Langsung ke konten utama

Cara Melakukan Senam Kegel Beserta Manfaat, Contoh Gerakan dan Gambarnya

Advertisement
Cara Melakukan Senam Kegel Beserta Manfaat, Contoh Gerakan dan Gambarnya

Senam kegel adalah senam yang ditujukan untuk melatih otot-otot panggul bagian bawah. Senam ini dapat membantu mengencangkan otot-otot di bawah rahim, usus besar, kantong kemih dan area organ reproduksi kita.

Senam kegel ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita, karena bekerja pada area tubuh bagian bawah, senam ini dapat melatih otot-otot pada tubuh bagian bawah sehingga tidak terjadi masalah dan membuat kinerjanya menjadi lebih optimal.

Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini adalah rincian dari manfaat melakukan senam kegel tersebut:

Manfaat senam kegel

Secara umum senam kegel bukan hanya bermanfaat untuk wanita tetapi juga untuk pria. Memang kebanyakan kaum wanita yang sering melakukannya, namun jika anda seorang pria, anda juga dapat mencobanya.

Manfaat senam kegel untuk wanita 

1. Merapatkan miss V

Mengendurnya miss V terkadang membuat kita tidak percaya diri didepan suami, masalah ini merupakan hal yang wajar, apalagi jika anda baru saja melahirkan. Masalah mengendurnya miss V ini tentu saja tidak bisa anda hindari, namun anda tenang saja, karena anda dapat mengatasinya dengan rutin melakukan senam kegel.

Senam kegel dapat membantu merapatkan miss V karena gerakan-gerakan yang kita lakukan pada saat melakukan senam kegel, dapat melatih otot miss V menjadi lebih elastis dan fleksibel kembali.

2. Mengatasi kesulitan buang air kecil

Karena suatu masalah tertentu terkadang membuat kita kesulitan untuk buang air kecil, biasanya hal ini ditandai dengan adanya sensasi desakan ketika buang air kecil. Dengan rutin melakukan senam kegel, masalah tersebut berangsur angsur akan membaik.

3. Membantu memperlancar proses persalinan

Rutin melakukan senam kegel juga dapat membantu memperlancar proses persalinan yang akan anda lakukan. Karena dengan rutin melakukan senam kegel, hal ini akan berdampak terhadap terbentuknya otot panggul yang kuat dan elastis, sehingga dapat bermanfaat untuk membuka jalan lahir dan mencegah terjadinya episiotomi.

Manfaat senam kegel untuk pria

1. Mengatasi kesulitan buang air kecil

Rutin melakukan senam kegel dapat membentuk mengatasi kesulitan buang air kecil, hal ini tidak hanya berlaku untuk wanita, namun untuk pria juga. Oleh sebab itulah jika anda mengalami kesulitan untuk buang air kecil. Anda dapat mencoba melakukan latihan senam kegel ini setiap hari.

2. Meningkatkan kekuatan ereksi

Rutin melakukan senam kegel juga dapat membantu ereksi pria menjadi lebih kuat, hal ini karena dengan rutin melakukan senam kegel dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah menuju Mr P yang berdampak terhadap meningkatnya kekuatan ereksi menjadi lebih kuat.

3. Mencegah dan mengatasi ejakulai dini

Masalah yang kerap menghantui semua pria adalah masalah ejakulasi dini. Namun anda tenang saja, karena ternyata dengan rutin melakukan senam kegel juga dapat membantu mencegah terjadinya ejakulasi dini, bahkan jika anda sedang mengalami ejakulasi dini, dengan rutin melakukan senam kegel merupakan salah satu solusi terbaiknya.

Ejakulasi dini disebabkan oleh melemahnya otot-otot area Mr P sehingga ketahanan dalam menerima rangsangan menjadi terganggu. Namun dengan rutin melakukan senam kegel, masalah ini tidak akan terjadi. Karena senam kegel dapat membantu melatih otot-otot panggul bagian bawah menjadi lebih fleksibel dan kuat, sehingga hal ini juga dapat berdampak terhadap meningkatnya kekuatan ereksi seorang pria.

4. Menjaga kesehatan prostat

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan prostat adalah dengan rutin melakukan senam kegel. Senam kegel dapat membantu melatih otot-otot disekitar prostat, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan prostat agar kinerjanya tidak terganggu.

5. Mencegah dan mengatasi kencing tidak tuntas

Masalah kencing tidak tuntas memang sungguh sangat menjengkelkan sekali. Hal ini terjadi karena melemahnya otot-otot di sekitar area saluran buang air sehingga kekuatan jalannya air kencing menjadi tidak lancar. Senam kegel dapat membantu melatih kekuatan dan fleksibelitas otot-otot disekitar saluran buang air kecil, sehingga dengan rutin melakuakn senam kegel dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah kencing yang tidak tuntas.

Setelah mengatahui beberapa manfaat senam kegel, lalu bagaimana cara melakukan senam kegel tersebut ?

Berikut dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara melakukan senam kegel untuk pria dan wanita beserta contoh gerakan dan gambarnya :

Cara melakukan senam kegel untuk wanita

Cara Melakukan Senam Kegel Beserta Manfaat, Contoh Gerakan dan Gambarnya
  • Untuk melakukan senam kegel bagi wanita. Pertama posisikan tubuh anda tidur terlentang menghadap keatas.
  • Sejajarkan kedua tangan anda lurus menyentuh lantai disamping tubuh anda, telapak tangan menghadap kebawah dan posisi kedua kaki sedikit mengangkang.
  • Kemudian tekuk lutut anda, lalu gunakan telapak kaki, bahu belakang dan kepala belakang sebagai penyangga sambil mengangkat berat badan anda keatas. Pertahankan posisi ini selama 5 - 10 detik. Dan ulangi kembali 12 - 14 kali berturut-turut sambil beristirahat disela-sela melakukannya.
  • Anda juga dapat memaksimalkalkan gerakan ini dengan mengangkat ujung kaki hingga menjinjit

Cara melakukan senam kegel untuk pria

Cara Melakukan Senam Kegel Beserta Manfaat, Contoh Gerakan dan Gambarnya

Cara melakukan senam kegel untuk pria kurang lebih sama dengan wanita. Bahkan tidak ada perbedaannya sama sekali. Namun karena organ reproduksi pria berbeda dengan wanita. Organ reproduksi pria sebagian besar terletak di luar, sehingga sebisa mungkin ketika melakukan senam kegel ini posisikan organ reproduksi anda senyaman mungkin.
  • Pertama posisikan tubuh anda tidur terlentang menghadap keatas.
  • Sejajarkan kedua tangan anda lurus menyentuh lantai disamping tubuh anda, telapak tangan menghadap kebawah dan posisi kedua kaki sedikit mengangkang.
  • Kemudian tekuk lutut anda, lalu gunakan telapak kaki, bahu belakang dan kepala belakang sebagai penyangga sambil mengangkat berat badan anda keatas. Pertahankan posisi ini selama 5 - 10 detik. Dan ulangi kembali 12 - 14 kali berturut-turut sambil beristirahat disela-sela melakukannya.
  • Anda juga dapat memaksimalkalkan gerakan ini dengan mengangkat ujung kaki hingga menjinjit
  • Dan ketika melakukan gerakan senam kegel ini, usahakan jangan mengapit organ reproduksi anda terlalu keras. Berikan ruang yang nyaman untuk organ reproduksi anda. Jika perlu gunakan celana olahraga khusus untuk melindungi organ reproduksi anda.

Tips yang perlu anda perhatikan ketika melakukan senam kegel

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari latihan senam kegel tersebut, adan juga perlu memperhatikan beberapa tips dibawah ini:
  • Jangan melakukan gerakan senam ini jika anda sedang ingin buang air besar atau buang air kecil. Lepaskan terlebih dahulu, barulah kemudian melakukan senam kegel ini. Karena jika anda paksakan hal ini justru tidak baik untuk kandung kemih anda. Waktu terbaik untuk melakukan latihan senam kegel ini memang ketika kandung kemih anda kosong.
  • Jangan lupa untuk selalu melemaskan otot panggul bawah anda setelah anda melakukan latihan senam kegel ini. Caranya bisa dengan duduk-duduk atau tiduran santai sebentar setelah anda melakukan latihan.
  • Jangan menahan nafas ketika anda sedang melakukan senam kegel, usahakan untuk bernafas rileks seperti biasanya. Supaya lebih mudah, anda juga dapat menarik nafas panjang sebelum anda melakukan kontrasi otot panggul bawah, lalu hembuskan ketika anda melemaskannya.
  • Untuk pria, ketika melakukan latihan senam kegel ini, usahakan jangan mengencangkan otot ke arah bawah seperti anda ingin buang kecil, tetapi latihan senam kegel ini justru dilakukan dengan mengencangkan otot ke atas, seolah anda sedang menahan kecing.
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal, usahakan lakukan latihan senam kegel ini 1 kali dalam sehari. Jika anda sudah terbiasa anda dapat menambahkan porsi latihan senam kegel tersebut.
  • Jika dalam beberapa bulan, anda belum mendapatkan manfaat yang maksimal sesuai seperti yang anda harapkan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan terkait.
Advertisement