Langsung ke konten utama

14 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

Advertisement
Penyebab Kolesterol Tinggi

Hati-hati jika memiliki kolesterol tinggi karena dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Cegah masalah ini dengan mengetahui berbagai macam penyebabnya kemudian menghindarinya.

Apa itu kolesterol tinggi ?

Kolesterol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah. Kolesterol ini sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh karena dapat membantu pembentukan sel, vitamin D dan sebagai bahan baku beberapa hormon namun apabila kadar kolesterol didalam darah berlebihan, hal ini malah dapat berdampak terhadap timbulnya penyakit berbahaya, salah satunya adalah penyakit jantung koroner dan stroke. Oleh sebab itulah jika anda memiliki masalah kolesterol tinggi, penting sekali bagi anda untuk menurunkannya. (baca : cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami).

Namun tidak semua kolesterol itu berbahaya, sejatinya kolesterol sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).
  • Low Density Lipoprotein (LDL) - Kolesterol jenis ini biasa disebut dengan kolesterol jahat
  • High Density Lipoprotein (HDL) - Kolesterol jenis ini biasa disebut dengan kolesterol baik

Penyebab kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Kadar kolesterol tinggi yang terdapat pada aliran darah dapat membuat arteri menjadi sempit, dimana plak terbentuk dan mempersempit aliran darah. Berikut dibawah ini beberapa penyebab kolesterol tinggi yang wajib anda hindari.

Makanan

Kolesterol sendiri merupakan zat sejenis lemak yang merupakan salah satu komponen lemak itu sendiri, sehingga dengan mengurangi asupan lemak dari makanan tertentu dapat mengurangi kadar kolesterol.

Untuk mengurangi kolesterol tinggi, secara khusus anda dapat mengurangi makanan yang mengandung :
  • Kolesterol - dapat ditemukan dari makanan hewani, daging dan keju
  • Lemak jenuh - dapat ditemukan dari beberapa jenis daging, coklat, produk olahan dari susu, makanan yang digoreng, makanan yang dipanggang, dan makanan olahan.
  • Lemak trans - dapat ditemukan dalam beberapa makanan yang digoreng dan makanan olahan. 

Obesites atau kelebihan berat badan

Obesitas atau kelebihan berat badan juga berpotensi besar menyebabkan masalah kolesterol tinggi. Karena dengan memiliki berat badan berlebihan dapat meningkatkan trigliserida (lemak darah) dan menurunkan HDL (kolesterol baik) sehingga kolesterol (LDL) menjadi tidak terkontrol. 

Oleh sebab itulah jika anda tidak ingin mengalami masalah kolesterol tinggi. Mulai sekarang perbaiki pola hidup anda agar berat badan menjadi ideal. Solusi untuk mengatasi nya anda dapat melakukan program menurunkan berat badan atau diet.

Kurang berolahraga

Olahraga merupakan aktifitas fisik yang dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Ternyata melakukan olahraga penting sekali, karena sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya kolesterol pada tubuh kita.

Kurangnya aktifitas fisik berkontribusi besar terhadap penurunan HDL begitu pula sebaliknya, sehingga membuat komposisi kolesterol pada tubuh anda tidak seimbang dan berakibat terhadap meningkatnya kadar kolesterol jahat pada tubuh kita.

Penting sekali untuk melakukan olahraga, aktifitas fisik ringan seperti jogging atau jalan santai 30 menit perhari sudah dapat anda jadikan solusinya.

Usia dan jenis kelamin

Ternyata perbedaan usia dan jenis kelamin sangat mempengeruhi tinggi sendahnya kadar kolesterol dalam tubuh kita. Pada umumnya baik pada pria maupun wanita, setelah memasuki umur 20 tahun, kadar kolesterol dalam tubuh anda secara alami akan meningkat.
  • Pada pria, kadar kolesterol pada umumnya akan turun setelah memasuki usia 50 tahun.
  • Sedangkan pada wanita, kadar kolesterolnya cenderung rendah sampai mereka memasuki fase menopause, kemudian naik ke tingkat yang sama seperti pada pria.

Penyakit atau kondisi medis tententu

Memiliki riwayat penyakit atau kondisi medis tertentu juga dapat berpengaruh besar tehadap meningkatnya kadar kolesterol didalam tubuh anda. Tak jarang timbulnya penyakit tertentu juga merupakan indikasi dari naiknya kolesterol, beberapa juga merupakan penyakit yang timbul disertai naiknya kolesterol pada tubuha anda.
  • Penyakit hipotiroidisme
  • Penyakit ginjal kronis
  • Penyakit hati
  • Penyakit diabetes
  • Sindrom ovarium polikistik
  • Kehamilan
  • Peningkatan hormon abnormal
  • Dan lain-lain

Riwayat keluarga

Hal ini yang cukup memprihatinkan. Masalah kolesterol tinggi juga dapat disebabkan oleh riwayat medis keluarga anda. Jika dalam anggota keluarga anda memiliki masalah kolesterol tinggi, kemungkinan besar anda juga memilikinya. Jika dalam anggota keluarga memiliki riwayat masalah kolesterol tinggi, sangat disarankan bagi anda untuk memeriksakan lebih lanjut tentang kondisi anda dengan dokter atau ahli kesehatan terkait.

Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang sangat beresiko sekali terhadap kesehatan, terutama terhadap kolesterol didalam tubuh anda. Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang kemudian berdampak terhadap tidak stabilnya kadar kolesterol pada tubuh anda.

Oleh sebab itu, mulai sekarang jauhi rokok sebisa mungkin, karena bukan hanya masalah kolesterol tinggi saja yang dapat mengintai anda. Aktifitas merokok juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit kanker, paru-paru dan serangan jantung.

Obat - obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat berkontribusi terhadap meningkatnya kolesterol pada tubuh anda. Meskipun hal ini sering tidak kita sadari.

Oleh sebab itulah lebih baik jika anda sedang mengalami masalah kesehatan tertentu dan mengharuskan anda untuk mengkonsumsi obat, usahakan anda mengetahui indikasi dan efek sampingnya. Dan alangkah lebih baiknya anda mendapatkan obat-obatan tersebut melalui resep dokter atau ahli kesehatan terkait.

Itulah tadi beberapa penyebab timbulnya masalah kolesterol tinggi yang wajib anda ketahui. Karena sebagian besar masalah kolesterol tinggi dipengaruhi oleh makanan, maka disini saya juga akan membahas lebih lajut mengenai makanan apa saja yang berpotensi besar menimbulkan masalah kolesterol tinggi tersebut. 

Makanan penyebab kolesterol tinggi

Segala apapun yang anda konsumsi akan berdampak langsung terhadap kesehatan anda. Seperti halnya terhadap masalah kolesterol tinggi yang kini sedang anda alami. Oleh sebab itulah cermati makanan apa saja yang ingin anda konsumsi, jika perlu anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan ahli gizi terkait perihal asupan nutrisi anda setiap hari.

Berikut dibawah ini beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi :

Minyak sayur dan jenis minyak olahan lainnya

Minyak sayur merupakan minyak yang sering kita konsumsi setiap hari, namun tahukah anda bahwa ternyata minyak sayur ini dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh kita. Bukan hanya minyak sayur saja, bahkan minyak-minyak olahan seperti minyak jagung, minyak kedelai, minyak safflower, minyak kelapa, minyak kelapa sawit dan minyak canola juga memiliki kandungan kolesterol tinggi.

Hal ini karena kebanyakan minyak olahan mengalami proses hidrogenasi untuk menjadi minyak terhidrogenasi parsial sehingga meningkatkan kadar lemak trans didalamnya. Lemak trans inilah yang semaksimal mungkin harus anda hindari jika anda tidak ingin memiliki masalah kolesterol yang tinggi. Karena secara ilmiah diketahui bahwa lemak trans dapat meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan kadar kolesterol HDL pada tubuh kita.

Namun bukan semata-mata anda harus menghindari minyak-minyak tersebut, paling tidak anda menguranginya semaksimal mungkin. Terlebih lagi terhadap makanan yang sering di olah dengan menggunakan minyak seperti makanan gorengan, jenis jajan-jajanan berminyak dan makanan junk food lainnya.

Makanan ringan dan makanan kemasan lainnya

Nonton atau bersantai sambil ngemil merupakan aktifitas yang menyenangkan terutama ngemil camilan makanan ringan seperti snak, keripik dan lainnya. Namun berdasarkan penelitian, makanan ringan dan makanan cemilan justru merupakan penyumbang masalah obesitas terbesar. Problemnya adalah jika anda mengkonsumsi makanan ringan atau cemilan, hal ini justru tidak membuat anda kenyang, malah sebaliknya nafsu makan anda ingin lagi dan lagi, sehingga tubuh anda mengalami obesitas.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa mengalami obesitas merupakan faktor yang berdampak besar terhadap kenaikan kolesterol dalam tubuh anda.

Gula dan makanan manis lainnya

Mengkonsumsi gula atau makanan yang manis-manis sangat berpengaruh besar terhadap naiknya kolesterol pada tubuh anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi gula atau makanan yang banyak mengandung gula dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL, trigliserida dan penurunan kolesterol HDL.

Resiko lain karena banyak mengkonsumsi gula juga dapat menyebabkan masalah obesitas, yang kemudian berpeluang besar terhadap meningkatnya kadar kolesterol pada tubuh anda. 

Oleh sebab itulah sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan yang mani-manis atau makanan yang banyak mengandung gula, jika anda tidak ingin mengalami masalah kolesterol tinggi.

Daging

Daging memiliki kandungan lemak yang tinggi, beberapa jenis daging juga mengandung lemak jenuh dan lemak yang tidak terkontrol yang berpotensi terhadap peningkatan kadar kolesterol pda tubuh anda. Apalagi jika anda mengkonsumsi daging dengan cara di goreng dengan menggunakan minyak, hal ini malah beresiko sekali.

Usahakan untuk mengurangi mengkonsumsi daging, terutama yang dikonsumsi dengan cara digoreng atau dengan tambahan saus yang manis. Jika perlu anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi jenis makanan laut seperti ikan salmon, ikan makarel dan lain-lain.

Alkohol

Alkohol merupakan minuma keras yang memiliki banyak sekali efek negatif untuk kesehatan. Salah satunya adalah masalah kolesterol tinggi.

Terlalu banyak meminum alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar trigliserida. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat konsumsi alkohol yang lebih tinggi (30 - 40 gram lebih perhari) dapat meningkatkan kadar kolesterol dan resiko masalah kesehatan jantung.

Kurangi mengkonsumsi minuman beralkohol, kalau bisa hilangkan kebiasaan tersebut, sehingga masalah kolesterol tinggi tidak terus terusan menghantui anda.

Susu dan produk olahan susu

Susu memang merupakan salah satu sumber makanan yang bergizi tinggi, namun anda juga perlu berhati-hati karena susu dan produk olahan makanan yang terbuat dari susu ternyata juga dapat beresiko terhadap naiknya kadar kolesterol di dalam tubuh kita.

Susu mengandung berbagai macam lemak dan beberapa berdampak negatif terhadap lipoprotein. Susu mengandung asam lemak jenuh seperti asam laurat dan asam myristic yang dapat berdampak terhadap meningkatnya kolesterol plasma total, terutama LDL.

Advertisement