12 Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan, Terutama Bagi Ibu Hamil

Advertisement
Advertisement
Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan, Terutama Bagi Ibu Hamil

Anda suka makan pedas ?, tapi tahukah anda bahwa mengkonsumsi makanan pedas ternyata menyimpan banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Mengkonsumsi makanan pedas memang sudah menjadi kebiasaan orang-orang Indonesia. Meja makan tidak lengkap rasanya jika tidak tersedia jenis makanan ini. Bahkan ketika jajan di luar pun kita selalu memilih jenis makanan yang pedas.

Makanan pedas sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, hal ini justru sangat tibak baik sekali untuk kesehatan.

Ingin tau apa saja bahaya mengkonsumsi makanan pedas tersebut, mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

1. Membuat mulut terasa terbakar

Hal yang paling umum sekali terjadi jika anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas adalah mulut anda akan mengalami sensasi terbakar yang luar biasa sekali, apalagi jika anda baru pertama kali mencobanya. Hal ini karena cabai yang kita makan banyak mengandung capsaicin. Capsaicin dalam cabai inilah yang mengaktifkan pelepasan zat P, suatu senyawa yang mentransmisikan rasa sakit dan sensasi terbakar.

Jika anda merasa kepedasan saat mengkonsumsi makanan pedas, mungkin anda akan meminum air putih, namun hal ini tidak dapat membantu secara maksimal. Untuk mengatasinya, anda dapat minum air yang manis atau susu.

2. Membuat sakit kepala

Pernah gak kalian merasa kepala sakit saat mengkonsumsi makanan pedas, hal ini karena sensasi pedas dari makanan yang kalian konsumsi telah melewati batas sehingga berdampak pada saraf di kepala anda. Selain itu sensasi sakit kepala ketika anda terlalu banyak mengkonsumsi pedas juga dapat disebabkan oleh penyakit lambung atau maag sedang yang anda derita akibat efek makanan pedas yang anda konsumsi.

3. Membuat perut menjadi mulas

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas juga dapat membuat perut anda menjadi mulas, tentu anda pernah merasakannya bukan, setelah beberapa menit mengkonsumsi makanan pedas, perut anda terasa cenat - cenut dan enggak nyaman banget rasanya. Hal ini disebabkan karena efek panas pada makanan pedas yang anda konsumsi tidak hanya berakhir pada mulut anda saja, namun juga sampai kepencernaan anda.

4. Membuat perut terasa panas dan melilit

Reaksi yang ditimbulkan oleh perut ketika menerima makanan yang terlalu pedas juga dapat menimbulkan sensasi perut menjadi panas dan meilit, hal ini karena zat capsaicin yang terkandung pada cabai yang anda konsumsi sehingga perut memberikan sinyal berupa sensasi panas dan melilit

5. Membuat sakit perut

Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas, sakit perut merupakan masalah utama yang mengintainya, apalagi jika sebelumnya perut anda kosong, hal ini malah akan memperparah kondisi perut anda. Sakit pada perut akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas ini biasanya disebabkan oleh zat capsaicin yang anda anda konsumsi bersama makanan pedas membuat iritasi lapisan usus dan lambung anda.

6. Membuat lidah terasa mati rasa

Jika makanan yang anda konsumsi sudah terlewat pedas, hal ini juga dapat membuat lidah anda mengalami mati rasa, karena ketidakmampuan sel saraf pada lidah untuk meneri rangsangan. Namun hal ini biasanya hanya sementara saja, beberapa saat setelah anda mengkonsumsi makanan pedas, maka perlahan-lahan reseptor saraf dilidah anda akan kembali bekerja.

7. Membuat kerongkongan terasa panas dan terbakar

Mirip seperti masalah perut terasa panas dan melilit, jika anda mengkonsumsi makanan pedas terlalu banyak, kerongkongan anda juga mengalaminya. Namun biasanya hanya rasa panas disertai sensasi terbakar saja. Hal ini karena zat capsaicin yang terkandung pada cabe memberikan sinyal berupa panas pada kerongkongan anda.

8. Memperburuk kondisi maag dan tukak lambung

Jika anda memiliki penyakit maag atau tukak lambung, sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas karena hal ini malah akan memperparah kondisi anda. Penyakit maag merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada lambung sedang tukak lambung sendiri merupakan peradangan yang ditandai dengan adanya luka pada lambung. Jika anda mengkonsumsi makanan pedas maka zat capcasain yang terkandung pada makanan pedas yang anda konsumsi akan bereaksi terhadap peradangan tersebut dan akibatnya lambung anda akan terasa sakit sekali. Ibaratnya seperti luka di kulit anda, jika terkena cabai rasanya tentu sangat sakit sekali bukan ?

9. Menyebabkan mata perih

Mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas juga dapat membuat mata anda perih, walaupun tidak semua orang yang mengkonsumsi makanan pedas mengalaminya, namun semua orang yang suka makan pedas-pedas pasti pernah mengalaminya. Biasanya hal ini terjadi ketika anda lupa mencuci tangan setelah mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas kemudian anda mengucek-ngucek mata. Kasus lainnya juga terjadi ketika anda mengkonsumsi makanan pedas yang berkuah. Jika anda tidak hati-hati, kuah yang terciprat ke mata anda akan memberikan sensasi perih yang sangat luar biasa sekali.

10. Menimbulkan diare

Perut terasa mulas, sakit dan melilit apalagi setelahnya kalau bukan diare. Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, besar kemungkinannya anda akan mengalami diare. Diare akibat banyak mengkonsumsi makanan pedas ini disebabkan oleh zat capcasin yang terlalu banyak masuk kedalam perut, sehingga kinerja usus menjadi terganggu, dan penyerapan cairan pada usus pun terganggu pula.

11. Menimbulkan iritasi kulit

Makanan yang terlalu pedas juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Jika sehabis sehabis makan makanan yang pedas-pedas tentu anda pernah merasakan sensasi panas terjadi pada kulit anda bukan ? 

Terutama jika anda makan makanan pedas menggunakan tangan, maka telapak tangan anda akan terasa perih dan panas. Hal ini karena zat capcaisin yang terdapat pada cabai juga dapat berekasi terhadap kulit luar. Jika kulit luar saja bisa menjadi terasa panas, apalagi dengan usus dalam perut anda.

12. Beresiko bagi ibu hamil

Jika anda sedang hamil, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang pedas telalu banyak. Hal ini karena masalah-masalah yang terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas seperti diare, perut panas, perut mulas, sakit perut, dapat membuat kontraksi dini pada ibu hamil, sehingga tidak aman bagi ibu hamil. Dari pada hal - hal yang tidak di inginkan terjadi pada anda yang sedang hamil, kan lebih baik kita menghindarinya 😊
Advertisement