Langsung ke konten utama

√ Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan Ternyata Luar Biasa Sekali !

Advertisement
Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Makanan pedas merupakan makanan favoritnya orang Indonesia. Tidak heran pada saat ini banyak sekali aneka masakan Indonesia yang memiliki ciri khas akan kepedasannya.

Jika anda salah satu penggemar makanan pedas, beruntung lah anda, karena ternyata mengkonsumsi  makanan pedas memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Cabai seperti cabai rawit dan cabai merah memiliki komponen sehat yang disebut dengan capcaisin, berdasakan penelitian, capcaisin yang terdapat pada cabai memiliki banyak manfaat terhadap tubuh untuk membantu menangkal berbagai macam penyakit, membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan kekebalan tubuh dan resep panjang umur.

Selain cabai, bumbu pedas lainnya adalah kunyit, lada, jahe, dan masih banyak lainnya, kesemuanya itu sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh manusia. Kunyit contohnya, bumbu dapur yang biasa dipakai untuk makanan berkuah, campuran kari dan nasi kuning ini memiliki kandungan curcumin, yang telah terbukti berdasarkan penelitian dapat membantu mencegah kanker, mengurangi peradangan di tubuh dan berbagai manfaat lainnya, sedangkan jahe sendiri biasanya dimanfaatkan untuk obat batuk, meredakan sakit tenggorokan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ini hanya sebagian kecilnya saja, untuk lebih jelasnya mengenai apa saja manfaat luar biasa yang anda dapat jika mengkonsumsi makanan pedas, silahkan anda baca lebih lanjut artikel ini :

1. Membantu menurunkan berat badan

Hal yang menakjubkan dari mengkonsumsi makanan pedas adalah keampuhannya untuk membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi makanan pedas merupakan langkah yang praktis sekali untuk menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan "ketika anda mengkonsumsi makanan yang pedas, hal ini akan membantu meningkatkan panas pada tubuh anda, yang berdampak pula terhadap meningkatnya metabolisme tubuh hingga 5 % dan pembakaran lemak hingga 16 % ".

Selain itu menurut penelitian dari Universitas Purdue menemukan bahwa dengan mengkonsumsi makanan pedas dapat membantu menekan nafsu makan yang berlebihan dan menurunkan jumlah kalori yang anda makan.

2. Resep umur panjang

Rutin mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas ternyata juga dapat membantu kita berumur panjang. Ini merupakan hal yang luar biasa sekali. Siapa coba yang tidak ingin memiliki umur panjang, semua orang tentu saja menginginkannya bukan ?

Salah satu resep umur panjang yang sangat sederhana sekali, dan semua orang pasti bisa melakukannya, yaitu dengan rutin mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas.

Menurut studi yang dilakukan oleh Chinese Academy of Medical Sciences and Harvard School of Public Health, "Para peneliti mengamati kebiasaan makan 500.000 orang yang berusia 30-79 tahun di China selama periode 5 tahun, dan menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan pedas 6 atau 7 kali minggu memiliki risiko 14 % lebih rendah untuk meninggal prematur. “Angka itu tidak besar, tapi secara statistik signifikan,”. Jika itu tidak cukup meyakinkan, kita bisa melihat gagasan makanan pedas yang membantu umur panjang dengan cara ini: “Mengonsumsi makanan pedas membantu pencegahan kanker, anda memiliki hati yang lebih sehat, dan ini membantu anda menurunkan berat badan. Semua hal itu pasti bisa bantu anda hidup lebih lama, “.

3. Membantu mencegah kanker

Manfaat luar biasa dari mengkonsumsi makanan pedas lainnya adalah keampuhannya dalam membantu mencegah perkembangan sel kanker pada tubuh kita. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan sekali, dan sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya.

Kabar baik bagi anda yang sering mengkonsumsi makanan pedas, karena ternyata makanan pedas dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Menurut bukti penelitian laboraturium menunjukkan bahwa curcumin yang terkandung pada kunyit terbukti ampuh dan bekerja dalam mengurangi pertumbuhan sel kanker. Bukan cuma itu saja bahkan juga dapat mencegahnya.

Sedangkan capcaisin yang terkandung pada cabe telah terbukti mampu menghalangi sel kanker. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Cedars-Sinai Medical Centerin Los Angeles mengemukakan bahwa kandungan capsaicin dapat membunuh 80 % sel kanker prostat pada tikus, sementara membiarkan sel yang normal tidak terluka.

Ini merupakan penemuan besar menurut saya, seolah hal-hal sederhana yang kita konsumsi ternyata sangat berperan besar tehadap kesehatan tubuh kita.

4. Menurunkan kolesterol, sekaligus mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan momok yang menakutkan bagi sebagian orang, apalagi jika anda telah berusia lanjut, penyakit jantung ini wajib sekali anda waspadai.

Kabar baiknya, dengan rajin mengkonsumsi makanan pedas juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. 

Menurut profesor Michael Miller, MD dikutip dari huffingtonpost , cabai yang kita konsumsi memiliki efek pada sirkulasi tubuh, efek panas dan capcaisin yang terkandung didalamnya dapat mempengaruhi pembuluh darah, yang dapat membuatnya melebar sampai tingakata tertentu untuk menurunkan tekanan darah, selain itu capcaisin juga dapat membantu mencegah pembekuan darah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa penyempitan pembuluh darah dan pembekuan darah merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Profesor Miller juga mengatakan bahwa curcumin yang terkandung pada kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang sangat kuat, sehingga dapat membantu memperbaiki kerusakan pembuluh darah, menurut profesor Miller teman-temannya di Universitas Maryland juga mengemukakan bahwa curcumin yang terkandung pada kunyit dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah datangnya penyakit kolesterol.

5. Membantu meredakan demam, flu dan pilek

Demam, flu dan pilek membuat tubuh kita menjadi dingin dan tidak nyaman. Untuk membantu mengatasinya juga dapat anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang pedas.

Capcaisin yang anda konsumsi melalui cabai, dapat membuat tubuh anda menjadi hangat, meningkatkan keringat, membuka saluran pernafasan yang tersumbat serta mengurangi ketidaknyamanan ketika demam, flu dan pilek menyerang. 

Ketika anda sedang mengalami masalah tersebut, coba anda konsumsi makanan yang pedas, usahakan yang hangat dan berkuah.

6. Memperbaiki suasana hati

Mood baik kadang datang kadang pergi, namun jika anda ingin mempertahankan mood anda tetap baik, mengkonsumsi makanan pedas merupakan solusi terbaiknya. Hal ini karena dengan mengkonsumsi makanan pedas dapat membuat kita mendapatkan sensasi kenikmatan dan membuat kita merasa lebih puas. Selain itu capcaisin yang terkadung pada cabe juga dapat meningkatkan kadar endorfin dan serotonin, yang dapat memberikan kita perasaan lebih sehat. 

7. Membantu meredakan nyeri

Selain dikonsumsi langsung, bahan makanan pedas juga dapat membantu meredakan nyeri. Seperti dikutip dari huffingtonpost, jika anda mengalami sakit radang sendi, ruam atau sakit kepala, biasanya dokter sering menggunakan krim over-the-counter dengan kandungan capcaisin sebagai bahan aktifnya.

Jika anda sedang mengalami masalah tersebut, anda juga dapat memanfaatkan paprika dengan menggosokkannya pada daerah yang sakit hingga anda merasa nyaman. Ini merupakan solusi yang efektif sekali untuk keadaan darurat.


   Mengkonsumsi makanan pedas memang dapat memberikan manfaat yang luar biasa sekali bagi kesehatan tubuh kita, namun ingat, anda harus mengkonsumsinya dalam batas wajar saja, karena apapun itu, jika sudah berlebihan tentu dapat berakibat buruk nantinya, seperti halnya dalam mengkonsumsi makanan pedas tersebut. 
Advertisement