Cara Merawat Kuku yang Baik dan Benar

Cara Merawat Kuku yang Baik dan Benar

Kuku merupakan bagian tubuh manusia yang keberadaannya sering sekali diabaikan, maka tidak heran jika kuku kerap kali mengalami berbagai masalah seperti kuku menjadi mudah rapuh, kuku menjadi mudah lepas, kuku berubah warna menjadi kekuningan dan masalah-masalah pada kuku lainnya.

Penyebab masalah yang terjadi pada kuku tersebut bervariasi sekali, misalnya akibat infeksi jamur, infeksi bakteri, terkena benda keras, terkontaminasi bahan kimia ( deterjen ) dan lain sebagainya.

Jika anda ingin memiliki kuku yang cantik dan sehat, perawatan kuku secara rutin wajib sekali anda lakukan. Agar kuku dapat tumbuh sehat, kuat dan terhindar dari masalah-masalah yang dapat menimpanya.

Yuk kenali beberapa cara merawat kuku yang baik dan benar dibawah ini :

Usahakan kuku tetap kering

Menjaga kuku tetap kering merupakan langkah merawat kuku yang paling penting sekali untuk anda perhatikan. Karena hal ini dapat membantu mencegah kuku anda terkontaminasi dengan berbagai macam kuman dan bakteri yang terdapat pada air, sehingga mereka tidak dapat tumbuh disela-sela kuku anda yang kemudian dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada kuku.

Tips untuk menghindarikan kuku anda dari air. Untuk tangan, usahakan selalu gunakan sarung tangan sedangkan untuk kaki usahakan selalu menggunakan sepatu anti air. Jika memang harus beraktifitas bersama air.

Bersihkan kuku secara rutin

Tidak hanya melalui air, kuman dan bakteri penyebab masalah pada kuku juga dapat terkontaminasi ke kuku kita melalui debu dan kotoran. Hal ini bukan hanya mengancam kesehatan kuku anda saja, namun juga dapat mengancam kesehatan tubuh anda juga. kuman dan bakteri ini dapat menyebar ke tubuh ketika anda sedang makan atau menyiapkan makanan menggunakan tangan anda yang kotor.

Oleh sebab itulah, jika anda tidak ingin mengalami masalah tersebut, usahakan untuk selalu membersihkan kuku anda secara rutin terutama di sela-sela kuku anda.

Tips untuk membersihkan kuku :
  • Pertama bersihkan kuku anda, baik itu kuku kaki maupun kuku tangan, gunakan sikat lembut dan cairan anti septik, gosok menyeluruh area kuku termasuk sela-sela kuku anda sampai bersih.
  • Kemudian keringkan menggunakan pengering atau handuk.
  • Dan akhiri dengan mengoleskan pelembab pada kuku anda.
  • Perawatan ini bisa anda lakukan jika anda merasa kuku anda kotor atau setelah beraktifitas di luar ruangan.

Potong kuku secara teratur

Memiliki kuku yang panjang memang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang, namun perawatan kuku panjang cenderung lebih ribet dibandingkan dengan kuku yang pendek.

Jika anda ingin memotong kuku, gunakan gunting atau catut kuku yang tajam:
  • Pertama, potong kuku anda lurus, untuk menentukan panjang kuku yang ingin anda potong.
  • Kemudian rapikan dengan memotong pinggir kuku juga.

Perhatikan asupan gizi anda

Jika anda menginginkan kuku yang sehat dan kuat, asupan gizi juga penting sekali anda perhatikan. Terutama untuk asupan protein dan biotin.

Protein merupakan salah satu struktur pembentuk jaringan kuku sehingga sangat berpengeruh besar terhadap pertumbuhan dan kesehatan kuku. Untuk pilhan makanan yang banyak mengandung protein anda dapat mengkonsumsi daging, ikan tuna, telur, keju, kacang-kacangan, dan berbagai macam makanan yang banyak mengandung protein lainnya.

Selain dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, asupan gizi lainnya yang berpengaruh besar terhadap kesehatan kuku adalah biotin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat membantu memperkuat kuku dan menghindarkan kuku dari masalah kerapuhan dan kerusakan.

Untuk pilihan makanan yang banyak mengandung biotin, anda dapat mengkonsumsi keju, gandum,wortel, jamur, kalkun, ikan tuna, alpukat, salmon, telur, hati sapi, kembang kol, buah beri, sarden dan berbagai macam makanan yang mengandung biotin lainnya.

Hindari kebiasaan menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku ini merupakan kebiasaan yang sangat buruk sekali, karena dapat berdampak buruk terhadap kesehatan anda, selain berdampak terhadap kesehatan kuku, kebiasaan menggigit kuku ini juga dapat berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh anda.

Kebiasaan menggigit kuku dapat merusak struktur kuku sehingga kuku sulit untuk tumbuh normal, sedangkan jika anda sering menggigit kuku, dikhawatirkan bakteri dan kuman yang bersarang pada kuku dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh anda melalui mulut sehingga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti diare, sakit perut, dan penyakit lainnya.

Sebenarnya kebiasaan menggigit kuku ini merupakan salah satu kelain psikologi seseorang, misalnya ketika anda merasa gugup, takut, malu atau tidak percaya diri, mulut anda secara reflek akan menggigit kuku bahkan tanpa anda sadari sama sekali.

Untuk menghentikan kebiasaan ini, perlu kesadaran penuh dari diri anda sendiri untuk tidak melakukannya lagi, berikan komitmen kepada diri anda sendiri untuk berhenti dari kebiasaan ini, jika anda merasa gugup, takut, malu atau tidak percaya diri alihkan perhatian anda dengan kebiasaan lain. Atau anda juga dapat mensiasatinya dengan mengoleskan cairan yang memiliki rasa pahit, asin, masam atau cairan dengan rasa lainnya sehingga ketika kebiasaan itu datang anda sadar betul tengah mengalaminya, sehingga dapat cepat-cepat menghentikannya.

Hindari terlalu sering menggunakan cat kuku yang mengandung bahan kimia

Penggunaan cat kuku yang terlalu sering dan berlebihan juga sangat tidak baik sekali terhadap kuku, karena kebanyakan cat kuku yang beredar pada saat ini mengandung bahan kimia, jika anda memakainya terlalu sering dapat membuat kuku mudah rapuh dan rusak. Bukan hanya cat kuku saja yang banyak mengandung zat kimia, cairan pembersih cat kuku juga banyak mengandung zat kimia yang dapat merusak kuku anda.

Solusinya coba anda beralih dengan menggunakan cat kuku alami yang tidak mengandung bahan kimia sama sekali, misalnya dengan menggunakan heina, kembang pacar, buah bit dan pewarna kuku alami lainnya.

Segera obati sela-sela kuku dan pangkal kuku anda jika terjadi masalah infeksi, luka atau peradangan

Daerah sela-sela kuku dan pangkal kuku sangat sensitif sekali terhadap infeksi, luka atau peradangan. Jika salah satu masalah tersebut terjadi segeralah obati agar masalah tidak menyebar dan menggangu kesehatan kuku anda.

Anda dapat membeli obat ke apotik atau secara langsung berkonsultasi dengan dokter terkait, agar masalah yang terjadi pada kuku cepat teratasi dan kesehatan kuku anda kembali normal.

Lakukan perawatan alami terhadap kuku

Untuk membantu merawat kuku agar tumbuh lebih cepat sehat dan kuat anda juga dapat melakukan perawatan alami sendiri dirumah, seperti dengan mengoleskan olive oil untuk membantu melembabkan kuku, mengoleskan bawang putih untuk mengusir kuman dan bakteri pada kuku, serta menggosokkan jeruk nipis atau lemon untuk memutihkan dan mencerahkan kuku.