11 Cara Menghilangkan Ngantuk Berat Saat Bekerja, Belajar Atau Beraktifitas

Advertisement
Advertisement
Cara Menghilangkan Ngantuk Berat Saat Bekerja, Belajar Atau Beraktifitas

Rasa ngantuk merupakan hasrat alami yang timbul dari dalam diri seseorang, ini merupakan hal wajar yang sering dialami orang-orang pada umumnya. Namun jika rasa ngantuk datang di waktu yang tidak tepat, tentu saja hal ini sangat merepotkan sekali bukan ?, contohnya saja ketika kita sedang bekerja, belajar, atau melakukan aktifitas penting lainnya.

Jika hal tersebut sedang anda alami, anda jangan panik, berikut dibawah ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja, belajar atau saat anda melakukan aktifitas penting lainnya :

1. Minum kopi

Cara yang paling praktis untuk menghilangkan rasa ngantuk yang datang tiba-tiba adalah dengan mengkonsumsi minuman kopi. Kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan ampuh untuk membuat mata tetap terjaga. Jika anda ngantuk pada saat jam-jam penting, coba anda buat secangkir kopi lalu meminumnya.

2. Cuci muka

Yap, cuci muka merupakan solusi mudah yang dapat anda lakukan jika anda sedang mengalami ngantuk pada saat bekerja atau belajar. Cuci muka dapat membantu menstimulasi mata untuk tetap waspada dan kembali terjaga. Namun biasanya efek menghilangnya ngantuk dengan cuci muka ini tidak lah berlangsung lama. Setelah cuci muka coba anda pergi ke dapur dan membuat secangkir kopi.

3. Olahraga ringan

Ngantuk yang timbul ketika bekerja atau belajar biasanya disebabkan oleh rasa bosan dan kurang fokus yang kita alami. Nah, untuk mengalihkannya coba anda lakukan olahraga ringan, seperti jalan ditempat, push up, sit up, atau pull up.

4. Jalan - jalan keluar sebentar

Rasa bosan dan kurang fokus yang menyebabkan ngantuk ketika anda sedang bekerja atau belajar juga bisa anda hilangkan dengan jalan-jalan keluar sebentar. Coba tinggalkan ruangan kerja anda sebentar, bisa ke WC, ke kantin, atau beli pulsa ke konter sebelah. Intinya alihkan fokus anda.

5. Ajak ngobrol orang lain

Ngobrol - ngobrol santai sambil bercanda juga dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk yang tak tertahankan, ketika anda ngantuk saat bekerja atau belajar, coba ajak ngobrol teman disebelah mu, bisa ngobrol tentang bola, film atau gosip-gosip yang sedang hangat pada saat ini. Di jamin rasa ngantuk mu akan hilang dan anda pun dapat beraktifitas normal kembali.

6. Duduk tegap tanpa sandaran

Jika anda sedang bekerja atau belajar, cobalah untuk duduk tanpa bersandar. Duduk tanpa bersandar dapat membuat pikiran mu tetap fokus dan tubuh tubuh mu menjadi lebih siap. Berbeda hal nya jika anda duduk dengan posisi bersandar. Hal ini malah akan membuat tubuh mu nyaman dan akhirnya rasa ngantuk pun melanda. 

7. Pijat lembut pelipis anda

Kurang fokus dan penat ketika bekerja memang hal wajar yang sering kita rasakan, namun jika hal ini terus anda biarkan, maka tubuh akan kehilangan stamina dan rasa ngantuk pun akan menyerang, Tips untuk mengatasinya, coba anda pijat lembut pelipis mata anda searah dengan alis mata, maka rasa ngantuk pun perlahan-lahan akan menghilang.

8. Berdiri dan tarik nafas dalam-dalam

Rasa ngantuk juga dapat timbul akibat kurang nya oksigen mengalir ke otak. Jika ngantuk mulai menyerang, cobalah beranjak sebentar dari kursi anda, lalu berdiri dan mengambil nafas dalam-dalam sebanyak 3 kali. Maka di jamin rasa ngantuk pun akan hilang dan anda akan dapat fokus kembali.

9. Oleskan minyak aroma terapi di hidung dan pelipis anda

Untuk mengembalikan fokus agar tidak ngantuk juga dapat anda lakukan dengan mengoleskan minyak aromaterapi pada bagian hidung dan pelipis anda. Minyak aromaterapi dapat memberikan sensasi segar dan aroma yang menyenangkan sehingga fokus anda dapat kembali dan rasa ngantuk pun akan hilang.

10. Makan permen mint sambil mendengarkan musik

Kehilangan fokus dan semangat dapat menyebabkan rasa ngantuk datang, agar fokus dan semangat mu tetap terjaga, coba anda konsumsi permen mint sambil mendengarkan musik ketika anda sedang bekerja atau belajar. Ini merupakan cara mencegah dan mengatasi ngantuk yang paling ampuh.

11. Minum air yang cukup

Dehidrasi dapat membuat tubuh mu menjadi lemas, fokus mu menjadi memudar dan akhirnya rasa ngantuk pun menyerang. Oleh sebab itulah penuhi asupan air yang cukup untuk tubuh anda, minimal 2 liter setiap harinya. Jika konsumsi air harian anda terpenuhi, tubuh mu akan menjadi lebih fresh dan rasa ngantuk pun akan menghilang.
Advertisement