Langsung ke konten utama

12 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Ampuh dan Cepat

Advertisement
Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Ampuh dan Cepat

Masalah kolesterol tinggi merupakan momok tersendiri bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, jika kadar kolesterol kita terlalu tinggi, hal ini sangat beresiko terhadap kesehatan kita. Terutama terhadap kesehatan jantung. Tak heran pada saat ini banyak dari penderita masalah kolesterol tinggi mencoba berbagai cara untuk menurunkannya.

Namun kabar baiknya ternyata selain menghindari berbagai macam penyebab kolesterol tinggi, untuk menurunkan kolesterol tinggi juga dapat anda lakukan dengan rutin mengkonsumsi berbagai makanan penurun kolesterol.

Mengkonsumsi makanan penurun kolesterol merupakan cara efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi, karena dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan penurun kolesterol selain dapat menekan kadar kolesterol didalam tubuh kita, hal ini juga dapat mencegahnya.

Ingin tau apa saja makanan penurun kolesterol tinggi tersebut, silahkan anda simak penjelasan lengkapnya dibawah ini :

1. Sayuran, terutama sayuran hijau

Jika anda mencari makanan penurun kolesterol, sayuran hijau merupakan pilihan terbaiknya. Sayuran hijau merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Antioksidan pada sayuran tersebut sarat akan fitokimia yang dapat melawan dan melindungi tubuh dari radikal bebas, mereka dapat memperlambat proses penuaan dan menjaga arteri tetap fleksibel dan sehat.

Terutama untuk sayuran yang berwarna hijau pekat seperti bayam dan kangkung, kedua sayuran ini sangat efektif sekali untuk membantu melindungi jantung dari serangan jantung dengan menjaga dinding arteri tetap bersih dari penumpukan kolesterol.

Sementara hampir semua sayuran lainnya juga kaya manfaat terhadap kesehatan jantung. Seperti halnya bawang merah, bawang putih, buah bit, brokoli, kol, sangat berguna untuk meningkatkan asupan serat dan melindungi kesehatan jantung.

Selain itu sayuran hijau juga kaya dengan kandungan serat dan rendah kalori. Hal ini sangat bermanfaat sekali terhadap berat badan anda. Dapat menjaga berat badan tetap ideal, plus jika anda sedang menjalankan program diet. Mengkonsumsi banyak sayuran dapat membantu program diet anda menjadi lebih maksimal.

2. Kacang-kacangan

Mengkonsumsi makanan dari kacang-kacangan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Hampir segala jenis makanan dari kacang-kacangan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi, mereka juga memiliki kandungan serat yang banyak. 

Studi menunjukkan bahwa kacang memiliki efek penurunan kolesterol LDL yang konsisten , terutama pada individu dengan kolesterol tinggi dan diabetes. Mereka dapat membantu mencegah kerusakan dari pembentukan dinding arteri dan melindungi dari penumpukan plak kolesterol berbahaya.

Khususnya untuk kacang almond. Selain kandungan diatas, kacang almond juga memiliki kandungan antioksidan flavonoid, senyawa yang dapat membantu memperbaiki kesehatan arteri dan mengurangi peradangan didalamnya.  

Selain itu kacang-kacangan juga merupakan makanan yang sangat ramah terhadap berat badan. Makanan dari kacang-kacangan semuanya rendah kalori, kaya nutrisi dan tinggi serat. Sehingga sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal dan tentu saja dapat membuat perut anda menjadi kenyang lebih lama.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak alami yang sangat bermanfaat sekali untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi. Minyak zaitu kaya akan kandungan lemak tak jenuh nya yang sehat untuk jantung dan dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat.

Anda dapat membuat saus salad dari minyak zaitun, campuran saus, atau dengan menambahkannya kedalam aneka masakan anda untuk anda konsumsi setiap hari.

4. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Alpukat memiliki kandungan lemak monounsaturated terbesar didunia. Jenis lemak ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) dalam tubuh kita. Alpukat juga memiliki kandungan serat larut dalam jumlah yang tinggi yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Selain itu kandungan lain pada alpukat yang tak kalah penting lainnya yaitu adanya fitokimia anti inflamasi seperti beta sitosterol, glutathione, dan lutein. Yang kesemuanya itu sangat berguna sekali untuk kesehatan jantung.

5. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan pilihan sumber makanan hewani terbaik yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cepat. Ikan salmon kaya akan kandungan lemak omega 3 yang merupakan anti inflamsi terbaik didunia. Kandungan omega 3 pada ikan salmon ini ampuh untuk membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol buruk (LDL).

Selain manfaat yang disebutkan diatas, ikan salmon juga sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan otak dan menjaga berat badan anda tetap ideal.

American Heart Association merekomendasikan makan ikan berlemak seperti salmon setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaat kesehatan jantung. Jenis ikan lain yang mengandung lemak omega-3 yang tinggi juga dapat anda jumpai pada ikan tenggiri, tuna dan sarden.

6. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan penurun kolesterol terbaik yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cepat. Oatmeal ini memiliki kandungan beta glukan yang sangat tinggi. Sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol buruk dengan membantuk lapisan lengket di usus kecil, sehingga dapat menghambat kolesterol diserap oleh tubuh dan memasuki aliran darah anda.

Anda dapat mengkonsumsi oatmeal di pagi hari sebagai sarapan dengan teman sayuran, alpukat atau ikan salmon, sesuai dengan selera anda.

7. Teh hijau

Teh merupakan salah satu minuman favoritnya orang-orang indonesia. Beruntunglah anda jika anda merupakan salah satu penggemar minuman ini. Karena ternyata teh hijau juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menurunkan kolesterol yang tinggi, terutama untuk teh hijau.

Teh hijau ini merupakan minuman sehat yang sangat komplit sekali. Menurut studi epidemiologis menunjukkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi teh hijau dapat membantu mengurangi aterosklerosis, resiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan pada kasus arthritis, memperbaiki kepadatan tulang dan meningkatkan fungsi otak.

Selain itu teh hijau juga merupakan sumber antioksidan yang tinggi, dapat membantu mencegah kanker, memiliki sifat anti penuaan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Anda dapat mengkonsumsi minuman teh hijau ini. Bisa sebagai teman sarapan anda, atau teman ketika anda sedang bersantai dirumah.

8. Kunyit

Siapa sangka ternyata bahan alami yang biasa kita gunakan sebagai bumbu dapur ini juga dapat kita manfaatkan untuk membantu menurunkan kolesterol yang tinggi. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan kandungan curcumin yang telah dipercaya secara medis ampuh untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit jantung, kanker, kolitisulserativa, artritis, dan lainnya.

Selain itu manfaat kunyit juga dapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah gumpalan darah, melawan virus, melawan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sungguh lengkap sekali bukan, manfaat kunyit terhadap kesehatan tubuh tersebut. Anda dapat mengkonsumsi kunyit ini sebagai jamu tradisional atau dengan mencamprkannya dengan olahan aneka masakan kesukaan anda.

9. Bawang putih

Selain kunyit, salah satu bahan alami yang biasa kita jadikan bumbu dapur ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi pada tubuh kita. Bwang putih memiliki kandungan anti inflamasi dan anti oksidan yang tinggi yang dapat membantu mencegah pembekuan darah, mengurangi takanan darah dan menurunkan kolesterol.

Anda dapat mengkonsumsi bawang putih ini setiap hari, bisa dengan menjadikannya saus atau menambahkannya dengan aneka olahan makanan kesukaana anda.

10. Kentang

Kentang merupakan sumber makanan nabati yang mengenyangkan, memiliki kandungan serat, vitamin dan anti oksidan yang tinggi. Dapat membantu membersihkan saluran arteri serta ampuh untuk menurunkan kolesterol dengan cepat. 

Kentang juga memiliki indeks glisemik yang rendah sehingga dapat membuat gula darah anda lebih terkontrol.

11. Coklat hitam

Kabar gembira buat penggemar coklat, ternyata mengkonsumsi makanan coklat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol lho..., tetapi khusus untuk coklat hijam aja ya.

Coklat hitam memiliki kandungan antioksidan tinggi yang disebut dengan flavonoid, senyawa yang dapat membantu memperbaiki kesehatan arteri dan mengurangi peradangan didalamnya.  

Selain dapat ditemukan pada coklat hitam, antioksidan ini juga dapat kita temukan pada makanan yang berasal dari kacang-kacangan.

12. Apel

Selain alpukat, makanan dari jenis buah yang tidak kalah bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol juga dapat anda peroleh dari buah apel. Banyak buah memiliki kandungan serat larut yang penting untuk menurunkan kolesterol, tapi apel memiliki 2 kali lebih banyak daripada buah lainnya.

Apel (terutama kulit) juga mengandung pektin, sejenis serat larut yang dapat menempel pada kolesterol "jahat" dan membimbingnya melalui sistem pencernaan dan keluar dari tubuh anda, sehingga dapat menurunkan tingkat kolesterol LDL anda secara efektif. 

Apel juga kaya akan polifenol, antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan jika terjadi kerusakan pada arteri anda.

Referensi : draxe.comeatingwell.com
Advertisement