali untuk menghilangkan sakit kepala. Jahe dapat membantu mengurangi pembengkan pembuluh darah dikepala, sehingga rasa sakit pada kepala berangsur-angsur dapat membaik.

Untuk cara penggunaannya pun sangat mudah sekali, cukup anda konsumsi jahe bisa mencampurnya dengan berbagai olahan makanan atau dengan membuat wedang jahe yang dapat anda minum setiap hari. 

Minyak peppermint

Minyak pappermint memberikan aroma yang menyegarkan, mampu membuka dan melancarkan pembuluh darah tersumbat yang dapat menyebabkan sakit kepala. Selain itu minyak peppermint juga memiliki kandungan menthol yang dapat membantu mengatur aliran darah kedalam tubuh.

Ketika anda sedang mengalami sakit kepala, anda dapat mengoleskan minyak peppermint di kening anda sambil menghirup minyak peppermint secara perlahan-lahan.

Anda juga dapat membuat ramuan dengan mencampurkan 3 tetes minyak peppermint dengan 1 sendok makan minyak almond, kemudian gunakan untuk memijat-mijat bahu, leher atau kepala anda.

Selain itu anda juga dapat menghancurkan daun peppermint kemudian mengusapkannya pada bahu, leher, kening atau kepala anda.

Alternatif lainnya anda juga dapat membuat teh herbal dengan menambahkan daun peppermint kering kedalam secangkir air mendidih, tutup selama 10 menit, kemudian, saring, kemudian tampahkan sedikit madu untuk mempermanis nya.

Minyak lavender

Mirip seperti minyek peppermint, minyak lavender juga dapat kita jadikan aromaterapi yang ampuh sekali untuk membantu menghilangkan sakit kepala. 

Jika anda terserang sakit kepala, cukup anda teteskan minyak lavender kedalam tisu, lalu menghirupnya secara perlahan-lahan.

Atau anda juga dapat mencampurkan 4 tetes minyak lavender dengan 2 tetes minyak zaitun kemudian oleskan pada bahu, leher atau kepala anda. Pijat secara perlahan, kemudian bawa tidur.

   Baiklah itulah tadi beberapa cara menghilangkan sakit kepala secara alami yang dapat anda lakukan sendiri dirumah, untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan menghindarkan anda dari masalah sakit kepala lagi dikemudian hari, anda juga perlu mengetahui beberapa tips mencegah timbulnya sakit kepala seperti dibawah ini :

Tips mencegah sakit kepala

  • Hindari nitrat dan nitrit. Nitrit dan nitrat dalam daging olahan dan monosodium glutamat (MSG) yang digunakan dalam makanan sebagai penambah rasa telah dikaitkan dengan migrain. Beberapa obat jantung juga mengandung nitrat.
  • Kafein, alkohol, phenylethylamine (ditemukan dalam coklat dan keju), tyramine (ditemukan dalam kacang dan daging, keju, dan kedelai yang difermentasi), dan aspartam (dalam banyak makanan yang dimanipulasi secara artifisial) adalah pemicu sakit kepala untuk beberapa orang.
  • Istirahat yang cukup. Sangat disarankan istirahat yang cukup setiap hari untuk mencegah timbulnya masalah sakit kepala, waktu istirahat ideal adalah 7 - 8 jam setiap hari.
  • Kurangi stress. pemicu sakit kepala yang paling umum adalah adanya stress, oleh sebab itulah jika anda tidak ingin terserang sakit kepala, kelola emosi anda anda dengan baik dan hindari segala sesuatu yang dapat membuat anda stress.
Advertisement