Langsung ke konten utama

14 Cara Mengatasi Kesemutan Secara Alami

Advertisement
Cara Mengatasi Kesemutan Secara Alami

Apakah anda sedang mengalami kesemutan pada tangan atau kaki ?. Jika anda sedang mengalaminya, anda tenang saja. Ambil nafas dalam-dalam, lalu baca artikel ini sampai selesai untuk menemukan solusinya.

Kesemutan merupakan salah satu masalah yang paling umum sekali dialami oleh orang-orang pada saat ini. Walapun datangnya terkadang mengejutkan, Hal ini merupakan hal wajar dan biasanya bukanlah suatu masalah yang serius. Namun dalam beberapa kasus, masalah kesemutan juga dapat menjadi pertanda bahwa suatu masalah kesehatan tertentu sedang menimpa anda.

Penyebab kesemutan

Penyebab kesemutan pada umumnya adalah akibat postur tubuh kita yang canggung, atau karena adanya tekanan pada bagian tubuh tertentu. Namun jika anda sering mengalami kesemutan yang terus menerus, bisa jadi hal ini juga dapat disebabkan oleh kerusakan saraf pada area tertentu pada tubuh anda, yang menyebabkan kinerja reseptor rangsangan menjadi terganggu.

Selain itu penyebab kesemutan yang terus menerus juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, paparan racun dan bahkan predisposisi diabetes.

Sensasi kesemutan juga bisa menyebabkan gejala lain seperti mati rasa, nyeri, pegal, kram dan gatal

Cara mengatasi kesemutan secara alami

Setelah anda mengetahui berbagai macam penyebab kesemutan tersebut, lalu bagaimana cara mengatasinya ?.

Jika anda sedang mengalami kesemutan, anda tenang saja. Beberapa cara alami dibawah ini dapat anda jadikan solusinya :

1. Bergerak

Kesemutan biasanya terjadi karena kita duduk dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama, atau karena tubuh kita tertekan dalam waktu yang lama. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mencoba untuk bergerak, agar saraf tidak tertekan dan aliran darah kembali lancar. 

Anda dapat mencoba gerakan-gerakan peregangan, kemudian lari-lari kecil atau jalan-jalan berkeliling tempat anda berada.

2. Pastikan postur tubuh anda benar

Kesemutan juga datang akibat postur tubuh kita yang salah, sehingga membuat bagian tertentu dari tubuh kita menjadi tertekan. Oleh sebab itulah, jika anda sedang mengalami kesemutan, cobalah untuk memposisikan tubuh yang benar.

3. Istirahat

Aktifitas terus menerus juga dapat menyebabkan tubuh anda kesemutan, khususnya pada area tangan dan kaki. Oleh sebab itulah, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan tidak memaksakan tubuh anda untuk terus menerus bekerja. Istirahat jika sudah memasuki jam istirahat, makan jika sudah waktunya jam makan. Bila perlu ambil waktu beberapa menit untuk tidur siang.

4. Kompres dengan air hangat

Jika kesemutan datang tiba-tiba. Mengkompres area tubuh yang kesemutan dengan air hangat dapat anda jadikan pertolongan pertama. 

Sensasi hangat dari kompres yang anda lakukan dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan memicu rangsangan saraf. Sehingga kesemutan berangsur-angsur akan menghilang.

5. Pijat area kesemutan dengan minyak

Minyak alami atau minyak esensial juga dapat anda manfaatkan untuk membantu masalah kesemutan yang kini sedang anda derita. Memijat area tubuh yang terkena kesemutan dengan minyak seperti minya kelapa, minyak zaitun, minyak almond dan lain-lain dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan juga merangsang saraf.
  • Ambil minyak kelapa dan tuangkan pada telapak tangan anda.
  • Kemudian gosok telapak tangan anda selama beberapa detik.
  • Kemudian pijatkan pada area tubuh anda yang sedang mengalami kesemutan selama beberapa menit
  • Lakukan perawatan ini tiap kali anda mengalami kesemutan

6. Mengkonsumsi kunyit

Curcumin yang terdapat pada kunyit dapat membantu memperlancar sirkulasi darah sehingga dapat membantu mengurangi kesemutan yang sering anda alami. Anda dapat mengkonsumsi kunyit ini secara langsung sebagai jamu atau dapat juga anda campur dengan aneka makanan kesukaan anda.

7. Mengkonsumsi salad bayam dan yoghurt

Bayam dan yoghrt diketahui memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu meperbaiki sirkulasi darah dan fungsi sistem saraf. Sehingga sangat baik sekali untuk membantu mengatasi kesemutan.
  • Sipkan daun bayam dan yoghurt secukupnya.
  • Potong kecil-kecil daun bayam kemudian rebus hingga matang dan campurkan dengan 1 piring yoghurt. Untuk menambah rasa anda juga dapat menambahkan madu, gula, atau garam didalamnya.
  • Konsumsi salad ini secara teratur 1 kali dalam sehari. 

8. Mimum smoothie alpukat, kacang-kacangan dan pisang

Kandungan vitamin B yang terdapat pada alpukat, kacang-kacangan dan pisang diketahui berdampak terhadap meningkatnya fungsi saraf. Membuat smoothie yang nikmat dari alpukat, kacang-kacangan dan pisang dapat anda jadikan solusi yang menyenangkan untuk menghilangkan masalah kesemutan tersebut.
  • Sipakan 1 gelas susu murni, 1/4 bagian daging buah alpukat, 4 sendok kacang almond dan 1 buah pisang.
  • Campurkan semua bahan diatas, kemudian blender hingga menjadi smoothie lembut.
  • Dan gunakan untuk sarapan setiap hari.

9. Minum jamu kayu manis

Untuk mengatasi kesemutan juga dapat anda lakukan dengan mengkonsumsi jamu kayu manis. Kayu manis memiliki kandungan mangan dan potassium yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah menjadi lebih lancar, yang kemudian berdampak terhadap masalah kesemutan akan berangsur-angsur membaik.
  • Anda dapat menyiapkan beberapa potong kecil kayu manis kemudian merebusnya dengan air hangat hingga mendidih.
  • Untuk menambahkan rasa, anda juga dapat menambahkan sedikit madu didalamnya.
  • Kemudian minum jamu ini 1 kali dalam sehari.

10. Yoga

Khusus buat anda yang sering mengalami kesemutan, yoga dapat anda jadikan solusi untuk mengatasinya. 

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah kesemutan adalah dengan berlatih yoga secara teratur. Yoga dapat membantu memperbaiki postur tubuh kita, pada saat bersamaan juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Yang kemudian berdampak terhadap berkurangnya masalah kesemutan, baik kesemutan yang datang tiba-tiba atau kesemutan yang datang terus menerus.

11. Hindari kafein

Mengkonsumsi kafein yang berlebihan dapat membuat jantung berdebar-debar dan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Sehingga terkadang membuat ujung jari-jari tangan terasa dingin dan kesemutan. Solusinya adalah dengan mengurangi konsumsi kafein kalau bisa menghindarinya secara penuh.

12. Hindari alkohol

Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dapat membuat sensasi melayang dan mati rasa, beberapa orang juga mengaku merasa kesemutan pada kaki dan tangan. Oleh sebab itulah jika anda tidak ingin mengalami kesemutan, menghindari alkohol merupakan solusi terbainya. Jikalau tidak bisa menghindarinya secara penuh, anda dapat menguranginya.

13. Turunkan berat badan

Berat badan berlebih dapat membuat kaki menjadi tertekan sehingga menimbulkan sensasi kesemutan. Solusinya adalah dengan menurunkan berat badan anda menjadi lebih ideal. Bisa dengan melakukan program diet atau program menurunkan berat badan lainnya.

14. Gunakan alas kaki yang nyaman dan rata

Menggunakan sepatu hak tinggi terkadang dapat menimbulkan sensasi kesemutan, karena beban tubuh lebih tertopang oleh bawah bergelangan kaki. Oleh sebab itulah selalu gunakan alas kaki yang nyaman untuk kaki anda. Alas kaki yang nyaman biasanya permukaannya empuk dan rata sehingga seluruh telapak kaki dapat dengan sempurna menopang berat badan anda.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kesemutan secara alami yang dapat anda lakukan sendiri dirumah. Jika masalah kesemutan tidak segera teratasi, sangat disarankan sekali bagi anda untuk segera berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter terkait.
Advertisement